Pengertian Feller Buncher

√ Pengertian Feller Buncher: Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Posted on

Finoo.id – √ Pengertian Feller Buncher: Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya. Seperti yang kita ketahui, dalam bidang kehutanan, tidak cukup hanya mengkalianlkan tenaga manusia untuk menyelesaikan pekerjaan. Biasanya, beberapa jenis alat berat khusus diperlukan untuk membantu pekerja, terutama dalam proses penebangan kayu.

Salah satu alat berat yang sering digunakan dalam pekerjaan kehutanan adalah feller buncher. Alat berat ini memberikan kemudahan bagi para pekerja di bidang kehutanan dengan berbagai jenis dan deskripsi yang berbeda untuk setiap tipe atau jenisnya.

Selain itu, kapasitas dan komponen penyusunnya juga berpengaruh signifikan terhadap hasil pekerjaan. Walaupun begitu, tujuan utama dan fungsi alat berat ini tetap sama, yaitu memenuhi kebutuhan kayu. Namun, sayangnya, masih banyak orang yang bingung mengenai jenis alat berat ini.

Oleh karena itu, jika kalian penasaran tentang feller buncher, kami akan menjelaskan secara lengkap pengertian, fungsi, jenis, dan cara kerjanya. Silakan terus mengikuti pembahasan ini.

Pengertian Feller Buncher

Sebagaimana telah diuraikan sebelumnya, feller buncher adalah salah satu jenis alat berat yang sering digunakan oleh tukang kayu untuk melakukan penebangan pohon dalam skala besar. Hal ini bukan tanpa alasannya, karena alat berat ini mampu memotong dan mengangkut lebih dari 200 batang pohon per jam.

Bahkan beberapa individu juga mengklaim bahwa feller buncher dapat menggantikan pekerjaan 10 hingga 15 orang ketika melakukan penebangan pohon secara manual. Yang menarik, alat berat ini juga tidak hanya digunakan dalam proyek penebangan hutan, melainkan juga dapat digunakan untuk membersihkan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan.

Fungsi Feller Buncher dalam Kehutanan

Feller buncher, alat berat ini memiliki peran khusus dalam dunia kehutanan. Alat ini terdiri dari dua komponen utama, yakni head atau kepala penebangan, dan boom atau lengan.

Kepala penebangan berfungsi untuk merunduk pohon, sementara lengan berfungsi untuk menahan dan mengangkut pohon yang telah ditebang.

Berikut adalah beberapa fungsi utama alat berat feller buncher:

  1. Penebangan Pohon: Salah satu fungsi utama alat berat feller buncher adalah untuk melakukan penebangan pohon dalam skala besar. Dengan dilengkapi gergaji mesin, feller buncher mampu memotong pohon dengan cepat dan efisien.
  2. Mengumpulkan Pohon: Setelah penebangan pohon, feller buncher juga memiliki fungsi untuk mengumpulkan pohon yang telah ditebang. Feller buncher dilengkapi dengan alat pencengkeram yang dapat mengumpulkan beberapa pohon sekaligus sebelum merubuhkannya.
  3. Mengangkut Kayu: Fungsi selanjutnya dari alat berat ini adalah untuk mengangkut kayu yang telah dipotong. Dengan bantuan lengan atau boom, feller buncher dapat memindahkan kayu yang telah ditebang ke lokasi yang diinginkan.
  4. Mengoperasikan di Medan yang Sulit: Baik wheeled feller buncher maupun tracked feller buncher, kedua jenis alat ini dapat beroperasi di medan yang sulit, termasuk area yang curam. Hal ini memungkinkan penebangan hutan di daerah yang sulit dijangkau oleh alat berat lainnya.
  5. Meningkatkan Efisiensi Kerja: Dengan kemampuan untuk menebang hingga 200 batang pohon per jam, alat ini dapat secara signifikan meningkatkan efisiensi kerja di bidang kehutanan. Feller buncher mampu menggantikan pekerjaan 10 tukang kayu dalam penebangan pohon secara manual.
Baca Juga :   √ Apa Itu Concrete Mixer? Fungsi, Jenis dan Kapasitasnya

Dalam kabin operatornya, pengemudi mampu menebang pohon berdiameter besar sekaligus sebelum merubuhkannya. Alat berat ini juga dapat dikombinasikan dengan skidder dan menerapkan metode full tree, yaitu memotong dan mengangkut pohon utuh dari hutan ke lokasi yang diinginkan.

Cara Kerja Alat Berat Feller Buncher

Secara ringkas, alat berat kehutanan Feller Buncher bekerja dengan proses langkah demi langkah sebagai berikut:

1. Pendekatan Pohon

Feller Buncher pertama-tama mendekati pohon yang akan ditebang. Mesin ini dirancang untuk dapat bergerak melalui berbagai kondisi tanah, seperti tanah berlumpur atau berbukit, sehingga dapat mencapai lokasi pohon yang akan ditebang dengan mudah.

2. Penyisiran

Dengan menggunakan kepala penyisir yang terpasang pada alat ini, ranting-ranting yang terdapat pada batang pohon disisir sebelum dilakukan penebangan. Langkah ini sangat penting karena membantu mencegah kerusakan pada pohon saat dipotong dan memastikan bahwa potongan kayu yang dihasilkan bersih dan berkualitas.

3. Pemotongan

Setelah ranting-ranting pohon disisir, mesin Feller Buncher akan memotong batang pohon menggunakan gergaji yang terletak pada bagian kepala mesin. Feller Buncher memiliki kemampuan untuk memotong pohon dengan diameter yang cukup besar dengan sangat cepat sebelum menjatuhkannya pada titik pengumpulan.

4. Penumpukan

Setelah pohon dipotong, Feller Buncher akan memegang pohon tersebut dan memindahkannya ke tempat penumpukan yang telah disiapkan. Tempat penumpukan ini biasanya terletak di dekat area di mana pohon akan diangkut atau diproses lebih lanjut. Proses penumpukan ini dilakukan secara rapi untuk memudahkan proses selanjutnya.

5. Pengumpulan

Terakhir, Feller Buncher mengumpulkan pohon-pohon yang telah dipotong dan menumpuknya secara teratur di tempat penumpukan. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi proses pengangkutan pohon-pohon tersebut ke lokasi yang ditentukan, sehingga dapat digunakan atau diolah lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga :   √ Apa Itu Alat Berat Clamshell? Fungsi Beserta Cara Kerjanya

Jenis Feller Buncher

Di Indonesia, saat ini feller buncher, yang merupakan salah satu jenis alat berat yang digunakan dalam proyek kehutanan, dapat dibedakan menjadi beberapa jenis atau tipe. Apabila kita memkalianng dari segi jenis penggeraknya, mesin pemotong kayu berskala besar ini dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu tracked feller dan wheeled feller.

Dibandingkan dengan wheeled feller, tracked feller bergerak dengan kecepatan yang lebih rendah atau lambat. Namun, jenis ini memiliki keseimbangan atau stabilitas yang lebih baik saat digunakan di medan yang curam. Selain itu, tracked feller juga memungkinkan untuk beroperasi di tanah yang basah.

Selain dilihat dari jenis penggeraknya, feller buncher juga dapat dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan jarak jangkaunya. Alat berat yang memiliki bentuk yang mirip dengan excavator ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu zero tail swing, limited tail swing, dan full tail swing. Berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing jenisnya.

1. Zero Tail Swing

Feller buncher tipe zero tail swing memiliki jangkauan yang terbatas, sehingga hanya dapat melakukan pekerjaan dengan objek yang sangat dekat. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa bagian kepala zero tail swing dipasang secara langsung pada bagian chassis, sehingga jangkauannya cukup terbatas. Jenis zero tail swing ini sangat sesuai untuk digunakan pada area yang datar dengan objek yang mudah dijangkau.

2. Limited Tail Swing

Limited tail swing merupakan salah satu jenis feller buncher yang memiliki jangkauan yang cukup luas. Bisa dikatakan bahwa tipe ini memiliki jangkauan yang tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu terbatas, atau lebih tepatnya, ukurannya berada di tengah-tengah. Meskipun begitu, setiap pekerjaan yang dilakukan menggunakan limited tail swing tetap dapat menghasilkan kayu yang sesuai dan memenuhi kebutuhan.

3. Full Tail Swing

Tipe full tail swing, sebenarnya, merupakan kebalikan dari zero tail swing. Jenis full tail swing memiliki jangkauan yang paling luas dibandingkan beberapa tipe sebelumnya. Dengan kata lain, tipe ini dapat digunakan untuk menjangkau area yang sulit dijangkau oleh tipe lainnya. Selain itu, komponennya juga dirancang sedemikian rupa agar memiliki jangkauan yang paling jauh.

Jenis Feller Attachement Head / Kepala Penebangan

Terdapat tiga jenis kepala penebangan yang digunakan dalam feller buncher: kepala pengumpul (bunching heads), kepala pemrosesan (processing heads), dan kepala penebangan (felling heads).

Dengan pemilihan dan penambahan jenis kepala penebangan yang sesuai, mesin ini dapat mencapai tingkat efisiensi yang tinggi jika dibandingkan dengan pekerjaan manual tukang kayu dalam menebang pohon.

Baca Juga :   Apa Itu Compactor: Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

  1. Kepala Pengumpul (Bunching Heads): Kepala ini digunakan pada feller buncher dan memiliki kemampuan untuk memegang lebih dari satu batang sekaligus. Fungsi utama kepala ini adalah membantu dalam memotong dan mengumpulkan batang-batang tersebut dalam satu tumpukan sebelum diangkut.
  2. Kepala Pemrosesan (Processing Heads): Kepala pemrosesan memiliki peran penting dalam proses pengolahan pohon. Setelah pohon dipotong, kepala pemrosesan digunakan untuk membersihkan cabang-cabang dan daun-daun dari batang, dan juga dapat digunakan untuk memotong batang pohon menjadi panjang yang diinginkan.
  3. Kepala Penebangan (Felling Heads): Kepala penebangan digunakan untuk memotong pohon dengan cepat dan efisien. Biasanya, kepala ini dilengkapi dengan pisau gergaji atau pisau pemotong hidrolik yang dapat melakukan pemotongan pohon dengan presisi dan kecepatan yang tinggi.

Harga Feller Buncher

Di atas telah dijelaskan secara rinci mengenai feller buncher, mulai dari pengertian, fungsi, cara kerja, hingga jenis-jenisnya. Sekarang, penting bagi kalian untuk memahami perkiraan harga peralatan berat yang digunakan dalam konstruksi atau proyek kehutanan di pasar Indonesia.

Di Indonesia, ada banyak perusahaan alat berat yang menyediakan feller buncher kepada pelanggan mereka. Harganya memang cukup tinggi, berkisar sekitar Rp 2 miliar.

Namun, jika kalian hanya membutuhkan alat ini untuk proyek penebangan pohon dengan skala yang tidak terlalu besar, kami menyarankan untuk mempertimbangkan sewa dari kontraktor. Saat ini, banyak jasa kontraktor atau pemborong yang menyediakan feller buncher untuk pekerjaan penebangan pohon dalam skala besar.

Baca Juga :

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, Pengertian Feller Buncher telah merevolusi industri kehutanan dengan efisiensi, presisi, dan fitur keamanannya.

Ini memainkan peran penting dalam penebangan kayu yang berkelanjutan dan praktik pengelolaan tanah.

Baik kalian terlibat dalam kehutanan, pembersihan lahan, atau pencegahan kebakaran hutan, pemahaman tentang Pengertian Feller Buncher sangat penting untuk mengoptimalkan operasi kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Pengertian Feller Buncher: Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *