Kode Remot AC TCL

Kode Remot AC TCL Semua Seri & Cara Setting Termudah

Posted on

Finoo.id – Kode Remot AC TCL Semua Seri & Cara Setting Termudah. Beberapa tahun yang lalu, wacana mengenai pemanasan global mulai dirasakan oleh penduduk perkotaan. Cuaca yang semakin panas mengganggu aktivitas sehari-hari, ditambah dengan polusi udara yang semakin buruk.

Untuk mengatasi masalah ini, perusahaan besar yang bergerak di sektor peralatan elektronik membuat berbagai kebutuhan seperti exhaust fan, air conditioner, air purifier, dan kipas angin. TCL turut serta dengan memproduksi AC berkualitas.

AC merk TCL adalah produk buatan Cina yang secara resmi telah masuk ke pasar Indonesia. Layanan lengkap seperti website resmi dan pusat layanan tersebar di berbagai wilayah terutama di kota besar. Tak heran jika AC TCL sering dijumpai di rumah, kantor, dan ruang mesin ATM.

Spesifikasi dan fitur AC TCL tidak terlalu berbeda dengan merk lain pada umumnya. Namun, harganya sedikit lebih murah dibandingkan dengan kompetitor populer. Oleh karena itu, keputusan pembelian kembali ke selera masing-masing, dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan produk TCL.

Remot AC TCL

Semua orang pasti sudah mengetahui fungsi dari sebuah remote control, yaitu memudahkan pengguna untuk mengendalikan barang elektronik tertentu dari jarak jauh. Remote control umumnya digunakan pada televisi, mainan anak, air conditioner, drone, dan lain sebagainya. Dalam pembelian mesin pendingin udara, kamu akan mendapatkan remote AC TCL secara gratis.

Remote AC original TCL berisi simbol atau lambang tertentu yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sekitar 99 persen operasional mesin air conditioner ini hanya bisa dilakukan melalui remote.

Mungkin beberapa dari kalian yang sudah memasang AC TCL di rumah pernah mengalami kendala remote control yang rusak. Hal ini dapat menyulitkan pengguna karena mereka hanya dapat menyalakan tombol power secara manual langsung pada mesin AC.

Baca Juga :   Apa Penyebab Kompresor AC Hidup Sebentar Lalu Mati

Apabila hal tersebut terjadi, segera ganti remote AC TCL yang rusak dengan yang baru, baik yang original atau alternatif seperti membeli versi universal saja. Kedua jenis remote ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kode Remot AC TCL

Perlu diketahui bahwa remote AC universal biasanya dijual dengan harga murah dan mendukung semua merk mesin pendingin udara yang beredar di Indonesia. Oleh karena itu, alat pengendali multifungsi ini begitu populer di masyarakat.

Remote AC universal akan dilengkapi dengan brosur yang berisi panduan setting serta daftar kode untuk semua merk. Kode remote AC TCL diperlukan saat proses pairing dilakukan. Oleh karena itu, kode tersebut harus diprogram terlebih dahulu sebelum digunakan sehari-hari.

Berikut adalah daftar kode remote AC TCL:

DukunganKode AC TCL
Remot Universal120 sampai 139

Pada tabel di atas, kode AC untuk merk TCL berada pada rentang nomor 120 sampai dengan 139. Silahkan dicoba satu-persatu sampai kamu menemukan angka yang sesuai dengan tipe mesin pendingin udara di rumahmu.

Perangkat remote multifungsi ini dapat diperoleh dari toko elektronik terdekat atau online store. Saya sendiri cenderung berbelanja lewat smartphone karena lebih sederhana dan mudah.

Apa Sih yang Dimaksud Remote AC Universal?

Remote AC universal adalah remote pengganti yang tidak disertakan saat melakukan pembelian AC. Remote ini dikenal sebagai remote pengganti sehingga dapat melakukan fungsi dan komando yang dilakukan oleh remote asli. Alat ini dapat digunakan pada berbagai merk AC yang ada.

Dengan menggunakan remote AC universal, pengguna dapat melakukan semua fungsi yang ada secara mudah, mulai dari mematikan, menghidupkan, mengatur suhu, hingga melakukan pengaturan pada timer. Namun, sebelum dapat digunakan, remote AC universal harus diset dan pengguna juga harus memahami kode-kode yang dimilikinya.

Baca Juga :   Daftar Kode Remote AC Joker 3000, 4000 Serta 5000 Lengkap

Setting Kode AC TCL

Remote AC universal baru dapat digunakan setelah dilakukan proses pairing dengan mesin pendingin udara yang terpasang di rumah. Saat sinkronisasi berlangsung, remote akan menyesuaikan pola frekuensi inframerah agar sama dengan perangkat merk TCL.

Proses pairing menggunakan tiga metode, yaitu manual, semi otomatis, dan auto scan. Apabila kamu mengerti semua teknik tersebut, kemungkinan besar proses setting tidak akan mengalami kegagalan..

Berikut adalah cara setting kode remote AC TCL:

  • Pastikan AC telah terpasang dengan baik dan benar, lalu nyalakan secara manual dengan menekan tombol ‘power’.
  • Siapkan remote universal yang sudah terisi baterai lalu hidupkan dengan menekan tombol ‘power’ sampai muncul display temperatur di layar.
  • Arahkan remote ke AC lalu tekan ‘set’ sekitar 3 detik sampai indikator angka ‘000’ berkedip di layar.
  • Atur kode remote AC TCL sesuai keinginan dengan menekan tombol ‘temperatur (+)’ atau ‘temperatur (-)’. Sebagai contoh, ambil angka ‘120’.
  • Apabila nomor ‘120’ cocok, maka AC TCL akan mengeluarkan bunyi ‘bip’.
  • Tekan tombol ‘OK’ untuk mengunci kode tersebut.
  • Proses pairing selesai.

Jika kamu mengalami kegagalan saat sinkronisasi, ulangi langkah-langkah di atas dengan mencoba kode unik lain satu per satu. Namun, terkadang pengguna menemui jalan buntu karena semua kode tidak cocok sama sekali.

Oleh karena itu, lakukan pencarian kode secara manual melalui metode setting semi otomatis.

Berikut adalah cara mencari kode AC TCL:

  • Nyalakan perangkat AC secara manual melalui tombol ‘power’.
  • Siapkan remote lalu arahkan ke mesin pendingin udara secara tegak lurus.
  • Tekan tombol ‘set’ sekitar 3 detik sampai indikator di layar berkedip ‘000’.
  • Selanjutnya, tekan tombol ‘temperatur (+)’ satu kali saja. Remote akan melakukan pencarian kode secara otomatis.
  • Tunggu beberapa saat hingga AC TCL berbunyi ‘bip’, lalu tekan tombol ‘OK’ untuk mengunci kode yang ditemukan.
  • Proses pairing berhasil dan remote dapat digunakan sehari-hari.
Baca Juga :   Penyebab & Cara Mengatasi Remote AC Panasonic Error

Perangkat alat pengendali universal juga memiliki fitur pemindaian secara otomatis tanpa kode remot AC TCL. Terkadang, beberapa pengguna memilih teknik yang terakhir ini.

Berikut adalah cara auto scan AC TCL:

  • Hidupkan AC secara manual melalui tombol ‘power’.
  • Nyalakan juga remote dan arahkan ke mesin pendingin udara tersebut.
  • Tekan dan tahan tombol ‘set’ sekitar 6 detik sampai indikator kode di layar berubah menjadi ‘(+1)’.
  • Tunggu beberapa saat hingga AC TCL merespon dengan suara ‘bip’, lalu tekan ‘OK’ untuk mengunci dan mengakhiri scanning.
  • Proses pairing selesai dengan baik tanpa menggunakan kode remot AC TCL.
  • Remote multifungsi ini dapat dikembalikan ke pengaturan pabrik sehingga semua fungsi sebelumnya hilang. Caranya adalah dengan menekan tombol ‘set+wind’ dan perangkat akan otomatis melakukan reset.

Baca juga :

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, artikel finoo.id yang membahas tentang kode remot AC TCL memang sangat penting untuk diketahui oleh pengguna AC TCL. Dengan mengetahui kode remot ini, Anda dapat mengoperasikan AC TCL dengan mudah dan efisien tanpa harus khawatir kesulitan dalam mengatur suhu ruangan.

Namun, jika Anda kesulitan mencari kode remot AC TCL yang sesuai, Anda bisa mencoba mencarinya secara online atau menghubungi pihak distributor AC TCL untuk meminta bantuan. Jangan lupa untuk selalu membaca petunjuk penggunaan AC TCL dengan seksama agar dapat memaksimalkan kinerja AC dan menghemat energi.

Semoga informasi tentang kode remot AC TCL ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi seputar AC TCL. Terima kasih telah membaca artikel ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *