Kode Remote AC Daikin

Kode Remote AC Daikin Tipe Universal Paling Lengkap

Posted on

Finoo.id – Kode Remote AC Daikin Tipe Universal Paling Lengkap. Kehadiran mesin pendingin udara sudah menjadi hal yang lazim, mengingat kondisi geografis Indonesia yang berada di wilayah khatulistiwa dengan iklim tropis. Daikin merupakan satu-satunya perusahaan elektronik yang memfokuskan pada produk AC dan mampu merakit peralatan dengan kualitas tinggi yang telah teruji selama cukup lama. Oleh karena itu, tidak heran jika AC Daikin masih menjadi primadona kelas atas di Indonesia.

Banyak orang yang mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk memasang AC di rumah, karena mereka menyadari rutinitas penggunaan dan tagihan listrik yang harus dibayarkan setiap bulan, terlebih lagi jika keluarga menggunakan lebih dari satu unit mesin pendingin udara.

Untuk mengatasi tantangan ini, AC Daikin hadir dengan produk rendah daya yang memiliki keunggulan lebih baik. Dengan hanya menggunakan konsumsi listrik sebesar 380 watt, teknologi Daikin mampu mengoperasikan dua buah perangkat AC indoor secara bersamaan.

Penyebab Remote AC Tidak Befungsi

Ternyata ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan remote AC tidak berfungsi dengan baik. Apakah kamu mengetahuinya?

1. Baterai pada remote AC habis

Meskipun terlihat sepele, seringkali orang melupakan bahwa remote AC menggunakan baterai sebagai sumber daya. Tkalian-tkalian ketika baterai remote AC habis adalah layar remote yang meredup, berkedip-kedip secara tidak konsisten, atau bahkan mati total. Penting untuk memperhatikan kapan terakhir kali baterai remote AC diganti dan mengingatnya kembali.

2. Inframerah Pada Remote Rusak

Jika sudah mengganti baterai namun remote AC masih tidak berfungsi, bisa jadi itu menkaliankan adanya kerusakan pada remote AC tersebut. Jika setelah diganti baterai lampu LED pada remote tidak menyala, maka bisa dipastikan bahwa ada kerusakan pada remote AC. Kegagalan fungsi inframerah yang tidak bisa menerima atau mengirimkan data bisa menjadi penyebab remote AC tidak bisa digunakan. Jika masalahnya seperti ini, maka perlu membeli remote AC baru agar bisa menyalakan pendingin ruangan.

Baca Juga :   Arti Simbol Remote AC Panasonic Lengkap Semua Tipe

3. Sensor AC bermasalah

Sebelum menyalahkan remote AC yang diduga rusak, perlu untuk memeriksa kondisi AC terlebih dahulu. Mungkin saja ada gangguan pada AC yang menyebabkan masalah tersebut. Salah satu masalah yang bisa terjadi pada AC adalah kerusakan pada sensor. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti sensor yang terkena air saat pendinginan, socket sensor yang kendur, debu yang menempel pada socket, atau usia pemakaian yang sudah cukup lama. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi bagian AC terutama sensornya sebelum menyatakan bahwa remote AC bermasalah.

4. PCB Modul Mengalami Eror

PBC modul adalah komponen utama yang berfungsi mengontrol semua proses pendinginan yang terjadi pada AC, termasuk penggunaan remote untuk menyalakan dan mematikan AC. Jika remote AC mengalami masalah, kemungkinan besar disebabkan oleh adanya gangguan pada modul PCB. Beberapa penyebab kerusakan PCB modul antara lain karena terkena tegangan listrik yang tidak stabil (terlalu tinggi atau terlalu rendah), terbakar pada beberapa komponen, atau korsleting.

5. Ada Bagian yang Hilang

Kinerja remote AC akan terganggu jika komponen penyusunnya tidak lengkap. Komponen yang hilang bisa berada di dalam remote maupun di luar, seperti tombol atau lampu inframerah. Kehilangan komponen pada remote dapat mempengaruhi kepekaan dan daya kerjanya dalam menyampaikan pesan ke AC.

Jika ada bagian yang hilang, AC dan remote tidak dapat bekerja bersama sehingga AC tidak dapat menyala. Pastikan remote AC kalian dalam keadaan baik dan tidak ada komponen yang hilang.

Remote AC adalah alat yang sangat penting bagi pemilik AC atau pendingin ruangan. Tanpa remote AC yang berfungsi dengan baik, kalian tidak dapat menyalakan atau mengatur pengaturan pada pendingin ruangan. Jadi, jika remote AC kalian mengalami masalah, apa yang bisa menjadi penyebabnya?

Remot AC Daikin

AC Daikin single split merupakan mesin pendingin udara yang cocok digunakan untuk keluarga di rumah. Biasanya mesin ini dipasang di dinding yang cukup tinggi.

Pengoperasian AC Daikin hampir sepenuhnya menggunakan remote kontrol, sementara sisanya hanya dilakukan melalui fungsi manual pada mesin pendingin udara. Dengan begitu, kalian dapat mengendalikan perangkat dari jarak jauh tanpa kesulitan.

Baca Juga :   √ Mengenal Komponen AC Beserta Fungsinya Dalam Artikel Ini!

Remote AC Daikin memiliki simbol-simbol khusus yang masing-masing memiliki fungsi sendiri. Simbol-simbol ini meliputi tombol untuk menyalakan perangkat, mengontrol suhu, meningkatkan kecepatan kipas, dan mengatur timer.

Singkatnya, remote AC sangat memudahkan pengguna dalam mengoperasikan semua fungsi pada mesin pendingin udara. Jadi, meskipun bentuknya kecil dan ringkas, remote AC sangat berharga bagi kita.

Namun, banyak orang yang kesulitan karena remote AC mereka rusak, mungkin karena kelalaian atau faktor lainnya. Namun, jika kalian mengalami masalah ini, sebaiknya segera ganti remote dengan yang asli Daikin atau versi universal.

Kode Remote AC Daikin Chunghop

Perlu diketahui bahwa Chunghop adalah remote AC universal yang dapat digunakan untuk mengoperasikan pendingin ruangan dengan baik. Perusahaan Chunghop sudah berdiri sejak tahun 1996.

Chunghop tidak hanya menyediakan remote AC, tetapi juga remote control dan berbagai jenis remote lainnya. Remote ini sama seperti remote lainnya, yaitu memiliki kode-kode khusus berupa deretan angka.

Kode-kode ini digunakan untuk memudahkan proses pengaturan AC menggunakan remote. Remote AC Chunghop sendiri memiliki beberapa tipe, salah satunya adalah Chunghop K-1028E. Berikut adalah beberapa kode remote Chunghop yang perlu diketahui:

  1. Daikin: 740-759
  2. Sharp: 720-739, 240, 112, 249, 257, 258, 264, 267, 404, 641, 917, dan 919
  3. Panasonic: 660-689, 122, 902, 970
  4. Gree: 000, 020-039, 247, 255, 256, 263, 265, 266, 269
  5. LG: 600-609
  6. Samsung: 610-629, 202361, 914
  7. AUX: 180-199, 280-284, 287, 600-609
  8. Changhong: 059-079, 304-311, 319, 934, 947
  9. Haier: 001-019, 908
  10. Mitsubishi: 551-599, 827, 909
  11. Midea: 040-058, 289, 298-302
  12. Toshiba: 630-639
  13. Sanyo: 500-550, 840, 841, 860, 869, 871, 873, 876, 916, 920, 924, 943, 948
  14. Kris: 804, 805, 806

Cara Setting Kode Remot AC Daikin Chunghop Universal

Berikut adalah cara setting kode remote AC Daikin menggunakan Chunghop Universal:

  • Nyalakan AC secara manual dengan menekan tombol “Power”.
  • Hidupkan remote universal Kamu, dan arahkan ke arah AC milikmu.
  • Tekan dan tahan tombol “Set” hingga indikator angka “000” berkedip di layar remote.
  • Siapkan kode remote AC Daikin, dan atur nomor menggunakan tombol “temperatur (+)” dan “temperatur (-)”. Sebagai contoh, jika kode yang dibutuhkan adalah 740.
  • Ketika kode 740 cocok, AC akan mengeluarkan suara “bip”.
  • Tekan tombol “OK” untuk mengunci kode yang telah diatur.
  • Tunggu hingga proses pairing antara remote dan AC lewat kode tersebut selesai.
Baca Juga :   Cara Membuka Kunci Remot Ac Gree & Penyebab Tidak Berfungsi

Cara mencari kode AC Daikin

Jika Kamu kesulitan menemukan kode yang tepat untuk AC Daikin pada remote universal, Kamu bisa mencoba metode mencari kode dengan cara berikut:

  • Nyalakan AC Daikin secara manual dengan menekan tombol “Power”.
  • Isi baterai pada remote universal Kamu, hidupkan, dan arahkan ke mesin AC Daikin.
  • Tekan tombol “Set” selama sekitar 3 detik hingga indikator “000” di layar remote Kamu berkedip.
  • Tekan tombol “Temperatur (+)” satu kali saja, dan tunggu beberapa saat. Remote sedang mencari kode yang tepat.
  • Saat AC Daikin merespon, biasanya akan muncul suara “bip”. Tekan tombol “OK” untuk mengunci kode yang ditemukan.
  • Proses pairing antara remote dan AC Daikin telah berhasil dilakukan.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel ini, finoo.id telah membahas tentang Kode Remote AC Daikin dan bagaimana cara menggunakannya. Kode ini sangat berguna untuk mengontrol suhu dan kelembaban di dalam ruangan. Dengan menggunakan kode remote AC Daikin yang tepat, kalian dapat menyesuaikan suhu sesuai dengan kebutuhan kalian dan membuat suasana yang lebih nyaman di rumah atau kantor.

Namun, perlu diingat bahwa setiap merek AC memiliki kode remote yang berbeda-beda. Jadi, pastikan untuk selalu memeriksa buku manual atau mencari informasi secara online sebelum mencoba mengatur AC kalian dengan kode remote yang tidak tepat.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari cara untuk mengontrol suhu di dalam ruangan menggunakan kode remote AC Daikin. Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan alat-alat listrik di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *