Kode Error AC Akari

Kode Error AC Akari Wajib Diketahui Sebelum Membeli

Posted on

Finoo.id – Kode Error AC Akari Wajib Diketahui Sebelum Membeli. PT Akari Indonesia merupakan salah satu perusahaan lokal yang fokus dalam produksi peralatan elektronik rumah tangga dengan harga terjangkau. Perusahaan ini telah memiliki 18 kantor cabang yang tersebar di ibukota provinsi dari Sabang hingga Merauke.

Produk-produk yang diproduksi oleh PT Akari Indonesia antara lain TV LED, speaker aktif, mesin cuci, DVD player, dan AC yang cukup diminati oleh masyarakat. Konsumen telah lama mempercayai merek Akari karena produknya terkenal awet dan tahan lama.

AC adalah salah satu produk unggulan yang memiliki potensi penjualan tertinggi ketiga di antara produk-produk lainnya. Meskipun dijual dengan harga yang murah, spesifikasi teknologi AC Akari tetap memadai.

Meski begitu, pengguna perlu memperhatikan aturan pakai agar AC dapat berfungsi dengan baik. Jika tidak, kemungkinan terjadi masalah atau error pada AC Akari.

Sekilas Tentang Akari

AKARI adalah merek produk elektronik dan peralatan rumah tangga yang cukup terkenal di Indonesia. Diluncurkan sejak tahun 1992, selama bertahun-tahun AKARI telah menjadi merek produk TV warna, TV LED, mesin cuci, AC, DVD player, speaker aktif, dan produk lainnya yang terkenal di Indonesia.

Kata “akari” berasal dari bahasa Jepang yang berarti “cahaya”. Selama bertahun-tahun, AKARI telah “menyinari” dunia elektronik Indonesia dengan produk-produknya yang terjangkau, berkualitas tinggi, tahan lama, dan memiliki fitur yang sebanding dengan merek terkenal dari Jepang dan Korea.

Produk AKARI dapat dibeli di dealer elektronik di seluruh Indonesia, gerai Carrefour di berbagai kota, dan juga tersedia secara online di Lazada, JD, dan Blibli.

Baca Juga :   Kode Remot AC Akari Paling Lengkap Beserta Panduanya

PT Akari Indonesia adalah anak perusahaan PT Panggung Electric Citrabuana, sebuah pabrik elektronik yang didirikan pada tahun 1970. Sebelum menjadi perusahaan, PT Akari adalah Divisi Sales & Distribution dari PT Panggung Electric. Pada tahun 2002, Divisi S&D ini berubah menjadi PT Akari Indonesia.

Produk AKARI diproduksi di PT Panggung Electric dengan menggunakan Sistem Manajemen Mutu ISO-9001:2015, dan juga memenuhi stkalianr keamanan SNI. Oleh karena itu, produk AKARI yang dihasilkan oleh pabrik ini dijamin aman, tahan lama, dan berkualitas sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan.

Pengertian Kode Error

Saat ini, dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, hampir semua aspek kehidupan terpengaruh dan menjadi lebih mudah. Salah satu sisi yang terpengaruh oleh teknologi adalah aspek kesejukan udara.

Dengan menggunakan AC, suhu udara dalam ruangan bisa disesuaikan dengan selera pengguna. Kita tidak perlu lagi khawatir dengan cuaca panas, karena AC bisa membuat suhu menjadi ideal dan nyaman.

Namun, beberapa pemilik AC mungkin pernah mengalami kegagalan fungsi yang menyebabkan perangkat mesin pendingin tidak dapat bekerja sama sekali. Hal ini terjadi karena transmitter mengalami kegagalan atau ada kerusakan pada salah satu komponennya.

Pada awalnya, mengidentifikasi letak kerusakan ini merupakan pekerjaan yang sulit bagi seorang teknisi karena mereka harus menganalisis seluruh bagian AC untuk menemukan titik permasalahannya. Oleh karena itu, produsen dan tim pengembang di Akari menambahkan fitur baru yang disebut “self diagnosis”.

Fitur self diagnosis ini merupakan sensor pintar yang dapat mendeteksi letak kegagalan fungsi atau kerusakan komponen secara spesifik dan menampilkannya dalam bentuk kode error AC Akari. Kode tersebut akan muncul pada panel indikator unit indoor yang bisa dilihat oleh pengguna.

Baca Juga :   Cara Mematikan Timer AC Midea: Mudah Dilakukan

Daftar Kode Error AC Akari

Kode error AC Akari berisi kombinasi huruf dan angka yang memiliki arti tertentu. Informasi kode ini sangat berguna bagi pengguna untuk menganalisis letak permasalahan yang terjadi pada perangkat.

Salah satu kode error AC Akari adalah E2. Thermistor adalah salah satu bagian kelistrikan dalam AC Akari yang berfungsi sebagai sensor pengatur suhu. Oleh karena itu, keberadaan komponen ini sangat penting dalam operasional perangkat secara keseluruhan yang bekerja sebagai sebuah sistem.

Jika thermistor rusak, maka kode error AC akan menunjukkan indikator E2 pada panel unit indoor. Akibatnya, suhu ruangan tidak akan terbaca dengan baik dan mungkin temperatur ruangan belum dingin, tetapi sistem sudah mematikan kompresor sehingga operasional perangkat menjadi tidak normal.

Berikut adalah ciri-ciri thermistor AC Akari yang rusak:

  • Ketika AC dinyalakan, perangkat berfungsi seperti biasa selama 2-5 menit, lalu unit outdoor akan mati, sedangkan perangkat indoor masih bekerja.
  • Sekitar 10-15 menit kemudian, unit outdoor akan menyala kembali, tetapi tidak berlangsung lama.
  • Kondisi seperti ini terjadi secara terus-menerus dan dapat menyebabkan suhu dalam ruangan tidak dingin karena unit outdoor berhenti bekerja sebelum suhu yang diinginkan tercapai.

Kode Error AC Akari – E6

Salah satu kode kesalahan yang mungkin terjadi pada AC Akari adalah kode E6, yang menunjukkan bahwa motor fan pada unit indoor tidak berputar. Kondisi terkuncinya bagian tersebut dapat disebabkan oleh:

  • Kapasitor fan yang lemah atau rusak
  • Motor fan yang macet
  • Blower motor fan yang terganjal oleh benda asing
  • Kabel motor fan yang putus
  • Sensor motor fan yang rusak

Saat sensor self-diagnosis tidak mendeteksi putaran pada motor fan, perangkat akan mengirim sinyal ke modul PCB indoor dan melakukan perlindungan secara otomatis dengan mematikan AC serta menampilkan kode error E6.

Baca Juga :   √ Apa Itu Refrigerant? Kegunaan dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Baca Juga :

Penutup

Dalam penggunaan AC Akari, terkadang kita bisa mengalami masalah seperti munculnya kode error pada layar. Kode error tersebut dapat bervariasi dan memiliki arti yang berbeda-beda tergantung pada jenis AC yang digunakan.

Jika kalian mengalami masalah dengan kode error pada AC Akari, sebaiknya segera mematikan AC tersebut dan memanggil teknisi AC yang berpengalaman untuk memperbaikinya. Jangan mencoba memperbaiki sendiri jika kalian tidak memiliki pengetahuan atau keahlian yang memadai, karena hal tersebut dapat membuat masalah semakin buruk.

Pastikan juga untuk melakukan perawatan dan pembersihan AC Akari secara rutin, guna mencegah terjadinya kerusakan yang dapat mengakibatkan munculnya kode error pada AC tersebut.

Dengan melakukan perawatan dan perbaikan yang tepat, AC Akari dapat bekerja dengan baik dan memberikan kenyamanan yang maksimal bagi penggunanya.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Kode Error AC Akari Wajib Diketahui Sebelum Membeli. Semoga artikel kami dapat bermanfaat, dan terimakasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *