Kode Remot AC Mitsubishi

Data Kode Remot AC Mitsubishi Paling Lengkap dan Tepat

Posted on

Finoo.id – Data Kode Remot AC Mitsubishi Paling Lengkap dan Tepat. Sebagai sebuah negara yang terletak di garis khatulistiwa, Indonesia memiliki iklim tropis dengan hanya dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Perbedaan suhu antara kedua musim ini sangat signifikan, di mana udara menjadi sangat panas saat musim kemarau tiba.

Kondisi ini membuat Air Conditioner (AC) menjadi suatu keharusan di rumah, lembaga pendidikan, perkantoran, maupun instansi pemerintah. Hal ini bertujuan agar orang-orang yang berada di dalam ruangan tetap merasa nyaman dan dapat beraktivitas sebagaimana mestinya.

Selain dikenal dalam dunia otomotif, terutama kendaraan roda empat, Mitsubishi juga memproduksi peralatan rumah tangga berupa Air Conditioner. Namun, merek ini memiliki dua pabrik AC yang berbeda, yaitu Mitsubishi Heavy Industries dan Mitsubishi Electrics.

Selain itu, spesifikasi dan teknologi yang terdapat pada AC Mitsubishi juga mengikuti perkembangan zaman, terutama fitur inverter yang dapat mengurangi beban biaya listrik setiap bulannya.

Remot AC Mistubishi

Sama seperti kebanyakan AC jenis lainnya, AC Mitsubishi single split biasanya dipasang di tembok rumah yang tinggi. Oleh karena itu, unit dalam ruangan harus dioperasikan dengan menggunakan remote control.

Remote control ini akan diberikan kepada kalian dalam satu paket pembelian AC Mitsubishi dan tidak termasuk biaya pemasangan. Hal ini memungkinkan kalian untuk mengontrol dan memberi perintah ke unit AC dari jarak jauh dengan lebih mudah.

Namun, hampir semua fitur dan fungsi mesin pendingin udara hanya dapat dioperasikan melalui remote control. Apa yang harus dilakukan jika remote control, yang merupakan perangkat pengendali paling penting, mengalami kerusakan?

Kerusakan remote control akan menimbulkan masalah bagi pemilik rumah. Selain itu, unit AC tidak bisa dikontrol, yang menyebabkan penghuni merasa tidak nyaman akibat suhu udara yang tinggi.

Baca Juga :   Kode Remote AC Daikin Tipe Universal Paling Lengkap

Oleh karena itu, segera ganti remote control AC Mitsubishi yang rusak dengan remote control baru dari pabrikan atau versi universal. Pastikan untuk menyesuaikan dengan kondisi anggaran kalian sehingga semua penghuni rumah dapat merasa nyaman meskipun suhu udara tinggi.

Kode Remot AC Mitsubishi

Remot original AC Mitsubishi dan tipe universal pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu mengontrol unit AC dalam ruangan dari jarak jauh. Meskipun terlihat mirip, ternyata ada perbedaan yang cukup signifikan di antara keduanya.

Kelebihan remot AC Mitsubishi original antara lain:

  • Build quality yang bagus sehingga nyaman digunakan sehari-hari.
  • Tidak memerlukan pairing atau sinkronisasi tertentu sehingga dapat langsung digunakan.

Kelebihan remot AC universal antara lain:

  • Harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan versi asli bawaan pabrikan dari brand tertentu.
  • Mendukung semua jenis merek AC yang beredar di pasaran Indonesia.

Setelah mengetahui kelebihan masing-masing, tentu kalian sudah memiliki gambaran untuk membeli salah satunya. Namun, untuk menggunakan alat pengendali tipe universal, kalian memerlukan kode remote AC Mitsubishi agar dapat digunakan.

Daftar kode remote AC Mitsubishi:

DukunganKode AC Mitsubishi
Remot Universal551 sampai 599

Ternyata, kode AC untuk merek Mitsubishi cukup banyak dengan rentang nomor mulai dari 551 hingga 599. kalian dapat mencobanya satu per satu hingga menemukan kode yang cocok.

Setting Kode AC Mitsubishi

Sebuah alat pengendali multifungsi dilengkapi dengan metode pairing untuk perangkat target yang dituju. Secara umum, metode pairing tersebut memiliki tiga cara, yaitu menggunakan kode remote AC Mitsubishi, mencari nomor secara manual, dan pemindaian otomatis.

Cara Setting Remote Kode AC Mitsubishi

Berikut cara setting kode remote AC Mitsubishi:

  1. Nyalakan unit AC indoor yang terpasang di tembok secara manual dengan menekan tombol ‘power’.
  2. Nyalakan juga remote universal dan arahkan ke perangkat unit indoor tersebut.
  3. Tekan dan tahan (jangan dilepas) tombol ‘set’ selama sekitar 3 detik sampai indikator display angka ‘000’ berkedip di layar.
  4. Tekan tombol ‘temperatur (+)’ atau ‘temperatur (-)’ untuk mengatur kode remote AC Mitsubishi sesuai keinginan, misalnya ‘551’.
  5. Mesin pendingin udara akan merespon dengan suara ‘bip’ jika kode ‘551’ tersebut cocok.
  6. Tekan tombol ‘OK’ untuk mengunci, maka proses pairing selesai.
Baca Juga :   Cara Mematikan Timer AC Mitsubishi Yang Benar

Karena kode AC Mitsubishi cukup banyak, ulangi saja langkah-langkah tersebut hingga kalian menemukan nomor yang cocok.

Cara Mencari Kode AC Mistubishi

Berikut cara mencari kode AC Mitsubishi:

  1. Nyalakan AC dan remote universal dengan menekan tombol ‘power’.
  2. Arahkan perangkat remote ke mesin pendingin udara.
  3. Tekan dan tahan tombol ‘set’ selama tiga detik sampai indikator angka ‘000’ di remote berkedip.
  4. Tekan tombol ‘temperatur (+)’ cukup satu kali saja, maka remote akan mencari kode dengan sendirinya.
  5. Tunggu beberapa saat, jika mesin AC mengeluarkan suara ‘bip’, segera tekan tombol ‘OK’ untuk mengunci sekaligus menghentikan pencarian.
  6. Proses pairing selesai.

Selain dua metode di atas, kalian juga dapat memanfaatkan fitur pemindaian otomatis tanpa kode remote AC Mitsubishi.

Cara Pemindaian Ototmatis AC Mitsubishi

Berikut cara pemindaian otomatis AC Mitsubishi:

  1. Teknik ini tidak membutuhkan kode tertentu.
  2. Nyalakan AC beserta remote control dengan menekan tombol ‘power’.
  3. Arahkan remote control tersebut ke mesin pendingin udara.
  4. Tekan dan tahan tombol ‘set’ selama sekitar enam detik sampai indikator entri kode berubah menjadi ‘(+1)’.
  5. Tunggu beberapa saat karena proses scan sedang berlangsung.
  6. Ketika AC mengeluarkan suara ‘bip’, silakan tekan tombol ‘OK’ untuk menguncinya.
  7. Proses pairing remote AC multi tanpa kode selesai.

Alat pengendali jarak jauh yang bersifat multifungsi juga dapat dikembalikan pengaturannya sesuai dengan pabrikan awal. Caranya cukup mudah, tinggal tekan tombol ‘set+wind’ maka perangkat secara otomatis akan di-‘reset’.

Tutorial Pembelian Remote AC Universal

Jika kalian membeli AC tanpa remote, maka kalian perlu membeli remote universal sendiri. Remote universal (replacement remote) umumnya dapat melakukan semua fungsi yang dilakukan oleh remote asli.

Remote universal dapat melakukan berbagai fungsi dasar, seperti mematikan dan menyalakan AC, mengatur kecepatan blower, mengatur suhu, mengubah arah swing, dan menyalakan timer.

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan AC Mitsubishi: Apakah Layak Dibeli?

kalian dapat membelinya di toko elektronik terdekat di daerah kalian atau di online shop yang menjual remote AC universal atau remote AC merk apapun dengan harga yang cukup terjangkau.

Untuk pengiriman yang lebih cepat, belilah remote dari online shop yang berada di kota, kabupaten, atau provinsi yang sama dengan tempat kalian tinggal agar bisa secepatnya digunakan.

Jika kalian sudah tidak tahan dengan cuaca yang semakin panas, maka kalian bisa menggunakan layanan pengiriman cepat, seperti GoSend atau Grab Express, yang dapat mengirimkan barang ke tempat tinggal kalian pada hari yang sama atau beberapa jam setelah dibeli.

Harga remote AC universal di online shop cukup bervariasi, ada yang dijual dengan harga belasan ribu rupiah, tetapi ada juga yang dijual dengan harga ratusan ribu rupiah. Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan kalian telah membaca ulasan dari pembeli sebelumnya.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel ini, finoo.id telah membahas tentang kode remot AC Mitsubishi dan bagaimana cara menggunakannya. Kode remot AC Mitsubishi dapat membantu kalian mengendalikan suhu dan mode AC dengan mudah dan nyaman.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap model AC Mitsubishi memiliki kode remot yang berbeda-beda, sehingga kalian harus memastikan bahwa kalian menggunakan kode yang sesuai dengan model AC kalian.

Dengan menggunakan kode remot AC Mitsubishi dengan benar, kalian dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengendalikan AC kalian, serta membuat pengalaman pendinginan di dalam ruangan menjadi lebih menyenangkan.

Semoga informasi yang telah kami bagikan dapat bermanfaat bagi kalian dan membantu memudahkan penggunaan AC Mitsubishi kalian. Terima kasih telah membaca artikel ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *