Apa Itu Mesin Sekrap

Apa Itu Mesin Sekrap? Pengertian, Jenis dan Prinsip Kerjanya

Posted on

Finoo.id – Apa Itu Mesin Sekrap? Pengertian, Jenis dan Prinsip Kerjanya. Mesin sekrap sangat umum ditemukan di berbagai industri, terutama dalam pembuatan perkakas karena kemampuannya dalam mengubah bahan kerja menjadi berbagai bentuk sesuai kebutuhan.

Mesin ini memiliki peran yang tak kalah penting dibandingkan dengan mesin bubut atau mesin frais. Untuk informasi lebih lanjut mengenai mesin perkakas ini, silakan ikuti pembahasan berikut ini:

Pengertian Mesin Sekrap

Mesin sekrap ialah alat perkakas yang bergerak utama dalam pola lurus bolak-balik, baik secara vertikal maupun horizontal. Beberapa istilah lain yang merujuk padanya adalah mesin shaping, mesin ketam, atau mesin serut.

Fungsinya meliputi pengolahan berbagai jenis permukaan seperti datar, cekung, cembung, beralur, dan variasi lainnya. Proses ini dapat dilakukan pada berbagai posisi, baik itu horizontal, vertikal, ataupun dalam sudut tertentu.

Prinsip Kerja Mesin Sekrap

Mesin sekrap, sama seperti mesin-mesin lainnya, mengikuti prinsip-prinsip kerja khusus dalam operasinya. Di bawah ini dijelaskan prinsip-prinsip kerja yang dijalankan oleh mesin sekrap:

  1. Pertama-tama, benda kerja dipegang erat menggunakan ragum atau penjepit khusus.
  2. Kemudian, proses penyayatan dimulai dengan menggunakan pahat yang memiliki gerakan lurus maju dan mundur. Gerakan maju pada pahat ini berfungsi untuk melakukan penyayatan pada benda kerja, sementara gerakan mundur dilakukan tanpa penyayatan.
  3. Gerakan maju mundur pada pahat mesin dihasilkan melalui perangkat motor yang terhubung dengan roda bertingkat melalui sabuk penghubung.
  4. Gerakan dari roda bertingkat ini selanjutnya ditransmisikan melalui sistem roda gigi, hingga akhirnya mencapai roda gigi penggerak pada engkol besar. Roda gigi ini dilengkapi dengan alur yang cocok dengan tap pada engkol.
  5. Ketika roda gigi berputar, tap pada engkol menghasilkan gerakan putaran eksentrik, yang pada gilirannya mengendalikan gerakan maju mundur dari lengan mesin.
  6. Tap pada engkol dapat diatur posisinya, memungkinkan untuk mengubah panjang eksentrik dan panjang langkah gerakan maju mundur.

Dengan prinsip-prinsip ini, mesin sekrap mampu melakukan proses penyayatan yang diperlukan untuk membentuk permukaan benda kerja sesuai dengan desain yang diinginkan.

Baca Juga :   √ Cara Menggunakan Cup Sealer Serta Prinsip Kerjanya

Jenis-Jenis Mesin Sekrap

Klasifikasi mesin sekrap dapat dilakukan berdasarkan sumber gerakan, posisi ram, dan bentuk meja mesin. Berikut ini adalah penjelasan yang lebih rinci:

Berdasarkan Sumber Gerakan:

  1. Crank Shaper (Mesin Sekrap Engkol):
    Jenis ini juga dikenal sebagai mesin sekrap engkol, dan merupakan yang paling umum digunakan. Gerakan pada ram mesin ini dihasilkan oleh perangkat engkol, pin engkol, dan blok engkol.
  2. Gear Type Shaper (Mesin Sekrap Roda Gigi):
    Dikenal juga sebagai mesin sekrap roda gigi, jenis ini menciptakan gerakan maju mundur melalui pergerakan gigi rack dan pinion. Kecepatan gerakan ditentukan oleh jumlah gigi pada rack.
  3. Hydraulic Shaper (Mesin Sekrap Hidrolik):
    Jenis ini menggunakan prinsip gerakan hidrolik untuk menghasilkan gerakan maju mundur. Mesin ini dilengkapi dengan piston yang menggerakkan ram untuk menghasilkan gerakan yang diperlukan.

Berdasarkan Posisi Ram:

  1. Horizontal:
    Jenis ini memiliki ram yang membawa pahat dengan gerakan maju mundur dalam posisi horizontal. Biasanya digunakan untuk pemotongan pada bidang yang datar.
  2. Vertikal atau Slotter:
    Sebaliknya, pada jenis ini, ram dengan pahat bergerak secara vertikal. Mesin ini digunakan untuk pemotongan pada bidang dengan sudut, kedalaman, atau akses yang sulit.

Berdasarkan Bentuk Meja Mesin:

  1. Travelling Head Shaper (Mesin Sekrap Kepala Bergerak):
    Jenis mesin sekrap ini memiliki kemampuan untuk melakukan pemakanan sambil ram pemegang pahat bergerak maju mundur atau menyilang. Ini memungkinkan untuk pemotongan yang lebih kompleks dan lebih luas pada benda kerja.
  2. Planer:
    Tipe ini menghasilkan dua gerakan meja, yaitu horizontal dan vertikal selama proses pemakanan. Hal ini memungkinkan pemrosesan yang lebih akurat dan kompleks pada permukaan benda kerja.
  3. Universal:
    Selain memiliki gerakan meja vertikal dan horizontal seperti tipe lainnya, mesin jenis universal juga memiliki kemampuan untuk memutar meja mesin agar sejajar dengan sumbu ram. Fitur ini memungkinkan untuk pemotongan pada sudut dan bentuk yang lebih beragam.

Dengan memahami berbagai bentuk meja mesin pada mesin sekrap, kalian dapat memilih jenis yang paling sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan dilakukan. Setiap jenis mesin sekrap memiliki keunggulan dan kegunaannya masing-masing, sehingga kalian dapat mengoptimalkan proses manufaktur dan menciptakan produk yang berkualitas tinggi sesuai dengan kebutuhan kalian.

Bagian-Bagian Mesin Sekrap serta Fungsinya

Mesin sekrap terdiri dari komponen-komponen penting yang bekerja bersama untuk memastikan kinerja optimal. Berikut adalah beberapa bagian yang perlu diidentifikasi:

1. Badan Mesin

Badan mesin berperan sebagai struktur utama yang menampung komponen-komponen krusial seperti mekanik penggerak dan tuas pengatur. Ini adalah tempat di mana elemen-elemen vital mesin berada, membentuk dasar dari sistem kerja keseluruhan.

Baca Juga :   √ Apa Itu Pressure Relief Valve? Fungsi dan Cara Kerjanya

2. Meja Mesin

Meja mesin berfungsi sebagai tempat penempatan benda kerja yang akan dibentuk atau diolah. Fungsinya juga mencakup penggunaan alat penjepit untuk mengamankan benda kerja dengan stabil. Keistimewaan meja mesin adalah kemampuannya untuk bergerak secara otomatis melalui sistem eretan lintang dan dapat bergerak melalui perintah eretan tegak, yang memungkinkan pengaturan posisi benda kerja dengan presisi yang diperlukan.

3. Lengan atau Ram

Lengan atau ram berperan sebagai penggerak pahat yang bertanggung jawab atas gerakan maju mundur saat proses pemotongan. Terletak di atas badan mesin, lengan ini diikat pada engkol menggunakan pengikat lengan khusus. Untuk memastikan gerakan yang lurus dan terkendali, lengan ini juga dilindungi oleh pelindung lengan yang menjaga integritas gerakan yang dihasilkan.

4. Eretan Pahat

Eretan pahat merupakan bagian yang memegang peranan penting dalam mengatur ketebalan pemakanan pahat. Ketika roda pemutar bergerak, eretan pahat memungkinkan pengaturan ketinggian pahat, yang pada gilirannya mengontrol seberapa dalam pahat akan memotong benda kerja. Informasi mengenai ketebalan pemakanan pahat dapat dibaca melalui dial indikator yang tersedia.

Bagian eretan pahat terletak di ujung lengan mesin dan ditempatkan diantara dua buah mur baut yang berfungsi sebagai pengikat. Fleksibilitas eretan pahat juga memungkinkan untuk dimiringkan saat digunakan pada permukaan yang memiliki sudut atau kemiringan tertentu. Kemiringan eretan ini dapat diukur dan diatur menggunakan alat pengukur sudut yang terintegrasi.

5. Pengatur Kecepatan

Mesin sekrap dilengkapi dengan pengatur kecepatan yang berfungsi untuk mengatur jumlah langkah lengan dalam setiap satu menit. Pengaturan ini dapat diubah tergantung pada jenis pekerjaan yang sedang dilakukan. Biasanya, mesin akan diatur dengan kecepatan lebih tinggi saat melakukan pemakanan yang tipis. Penting untuk diingat bahwa pengaturan kecepatan hanya boleh dilakukan saat mesin berada dalam kondisi berhenti.

6. Tuas Panjang Langkah

Bagian ini dikenal sebagai tuas panjang langkah karena tugas utamanya adalah mengatur panjang langkah pahat yang akan digunakan selama proses kerja. Pengaturan ini dilakukan dengan memutar tuas ke arah kiri atau kanan, sesuai dengan kebutuhan panjang langkah yang diinginkan. Kemampuan untuk mengatur panjang langkah ini memungkinkan penyesuaian yang tepat untuk setiap jenis pekerjaan yang berbeda, memastikan hasil yang diinginkan dapat dicapai dengan akurat.

Baca Juga :   √ Apa Itu Vacuum Pump? Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

7. Tuas Posisi Pahat

Tuas posisi pahat adalah komponen lain yang memiliki peran krusial dalam mesin sekrap, karena fungsinya adalah mengatur letak pahat relatif terhadap benda kerja yang akan dibentuk. Dengan menggerakkan tuas ini, operator dapat menentukan posisi pahat agar sesuai dengan desain atau ukuran yang diinginkan untuk hasil akhir.

Untuk melakukan penyesuaian posisi pahat, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melonggarkan bagian pengikat lengan. Setelah itu, dengan menggunakan tuas posisi pahat, operator dapat mengatur sudut atau lokasi pahat dengan presisi yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan.

8. Tuas Pengatur Gerakan Otomatis

Tuas pengatur gerakan otomatis terletak di sepanjang meja mesin secara melintang dan memiliki peran penting dalam mengontrol pengaturan otomatis mesin sekrap. Tuas ini bertanggung jawab untuk mengubah gerakan pada engkol sehingga proses penyekrapan dapat berlangsung secara otomatis.

Pengaturan ini secara efektif mengubah mekanisme roda gigi dari gerakan putar menjadi gerakan lurus meja. Dalam konteks ini, tuas pengatur gerakan otomatis memungkinkan meja mesin untuk bergerak secara otomatis dalam proses feeding atau ingsutan. Ini merupakan fitur yang sangat berguna, terutama ketika diperlukan pemrosesan berulang dengan ukuran dan kedalaman pemakanan yang seragam.

Baca Juga :

Penutup

Dalam perjalanan teknologi dan industri, pemahaman terhadap alat dan mesin menjadi krusial. Mesin Sekrap mungkin bukan sesuatu yang kita dengar sehari-hari, namun peranannya dalam pembentukan dan finishing material tak bisa diremehkan.

Bagi para profesional di bidang teknik mesin dan manufaktur, mesin ini merupakan sahabat sejati. Sebagai masyarakat yang terus mengikuti perkembangan zaman, memahami “Apa Itu Mesin Sekrap”.

Bukan hanya menambah wawasan tetapi juga menghargai inovasi dan dedikasi manusia dalam menciptakan dunia yang lebih maju. Sebuah mesin sederhana, namun memiliki kekuatan besar dalam menciptakan perubahan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Apa Itu Mesin Sekrap? Pengertian, Jenis dan Prinsip Kerjanya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *