Arti Simbol Remote AC Panasonic

Arti Simbol Remote AC Panasonic Lengkap Semua Tipe

Posted on

Finoo.id – Arti Simbol Remote AC Panasonic Lengkap Semua Tipe. Sebagai pemilik produk, memahami arti simbol remote AC Panasonic menjadi penting guna menguasai cara penggunaannya dengan baik dan mengurangi risiko kesalahan pengaturan yang dapat memengaruhi kinerja mesin.

Meskipun unit AC Panasonic hadir dengan kualitas terbaik dan keawetannya teruji, namun jangan sembarangan menekan tombol remote tanpa mengikuti prosedur yang benar.

Banyak konsumen yang baru pertama kali membeli AC Panasonic seringkali merasa kesulitan karena belum mengenal fitur dan fungsi tombol remote yang berisi lambang tertentu.

Untuk membantu para pemula dalam memahami arti simbol remote AC Panasonic dengan lengkap, kami telah menyusun panduan yang dibutuhkan. Terlepas dari kesederhanaannya, pemahaman ini sangat penting bagi mereka yang masih belajar.

Fungsi Remote AC Panasonic

AC single split pada dasarnya dipasang pada dinding dengan ketinggian tertentu dan hanya dapat diakses melalui remote kontrol untuk mengakses seluruh fitur dan fungsi.

Panel unit indoor hanya memiliki satu tombol manual untuk menyalakan dan mematikan perangkat sebagai cadangan saat terjadi kondisi darurat, misalnya kerusakan pada remote.

Remote AC Panasonic berfungsi membantu pemilik mengontrol unit indoor secara mudah dan praktis, cukup dengan menekan tombol yang diinginkan untuk mengoperasikan perangkat sesuai perintah.

Untuk persiapan remote AC Panasonic yang pertama kali digunakan:

  • Buka bagian belakang casing remote kontrol untuk mengakses baterai.
  • Sediakan dua baterai baru berukuran “AAA”.
  • Masukkan baterai ke dalam remote dengan mengikuti posisi terminal yang tepat.
  • Kemudian, tutup kembali casing hingga terkunci dengan sempurna.
  • Setelah itu, remote AC Panasonic siap digunakan setiap hari.
Baca Juga :   Cara Mematikan Timer AC Midea: Mudah Dilakukan

Untuk memastikan pengiriman sinyal dari remote berjalan lancar, arahkan remote tegak lurus ke unit indoor dan pastikan tidak ada penghalang yang menghalangi. Jarak maksimal antara kedua perangkat untuk berkomunikasi dengan baik adalah 8 meter.

Arti Simbol Remote AC Panasonic

Setelah mengetahui fungsi remote AC di atas, selanjutnya kalian hanya perlu memahami arti dari simbol atau lambang yang terdapat pada tombol remote AC Panasonic. Arti simbol tersebut sama dengan arti simbol pada remote AC merek lain, seperti Polytron, Daikin, Samsung, Gree, dan lainnya.

1. Power (ON/OFF)

Tombol pertama adalah Power (ON/OFF) yang berfungsi untuk menyalakan atau mematikan AC Panasonic. Tombol ini mudah dikenali karena memiliki warna merah yang berbeda dengan tombol lain pada remote AC.

2. Temperatur

Tombol kedua adalah Temperatur yang berfungsi untuk mengatur suhu AC sesuai dengan kondisi yang diinginkan. Dengan tombol ini, pengguna dapat menyesuaikan suhu mulai dari nilai terendah sekitar 18 derajat Celsius dan meningkatkan suhu dengan interval satu digit.

3. Mode

Tombol ketiga adalah Mode yang memungkinkan pemilik AC Panasonic mengoperasikan beberapa mode yang tersedia. Seperti merek AC lainnya, AC Panasonic dilengkapi dengan beberapa mode seperti:

  • Mode Cool: digunakan untuk menurunkan suhu ruangan.
  • Mode Dry: menghilangkan kelembapan udara, terutama pada musim hujan dan mencegah pertumbuhan jamur.
  • Mode Auto: mengatur operasi AC Panasonic berdasarkan kondisi suhu ruangan dan akan berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan.

4. Timer

Tombol keempat adalah Timer yang ditkaliani dengan simbol “Jam”. Fungsinya memungkinkan AC Panasonic menyala dan berhenti beroperasi secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah diatur. Namun, sebelum dapat digunakan, pengguna perlu mengatur jadwal operasi AC terlebih dahulu.

5. Fan

Tombol kelima adalah Fan yang berfungsi untuk mengatur kecepatan putaran kipas AC Panasonic. Dengan tombol ini, pengguna dapat mengatur level perputaran sesuai dengan keinginan dengan menekan tombol berlambang kipas.

Baca Juga :   Cara Setting Timer AC Panasonic Paling Tepat

6. Swing

Tombol keenam adalah Swing yang berfungsi untuk mengeluarkan udara dingin dari unit indoor dan mengatur arah alirannya dengan mudah. Dengan menekan tombol ini, pengguna dapat menentukan arah hembusan angin baik secara vertikal maupun horizontal sesuai dengan kebutuhan.

7. Econavi

Tombol ketujuh adalah Ecovani yang berfungsi untuk mengatur penghematan energi pada AC Panasonic. Dengan tombol ini, pengguna dapat mengurangi penggunaan energi dan mengoptimalkan tagihan listrik bulanan yang dapat mencapai 50% dari penggunaan AC konvensional. Fungsi tombol Ecovani ini dapat membantu pengguna dalam menghemat energi dengan mudah.

8. Comport

Tombol kedelapan adalah Auto Comfort yang merupakan fitur tambahan pada AC Panasonic untuk memberikan kenyamanan yang ideal. Dengan mengaktifkan fungsi ini, sensor pada AC Panasonic akan beroperasi secara otomatis untuk menyesuaikan pengaturan dan memberikan kenyamanan yang optimal.

9. Nanoe-G

Tombol kesembilan adalah Nanoe-G yang berfungsi untuk menjaga kebersihan dan kesejukan udara di dalam ruangan. Selain itu, tombol remote AC ini juga dapat digunakan untuk menyaring polusi udara dan memurnikannya dari bakteri dan virus agar terhindar dari masalah kesehatan.

10. Powerful

Tombol sepuluh adalah Powerful yang berguna ketika pengguna ingin merasakan pendinginan ruangan secara cepat setelah beraktivitas di luar ruangan dengan cuaca panas. Dengan menekan tombol Powerful pada remote, pengguna dapat mempercepat proses pendinginan ruangan dengan mudah.

11. Clock

Tombol sebelas adalah Clock yang berfungsi untuk mengatur waktu timer pada AC Panasonic. Tombol ini terkait dengan tombol Timer, sehingga pengguna dapat mengatur kapan AC akan menyala atau mati sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

12. SET

Tombol duabelas adalah SET yang berfungsi untuk mengunci aksi tertentu pada remote AC Panasonic. Saat pengguna ingin mengaktifkan fitur timer pada AC, pengguna harus menekan tombol SET untuk mengunci pengaturan tersebut.

Baca Juga :   Penyebab & Cara Mengatasi Remote AC Panasonic Error

13. Panel Display

Tombol tigabelas adalah Panel Display yang berfungsi untuk menampilkan informasi pengaturan AC pada unit remote. Dengan tombol ini, pengguna dapat melihat informasi tentang suhu, timer, mode, dan pengaturan lainnya dengan mudah.

14. Reset

Tombol empatbelas adalah Reset yang berfungsi untuk mengembalikan semua pengaturan pada remote AC Panasonic ke setelan pabrik. Tombol ini berguna jika AC mengalami masalah dan membutuhkan reset untuk memperbaiki masalah tersebut.

15. Cancel

Tombol terakhir adalah Cancel yang berfungsi untuk membatalkan pengoperasian pada unit AC Panasonic dengan remote. Jika pengguna tidak ingin melanjutkan operasi AC, maka dapat menekan tombol ini untuk membatalkannya.

Catatan: Setiap jenis AC akan memiliki pengaruh pada desain remote dan penempatan tombol pada remote. Oleh karena itu, setiap jenis AC akan memiliki perbedaan dalam unit remote AC-nya.

Baca Juga : 

Penutup

Demikianlah ulasan finoo.id mengenai arti simbol pada remote AC Panasonic. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, setiap simbol pada remote AC Panasonic memiliki fungsi dan makna yang berbeda-beda.

Dengan memahami arti simbol-simbol tersebut, pengguna dapat mengoperasikan AC dengan lebih efisien dan tepat sesuai kebutuhan.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan AC yang berlebihan dapat berdampak negatif pada lingkungan dan kesehatan manusia. Oleh karena itu, sebagai pengguna AC, mari kita gunakan perangkat tersebut dengan bijak dan bertanggung jawab.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *