Air Buangan AC Dimanfaatkan

Bisakah Air Buangan AC Dimanfaatkan? Berikut Jawabanya

Posted on

Finoo.id – Bisakah Air Buangan AC Dimanfaatkan? Berikut Jawabanya. Salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh pemilik AC adalah, “Dapatkah air buangan AC dimanfaatkan?”

Setiap AC menghasilkan air buangan (wastewater) sebagai hasil dari operasinya. Jumlah air yang dihasilkan akan semakin banyak jika AC bekerja lebih keras.

Tidak jarang, air buangan AC dapat mencapai beberapa liter. Menurut para ahli, di daerah dengan iklim yang agak kering, AC rumahan umumnya menghasilkan sekitar 1 liter atau lebih air buangan setiap harinya.

Sementara itu, AC komersial dapat menghasilkan lebih dari 2 liter per hari. Di daerah yang lebih lembab, AC rumahan dengan kapasitas 2PK diperkirakan dapat menghasilkan sekitar 60 liter air per hari, sedangkan AC komersial dapat menghasilkan ratusan bahkan ribuan liter per hari.

Jumlah air buangan AC yang impresif tersebut membuat kita berpikir, apakah air limbah AC tersebut dapat dimanfaatkan? Apakah bisa digunakan untuk menyiram tanaman, membersihkan rumah, atau kebutuhan lainnya?

Sebenarnya, jumlah air yang dihasilkan oleh AC di daerah yang lembab seperti Indonesia lebih dari cukup untuk menyiram tanaman hias di rumah, membersiram toilet, dan sebagainya. Bahkan, jika disaring dan diperlakukan dengan benar, air buangan AC bahkan dapat diminum.

Apa itu air buangan AC atau air limbah AC?

Air buangan AC sebenarnya adalah air kondensat murni, mirip dengan yang kita temui saat membuat es teh atau air es. Ketika kita menuangkan air es ke dalam gelas, seiring waktu kita akan melihat embun terbentuk di dinding gelas. Semakin panas udara di luar gelas, semakin banyak embun yang terbentuk, bahkan bisa sampai mengalir.

Baca Juga :   Tekanan Normal Freon R32 AC 1/2 PK Berapa Psi? Yang Tepat

Hal yang serupa terjadi pada AC. Ketika AC beroperasi, uap air di dalam ruangan, yang berasal dari udara ruangan, napas, dan keringat orang-orang di dalamnya, akan diserap oleh koil evaporator unit AC dalam ruangan. Uap air tersebut kemudian didinginkan hingga mencapai titik jenuh dan berubah menjadi kondensat (embun) yang kemudian dialirkan ke saluran pembuangan.

Jadi, bisa dikatakan bahwa air buangan AC adalah air murni yang cukup aman untuk digunakan dalam menyiram tanaman, mencuci pakaian, atau bahkan sebagai air minum.

Namun demikian, perlu diperhatikan bahwa air buangan AC tidak beracun. Meskipun begitu, air yang mengandung garam mungkin mengandung bakteri atau mineral lainnya. Hal ini bisa terjadi jika sistem irigasi atau saluran pembuangan air AC tidak terjaga kebersihannya. Inilah yang sering menyebabkan air kondensat AC menjadi tidak layak dikonsumsi.

Manfaat Air Buangan AC

Masih banyak orang yang belum mengetahui beberapa manfaat dari air buangan AC. Berikut ini penjelasannya yang perlu kamu ketahui:

1. Sebagai Kondensat

Salah satu manfaat pertama dari air buangan AC adalah penggunaannya sebagai kondensat. Sistem pendingin AC menghasilkan udara yang hangat dan kelembapan, yang kemudian mengalami kondensasi. Air hasil kondensasi ini biasanya dialirkan ke pompa atau sistem pembuangan.

Dengan menggunakan AC secara terus-menerus, kamu bisa mendapatkan sejumlah besar air setiap hari. Air tersebut dapat disimpan dalam wadah atau langsung dialirkan ke tanaman. Hal ini sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Kamu tidak perlu repot lagi menyiapkan air untuk menyiram tanamanmu karena sudah tersedia melalui AC.

2. Sistem Irigasi

Manfaat lainnya adalah air buangan dari AC dapat digunakan untuk sistem irigasi. Kamu dapat memanfaatkan air tersebut untuk menyiram tanaman di dalam atau di luar ruangan. Kamu tidak perlu khawatir karena air yang keluar dari AC tersebut bersih dan tidak mengandung klorin. Selain itu, air tersebut juga tidak mengandung zat aditif yang berbahaya bagi tanaman di rumahmu.

Baca Juga :   Kode Remote AC Aux Semua Tipe Pasti Berhasil

Cara menggunakannya cukup sederhana. Kamu bisa menampung air buangan AC dalam wadah seperti kaleng dan kemudian menyiramkannya ke tanamanmu. Atau, kamu juga bisa langsung mengarahkan aliran air tersebut untuk menyiram tanaman secara langsung. Dengan memanfaatkan air buangan AC ini, kamu dapat menghemat penggunaan air bersih dan secara efisien memberikan kelembapan yang dibutuhkan oleh tanaman.

3. Membersihkan Benda yang Ada di Luar Ruangan

Air buangan AC juga dapat digunakan untuk membersihkan berbagai benda di luar ruangan. Perlu diketahui bahwa air buangan tersebut masih segar dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk keperluan pembersihan. Misalnya, kamu dapat menggunakan air tersebut untuk membersihkan jendela.

Selain itu, air buangan AC juga bisa digunakan untuk membersihkan perabotan rumah, seperti furniture. Bahkan, jika kamu ingin membersihkan mobil atau sepeda motor, air buangan AC juga bisa digunakan. Apapun benda di luar ruangan yang perlu kamu bersihkan atau cuci, kamu dapat memanfaatkan air hasil pembuangan AC ini.

4. Air Kolam

Apakah kamu pernah berpikir bahwa air buangan AC dapat dimanfaatkan sebagai air kolam? Bagi mereka yang memiliki atau berencana memiliki kolam, air buangan AC dapat digunakan untuk mengisi kolam tersebut. Air ini dapat bermanfaat bagi tanaman rawa, kolam kecil, air mancur, dan banyak lagi. Sebagai gantinya, daripada membuang air tersebut dengan percuma, lebih baik memanfaatkannya sebagai sumber air untuk berbagai kebutuhan tersebut.

5. Persediaan Air

Selama musim kemarau, banyak wilayah yang menerapkan pembatasan penggunaan air. Hal ini sering kali membuat beberapa rumah tidak memiliki pasokan air untuk menyiram tanaman atau membersihkan barang-barang di rumah. Namun, dengan memanfaatkan air kondensat AC, kamu dapat memiliki persediaan air yang sangat dibutuhkan di area rumahmu tanpa melanggar aturan pembatasan penggunaan air. Dengan cara ini, kamu memiliki persediaan air untuk kebutuhan sehari-hari tanpa harus khawatir kekurangan air.

Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan AC Teco Terbaru

Baca Juga :

Penutup

Dalam merangkum, air buangan AC, meski seringkali dianggap sebagai limbah, ternyata memiliki potensi yang besar untuk dimanfaatkan dalam berbagai cara yang bermanfaat dan ramah lingkungan.

Dari penggunaan sehari-hari seperti menyiram tanaman hingga aplikasi yang lebih inovatif seperti generator hidroelektrik mini, air buangan AC bisa jadi sumber daya yang belum sepenuhnya tergali.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memikirkan kembali cara kita memkalianng ‘limbah’ dan bagaimana kita bisa memanfaatkan apa yang kita miliki dengan cara yang lebih berkelanjutan dan efisien.

Jadi, bisakah air buangan AC dimanfaatkan? Jawabannya adalah ya, tentu saja bisa. Kuncinya adalah inovasi dan keinginan untuk mencari solusi yang lebih berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Bisakah Air Buangan AC Dimanfaatkan? Berikut Jawabanya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *