Cara Mengatasi Error Printer

Cara Mengatasi Error Printer Canon MP237 Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Mengatasi Error Printer Canon MP237 Yang Tepat. Salah satu keinginan pembaca setia di blogprinterini adalah untuk membahas mengenai error yang terjadi pada salah satu printer Canon terbaik yang banyak digunakan oleh kalangan mahasiswa, termasuk pembaca yang bertanya, mengenai cara mengatasi error pada printer Canon MP237 yang dimilikinya. Terkadang, ketika sedang sangat membutuhkan printer untuk kebutuhan mencetak, masalah tiba-tiba muncul dan menampilkan lampu alarm LED berkedip warna oranye. Printer Canon tipe MP237 ini dilengkapi dengan beberapa lampu yang memberi tahu adanya error pada printer.

Error pada printer Canon MP237 memiliki banyak jenis, dan mungkin akan sangat membingungkan jika harus menghafal semua kode error-nya. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, blogprinter.net akan mengulas berbagai kode error yang dimilikinya sebagai sumber referensi ketika printer Anda mengalami error. Anda dapat melihatnya di sini dan mencari tahu error apa yang terjadi serta bagaimana cara mengatasinya.

Error Canon MP237 akan diberitahukan kepada pengguna melalui lampu oranye yang berkedip sejumlah kali. Ketika perangkat Anda terhubung ke komputer, pemberitahuan beserta gambar penjelasan juga akan ditampilkan. Setelah Anda mengetahui jumlah kedipan lampu, Anda dapat mencari tahu makna dari kode error tersebut.

Kode error yang paling sering muncul ketika printer digunakan adalah error 1300, 5011, dan 5100. Semua kode ini akan membuat printer Canon tidak dapat menjalankan aktivitas pencetakan. Hal ini terjadi karena terdapat kertas yang terjebak (paper jam) di dalam unit printer. Selain itu, masih banyak kode error lain yang sering terjadi pada printer Canon MP237, seperti FINE cartridge tidak dapat dikenali, kertas terjebak, printer kehabisan kertas, dan masih banyak lagi. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, Anda dapat melihatnya di bawah ini pada penjelasan di blogprinter.

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan Epson L5190: Review Lengkap

Beberapa Kode Error Printer Cannon MP237 dan Cara Mengatasinya

Berbagai Kode Error dan Cara Mengatasinya pada Printer Canon MP237:

Error 1000 Canon MP237

Error yang terjadi adalah “Printer is out of paper / paper does not feed”. Biasanya, pemberitahuan yang muncul adalah lampu LED printer Canon MP237 berkedip 2 kali. Cara mengatasi error 1000 ini adalah dengan memasukkan kertas pada rear tray (bagian atas tempat masuk kertas) dan menekan tombol hitam/warna pada printer.

Error 1300 Canon MP237

Error ini ditandai dengan lampu LED printer Canon MP237 yang berkedip 3 kali. Error ini disebabkan oleh “paper jam” atau kertas yang tersangkut di dalam printer. Periksa apakah ada kertas yang terjebak dan bersihkan atau keluarkan agar masalah paper jam pada error tidak muncul lagi.

Error 1687 Canon MP237

Pada error ini, pemberitahuan yang muncul adalah “Cartridge is not installed properly”. Lampu LED pada printer Canon MP237 akan berkedip 4 kali. Error ini terjadi karena kemungkinan cartridge tidak terpasang dengan benar dan tidak terkunci dengan baik.

Error 1486, 1487 pada Canon MP237

Kode error ini mirip dengan kode error sebelumnya pada bagian cartridge, tetapi memiliki kode yang berbeda. Error ini menunjukkan “FINE Cartridge is not installed in the correct position”. Pada printer Canon MP237, lampu LED akan berkedip 7 kali. Cara mengatasi hal ini adalah mencoba melepas dan memasang kembali cartridge printer, memastikan bahwa cartridge terpasang dengan benar. Jika masalah ini tetap muncul, mungkin cartridge Anda rusak dan perlu diganti dengan cartridge baru.

Error 1401, 1403, 1401 pada Canon MP237

Kode error ini juga terjadi pada bagian cartridge, mirip dengan error 1687, tetapi memiliki model pemberitahuan yang berbeda. Pemberitahuan yang muncul adalah “The FINE Cartridge is not installed properly” dengan lampu LED yang berkedip 5 kali. Cara mengatasinya sama seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Baca Juga :   Cara Instal Printer HP Deskjet 2135 Paling Simpel

Error 1700 pada Canon MP237

Error ini terjadi pada bagian lain pada printer, yaitu tinta printer. Pemberitahuan muncul di layar monitor dengan pesan “Ink absorber is almost full” dan disertai lampu LED yang berkedip 8 kali pada printer Canon MP237. Untuk mengatasi masalah error ini, Anda dapat mencoba melakukan head cleaning secara keseluruhan.

Error 1684 pada Canon MP237

Error ini terjadi pada bagian cartridge printer, mirip dengan error sebelumnya, tetapi dengan jumlah kedipan lampu yang berbeda, yaitu 14 kali. Cara mengatasi error ini sama seperti kode error 1401, 1403, 1401, 1486, 1487, dan 1687 pada printer Canon MP237.

Error 1688 pada Canon MP237

Error ini ditandai dengan jumlah kedipan lampu yang paling banyak, yaitu 16 kali. Pesan error yang muncul adalah “Error Tinta Printer (The ink has run out)”. Cara mengatasinya adalah dengan menekan tombol stop/reset selama 5 detik.

Error 1686 pada Canon MP237

Error ini juga terterjadi pada bagian tinta dengan pemberitahuan di layar komputer “The remaining ink level cannot be detected” dan lampu LED pada printer berkedip 13 kali. Masalah yang terjadi adalah kemungkinan printer tidak dapat mendeteksi level atau kapasitas tinta yang ada. Cara mengatasi error ini adalah dengan menekan tombol stop/reset selama 5 detik, lalu lepaskan.

Error 5100 Canon MP237

Kode error 5100 menunjukkan lampu LED pada printer Canon MP237 berkedip 2 kali. Kemungkinan ini sama dengan kode error 1300 yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu masalah pada kertas. Cara mengatasinya adalah dengan menarik kertas yang terjebak.

Error B200 Canon MP237

Kode error terakhir yang mungkin terjadi pada printer Canon MP237 adalah error B200. Pemberitahuan ini ditandai dengan lampu LED pada printer yang berkedip 10 kali. Biasanya, error ini disebabkan oleh perbedaan suhu yang tinggi saat proses mencetak atau lingkungan yang tidak stabil, atau mungkin tekanan suhu pada power supply yang meningkat. Cara mengatasi error B200 pada printer Canon MP237 adalah dengan mematikan printer dan melepaskan kabel power yang terhubung ke sumber listrik selama beberapa waktu (sekitar 5-7 menit) agar suhu printer dapat kembali normal.

Baca Juga :   Cara Setting WiFi Epson L3150: Mudah dan Praktis

Catatan: Harap dicatat bahwa penjelasan kode error dan langkah-langkah pemecahan masalah yang disediakan didasarkan pada informasi yang diberikan dan mungkin tidak mencakup semua skenario atau solusi yang mungkin. Selalu disarankan untuk merujuk pada manual printer atau menghubungi dukungan pelanggan Canon untuk bantuan yang akurat dan terperinci.

Baca Juga :

Penutup

Untuk menutup, mengatasi error pada printer Canon MP237 bukanlah tugas yang mustahil. Kita telah membahas berbagai cara untuk mengatasi masalah yang mungkin Anda hadapi, mulai dari mengecek koneksi, membersihkan catridge, hingga melakukan reset pada printer.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa setiap kasus memiliki keunikan tersendiri, dan solusi yang berhasil untuk satu kasus mungkin tidak akan berfungsi untuk kasus lainnya.

Namun, dengan pengetahuan yang tepat dan kesabaran, hampir setiap masalah dapat diselesaikan. Selalu lakukan pemeliharaan berkala pada printer Anda dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional jika Anda merasa perlu.

Setelah semua, peralatan kita adalah investasi kita, dan menjaganya berfungsi dengan baik adalah upaya yang patut diapresiasi. Terima kasih telah membaca artikel finoo.id ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah pada printer Canon MP237 Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *