Ciri-Ciri Kulkas Normal dan Tidak Normal

Ciri-Ciri Kulkas Normal dan Tidak Normal Wajib Diketahui

Posted on

Finoo.id – Ciri-Ciri Kulkas Normal dan Tidak Normal Wajib Diketahui. Ingin tahu ciri-ciri kulkas yang normal? Mungkin kalian khawatir bahwa kulkas kalian tidak berfungsi dengan normal atau bahkan mengalami kerusakan. Jika ingin tahu lebih jelasnya, simak informasi di bawah ini dengan saksama!

Bagaimana Ciri-Ciri Kulkas Normal?

Kulkas merupakan perabotan penting dalam rumah tangga yang memiliki berbagai fungsi yang menguntungkan, seperti mendinginkan, menyimpan, dan mengawetkan makanan, serta masih banyak lagi.
Oleh karena itu, banyak rumah tangga yang berbondong-bondong membeli kulkas untuk diletakkan di dapur. Namun, saat memilih kulkas, perlu diperhatikan beberapa hal agar tidak menyesal di kemudian hari. Bagaimana ciri-ciri kulkas baru yang normal atau tidak rusak?

1. Bagian Luar Kulkas Mengembun

Salah satu ciri kulkas 1 pintu normal adalah terbentuknya embun di luar lemari es, terutama saat musim dingin atau hujan. Hal ini adalah normal, jadi tidak perlu khawatir jika kulkas di rumah juga mengembun di bagian luar.

Untuk mengatasinya, cukup bersihkan permukaan kulkas dengan kain bersih atau handuk kering.

2. Bagian Pinggiran Kulkas Hangat

Ciri-ciri kulkas 2 pintu normal selanjutnya adalah bagian pinggiran atau sisi pintu terasa hangat. Jangan khawatir, hal tersebut adalah normal. Bahkan, beberapa orang menggunakan kehangatan tersebut untuk mengeringkan kaos kaki atau sepatu yang basah.

Mengapa sisi kulkas terasa hangat padahal tugasnya adalah mendinginkan? Komponen kondensor diinstal di luar kompartemen kulkas dan disekat dengan plat untuk mencegah pembekuan.

Tanpa komponen tersebut, kulkas tidak akan berfungsi dengan baik atau bahkan mengalami kerusakan dalam waktu singkat. Jika kulkas kalian tidak terasa hangat, hal itu bisa menjadi tkalian bahwa kulkas kalian bermasalah karena tidak ada sirkulasi refrigeran dalam pipa.

Baca Juga :   Cara Menghidupkan Kulkas Setelah Dibersihkan Yang Tepat

3. Bunyi Kulkas

Ciri kulkas normal selanjutnya adalah terdengarnya bunyi “klik” atau cracking sounds. Suara ini terjadi ketika bagian refrigerator mengerut, memuai, atau ketika komponen defrost mulai beroperasi.

Kulkas Sharp yang normal seharusnya tenang dan tidak berisik. Jadi, jika kulkas kalian terdengar cukup keras dan berisik, itu bisa menjadi indikasi masalah. Bahkan setelah kejadian tersebut, kulkas biasanya akan mati total dan tidak dapat digunakan untuk mendinginkan makanan.

Masalah tersebut terkadang terjadi pada kulkas yang tidak dirawat dengan baik atau sudah cukup tua sehingga mesin di dalamnya menjadi usang.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kulkas menjadi bising, seperti tegangan listrik yang tidak stabil, kerusakan pada kompresor, baut yang kendur, kipas yang rusak, dan lain sebagainya.

Jika mengalami masalah tersebut, segera lakukan pemeriksaan atau bawa ke tukang servis agar masalah tidak semakin membesar dan kulkas dapat diperbaiki.

4. Embun Terbentuk di Dalam Kulkas

Menciptakan embun dan pembekuan di dalam kulkas adalah tugasnya yang sebenarnya. Jika makanan disimpan tanpa penutup, maka dapat menjadi cukup basah. Untuk mengatasi hal tersebut, gunakan penutup atau lap dengan menggunakan kain bersih atau handuk kering.

Bagaimana Ciri-Ciri Kulkas Tidak Normal?

Setelah mengetahui beberapa ciri kulkas Polytron yang normal, penting juga untuk mengetahui ciri kulkas yang tidak normal. Hal ini sudah disinggung sedikit pada penjelasan sebelumnya. Namun, informasi yang lebih jelas dapat dilihat di bawah ini:

1. Tidak Dingin Maksimal

Jika kulkas kalian tidak dapat mendinginkan makanan secara maksimal meskipun suhunya sudah diatur dengan benar, itu menunjukkan bahwa kulkas mengalami kerusakan. kalian dapat memeriksanya dengan membuat es batu di dalam freezer.

Jika es batu tersebut tetap mencair meskipun sudah disimpan dalam waktu yang cukup lama, segeralah bawa ke tukang servis.

Baca Juga :   Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Polytron Mudah Dimengerti

2. Kompresor Mati Total

Ciri kulkas yang tidak normal selanjutnya adalah kerusakan pada kompresor, baik hanya berdengung saja atau bahkan mati total. kalian dapat mendeteksinya dengan mencolokkan kabel kulkas ke saklar listrik dan melihat apakah kompresor bereaksi atau tidak.

Jika tidak memberikan reaksi, maka kulkas kalian mengalami kerusakan yang perlu diperbaiki.

3. Kulkas Mengeluarkan Suara Menderu

Apabila kulkas di rumahmu mengeluarkan suara berdengung dan menimbulkan getaran, itu menkaliankan adanya masalah pada kompresor kulkas. Namun, jika suara tersebut lebih dari sekadar berdengung, kamu hanya perlu mengganti kipas freezer dengan yang baru. Setelah itu, bersihkan permukaan kulkas dengan handuk kering.

Penyebab Kompresor Kulkas Rusak

Setelah mengetahui ciri-ciri kerusakan pada kompresor kulkas, perlu juga dipahami mengapa hal tersebut bisa terjadi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan kompresor, seperti lonjakan tegangan listrik yang tinggi, keausan, dan faktor lainnya.

1. Lonjakan Tegangan Tinggi

Lonjakan tegangan listrik yang tinggi merupakan salah satu faktor yang paling sering menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik rumah tangga. Lonjakan arus listrik yang tiba-tiba dapat mengalir melalui kulkas dan komponennya, memicu panas yang berlebihan.

Hal ini sering terjadi ketika ada sambaran petir. Secara sederhana, lonjakan tersebut dapat “menggoreng” komponen dalam kulkas, termasuk kompresor dan relai.

2. Kumparan Kondensor yang Kotor

Salah satu ciri kerusakan kompresor kulkas dapat disebabkan oleh kumparan kondensor yang kotor. Kotoran yang menumpuk dapat menyulitkan kulkas untuk mencapai suhu dingin yang optimal.

Hal ini menyebabkan kompresor bekerja lebih keras dan menghasilkan panas berlebihan, yang dapat mempercepat keausan. Jika dibiarkan, kondensor tidak akan bekerja dengan baik dan akhirnya kompresor tidak akan bergerak sama sekali, sehingga kulkas tidak bisa menghasilkan suhu dingin yang tepat.

3. Masalah pada Refrigeran

Kompresor berfungsi untuk mengompresi refrigeran atau zat pendingin agar mengalir dan mendinginkan isi kulkas. Jika refrigeran bermasalah, kompresor dapat rusak.

Misalnya, jumlah refrigeran yang terlalu banyak atau terlalu sedikit, serta terkontaminasi dapat menyebabkan masalah pada kompresor.

Baca Juga :   Ciri Timer Kulkas Rusak Yang Mesti Diketahui

4. Keausan

Semua komponen mekanis pada akhirnya akan mengalami keausan. Namun, kompresor kulkas berkualitas tinggi biasanya dapat bertahan selama bertahun-tahun sebelum menunjukkan tkalian-tkalian kerusakan.

Jika kalian memiliki kulkas yang sudah lama digunakan dan menunjukkan tkalian-tkalian kompresor rusak, mungkin sudah saatnya untuk membeli kulkas yang baru daripada mengganti kompresor yang memerlukan biaya tinggi.

Di sisi lain, bagi pengguna kulkas yang mahal atau baru saja dibeli, mungkin lebih masuk akal untuk mengganti kompresor yang bermasalah. Dengan begitu, kalian dapat kembali menikmati kulkas yang bekerja secara optimal untuk menyimpan makanan dan minuman.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam memastikan kulkas berfungsi dengan baik, ada beberapa ciri-ciri yang dapat dijadikan patokan. Pertama, suhu di dalam kulkas sebaiknya dijaga antara 2 hingga 5 derajat Celsius. Kedua, makanan yang disimpan di dalamnya tetap segar dan tidak cepat membusuk. Ketiga, kulkas normal tidak mengeluarkan suara yang berisik atau berdengung secara terus-menerus.

Namun, jika kulkas mengeluarkan suara yang tidak wajar, seperti berderak atau berdesis, kemungkinan ada masalah pada komponen internalnya. Selain itu, bau tidak sedap yang muncul dari dalam kulkas dapat menjadi tkalian bahwa ada makanan yang sudah rusak atau ada masalah pada sistem pendingin.

Jika kalian mengalami masalah pada kulkas kalian, sebaiknya segera periksa dan perbaiki agar tidak berdampak pada kualitas makanan yang disimpan. Dengan memperhatikan ciri-ciri kulkas normal dan tidak normal, kalian dapat menjaga kulkas tetap berfungsi dengan baik dan makanan tetap segar lebih lama.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Ciri-Ciri Kulkas Normal dan Tidak Normal Wajib Diketahui.Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *