Genset 20 kVA Berapa Watt

Genset 20 kVA Berapa Watt dan Cara Menghitungnya

Posted on

Finoo.id – Genset 20 kVA Berapa Watt dan Cara Menghitungnya. Ada rencana untuk menggunakan genset dengan kapasitas 20 kVA? Sudah tahu belum berapa daya output dalam watt yang dihasilkan? Nah, di sini saya akan menjelaskannya untuk Kalian. Mari simak.

Bagaimana kabar Kalian? Semoga kita semua selalu sehat. Pada artikel ini, saya akan membahas mengenai daya listrik yang dihasilkan oleh genset dengan spesifikasi 20 kVA.

Mungkin selama ini Kalian mengira bahwa genset 20 kVA menghasilkan daya listrik sebesar 20.000 watt. Hal ini wajar, karena dalam teori kelistrikan diketahui bahwa 1 VA sama dengan 1 watt, sehingga 20 kVA dianggap sama dengan 20 kW (20.000 watt). Banyak orang menggunakan nilai ini sebagai patokan.

Namun, perhitungan daya output genset tidak sesederhana itu. Terdapat faktor lain yang harus dimasukkan dalam perhitungan untuk mendapatkan nilai output daya genset yang sebenarnya.

Dengan kata lain, terdapat rumus khusus untuk menghitung daya output genset, di mana rumus tersebut dapat digunakan untuk mengetahui daya (dalam satuan watt) dari genset 20 kVA.

Jadi, berapa watt sebenarnya dari genset 20 kVA? Baiklah, berikut ini penjelasan lengkapnya…

Rumus Menghitung Output Daya Genset

Untuk menghitung daya listrik sebenarnya yang dihasilkan oleh sebuah genset, Kalian dapat menggunakan rumus berikut:

Daya Genset = Daya spesifikasi x 0,8

Penjelasan:

  • Daya genset = daya listrik yang dihasilkan oleh genset (watt)
  • Daya spesifikasi = daya yang tertera pada genset (kVA)

Kalian mungkin bertanya, dari mana nilai 0,8 itu berasal? Nah, nilai 0,8 ini adalah faktor daya yang umumnya digunakan dalam jaringan kelistrikan.

Dengan menggunakan rumus ini, Kalian dapat mengetahui daya sebenarnya yang dihasilkan oleh genset berdasarkan daya spesifikasinya.

Genset 20 kVA Berapa Watt?

Dengan menggunakan rumus untuk menghitung output daya genset, dapat ditentukan bahwa daya listrik yang dihasilkan oleh genset 20 kVA adalah 16 kW (16.000 watt).

Berikut adalah langkah-langkah perhitungannya:

  • Daya genset = daya spesifikasi x 0,8
  • = 20 kVA x 0,8
  • = 16 kVA atau 16 kW (16.000 watt)

Jadi, jika Kalian membeli genset dengan kapasitas 20 kVA, maka daya listrik maksimal yang dapat disalurkan oleh genset tersebut adalah 16 kW atau 16.000 watt.

Genset 20 kVA bisa untuk Apa Saja?

Meskipun hasil perhitungan menunjukkan bahwa daya maksimal genset 20 kVA adalah 16 kW, para ahli menyarankan agar genset hanya dibebani hingga 70% dari batas kemampuannya.

Dengan demikian, jika output daya genset 20 kVA adalah 16.000 watt, sebaiknya digunakan hingga 11.000 watt sesuai dengan saran tersebut.

Hal ini bertujuan untuk menjaga stabilitas tegangan output listrik genset yang rentan naik turun saat terbebani secara berlebihan.

Daya 11.000 watt tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik di perkantoran, termasuk untuk peralatan seperti komputer, printer, AC, dan lampu penerangan.

Rekomendasi Genset ukuran 20 kva

Diskusi tentang generator set memang selalu menarik. Jika Kalian membutuhkan generator set berukuran 20 kVA, jangan khawatir, Kalian berada di tempat yang tepat.

Di sini, Kalian akan menemukan generator set yang Kalian butuhkan, termasuk informasi mengenai daya output dalam watt dari generator set 20 kVA. Berikut adalah rekomendasi yang dapat Kalian gunakan sebagai referensi saat membeli generator set di layanan jual-beli, antara lain:

Genset Perkins mobile type

Salah satu pilihan generator set untuk ukuran 20 kVA adalah generator set Perkins dengan tipe mobile. Tipe ini memudahkan dalam pemindahan dari satu tempat ke tempat lain.

Perlu diketahui bahwa kapasitas tangki dari genset ini adalah 50 liter. Untuk pertanyaan tentang berapa watt dari genset 20 kVA, jawabannya adalah 16.000 watt. Kapasitas minyak atau bahan bakar dari genset ini adalah 10,6 liter. Genset ini memiliki berat sebesar 1.140 kg.

Apakah Kalian tertarik untuk menggunakan generator set dengan tipe ini? Kalian bisa mempertimbangkannya dengan baik dan cermat.

Genset Perkins open type

Selanjutnya, ada generator set dengan tipe open, yang berarti genset ini tidak tertutup dan cenderung menghasilkan suara yang lebih bising. Dalam penggunaannya, tipe open ini perlu ditempatkan dengan hati-hati dan tidak boleh diletakkan secara sembarangan.

Jika kita membahas tentang generator set Perkins dengan tipe open, maka dari segi kapasitas tangki dan kapasitas bahan bakar yang dibutuhkan, sama seperti tipe mobile Perkins. Namun, berat dari generator set tipe ini sangatlah besar, yaitu 53 kg.

Kalian dapat mempertimbangkan dengan baik jenis generator set yang paling sesuai untuk Kalian. Untuk membahas ukuran kVA, terdapat penjelasan yang rinci agar Kalian tidak bingung. Bahkan, Kalian dapat dengan mudah mendapatkan informasi lainnya di sini.

Genset Perkins silent type

Salah satu pilihan generator set adalah generator set Perkins dengan tipe silent. Yang menonjol dari generator set tipe silent ini adalah tidak menimbulkan suara bising dan memiliki perlindungan yang baik dari berbagai kondisi cuaca.

Generator set Perkins tipe silent ini sangat cocok digunakan di perkantoran dan rumah sakit, karena ciri khasnya yang tidak mengganggu lingkungan dan membantu menjaga kelancaran aktivitas di sekitarnya.

Dalam spesifikasi generator set Perkins tipe silent, memiliki bore (diameter silinder) dan stroke (langkah piston) sebesar 84 x 100 mm. Terkait dengan kapasitas tangki, bahan bakar, dan berat, mirip dengan generator set Perkins tipe mobile.

Genset Yanmar mobile type

Generator set Yanmar merupakan merek terbaik yang dapat Kalian gunakan sebagai sumber listrik cadangan, baik untuk rumah di desa maupun perkantoran.

Dengan desainnya yang dilengkapi roda, generator set Yanmar tipe mobile ini sangat mudah untuk dipindahkan. Apakah Kalian tertarik untuk membelinya sekarang?

Generator set ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 50 liter dan berat sebesar 787 kg. Jika Kalian membutuhkan bantuan dalam memilih generator set yang sesuai, Kalian dapat berkonsultasi dengan Hartech Surabaya. Bore x stroke yang digunakan adalah 84 x 90 mm.

Genset Yanmar open type

Kembali lagi dengan penawaran generator set Yanmar tipe open. Generator set ini memiliki berat sebesar 527 kg dan kapasitas minyak sebesar 7,4 liter.

Genset Yanmar tipe open ini cocok digunakan di pabrik-pabrik atau kawasan industri saat ini. Oleh karena itu, pastikan Kalian memilih genset yang tepat untuk kebutuhan Kalian.

Genset Yanmar silent type

Sebagai rekomendasi terakhir untuk generator set dengan ukuran 20 kVA, Kalian dapat mempercayai genset Yanmar tipe silent. Genset ini cocok digunakan di kafe atau rumah Kalian.

Berat dari generator set ini adalah 587 kg. Kapasitas oli yang dibutuhkan adalah 7,4 liter. Sebelum membuat keputusan, pertimbangkan dengan baik pilihan generator set yang ditawarkan untuk ukuran 20 kVA agar Kalian tidak menyesal. Setelah mempertimbangkan, penting untuk mengetahui berapa watt dari genset 20 kVA.

Baca Juga :

Penutup

Sebagai penutup, kita dapat merumuskan bahwa genset 20 kVA memiliki kapasitas sekitar 16.000 watt. Dengan kemampuan seperti ini, genset ini cukup Kalianl untuk memenuhi kebutuhan listrik sejumlah peralatan rumah tangga atau beberapa perangkat kerja di tempat usaha.

Meski demikian, sangatlah penting untuk selalu memperhatikan spesifikasi genset dan perhitungan kebutuhan daya listrik Kalian, agar genset dapat berfungsi dengan optimal dan berumur panjang.

Karena itulah, jika berencana membeli genset, jangan lupa untuk memilih jenis dan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Selalu pertimbangkan kualitas, layanan purna jual, dan tentunya efisiensi bahan bakar agar penggunaan genset tidak memberatkan biaya operasional Kalian.

Dengan pemilihan genset yang tepat, Kalian akan mendapatkan solusi penerangan yang efisien dan hKalianl, sehingga kegiatan sehari-hari tidak akan terganggu meskipun listrik PLN sedang padam.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Genset 20 kVA Berapa Watt dan Cara Menghitungnya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimkasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *