Kode Remot TV JVC

Kode Remot TV JVC Semua Tipe dan Cara Settingnya

Posted on

Finoo.id – Kode Remot TV JVC Semua Tipe dan Cara Settingnya. Televisi atau TV telah menjadi salah satu sarana untuk memutar berbagai jenis media seperti film, permainan, DVD, dan pemberitahuan informasi. Hampir setiap rumah saat ini memiliki setidaknya satu unit TV, bahkan tidak jarang ada yang memiliki lebih dari satu.

Terlebih lagi, sekarang ini sangat mudah untuk memiliki TV karena berbagai merek telah menjual beragam jenis TV di pasaran. Harga-harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan tergantung jenis TV-nya, baik itu Tabung, LED/LCD, atau smart TV.

Pada kesempatan kali ini, kita tidak akan membahas harga unit TV, tetapi akan membahas seputar TV secara umum. Khususnya, kita akan membahas mengenai kode remot TV dari merek TV asal Jepang, yaitu TV JVC.

Meskipun TV JVC tidak sepopuler TV Samsung, LG, Sharp, Polytron, dan merek lainnya, namun ternyata masih banyak pengguna TV JVC di Indonesia. Salah satu alasan penggunaannya adalah karena harganya yang terjangkau.

Jika Anda penasaran mengenai kode remot TV JVC, maka ikuti pembahasan ini sampai akhir. Dengan demikian, para pemilik TV JVC yang sedang membutuhkan kode remot TV ini akan mendapatkan bantuan.

Mengenal TV

Televisi atau yang kadang disebut juga TV, merupakan sarana telekomunikasi yang digunakan untuk mentransmisikan suara dan gambar yang bergerak. Istilah ini dapat merujuk kepada perangkat televisi itu sendiri atau media transmisi yang digunakan pada televisi. Televisi juga berperan sebagai salah satu media massa yang digunakan untuk iklan produk, penyiaran berita, hiburan, dan lain sebagainya.

Televisi dalam bentuk yang masih eksperimental telah ada pada akhir tahun 1920-an, namun baru beberapa tahun kemudian teknologi tersebut dikembangkan lebih lanjut dan akhirnya dipasarkan kepada konsumen. Setelah berakhirnya Perang Dunia II, penyiaran televisi hitam-putih yang lebih baik mulai populer di Inggris dan Amerika, dan televisi menjadi perangkat yang umum ditemukan di rumah, tempat bisnis, dan institusi pemerintahan. Pada tahun 1950-an, televisi menjadi media utama yang digunakan untuk mempengaruhi opini publik. Pada pertengahan tahun 1960-an, penyiaran berwarna mulai diperkenalkan di Amerika dan sebagian besar negara maju.

Baca Juga :   Penyebab TV Sharp Gagal Start dan Cara Memperbaikinya

Kemunculan berbagai media penyimpanan arsip seperti Betamax dan VHS, DVD, Blu-ray Disc definisi tinggi, hard disk drive dengan kapasitas yang lebih besar, flash drive, dan perekam video digital di awan (cloud) memungkinkan penonton untuk menyaksikan kembali rekaman yang telah dibuat sebelumnya, seperti film misalnya.

Sekilas Tentang JVC

Merek TV JVC merupakan salah satu merek TV yang dapat ditemukan di Indonesia. TV JVC adalah produk dari perusahaan Jepang yang memiliki nama lengkap Victor Company of Japan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1927 dan dianggap sebagai perusahaan yang memproduksi TV dan perekam video pertama di Jepang.

Selain TV, JVC juga menghasilkan berbagai barang elektronik lainnya, seperti pemutar video, perekam audio, radio, perangkat lunak, aksesori komputer, dan lain sebagainya. TV mungkin menjadi salah satu produk yang menjadi fokus utama JVC, dan mereka menyediakan berbagai jenis TV, mulai dari TV dengan layar tabung hingga TV dengan layar LED.

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pemilik TV adalah kehilangan atau kerusakan remote TV. Seperti yang kita ketahui, jarang sekali produsen TV yang menjual remote secara terpisah, termasuk merk JVC.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah menggantinya dengan remote TV universal yang dapat digunakan untuk berbagai merek TV yang ada. Remote ini bisa ditemukan di toko-toko elektronik baik secara online maupun offline, dan harganya juga terjangkau. Dengan menggunakan remote universal, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli remote baru.

Namun, untuk dapat menggunakan remote tersebut pada TV JVC, perlu dilakukan pengaturan dan memasukkan kode khusus yang sesuai.

Apa Fungsi Kode Remot TV ?

Namun sebelum kita melanjutkan ke pembahasan utama mengenai kode remote TV JVC, penting bagi Anda untuk mengetahui fungsi dan kegunaan dari kode remote TV. Fungsi utama dari kode remote adalah untuk menghubungkan remote universal atau remote pengganti agar dapat berfungsi dengan normal seperti remote aslinya.

Ketika remote asli mengalami kerusakan dan digantikan dengan remote universal, jika langsung digunakan, tombol-tombolnya tidak akan berfungsi seperti pada remote aslinya. Oleh karena itu, Anda perlu memasukkan kode remote TV yang sesuai dengan merek dan jenis TV yang digunakan.

Baca Juga :   Cara Menyalakan TV Coocaa Tanpa Remot Paling Mudah

Setiap TV memiliki kombinasi kode 3 digit yang berbeda-beda. Misalnya, kode remote TV JVC akan berbeda dengan kode remote TV Polytron, Akari, Panasonic, Sharp, dan merek TV lainnya.

Kode Remot TV JVC

Berikut adalah daftar kode remote TV JVC untuk berbagai jenis TV:

TV JVC Tabung:

  1. 004
  2. 024
  3. 103
  4. 089
  5. 156
  6. 161

TV JVC LED/LCD:

  1. 101
  2. 115
  3. 332
  4. 665
  5. 889

Harap dicatat bahwa kode remote TV JVC dapat bervariasi tergantung pada jenis TV yang digunakan. Pastikan untuk memilih kode yang sesuai dengan jenis TV JVC Anda.

Cara Setting Kode Remot TV JVC

Setelah mengetahui kode remote TV JVC yang tepat, Anda dapat mulai melakukan pengaturan atau setting kode remote TV tersebut. Berikut adalah langkah-langkah mudah dalam melakukan setting kode remote TV JVC:

  1. Tekan dan tahan tombol “Set” pada remote TV selama beberapa detik.
  2. Sambil menahan tombol “Set”, klik tombol “Power” dan tunggu hingga lampu indikator pada remote menyala.
  3. Setelah lampu pada remote menyala, lepaskan kedua tombol (Set & Power).
  4. Selanjutnya, masukkan kode remote JVC yang sesuai. Misalnya, jika kode yang diperlukan adalah 101, tekan tombol 1, tombol 0, dan tombol 1 secara berurutan.
  5. Terakhir, ketika kode remote TV telah dimasukkan dengan benar, lampu indikator akan mati secara otomatis, dan remote TV JVC dapat digunakan.

Penyebab Remot Tidak Fungsi

Dalam beberapa kasus, terkadang remote universal masih tetap tidak berfungsi meskipun telah memasukkan kode yang tepat. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang dapat menyebabkan remote tidak berfungsi:

1. Salah Masukkan Kode

Remot tetap tidak berfungsi bisa terjadi karena kesalahan saat memasukkan kode remot. Misalnya, jika kode yang seharusnya dimasukkan adalah 101, namun secara tidak sengaja Anda memasukkan 102. Untuk mengatasi masalah ini, coba masukkan ulang kode dengan benar sampai remote TV universal berfungsi kembali. Pastikan untuk memeriksa dengan teliti kode yang dimasukkan agar sesuai dengan kode yang seharusnya.

2. Adanya Masalah Teknis

Penyebab lainnya yang dapat membuat remote tetap tidak berfungsi adalah adanya gangguan teknis, seperti adanya kotoran atau karat pada kontak besi yang menghubungkan baterai. Hal ini mengakibatkan arus baterai tidak mengalir dengan lancar. Solusi untuk masalah ini adalah dengan membuka remote dan membersihkan kotoran atau karat yang ada.

3. Baterai Remot Habis

Apabila kedua masalah di atas sudah diatasi namun remote TV tetap tidak berfungsi meskipun kode remot telah dimasukkan, kemungkinan penyebabnya adalah baterai pada remote yang lemah atau habis. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu mengganti baterai dengan yang baru.

Baca Juga :   Cara Mengatasi TV Akari Standby Tidak Mau Start Yang Tepat

Harga Remot TV Universal

Beberapa dari Anda mungkin juga ingin mengetahui merek dan harga remote TV universal yang dapat digunakan untuk TV JVC. Ada banyak merek yang dapat ditemui di toko elektronik, dan salah satu merek yang populer adalah Joker.

Mengenai harga, harga remote TV universal cukup bervariasi. Anda dapat memperoleh remote tersebut dengan harga mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 110 ribu. Secara umum, semakin tinggi harga remote, kualitasnya juga cenderung lebih baik.

Tips Sebelum Gunakan Kode Remot

Selain mengetahui kode remote, cara setting, dan harga, terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum memasukkan kode remote. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar prosesnya berjalan lancar:

  1. Periksa dan pastikan bahwa remote TV universal yang akan digunakan kompatibel dengan merek TV yang dimiliki.
  2. Pilihlah remote universal yang dirasa mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan.
  3. Mulailah dengan memasukkan salah satu dari banyaknya kode remote TV yang tersedia.

Dengan memperhatikan tips di atas, diharapkan proses pengaturan remote TV universal berjalan dengan lancar dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga :

Penutup

Dengan menggunakan kode remot TV JVC yang tepat, Anda dapat mengendalikan televisi Anda dengan mudah dan nyaman. Ini akan membantu Anda mengakses berbagai saluran, menyesuaikan volume, dan menikmati hiburan televisi tanpa masalah.

Jadi, jangan biarkan kendala teknis menghalangi kesenangan Anda dalam menonton TV. Dengan langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat dengan mudah mengatur remote control TV JVC Anda dan menikmati pengalaman menonton yang tak terlupakan.

Demikianalah artikel finoo.id yang membahas tentang Kode Remot TV JVC Semua Tipe dan Cara Settingnya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimaksih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *