Perbedaan SolarTuff dan SolarFlat

√ Perbedaan SolarTuff dan SolarFlat, Mana Yang Lebih Baik?

Posted on

Finoo.id – √ Perbedaan SolarTuff dan SolarFlat, Mana Yang Lebih Baik?. Pengetahuan umum mengenai perbedaan antara Solartuff dan Solarflat cenderung minim. Kedua jenis produk ini memiliki popularitas yang hampir sebanding, tetapi sebagian besar orang hanya menyadari manfaat besar yang dimilikinya tanpa mengetahui perbedaan spesifik di antara keduanya. Hal ini menjadi penting untuk diketahui, terutama jika niat pembelian dilakukan secara online.

Dalam transaksi online, seringkali gambar-gambar keduanya terlihat serupa, dan ini dapat menjadi risiko jika konsumen membeli Solartuff ketika sebenarnya yang dibutuhkan adalah Solarflat, dan sebaliknya. Risiko ini juga berlaku ketika skenario sebaliknya terjadi.

Perbedaan yang jelas muncul ketika pembelian dilakukan secara offline, di mana konsumen dapat langsung melihat perbedaan antara keduanya. Oleh karena itu, memiliki pengetahuan lebih awal mengenai perbedaan keduanya sangat dianjurkan, bahkan jika pembelian dilakukan secara langsung di toko fisik.

Mengenal SolarTuff

SolarTuff merupakan jenis atap yang terbuat dari bahan tembus pkalianng, berbeda dengan atap serat atau kaca. Solartuff hadir dalam bentuk lembaran polikarbonat yang diproduksi dengan teknologi canggih Eropa.

Bahan ini mempunyai kualitas premium dengan tingkat kejernihannya yang tinggi. Sifat tembus cahaya yang dimilikinya membuat area di dalam rumah terlihat cerah dengan sinar alami.

Solartuff juga dikenal karena daya tahan dan ketahanannya terhadap cuaca ekstrem, baik sinar matahari yang intens maupun hujan. Permukaannya yang bergelombang, mirip dengan atap seng, memungkinkan air hujan untuk mengalir dengan lancar.

Selain itu, atap Solartuff tersedia dalam berbagai pilihan warna menarik, memungkinkan pemilik rumah memilih warna yang sesuai dengan desain rumah mereka.

Sebelumnya disebutkan bahwa Solartuff memiliki sifat tembus cahaya. Namun, muncul pertanyaan apakah Solartuff dapat menyebabkan panas. Jawabannya tidak, karena bahan polikarbonat pada Solartuff telah dilapisi dengan UV Protection.

Dengan demikian, meskipun ruangan di bawah atap menerima cahaya matahari secara maksimal, pengguna tidak akan merasakan panas yang berlebihan seperti ketika berjemur di bawah sinar matahari langsung. Oleh karena itu, atap jenis ini sangat cocok untuk digunakan di teras, carport, kanopi rooftop, atau bahkan di area dapur semi-outdoor.

Baca Juga :   √ Apa Itu Pondasi Batu Kali & Ukuran Stkalianrnya Untuk Rumah Tinggal

Mengenal SolarFlat

Seperti halnya Solartuff, Solarflat juga termasuk dalam jenis atap yang terbuat dari bahan polikarbonat dengan karakteristik transparan atau tembus pkalianng. Atap Solarflat sangat ideal untuk ruangan yang membutuhkan pencahayaan alami, sehingga dapat menghemat energi.

Selain sifat transparannya, Solarflat juga memiliki karakteristik lain, seperti elastis dan mudah dibentuk serta ditekuk. Hal ini mempermudah pemasangan Solarflat sebagai pengaman atau batas pada sebuah jendela skylight.

Spesifikasi dari atap Solarflat sangat memadai dengan berbagai keunggulan. Beberapa kelebihan yang dimilikinya meliputi tingkat pencahayaan yang tinggi, kemampuan transmisi cahaya, dan daya tahan terhadap cuaca yang sangat baik.

Secara umum, panjang Solarflat berkisar antara 20 meter untuk tipe bertekstur dan 50 meter untuk tipe rata. Ketebalan produk ini varian antara 1,2 hingga 6 mm, namun terdapat juga produk dengan ketebalan 3 mm pada kategori menengah.

Dari segi lebar, Solarflat memiliki rentang lebar antara 110 cm hingga 122 cm. Umumnya, atap bertekstur memiliki lebar yang lebih besar, menjadikannya cukup luas untuk diaplikasikan pada berbagai jenis konstruksi.

Perbedaan SolarTuff dan SolarFlat

Perbedaan antara kedua alat ini sebenarnya terlihat dengan jelas. Tidak ada kesulitan bagi seseorang untuk menemukan perbedaannya. Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang perbedaannya, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai perbedaan tersebut.

1. Bentuk

Perbedaan pertama dapat dikenali dari bentuknya. Solartuff menampilkan bentuk yang bergelombang, mirip dengan asbes yang umumnya digunakan untuk atap rumah. Namun, gelombang pada Solartuff tidak memiliki bentuk bundar seperti asbes; sebaliknya, gelombangnya memiliki sudut-sudut yang lebih kotak.

Keadaan berbeda tampaknya ketika kita memeriksa Solarflat. Sesuai dengan namanya, bahan ini memiliki bentuk yang datar. Gelombang yang terlihat pada Solartuff tidak ada dalam Solarflat. Jika diamati dari jauh, tekstur Solarflat ini menyerupai kaca.

Solartuff sendiri sebenarnya memiliki tiga varian, yaitu Greca, Roma, dan Trimdeck. Di sisi lain, Solarflat hanya memiliki dua varian, yaitu Plain dan Embossed. Varian Plain adalah yang paling menyerupai kaca.

2. Warna

Jangan abaikan karakteristik warnanya. Perbedaan warna pada kedua bahan ini sangat terlihat dan tampak dari keragaman variasi warna. Solartuff unggul sebagai pemilik variasi warna terbanyak, dengan total 7 pilihan warna, seperti silver dan hijau. Perbedaan antara Solartuff dan Solarflat sangat mencolok dalam hal ini.

Baca Juga :   Cara Pasang Hebel Serta Perhitungan Kebutuhan Yang Tepat

Solarflat memiliki pilihan warna yang lebih terbatas, hanya ada 3 varian, yaitu abu-abu, bronze, dan clear. Kecerahan warna pada Solarflat dan Solartuff sebenarnya tergantung pada pencahayaan. Pada kondisi yang terlalu cerah, warnanya bahkan dapat terlihat lebih mendekati putih.

3. Ukuran

Perbedaan antara Solartuff dan Solarflat juga dapat dicermati dari segi ukuran, yang menjadi patokan yang sangat jelas. Ketebalan Solartuff selalu kurang dari 1 mm, dengan rata-rata ketebalannya mencapai sekitar 0,8 mm. Ini berbeda dengan Solarflat yang dapat memiliki ketebalan hingga 3 mm.

Lebar keduanya juga memiliki perbedaan yang mencolok. Solartuff selalu memiliki lebar kurang dari 1 m, biasanya sekitar 0,85 meter. Ini kontras dengan Solarflat yang dapat memiliki lebar lebih dari 1 m, mencapai 1,1 hingga 1,2 m.

Panjang juga menjadi patokan terakhir. Panjang Solartuff tidak akan melebihi 6 m, sementara Solarflat bisa mencapai puluhan meter. Bahkan, jenis plain dari Solarflat dapat memiliki panjang hingga 50 m.

Pengaplikasian Atap Solartuff dan Solarflat

Penggunaan Solartuff dan Solarflat tidak terbatas pada aplikasi sebagai roofing atau atap kanopi untuk garasi dan area teras rumah saja. Kedua jenis atap ini juga dapat diaplikasikan sebagai wall cladding, atap green house, atap tanaman hidroponik, dan bahkan sebagai atap untuk peternakan.

Atap Solartuff dan Solarflat memberikan fleksibilitas dalam penggunaannya, memungkinkan aplikasi yang luas di berbagai konteks. Dengan keberagaman warna dan tekstur yang ditawarkan, keduanya dapat memberikan sentuhan estetika yang menarik dalam berbagai proyek konstruksi.

Adapun, Solarflat, dengan bentuknya yang datar dan menyerupai kaca, cenderung lebih diminati sebagai atap skylight oleh masyarakat. Keunikan bentuknya memberikan cahaya alami yang merata dan estetika yang modern, menjadikannya pilihan yang populer untuk proyek-proyek yang mengutamakan penerangan alami.

Keunggulan Atap Solartuff dan Solarflat

Atap Solartuff dan Solarflat memiliki sejumlah keunggulan bersama, yang membuat keduanya menjadi pilihan yang unggul di berbagai aplikasi.

Kedua atap ini terbuat dari bahan yang sama, yaitu polycarbonate, memberikan keunggulan yang serupa. Kelebihan utama adalah kekuatan materialnya, yang mencapai 250 kali lebih kuat dibandingkan kaca dan 20 kali lebih kuat dari bahan akrilik. Daya tahan yang luar biasa ini membuat atap Solartuff dan Solarflat menjadi pilihan yang kokoh dan tahan lama.

Selain itu, tingkat kejernihan keduanya juga menjadi ciri khas. Atap Solartuff dan Solarflat menawarkan kejernihan yang lebih tinggi dibandingkan dengan atap berbahan polycarbonate lainnya. Hal ini memungkinkan cahaya alami untuk meresap dengan optimal, menciptakan lingkungan yang terang dan nyaman di bawahnya.

Baca Juga :   √ Biaya Atap Baja Ringan Rumah Type 45 Material dan Pekerjanya

Pemasangan keduanya relatif mudah dan cepat, menghasilkan efisiensi waktu yang signifikan selama proses instalasi. Kecepatan pemasangan ini memberikan keuntungan tambahan bagi para pengguna yang menginginkan proyek yang efisien dan efektif.

Perlindungan terhadap sinar UV menjadi keunggulan tambahan dari Solartuff dan Solarflat. Meskipun keduanya transparan, lapisan perlindungan UV pada bahan polycarbonate membantu melindungi dari dampak buruk sinar UV, menjaga kenyamanan dan keamanan penghuni di bawahnya.

Dengan sifat transparan, keduanya dapat digunakan sebagai sumber penerangan alami di siang hari, mengurangi ketergantungan pada listrik dan energi buatan, sehingga memberikan solusi yang lebih hemat energi dan ekologis.

BACA JUGA :

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, perbedaan antara SolarTuff dan SolarFlat menjadi kunci pemahaman bagi mereka yang ingin memilih atap yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

SolarTuff, dengan bentuk bergelombangnya, memberikan nuansa klasik dan kekuatan yang tangguh. Di sisi lain, SolarFlat, dengan bentuk datarnya yang menyerupai kaca, menawarkan kesan modern dan penerangan alami yang merata.

Sebelum memutuskan, sangat penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi, serta tujuan penggunaan atap.

Apakah kalian mencari kekuatan luar biasa, estetika modern, atau efisiensi energi, pemahaman mendalam mengenai perbedaan antara SolarTuff dan SolarFlat akan membimbing kalian menuju keputusan yang tepat sesuai dengan proyek konstruksi atau desain yang kalian rencanakan.

Dengan memahami perbedaan ini, kalian dapat memilih atap yang tidak hanya memenuhi kebutuhan teknis tetapi juga mencerminkan gaya dan visi estetika kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Perbedaan SolarTuff dan SolarFlat, Mana Yang Lebih Baik?. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *