Apa Itu Door Closer

√ Apa Itu Door Closer? Ketahui Fungsi Serta Jenisnya

Posted on

Finoo.id – √ Apa Itu Door Closer? Ketahui Fungsi Serta Jenisnya. Pintu merupakan komponen integral yang tak dapat dipisahkan dari rutinitas keseharian. Dengan nilai fungsionalitas yang krusial, sebuah pintu perlu memiliki tingkat fungsionalitas yang tinggi dan fleksibilitas yang memadai untuk mendukung aktivitas penghuninya. Saat ini, terdapat tren penggunaan perangkat tambahan, seperti Door Closer atau penutup pintu otomatis, untuk meningkatkan fungsi pada sudut pintu.

Door Closer, yang kini sedang populer, dapat diintegrasikan pada pintu ruangan untuk memberikan fleksibilitas optimal pada penggunaannya. Pertanyaannya kemudian, apa yang perlu diketahui mengenai perangkat ini dan bagaimana fungsinya? Temukan jawabannya di sini!

Apa Itu Door Closer

Mungkin sebagian dari kita tanpa menyadari pernah melihat alat yang ditempatkan di sudut pintu, bukan? Beberapa pintu di area publik seperti restoran, toko, dan tempat umum lainnya sering dilengkapi dengan alat ini. Namanya adalah Door Closer!

Alat ini memiliki peran penting dalam mendukung penggunaan pintu sehari-hari oleh masyarakat. Selain itu, Door Closer memberikan kenyamanan khusus saat membuka atau menutup pintu. Dengan kehadiran ini, penutup pintu otomatis dapat mengatur kecepatan saat pintu dibuka dan ditutup secara otomatis. Tidak hanya itu, Door Closer juga dapat mengurangi kekuatan ketika pintu ditutup, mencegahnya tertutup terlalu keras.

Umumnya, alat ini sering dipasang di tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi. Pemasangan Door Closer tidak hanya untuk kenyamanan penggunaan pintu, tetapi juga untuk menjaga keamanan. Alat ini dianggap penting untuk memastikan bahwa pintu tidak ditutup dengan keras atau terbuka secara tidak sengaja saat dibuka.

Seiring berjalannya waktu, Door Closer kini juga sering dipasang di pintu-pintu ruangan di rumah atau kantor. Penggunaannya meluas karena memberikan nilai fungsionalitas dan keamanan ekstra bagi akses pintu.

3 Manfaat Dari Door Closer

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan perangkat Door Closer yang dipasang di sudut pintu ruangan, alat ini menjadi semakin esensial bagi berbagai kalangan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan fungsionalitas pintu. Apa saja keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan perangkat Door Closer ini yang dapat meningkatkan utilitas pintu? Perlu dicatat bahwa ada beberapa manfaat yang dapat dinikmati oleh penghuni ketika Door Closer ditambahkan pada pintu mereka.

1. Berikan Hemat Energi di Ruangan ber-AC

Harap diketahui bahwa penggunaan Door Closer dapat memberikan manfaat signifikan ketika dipasang pada pintu ruangan yang dilengkapi dengan sistem pendingin udara (AC). AC beroperasi dengan efektif untuk menciptakan suhu yang optimal di dalam ruangan. Ketika pintu ruangan terbuka, proses pendinginan oleh AC menjadi lebih lambat dibandingkan jika pintu tertutup, yang mengakibatkan peningkatan konsumsi listrik.

Baca Juga :   Apa Itu Wall Moulding? Kelebihan dan Kekurangan Serta Harga Pemasanganya

Oleh karena itu, Door Closer dapat memastikan bahwa pintu otomatis tetap tertutup secara otomatis. Hal ini sangat bermanfaat jika penghuni ruangan lupa menutup pintu, yang dapat berdampak pada kinerja AC di dalam ruangan tersebut.

2. Menjaga Privasi dan Keamanan Ruangan

Privasi dan keamanan merupakan aspek yang sangat penting bagi para penghuni ruangan. Dalam konteks ini, Door Closer dapat memenuhi kebutuhan akan kedua hal tersebut di sudut ruangan. Tanpa adanya Door Closer, pintu dapat dengan mudah terbuka atau terlupa ditutup, memungkinkan orang asing masuk ke dalam ruangan dengan mudah.

Dengan penambahan Door Closer, alat ini dapat secara otomatis menutup pintu jika terbuka. Keberadaan alat ini juga membebaskan penghuni dari keharusan untuk terus-menerus memeriksa apakah pintu ruangan sudah tertutup atau belum.

3. Berikan Kemudahan Akses Penggunaan Pintu

Tanpa ragu, pemasangan Door Closer di sudut pintu dapat memberikan akses pintu yang lebih mudah di dalam ruangan. Dengan adanya alat ini, para pengguna akan merasakan kemudahan saat menggunakan pintu dalam aktivitas sehari-hari. Hal ini mengeliminasi kebutuhan untuk menggunakan tenaga ekstra atau memeriksa kembali apakah pintu sudah tertutup dengan benar atau belum bagi penghuni ruangan.

Jenis-Jenis Door Closer

Dibawah ini terdapat berbagai jenis door closer yang dapat kalian temukan dan pilih untuk diterapkan di rumah atau kantor kalian:

1. Door Closer Siku

Door closer siku merupakan salah satu tipe door closer. Sesuai dengan namanya, door closer ini memiliki bentuk seperti siku dan beroperasi secara otomatis untuk menutup pintu yang telah dibuka.

kalian bisa mengamati contoh door closer pintu dari merek Vintage. Door closer Vintage diproduksi di pabrik khusus yang menghasilkan door closer dengan merek terkenal. Door closer Vintage sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

Door Closer Otomatis Brown Vintage

adalah perangkat yang menawarkan kekalianlan dan kenyamanan ekstra dalam menjaga pintu tetap tertutup secara efisien. Menggunakan sistem hold open atau otomatis 90 derajat, door closer ini menawarkan fitur yang memungkinkan pintu berhenti saat dibuka sepenuhnya dan secara otomatis menutup saat didorong dengan ringan.

Door closer ini dibangun dengan menggunakan bahan besi khusus yang memberikan ketangguhan tambahan, dengan permukaan yang terbuat dari aluminium, serta dilengkapi dengan pegas besi yang kuat. Daya tahannya sangat mencolok, dengan kemampuan penggunaan hingga 500.000 kali, dengan asumsi penggunaan sebanyak 100 kali sehari. Hal ini menjamin door closer ini dapat memberikan kinerja optimal selama lebih dari 10 tahun.

Door Closer Otomatis Silver Vintage

Door Closer Otomatis Silver Vintage adalah pilihan yang setara dengan door closer brown Vintage, dengan spesifikasi yang identik. Perbedaannya terletak pada pilihan warna eksterior yang menarik. Door closer brown Vintage tampil dengan lapisan luar berwarna coklat yang hangat, sedangkan door closer silver Vintage hadir dengan lapisan luar berwarna silver atau perak yang elegan.

Baca Juga :   √ Pengertian Tata Ruang Kantor: Jenis, Asas, Manfaat

Meskipun memiliki warna berbeda, door closer ini tetap menyajikan fitur dan keunggulan yang sama. kalian dapat memilih door closer Vintage berdasarkan preferensi estetika kalian, memastikan bahwa tidak hanya keamanan dan kenyamanan yang diutamakan, tetapi juga tampilan yang sesuai dengan desain ruangan kalian. Dengan door closer ini, kalian dapat menghadirkan gaya dan keamanan yang serasi dalam satu paket.

2. Door Closer Sliding

Dengan sesuai dengan namanya, door closer sliding berfungsi sebagai penahan pintu otomatis yang khusus dirancang untuk pintu geser atau slide. Desain door closer ini dikonseptualisasikan agar sesuai dengan karakteristik pintu geser. Dengan demikian, ketika kalian menggeser pintu hingga terbuka, door closer sliding akan secara otomatis menutup pintu tersebut.

Door closer sliding tersedia dalam berbagai varian yang umumnya diproduksi untuk dapat digunakan pada pintu yang terbuat dari berbagai bahan seperti aluminium, kayu, atau besi dengan kekuatan sekitar 50 – 60 kilogram. Door closer sliding menawarkan solusi efisien dan otomatis untuk memastikan penutupan pintu yang aman dan nyaman, terutama pada pintu geser.

3. Door Closer Tanam

Door closer tanam merupakan varian door closer yang dipasang dengan cara menyematkannya ke dalam kusen atau bingkai pintu. Keunggulan door closer tanam terletak pada aspek estetika, di mana pemasangan ini dilakukan secara tersembunyi sehingga door closer tidak terlihat saat pintu tertutup. Hal ini menciptakan penampilan yang lebih bersih dan rapi, tanpa adanya perangkat yang mencolok.

Sebagai contoh, door closer tanam dari merek Paloma menjadi opsi yang menarik. Door closer ini menggunakan high-grade solid aluminium, dirancang khusus untuk pintu dengan ketebalan minimal 4,5 cm. Door closer tanam Paloma dapat diterapkan pada pintu yang terbuat dari aluminium, kayu, atau besi, dengan kemampuan menangani pintu berat hingga 70 kilogram. Dengan desain yang tersembunyi, door closer tanam Paloma tidak hanya memberikan keamanan dan kenyamanan, tetapi juga menyelaraskan tampilan pintu dengan gaya minimalis dan bersih.

4. Wheel Roller Spring Automatic Door Closer

Door closer dengan jenis wheel roller spring menampilkan desain yang unik, dimana pegasnya berbentuk lingkaran seperti roda. Sama seperti door closer pada umumnya, wheel roller spring door closer mampu menutup pintu secara otomatis, dan proses pemasangannya juga sangat sederhana.

Door closer jenis wheel roller spring ini sangat cocok untuk pintu yang terbuat dari berbagai material seperti kayu, PVC, atau besi. Door closer ini dapat diterapkan pada pintu dengan berat maksimal hingga 75 kilogram. Salah satu keunggulan signifikan dari wheel roller spring door closer adalah kemampuannya untuk membuka pintu hingga sudut 180 derajat. Hal ini memberikan fleksibilitas yang tinggi dalam penggunaan, serta memastikan pintu dapat dibuka dengan lebar untuk situasi yang membutuhkan akses yang lebih besar.

Baca Juga :   √ Cara Plamir Tembok Yang Tepat : Lama, Baru & Tidak Rata Bagi Pemula

Tips Merawat Door Closer dengan Baik

kalian dapat menghindari kerusakan pada perangkat ini dengan melakukan perawatan secara preventif atau berkala. Sebaiknya, jangan menunggu hingga perangkat mengalami kerusakan sebelum memulai proses perawatan. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat penutup pintu otomatis kalian.

  1. Memilih yang Berkualitas:
    Dalam melihat banyaknya jenis penutup pintu otomatis di pasaran, setiap jenis dan bahan memiliki keunggulannya masing-masing. Untuk meminimalkan kebutuhan perawatan, disarankan untuk memilih penutup pintu otomatis yang sudah terbukti memiliki kualitas tinggi agar tidak mengalami kerusakan secara cepat.
  2. Mengecek Minyak:
    Diketahui bahwa kebocoran minyak dapat menjadi penyebab kerusakan pada penutup pintu otomatis. Oleh karena itu, merawat door closer sebaiknya melibatkan pemeriksaan minyak pegas setiap bulan. Jika ditemukan kebocoran atau kerusakan pada seal minyak, disarankan untuk mengganti seal tersebut sesuai dengan ukuran yang tepat.
  3. Buka Pintu Sesuai Kebutuhan:
    Pemakaian pintu sesuai dengan kebutuhan juga merupakan langkah penting dalam merawat penutup pintu otomatis. Dengan membuka pintu secara tepat sesuai kebutuhan, dapat mengurangi beban kerja pegas di dalam perangkat, sehingga dapat memperpanjang umur pakai dan meningkatkan efisiensi kerja.
  4. Pemasangan yang Benar:
    Pemasangan yang tidak tepat dapat menyebabkan penutup pintu otomatis mengalami kerusakan dengan cepat. Oleh karena itu, perlu diperhatikan cara memasang door closer dengan benar. Mengikuti petunjuk pemasangan yang disertakan atau meminta bantuan dari ahli dapat membantu memastikan bahwa door closer terpasang dengan benar dan berfungsi optimal. Ini juga dapat membantu menghindari potensi kerusakan akibat pemasangan yang kurang tepat.

BACA JUGA :

Penutup

Door closer, meskipun mungkin sering terabaikan, ternyata memiliki peran yang sangat krusial dalam menjaga kenyamanan dan keamanan di ruangan kalian.

Dengan teknologi yang terus berkembang, door closer telah menjadi lebih dari sekadar perangkat penutup pintu otomatis. Ini adalah elemen kecil yang memiliki dampak besar pada pengalaman sehari-hari kita.

Oleh karena itu, sekarang kita bisa melihat bahwa menjawab pertanyaan “Apa itu door closer?” adalah lebih dari sekadar mengenal sebuah perangkat.

Door closer adalah solusi yang melibatkan teknologi dan inovasi untuk menciptakan ruangan yang aman, nyaman, dan efisien.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Apa Itu Door Closer? Ketahui Fungsi Serta Jenisnya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *