Apa Itu NIDI Listrik

√ Apa Itu NIDI Listrik? Peraturan, Tujuan dan Cara Daftarnya

Posted on

Finoo.id – √ Apa Itu NIDI Listrik? Peraturan, Tujuan dan Cara Daftarnya. Informasi mengenai Nomor Identifikasi Diri Instalasi listrik (NIDI) menjadi pengetahuan yang sangat penting, terutama bagi perusahaan yang berencana memasang instalasi listrik baru. Sebagaimana diketahui, listrik merupakan kebutuhan esensial bagi setiap bisnis.

Tanpa adanya pasokan listrik, kegiatan operasional harian perusahaan akan terhambat. Oleh karena itu, pemerintah sekarang mewajibkan perusahaan untuk memiliki NIDI sebelum melakukan pemasangan instalasi listrik.

NIDI bertujuan menjadi identitas resmi bagi pengguna, memudahkan dan memberikan kenyamanan dalam penggunaan listrik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai arti dan penggunaan NIDI, silakan simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini.

Apa Latar Belakang dan Pengertian NIDI ?

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan telah menetapkan peraturan yang mengharuskan semua instalasi tenaga listrik baru untuk memiliki Nomor Identitas Instalasi Tenaga Listrik (NIDI).

NIDI listrik dikeluarkan berdasarkan laporan pekerjaan yang diajukan oleh instalator tenaga listrik dari perusahaan yang memiliki izin usaha. Prosesnya dilakukan melalui Aplikasi Sistem Informasi Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SI UJANG GATRIK) versi 2.0.

Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana menjelaskan bahwa NIDI memiliki peran serupa dengan akta kelahiran bagi bayi. NIDI merupakan dokumen yang berisi informasi rinci mengenai suatu instalasi tenaga listrik.

Aplikasi ini menjadi syarat untuk memperoleh Sertifikasi Laik Operasi (SLO), dan Rida Mulyana menyebut NIDI sebagai “akta kelahiran” dari suatu instalasi tenaga listrik.

Peraturan Tentang NIDI

Menurut Rida, kewajiban mencantumkan NIDI listrik sudah diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 5 Tahun 202. Peraturan tersebut menetapkan Standar Kegiatan Usaha dan Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko di Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral.

Baca Juga :   Pengertian Spul: Fungsi, Komponen Serta Cara Kerjanya

Selanjutnya, Wanhar, Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan, menjelaskan bahwa aspek keselamatan dalam bidang ketenagalistrikan memiliki dasar hukum. Dasarnya adalah Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 10 Tahun 2021, yang mengatur tentang Keselamatan Ketenagalistrikan dan merupakan turunan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Tujuan Dibuatnya Regulasi

Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral 10/2021 mengatur bagaimana kegiatan usaha di sektor ketenagalistrikan harus dilaksanakan dengan mematuhi standar dan prosedur yang berlaku. Tujuannya adalah untuk menjamin keselamatan dalam penggunaan ketenagalistrikan.

Wanhar menjelaskan bahwa regulasi ini memberikan penghargaan kepada pelaku usaha ketenagalistrikan yang menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan (SMK2). Hal ini dilakukan untuk memastikan keselamatan penggunaan ketenagalistrikan, mengingat listrik memiliki aspek bahaya meskipun bermanfaat.

Meskipun demikian, Elif Doka Marliska, sebagai Inspektur Ketenagalistrikan Ahli Madya, menegaskan bahwa NIDI merupakan langkah pemerintah dalam mencapai keselamatan ketenagalistrikan. Ia juga menjelaskan prosedur untuk mendapatkan NIDI PLN bagi badan usaha yang melakukan pembangunan dan pemasangan instalasi listrik.

Menurut Elif, NIDI memiliki peran krusial dalam menjamin keselamatan ketenagalistrikan. Keberadaannya membuat masyarakat lebih yakin akan keamanan instalasi listrik yang mereka gunakan.

Cara Membuat NIDI

Bagi badan usaha, mengurus Nomor Identitas Instalasi Tenaga Listrik (NIDI) dalam proses instalasi listrik sangatlah penting. Untuk membuat NIDI dari PLN, berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:

  1. Pastikan bahwa instalasi tenaga listrik yang akan diberikan NIDI telah sesuai dengan persyaratan teknis dan bahan bangunan yang berlaku.
  2. Buatlah laporan pekerjaan dari badan usaha yang memiliki izin usaha dan bertanggung jawab atas instalasi tersebut.
  3. Kirimkan laporan pekerjaan tersebut melalui Aplikasi Sistem Informasi Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SI UJANG GATRIK) versi 2.0. Proses pengiriman melalui aplikasi ini memastikan kelancaran dan keakuratan informasi yang disampaikan.
  4. Setelah penerimaan laporan pekerjaan, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan dari Kementerian ESDM akan memproses dan memberikan NIDI untuk instalasi tersebut. NIDI ini berfungsi sebagai identitas resmi instalasi tenaga listrik.
  5. Penting untuk diingat bahwa NIDI juga menjadi salah satu syarat utama untuk memperoleh Sertifikasi Laik Operasi (SLO). Oleh karena itu, badan usaha pemegang izin usaha perlu memastikan bahwa laporan pekerjaan yang disusun sesuai dengan standar yang berlaku agar proses perolehan SLO dapat berjalan lancar.
Baca Juga :   Penyebab Meteran Listrik Token Tidak Berkurang & Solusinya

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, badan usaha dapat memastikan bahwa instalasi listrik yang mereka lakukan sesuai dengan regulasi dan standar keselamatan, serta memenuhi persyaratan untuk mendapatkan SLO.

Cara Mendaftar NIDI di Website

Selain melalui langkah-langkah sebelumnya, pendaftaran Nomor Identitas Instalasi Tenaga Listrik (NIDI) juga dapat dilakukan secara online melalui website resmi NIDI. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar NIDI secara online melalui situs https://nidipln.com/daftar-nidi/:

  1. Kunjungi situs https://nidipln.com/daftar-nidi/ dan pilih tombol “Daftar NIDI”.
  2. Isi formulir pendaftaran dengan data yang valid dan benar. Pastikan untuk mengisi informasi seperti nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan email dengan akurat.
  3. Upload dokumen pendukung yang diperlukan, seperti surat izin usaha, surat permohonan NIDI, dan dokumen lain yang diminta. Pastikan bahwa dokumen yang diunggah sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan.
  4. Setelah melengkapi formulir dan mengupload dokumen pendukung, klik tombol “Kirim” untuk mengirimkan permohonan NIDI.
  5. Tunggu proses verifikasi dari PLN dan lakukan pembayaran jika diperlukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  6. Setelah permohonan NIDI diterima dan diterbitkan, Anda akan menerima pemberitahuan melalui email dan SMS sebagai konfirmasi bahwa proses pendaftaran telah berhasil.

Perlu diingat bahwa proses pendaftaran NIDI online melalui situs ini dapat bervariasi tergantung pada peraturan dan prosedur PLN yang berlaku. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk dan instruksi yang diberikan oleh PLN selama proses pendaftaran guna memastikan kelancaran dan keberhasilan proses tersebut.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa NIDI Listrik memiliki peran krusial dalam memastikan keselamatan dan keamanan penggunaan instalasi tenaga listrik.

Baca Juga :   Cara Membuat Rangkaian Charger Aki Otomatis Paling Mudah

Sebagai identitas resmi, NIDI tidak hanya menjadi syarat untuk memperoleh Sertifikasi Laik Operasi (SLO), tetapi juga merupakan langkah proaktif pemerintah dalam mencapai standar keselamatan ketenagalistrikan.

Melalui proses pendaftaran, baik melalui Aplikasi Sistem Informasi Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SI UJANG GATRIK) maupun secara online melalui situs resmi NIDI, badan usaha dapat memastikan bahwa instalasi listrik yang mereka bangun memenuhi persyaratan teknis dan standar yang berlaku.

Dengan demikian, pertanyaan “Apa Itu NIDI Listrik” tidak hanya mendapatkan jawaban, tetapi juga memberikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya identifikasi dan pengawasan terhadap instalasi tenaga listrik demi keberlanjutan dan keamanan aktivitas listrik di berbagai sektor.

Demikianlah aartikel finoo.id yang membahas tentang √ Apa Itu NIDI Listrik? Peraturan, Tujuan dan Cara Daftarnya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *