Cara Memasang Giga Bass

Cara Memasang Giga Bass Pada Tone Control Ampli Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Memasang Giga Bass Pada Tone Control Ampli Yang Tepat. Impian setiap perakit adalah merakit power amplifier yang menghasilkan suara atau nada yang bagus. Namun, seringkali hasil akhirnya kurang sesuai harapan, terutama pada nada bass yang kurang keluar atau kurang cocok. Oleh karena itu, banyak perakit amplifier yang memodifikasi tone controlnya dengan memasang giga bass agar amplifier dapat menghasilkan suara bass yang diinginkan.

Namun, banyak perakit amplifier yang masih bingung tentang cara memasang giga bass pada tone control amplifiernya. Meskipun pemasangan giga bass sendiri tidak terlalu sulit, namun bagi perakit pemula, hal ini dapat menjadi suatu kebingungan.

Namun, jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai cara memasang giga bass pada tone control amplifier secara jelas dan lengkap. Dengan demikian, perakit pemula dapat mengatasi masalah audio bass yang kurang keluar dan mendapatkan suara bass yang diinginkan.

Apa Itu Giga Bass?

Giga bass adalah alat musik yang berfungsi untuk menambah nada bass pada musik. Alat ini dapat digunakan untuk meningkatkan volume dan memperluas jangkauan suara bass dengan mudah. Giga bass dapat meningkatkan kualitas suara musik dengan memberikan rentang suara yang lebih luas. Selain itu, giga bass juga dapat memberikan efek tambahan pada musik dan meningkatkan kualitas keseluruhan musik.

Fungsi Giga Bass

Giga bass berfungsi sebagai penunjang, penambah, atau penghasil suara audio yang lebih baik. Secara umum, tone control sudah memiliki nada bass, namun para perakit seringkali menambahkan giga bass agar audio yang dihasilkan menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga :   Penyebab Meteran Listrik Diblokir & Cara Mengatasinya

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Memasang Giga Bass?

Untuk memasang giga bass ke tone control, kalian akan memerlukan beberapa peralatan seperti kabel RCA, kabel speaker, tone control, dan giga bass. Kabel RCA dan kabel speaker digunakan untuk menghubungkan komponen musik lain seperti tone control dan giga bass. Kabel RCA digunakan untuk menghubungkan giga bass ke tone control, sementara kabel speaker digunakan untuk menghubungkan tone control ke speaker.

Cara Memasang Giga Bass

Cara memasang giga bass pada tone control sangat mudah, dan berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan kit giga bass galaxy atau rakitan. Pastikan giga bass masih layak pakai.
  2. Pastikan suplay daya yang digunakan sesuai dengan kebutuhan, biasanya sebesar 12 volt dengan arus DC.
  3. Pasang power suplay pada giga bass dengan cara menyambungkan (+) ke (+) dan (–) ke (–). Pada beberapa perakit amplifier, ada juga yang menyambungkan ke power tone control.
  4. Ganti elco input arus dengan ELCO merek yang bagus agar penggunaan giga bass lebih stabil.
  5. Sambungkan input giga bass pada output tone control dengan cara menyambungkan R in giga bass ke R out tone control, kemudian L in giga bass ke L out tone control. Jangan lupa untuk juga menyambungkan ground-nya.
  6. Sambungkan output giga bass pada input power amplifier dengan cara menyambungkan R out giga bass ke R in power amplifier, lalu L out giga bass ke L in power amplifier, dan juga sambungkan ground-nya.
  7. Pasang semua komponen ke dalam box agar penyetelan dapat dilakukan dengan mudah.
  8. Tes hasilnya dengan menghidupkan amplifier dan memasang out power amplifier pada speaker.
  9. Dengarkan dengan baik apakah terjadi perubahan suara pada bagian bass setelah memasang giga bass pada tone control.
  10. Jika ada perubahan, maka pemasangan giga bass berhasil dilakukan.
Baca Juga :   √ Apa itu Viskositas? Faktor, Rumus, dan Contohnya

Syarat-Syarat Untuk Mengatur Tone Control

Setelah memasang Giga Bass ke Tone Control, langkah selanjutnya adalah mengatur Tone Control. Hal ini penting untuk memastikan suara yang dihasilkan oleh sistem audio sesuai dengan keinginan kalian. Pastikan kalian memilih jenis dan tingkat Tone Control yang sesuai. Jika kalian masih ragu, kalian dapat menghubungi produsen sistem audio untuk meminta bantuan.

Cara memodifikasi Tone Control dengan Subwoofer agar Bass lebih Nendang

Mendengarkan musik dengan nada bass yang empuk dan kuat memang lebih memuaskan. Oleh karena itu, banyak produk sound system rumahan seperti speaker aktif atau kit tone control yang dijual di toko-toko elektronik dilengkapi dengan filter subwoofer.

Fungsi filter subwoofer adalah untuk meningkatkan nada bass agar terdengar lebih jelas dan kuat.

Namun, pada beberapa aksesoris amplifier yang menggunakan pengontrol frekuensi suara stkalianr seperti tone control, hanya memiliki 4 pengatur suara.

Hal ini membuat penggunaannya kurang optimal untuk menangani nada bass yang diinginkan.

Pengatur suara pada tone control terdiri dari:

  1. VOLUME, berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan sinyal audio dari input
  2. BASS, berguna untuk mengatur frekuensi nada rendah antara 20Hz hingga 500Hz
  3. MIDDLE, berguna untuk mengatur frekuensi nada menengah antara 1KHz hingga 5kHz
  4. TREBLE, untuk mengatur frekuensi nada tinggi di atas 10KHz hingga 20KHz.

Bagi mereka yang sudah terbiasa merakit perangkat audio, memasang kit subwoofer atau filter subwoofer pada tone control atau amplifier sudah menjadi hal yang mudah. Namun, bagi pemula, sebaiknya mengetahui cara pemasangannya agar tidak salah dalam memasang.

Untuk memasang kit filter subwoofer, tidaklah sama dengan cara memasang penguat nada bass lain seperti Giga Bass, Turbo Bass, Galaxy, atau yang lainnya. Cara memasang filter subwoofer, terutama pada bagian output, tidak melalui tone control.

Baca Juga :   √ Apa itu Adware? Fungsi, Contoh, Cara Mengatasinya

Mari kita bahas tentang cara memasangnya. Saya berasumsi bahwa kalian sudah memiliki kit filter subwoofer dan ingin memasangkannya pada tone control atau amplifier.

Baca Juga :

Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah artikel finoo.id jelaskan di atas, kalian sekarang telah berhasil memasang giga bass pada sistem audio mobil kalian. Dengan giga bass, kualitas suara musik di mobil kalian akan semakin terdengar jernih dan mantap.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun memasang giga bass bisa meningkatkan kualitas suara, kalian harus tetap mengontrol penggunaan giga bass agar tidak terlalu berlebihan. Penggunaan giga bass yang berlebihan bisa merusak kualitas suara dan juga komponen sistem audio mobil kalian.

Jadi, gunakan giga bass dengan bijak dan nikmati pengalaman mendengarkan musik di mobil yang lebih memuaskan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *