Cara Reset Mesin Cuci Electrolux

Cara Reset Mesin Cuci Electrolux Agar Kembali Normal

Posted on

Finoo.id – Cara Reset Mesin Cuci Electrolux Agar Kembali Normal. Setiap produk elektronik memiliki usia tersendiri di mana masalah bisa timbul. Ini disebabkan oleh pengguna yang mengabaikan prosedur pabrik dan kurangnya perawatan rutin.

Seperti produk elektronik pada umumnya, mesin cuci merek Electrolux juga dapat mengalami berbagai masalah seperti kesalahan atau kerusakan komponen. Selain itu, biaya perbaikan dan penggantian suku cadang juga cukup mahal.

Beberapa masalah yang ringan masih bisa diperbaiki dengan mudah tanpa bantuan teknisi. Namun, jika modul rusak, itu akan mempengaruhi keseluruhan sistem kerja mesin cuci.

Karena biaya service yang mahal, banyak orang lebih memilih mencari cara untuk mereset mesin cuci Electrolux. Melalui metode ini, sebagian masalah dapat diatasi dan mesin cuci dapat kembali normal.

Sekilas Tentang Electrolux

Electrolux merupakan perusahaan peralatan elektronik rumah tangga yang memiliki berbagai macam produk. Produk-produknya telah tersebar di berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Beberapa produk elektronik seperti AC, kulkas, kompor gas, mesin cuci, dan berbagai peralatan lainnya telah banyak beredar di pasaran.

Salah satu produk unggulan Electrolux adalah Mesin Cuci, terutama tipe Front Load (pemuatan depan). Tidak hanya digunakan untuk rumahan, produk mesin cuci Electrolux juga banyak digunakan di tempat usaha laundry. Hal ini disebabkan karena kualitas produknya yang sangat baik, sehingga tidak heran jika menjadi pilihan utama bagi pelaku usaha laundry.

Kendala Ringan Mesin Cuci

Di era modern ini, hidup tanpa mesin cuci pasti sulit karena produk ini sangat membantu pekerjaan rumah tangga. Jadi, jika mengalami kerusakan tentu akan merepotkan seluruh anggota keluarga.

Berikut beberapa permasalahan umum yang mungkin terjadi dan sebagian bisa diatasi melalui metode reset modul.

1. Papan Kontrol Macet

Papan kontrol mesin cuci terdiri dari sejumlah tombol yang masing-masing memiliki fungsi untuk menjalankan mesin cuci. Pengoperasian perangkat harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang tercantum di buku petunjuk resmi, dan jangan mencoba menekan tombol secara sembarangan.

Baca Juga :   Cara Bongkar Mesin Cuci 2 Tabung Sharp dan Polytron Yang Tepat

Kesalahan dalam penggunaan terkadang membuat tombol mesin cuci macet, sehingga seringkali tidak bisa menjalankan perintah start/pause. Namun, tidak perlu khawatir jika kamu mengalami kondisi ini, cukup melakukan reset maka unit akan kembali normal.

2. Muncul Kode Error

Mesin cuci otomatis dilengkapi dengan fitur self-diagnosis yang akan mendeteksi malfungsi dan memberikan informasi kepada pengguna. Notifikasi kode error akan muncul pada tampilan papan kontrol yang harus diterjemahkan sendiri.

Kode kesalahan tersebut menunjukkan bahwa unit mengalami masalah ringan hingga berat, sehingga membuat mesin tidak dapat beroperasi. Beberapa kasus sederhana dapat diatasi hanya dengan teknik reset modul.

Cara Reset Mesin Cuci Electrolux

Sebenarnya, memahami metode perbaikan akan mengurangi ketergantungan pada layanan service dari orang lain. Selain itu, juga membantu menekan pengeluaran dana yang tidak diperlukan selama kamu bisa mengatasi masalah yang bersifat ringan.

Cara reset mesin cuci Electrolux dapat menjadi solusi terakhir sebelum memutuskan untuk menghubungi teknisi. Berikut adalah metode untuk mengembalikan pengaturan modul kembali ke pengaturan pabrik:

1. Reset Mesin Cuci Front Loading

Metode ini dapat dicoba pada mesin cuci merek Electrolux tipe front loading, di mana terdapat tombol pada papan kontrol yang dapat diputar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Matikan display pada papan kontrol dengan menekan tombol on/off.
  • Tekan dan tahan tombol start/pause serta tombol opsi terdekat secara bersamaan.
  • Saat menahan kombinasi tombol tersebut, putar tombol cycle (yang dapat diputar) searah jarum jam.
  • Mesin akan mengeluarkan suara “bip” atau berkedip, kemudian lepaskan tombol kombinasi.
  • Putar tombol cycle secara perlahan dan berhenti di setiap klik, teruskan hingga habis mentok.
  • Sekarang ubah ke pengaturan apapun dan matikan unit.

2. Reset Mesin Cuci Semua Tipe

Teknik kedua ini umumnya dapat diterapkan pada semua mesin cuci Electrolux, baik yang bertipe front loading maupun top loading. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol power untuk mematikan unit mesin cuci.
  • Cabut kabel power dari stop kontak agar arus listrik berhenti mengalir.
  • Biarkan selama 10 menit.
  • Tekan dan tahan tombol start/pause selama 5 detik lalu lepaskan.
  • Sambungkan kembali kabel power ke steker seperti semula.
  • Hidupkan mesin cuci Electrolux lalu coba jalankan siklus.
Baca Juga :   Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci 4 Kabel 1 & 2 Tabung

Panduan Membeli Mesin Cuci

Panduan ini akan membantu kalian memilih mesin cuci yang baik dan tahan lama untuk mencuci pakaian, handuk, dan perlengkapan kamar tidur. Ukuran, kapasitas, kebiasaan mencuci, program-program khusus, dan fitur keamanan adalah hal-hal penting yang perlu dipertimbangkan, tetapi apakah ada hal lain yang perlu diperhatikan? Bacalah panduan pembelian mesin cuci dari Electrolux untuk mempelajari informasi penting dan tips membeli mesin cuci yang berguna.

1. Panduan ukuran mesin cuci

Ukuran fisik dan jumlah penghuni rumah adalah dua hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih mesin cuci. Pertama-tama, ukur dengan tepat lokasi di mana mesin cuci akan dipasang. Pertimbangkan juga ruang untuk gerakan pintu atau tutup mesin cuci, serta koneksi kelistrikan dan air.

Beberapa tipe mesin cuci dapat dipasang di dinding jika ruang cuciannya terbatas, atau dapat menggunakan kombinasi washer dryer. Kemudian pertimbangkan jumlah penghuni rumah dan frekuensi pencucian untuk kapasitas beban cucian kalian. Berikut adalah panduan untuk memilih kapasitas mesin cuci:

  • 4 – 6 kg: Ukuran kecil
  • 7 – 8 kg: Ukuran sedang
  • 9+ kg: Ukuran besar

2. Tips memilih kapasitas mesin cuci

Apakah hanya kalian berdua atau anggota keluarga berjumlah 15 orang? Electrolux menyediakan mesin cuci 1 tabung dengan kapasitas 7,5 hingga 12,5 kilogram untuk mencuci pakaian kering (mesin cuci dengan kapasitas delapan kilogram dapat mencuci 40 kemeja sekaligus).

Dengan fitur-fitur pintar seperti teknologi pencucian semprotan langsung, mesin cuci dapat menyesuaikan konsumsi air dan energi sesuai dengan ukuran beban, sehingga kalian tidak perlu khawatir akan adanya pemborosan energi atau air.

Berikut ini adalah panduan kapasitas mesin cuci yang cocok untuk rumah tangga dengan jumlah anggota tertentu:

  • 1 – 2 orang: Mesin cuci dengan kapasitas 4 – 6,5 kg cocok untuk rumah tangga beranggotakan 1 orang atau rumah tangga kecil dengan beban 5 set pakaian atau 5 handuk per beban.
  • 3 – 4 orang: Mesin cuci dengan kapasitas 7 kg – 8,5 kg cocok untuk rumah tangga sedang, dengan beban 7 set pakaian atau 7 handuk per beban.
  • 5+ orang: Mesin cuci dengan kapasitas 9 kg atau lebih cocok untuk rumah tangga besar, dengan beban 8+ set pakaian atau 8+ handuk per beban.
Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Aqua Hijab Series

3. Penataan pencucian & instalasi mesin cuci

Mesin cuci front load yang disusun bertumpuk adalah pilihan yang hemat tempat untuk laundry yang agak kecil atau gaya laundry Eropa yang ditempatkan di balik lemari dapur dekat dapur atau kamar mandi.

Sementara itu, penempatan side-by-side washer dryer di bawah meja dapur dapat memberikan lebih banyak ruang kerja sebagai satu unit kombo. Mesin cuci yang dipasang di dinding juga memberikan ruang lantai yang lebih produktif. Pertimbangkan kebutuhan kalian saat menata peralatan.

Setelah mempertimbangkan kebutuhan ruangan untuk mesin cuci, termasuk sumber listrik, bukaan pintu dan tutup mesin, juga perlu akses ke air panas dan dingin dan saluran pembuangan yang cukup, baik berupa wastafel atau pipa air bersih untuk instalasi.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel ini, finoo.id telah membahas cara reset mesin cuci Electrolux dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Dalam situasi tertentu, seperti mesin cuci yang tidak berfungsi dengan baik atau mengalami masalah teknis, reset mungkin diperlukan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kalian dapat dengan mudah melakukan reset pada mesin cuci Electrolux kalian dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi. Jangan ragu untuk mengulangi proses ini jika diperlukan atau meminta bantuan dari teknisi ahli jika masalahnya lebih serius.

Selalu pastikan untuk memperhatikan petunjuk penggunaan mesin cuci kalian dan melakukan perawatan rutin untuk menjaga mesin cuci dalam kondisi yang baik dan dapat berfungsi dengan optimal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang memiliki mesin cuci Electrolux dan membutuhkan informasi tentang cara meresetnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *