Kode Error Mesin Cuci Electrolux

Daftar Kode Error Mesin Cuci Electrolux Semua Tipe

Posted on

Finoo.id – Daftar Kode Error Mesin Cuci Electrolux Semua Tipe. Saat ini, hidup tanpa bantuan peralatan elektronik dapat menjadi sangat sulit karena manusia harus menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Teknologi memang banyak membantu mempermudah pekerjaan sehari-hari menjadi lebih praktis dan cepat.

Namun, di sisi lain, meskipun alat-alat modern dapat membantu kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, mereka dapat mengalami penurunan kinerja seiring penggunaan dalam jangka waktu yang lama. Sebagai contoh, produk mesin cuci yang terkenal awet seperti merek Electrolux, terkadang mengalami permasalahan malfungsi bahkan kerusakan komponen.

Jika kamu memiliki mesin cuci merek Electrolux, kamu mungkin pernah mengalami kendala dalam penggunaannya. Terutama bagi pengguna pemula yang belum terbiasa dengan cara operasi dan perawatan yang tepat.

Untuk mengatasi masalah pada produk, menghubungi layanan service center resmi merupakan cara paling mudah dan efektif. Sebelum itu, sebaiknya kamu mempelajari makna kode error mesin cuci Electrolux agar kamu bisa mengetahui kondisi yang sedang terjadi pada mesin cuci tersebut. Hal ini dapat membantu teknisi memperbaiki mesin cuci lebih cepat dan akurat, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya perbaikan yang dikeluarkan.

Sekilas Tentang Electrolux

Electrolux adalah salah satu pemimpin global dalam bidang peralatan rumah tangga dan peralatan untuk penggunaan profesional. Setiap tahunnya, kami menjual lebih dari 40 juta produk ke pelanggan di 150 negara. Fokus kami adalah pada inovasi yang serius dan didasarkan pada wawasan luas konsumen, sehingga dapat memenuhi kebutuhan nyata dari konsumen dan profesional.

Produk-produk kami meliputi kulkas, mesin pencuci piring, mesin cuci, penyedot debu, dan kompor yang dijual dengan merek terkemuka seperti Electrolux, AEG-Electrolux, Zanussi, Eureka, dan Frigidaire. Pada tahun 2008, penjualan Electrolux mencapai SEK 105 miliar dan kami memiliki 54.000 karyawan yang siap memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen.

Fitur Self Diagnosis

Teknologi modern telah membuat fitur mesin cuci merek Electrolux semakin baik dalam memberikan kenyamanan sekaligus keamanan bagi para pelanggan. Salah satu fitur yang dimiliki adalah self diagnosis yang mampu mendeteksi malfungsi pada perangkat.

Baca Juga :   Arti Kode Error Mesin Cuci LG Paling Lengkap & Tepat

Fitur ini sangat membantu mencegah kerusakan yang lebih besar dengan langsung menghentikan operasional unit mesin cuci, dan menampilkan kode error tertentu pada display papan kontrol. Kode ini terdiri dari kombinasi dua digit angka dan huruf serta memiliki arti tersendiri.

Self diagnosis ini menjadi solusi atas permasalahan yang sering terjadi pada mesin cuci. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan konsumen untuk mendeteksi dan memperbaiki unit milik mereka sendiri tanpa harus melibatkan teknisi, sehingga dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya perbaikan.

Namun, fungsi kode kesalahan hanya tersedia untuk mesin cuci bertipe 1 tabung, baik top loading maupun front loading. Sedangkan untuk seri manual hanya mempunyai fitur dasar mengingat harga perangkat yang lebih terjangkau.

Daftar Kode Error Mesin Cuci Electrolux

Electrolux dikenal memiliki kelebihan utama yaitu daya tahan yang cukup baik. Namun, seperti halnya perangkat elektronik lainnya, mesin cuci Electrolux juga dapat mengalami kerusakan.

Banyaknya indikator kesalahan fungsi pada mesin cuci tentu membuat kita sulit untuk menghafalnya satu-persatu. Oleh karena itu, kami telah merangkum daftar kode error mesin cuci Electrolux yang mendukung semua tipe. Dengan daftar ini, kamu dapat mendiagnosa sendiri permasalahan yang terjadi pada mesin cuci.

Berikut adalah tabel kumpulan kode kesalahan mesin cuci Electrolux:

Kode ErrorArti Kode
E10Mesin tidak dapat mengisi air
E11Keran air masih tertutup atau tekanannya terlalu rendah
E12Kesalahan dalam pengisian air untuk pengeringan
E13Terjadi kebocoran air
E20Air dalam mesi tidak dapat dikosongkan
E21Kesulitan dalam menguras dan mengosongkan air
E22Saluran pembuangan tertekuk atau tersumbat
E23Triac pompa pembuangan rusak
E24Kesalahan sinyal input yang menuju mikroprosesor
E31Perpindahan tekanan abnormal karena sirkuit saklar rusak
E32Terjadi kesalahan pada proses kalibrasi sakelar tekanan elektronik
E35Terdeteksi air berlebihan hingga meluap
E38Ruang tekanan terhalan dan ketinggian air tidak berubah
E3AElemen pemanas dan relay penginderaan mengalami kerusakan
E40Pintu tidak tertutup atau belum menutup rapat
E41Pintu terbuka setelah 15 detik
E42Masalah penutupan pintu yang belum sempurna
E43Triac catu daya interlock mengalami kerusakan
E44Triac sirkuit penginderaan interlock pintu rusak
E45Kesalahan input sinyal ke mikroposesor
E51Catu daya motor Triac konslet
E52Tidak ada sinyal dari generator takometrik motor
E53Sirkuit penginderaan triac motor rusak
E54Kontak relay motor menerima tegangan tinggi saat dalam keadaan off
E61Pemanasan yang tidak memadai selama mencuci
E62Selama proses pencucian terdeteksi suhu yang terlalu panas
E66Relay daya elemen pemanas mengalami kerusakan
E68Nilai tegangan listrik berbeda dari nilai utama
E69Komponen elemen pemanas terganggu
E71Sensor NTC rusak atau konslet
E72Sensor NTC kondensor pengeringan rusak
E73Sensor NTC saluran pengeringan rusak
E74Posisi sensor NTC untuk mencuci buruk
E82Kesalahan dalam pemilihan posisi reset pada PCB
E83Kesalahan dalam pembacaan opsi PCB
E91Tidak ada komunikasi antara elemen elektronik dari mesin cuci
E92Kesalahan komunikasi antara papan display PCB utama
E93Konfigurasi alat yang salah
E94Kesalahan konfigurasi siklus pencucian
E95Kesalahan komunikasi antara mikroprosesor dan EEPROM
E97Ketidaksesuaian antara pemilihan program dan konfigurasi siklus
EA1Pemosisian drum DSP mengalami kerusakan
EA6Proses pembukaan pintu DSP rusak
EC1Katup solenoida diblokir dari flowmeter
Ed1Terjadi kesalahan komuniaksi antara papan WD dan PCB
Ed2Pengeringan elemen pemanas relay 1 mengalami kerusakan
Ed3Pengeringan elemen pemanas relay 2 mengalami kerusakan
Ed4Masalah relay yang mengubah daya antara mencuci elemen pemanas dan mengeringkan
Ed6Tidak ada komunikasi antara PCB dan papan display
EF0Terjadi kebocoran air di dalam mesin
EF1Filter pembuangan tersumbat dan fase pengurasan terlalu lama
EF2Terdeteksi takaran detergen terlalu banyak sehingga busa berlebihan
EF3Intervensi kontrol air
EF4Tekanan pengisian air terlalu rendah, katup solenoid terbuka
EF5Terdeteksi beban yang tidak seimbang
EF6Proses mengatur ulang
EH0Tegangan listrik tidak stabil sehingga kerja mesin terganggu
EH1Kekuatan frekuensi alat diluar batas
EH2Tegangan listrik terlalu tinggi
EH3Tegangan listrik terlalu rendah
Baca Juga :   Cara Reset Remote AC Electrolux Mudah & Simpel

Mesin cuci tidak akan memperbaiki error yang telah terjadi melainkan akan berhenti dan menolak untuk beroperasi. Selain itu, produk hanya menampilkan informasi kode saja pada panel papan kontrol, sedangkan solusi bergantung pada pengguna masing-masing. Oleh karena itu, dengan mengetahui daftar kode error mesin cuci Electrolux, kamu dapat lebih mudah menentukan solusi untuk permasalahan yang terjadi pada mesin cuci kamu.

Baca Juga :

Penutup

Kode error pada mesin cuci Electrolux dapat menjadi masalah yang mengganggu kinerja mesin cuci Anda. Namun, dengan penanganan yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mudah.

Jangan panik jika mesin cuci Anda menampilkan kode error, karena setiap kode memiliki arti yang berbeda-beda dan mungkin saja mudah untuk diperbaiki. Beberapa kode error umum pada mesin cuci Electrolux antara lain E10, E20, E30, dan E40.

Jika mesin cuci Anda menampilkan kode error E10, artinya terdapat masalah dengan masukan air. Periksa koneksi selang air dan pastikan aliran air lancar. Jika kode error E20 muncul, artinya terdapat masalah dengan saluran pembuangan. Cek saluran pembuangan dan pastikan tidak ada yang menghalangi aliran air.

Kode error E30 menandakan masalah dengan sensor suhu. Pastikan sensor suhu berfungsi dengan baik dan tidak ada yang menghalangi ventilasi. Sedangkan kode error E40 mengindikasikan masalah dengan pintu mesin cuci. Pastikan pintu terkunci dengan baik dan tidak ada yang menghalangi penutupan pintu.

Jika setelah melakukan pengecekan dan perbaikan, kode error masih muncul, segera hubungi teknisi Electrolux yang terpercaya. Jangan mencoba memperbaiki mesin cuci sendiri jika Anda tidak berpengalaman karena bisa membahayakan keselamatan Anda.

Baca Juga :   Cara Reset Mesin Cuci Electrolux Agar Kembali Normal

Dengan penanganan yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah kode error pada mesin cuci Electrolux dengan mudah dan menjaga mesin cuci Anda dalam kondisi baik untuk waktu yang lama.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Daftar Kode Error Mesin Cuci Electrolux Semua Tipe. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *