Kelebihan Penggunaan Panel Lantai

√ Kelebihan Penggunaan Panel Lantai pada Bangunan Rumah

Posted on

Finoo.id – √ Kelebihan Penggunaan Panel Lantai pada Bangunan Rumah. Panel lantai merupakan solusi ideal untuk konstruksi rumah bertingkat. Belakangan ini, panel lantai semakin populer sebagai alternatif untuk lantai bangunan atas daripada menggunakan beton cor.

Mungkin kalian masih belum familiar dengan konsep panel lantai ini. Secara sederhana, panel lantai adalah beton ringan yang dibentuk menjadi lembaran panel sehingga pemasangannya menjadi mudah sesuai dengan area hunian. Bahan untuk membuat panel lantai biasanya terdiri dari campuran pasir, semen, kapur, gypsum, pasta aluminium, dan bahan daur ulang.

kalian tidak akan menyesal memilih panel lantai sebagai bagian dari bangunan bertingkat kalian. Ada beberapa keunggulan penggunaan panel lantai yang akan saya bahas di bawah ini dan patut kalian pertimbangkan dalam rencana pembangunan properti kalian!

Apa itu Panel Lantai?

Panel lantai adalah inovasi teknologi yang dihasilkan sebagai alternatif untuk menggantikan penggunaan dak cor konvensional. Tujuannya adalah untuk mengatasi berbagai kelemahan yang biasanya terdapat pada dak cor tradisional.

Beberapa kelemahan yang seringkali dihadapi pada dak cor konvensional meliputi biaya yang tinggi, proses pengerjaan yang memakan waktu dan tergantung pada kondisi cuaca, sulitnya melakukan pekerjaan di area yang sempit, kurang tahan terhadap gempa, hasil akhir yang tidak merata, serta kebutuhan untuk menunggu dak cor mengering sebelum memasang material penutup lantai.

Dengan demikian, panel lantai hadir sebagai solusi yang lebih efisien dan efektif dalam proses konstruksi. Inovasi ini memberikan alternatif yang lebih baik dengan menghilangkan sebagian besar kekurangan yang ada pada dak cor konvensional.

Baca Juga :   √ Biaya Pasang Pagar Kawat Harmonika Terbaru Paling Tepat

Kelebihan Penggunaan Panel Lantai

Mau tahu apa saja keunggulan menggunakan panel lantai untuk bangunan kalian? Ayo, ikuti penjelasannya di bawah ini.

1. Proses Konstruksi Lebih Cepat

Dengan menggunakan panel lantai, kalian dapat mempercepat proses pembangunan bangunan kalian. Ini karena pemasangan dan penataan panel lantai jauh lebih cepat daripada pembuatan beton cor yang memakan waktu berhari-hari. Panel lantai biasanya diproduksi terpisah dan tersedia secara massal, sehingga dapat langsung digunakan tanpa perlu menunggu proses pembuatan di lokasi konstruksi.

2. Pemasangan Keramik Lebih Mudah

Selain itu, penggunaan panel lantai juga membuat pemasangan bahan konstruksi lainnya menjadi lebih mudah. Sebagai contoh, dengan memilih panel lantai, kalian dapat langsung memasang keramik di atasnya tanpa perlu menunggu proses pengeringan beton seperti pada beton cor konvensional. Hal ini memungkinkan pengerjaan konstruksi hingga tahap akhir dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan efisien.

3. Panel Lantai Buat Ruangan Adem

Penggunaan panel lantai tidak hanya memberikan manfaat dalam hal kemudahan konstruksi, tetapi juga dapat membuat ruangan menjadi lebih nyaman dan sejuk. Ini karena panel lantai terbuat dari bahan komposit yang mampu meredam panas secara lebih efektif daripada beton cor konvensional. Kemampuan ini menjadikan rumah yang menggunakan panel lantai terasa lebih sejuk dan nyaman untuk dihuni.

4. Cegah Jamur dengan Panel Lantai

Salah satu keunggulan panel lantai adalah kemampuannya untuk mencegah pertumbuhan jamur di dalam ruangan. Struktur berpori pada panel lantai memungkinkan pengeluaran kelembapan secara lebih efisien dibandingkan dengan beton cor. Hal ini membuat panel lantai menjadi kurang rentan terhadap pembentukan jamur. Dengan demikian, penggunaan panel lantai tidak hanya memberikan keuntungan dalam hal kepraktisan dan efisiensi konstruksi, tetapi juga dalam menjaga kesehatan lingkungan di dalam ruangan.

5. Buat Rumah Tahan Gempa

Jika kalian ingin membangun sebuah struktur bangunan yang kokoh dan tahan gempa, panel lantai dapat menjadi pilihan yang tepat. Panel lantai memiliki keunggulan sebagai material yang lebih ringan dibandingkan beton cor atau bata ringan. Berat panel lantai hanya sekitar seperlima dari beton cor atau bata ringan. Ketika terjadi gempa, bobot yang lebih ringan dari panel lantai akan memberikan perlindungan lebih baik terhadap struktur bangunan, karena beban yang ditanggung oleh penopangnya lebih sedikit.

Baca Juga :   Contoh Benda Bahan Keras Yang Perlu Kita Ketahui

6. Panel Lantai Juga Ramah Lingkungan

Penggunaan panel lantai juga berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan. Panel lantai termasuk dalam kategori material yang ramah lingkungan, karena mampu mengurangi limbah lingkungan hingga lebih dari 30 persen dibandingkan dengan penggunaan beton cor konvensional. Salah satu alasan utamanya adalah karena panel lantai menggunakan bahan-bahan daur ulang dalam pembuatannya.

7. Hemat Biaya Pembangunan

Meskipun memiliki berbagai keunggulan seperti yang telah disebutkan di atas, banyak orang mengira bahwa biaya penggunaan panel lantai dalam pembangunan rumah akan sangat tinggi. Namun, kenyataannya adalah sebaliknya. Biaya penggunaan panel lantai dalam pembangunan rumah hampir setengahnya lebih murah daripada menggunakan beton cor konvensional. Dengan demikian, penggunaan panel lantai tidak hanya memberikan manfaat dalam hal keamanan dan kelestarian lingkungan, tetapi juga dalam penghematan biaya pembangunan secara keseluruhan.

Pengaplikasian Panel Lantai

Berikut adalah langkah-langkah penerapan panel lantai yang tepat, antara lain:

1. Menyiapkan Struktur Bangunan

Tahap awal melibatkan persiapan beberapa struktur bangunan sebagai penyangga panel lantai, termasuk:

  • Pondasi: Struktur dasar yang menopang beban keseluruhan bangunan dan mentransfernya ke tanah di bawahnya.
  • Sloof: Balok horizontal yang berfungsi sebagai penyeimbang beban vertikal dari kolom atau dinding ke pondasi.
  • Kolom: Struktur vertikal yang mendukung beban bangunan dari lantai atas hingga pondasi.
  • Balokan: Balok horizontal yang berfungsi sebagai penopang utama untuk panel lantai dan menghubungkan kolom-kolom.
  • Ring Balok: Balok horizontal tambahan yang terletak di sekitar tepi bangunan untuk mendukung tepi panel lantai dan menahan beban lateral.

2. Perhitungan dan Persiapan Material Panel

Langkah selanjutnya dalam penerapan panel lantai adalah “perhitungan”, yang mengharuskan kalian untuk menghitung luas area rumah yang akan dipasangi panel serta mengestimasi jumlah panel yang dibutuhkan untuk persiapan.

3. Proses Lifting atau Pengangkatan Panel Lantai

Proses pengangkatan setiap lembaran panel lantai hanya dapat dilakukan dengan bantuan derek atau takel. Panel lantai diikat dan dikaitkan, kemudian diangkat dan dimasukkan ke dalam tempat yang dituju. Untuk melaksanakan proses pemasangan ini, diperlukan tim terdiri dari 3-4 orang. Saat melakukan pemasangan, penting untuk memastikan bahwa setiap panel berada dalam posisi yang sempurna dan semua elemen berdekatan dengan jarak maksimal satu sama lain.

Baca Juga :   √ Apa Itu Kain Katun Rami? Karakteristik dan Cara Merawatnya

Pengangkatan panel lantai menggunakan alat bantu seperti takel atau chainblock dengan kapasitas minimal 300 kg. Setelah itu, panel lantai diletakkan satu persatu di atas permukaan balok secara berurutan hingga membentuk baris yang sejajar, sampai proses pemasangan seluruh panel lantai selesai.

4. Cara Memasang atau Meletakan Posisi Panel Lantai

Tempatkan panel lantai di atas potongan balok kayu atau blok untuk mempermudah pengangkatan peralatan angkat jika proses penempatannya yang terakhir menjadi sulit. Setelah itu, lakukan tahap pembesian dan grouting, yaitu proses pengisian dan penyemenan setiap celah sambungan panel lantai menggunakan mortar atau bahan khusus yang disediakan oleh produsen panel lantai tersebut.

BACA JUGA :

Penutup

Penggunaan panel lantai telah membuka pintu menuju era konstruksi yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, panel lantai telah membuktikan dirinya sebagai alternatif yang sangat menjanjikan dalam pembangunan rumah bertingkat maupun bangunan lainnya.

Oleh karena itu, mari kita terus memanfaatkan kelebihan penggunaan panel lantai ini untuk menciptakan masa depan yang lebih baik dalam pembangunan bangunan, sambil terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi konstruksi.

Dengan demikian, kita tidak hanya membangun bangunan, tetapi juga mewujudkan mimpi dan kebutuhan akan lingkungan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Kelebihan Penggunaan Panel Lantai pada Bangunan Rumah. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimaksih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *