Persamaan Flyback FA061WJ-SA

Persamaan Flyback FA061WJ-SA TV Sharp Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Persamaan Flyback FA061WJ-SA TV Sharp Yang Tepat. Flyback (FTB), juga dikenal sebagai playback, merupakan salah satu komponen yang sering ditemukan pada televisi jenis tabung. Fungsinya adalah menghasilkan tegangan tinggi yang dibutuhkan oleh tabung CTR untuk menembakkan elektron di dalam tabung TV.

Hampir semua televisi tabung, termasuk TV merek Sharp, menggunakan flyback. Meskipun semua flyback pada TV memiliki fungsi yang sama, setiap TV menggunakan flyback dengan seri yang berbeda-beda. Namun, terkadang beberapa televisi tabung juga menggunakan flyback dengan seri yang sama.

Ketika flyback rusak, perbaikannya menjadi sangat sulit sehingga kebanyakan orang memilih untuk menggantinya dengan flyback baru. Namun, masalah muncul ketika mencari flyback dengan nomor seri yang sama, terutama jika seri flyback seperti FA061WJ-SA sulit didapatkan karena ketersediaan stok yang terbatas.

Jika situasi seperti itu terjadi, satu-satunya solusi adalah mencari data persamaan flyback untuk TV tersebut. Lalu, apakah flyback seri FTB FA061WJ-SA ini juga memiliki persamaan? Jika ya, apa persamaan dari flyback FA061WJ-SA? Untuk penjelasan lebih lengkap, silakan simak ulasan di bawah ini.

Apa itu Flyback ?

Flyback merupakan komponen transformator yang digunakan pada TV atau monitor untuk menghasilkan tegangan tinggi yang dibutuhkan oleh tabung CRT.

Tegangan tersebut digunakan untuk menembakkan elektron di dalam tabung tersebut. Flyback dipasang pada blok horizontal output dengan tujuan menghasilkan tegangan yang tinggi, berkisar antara 20kV hingga 30kV tergantung pada ukuran TV.

Di dalam flyback terdapat sebuah dioda internal yang berfungsi untuk menyearahkan tegangan tinggi dari trafo yang berbentuk pulsa-pulsa. Selain itu, terdapat juga lilitan dengan jumlah tertentu dan sebuah batang ferit yang mirip dengan transformator.

Fungsi Flyback TV

Flyback adalah sebuah komponen transformator yang berfungsi untuk menghasilkan tegangan tinggi pada televisi atau monitor.

Biasanya, komponen ini dipasang pada blok horizontal output. Di dalam flyback, terdapat sebuah dioda internal yang memiliki peran penting dalam menyearahkan tegangan tinggi yang berasal dari trafo. Selain itu, flyback juga memiliki lilitan dan sebuah batang ferit yang serupa dengan transformator.

Baca Juga :   Penyebab TV LED Berubah Warna Serta Cara Mengatasinya

Dengan adanya komponen ini, televisi atau monitor dapat menghasilkan tegangan yang cukup tinggi untuk menembakkan elektron di dalam tabung CRT.

Persamaan Flyback FA061WJ-SA

Flyback FA061WJ-SA sering ditemukan pada beberapa jenis TV Sharp dengan tabung. FTB FA061WJ-SA memiliki tegangan regulator sebesar 130V dan tegangan keluaran 24V, sehingga sangat cocok untuk TV Sharp new QVision personal dan 51V200.

Perlu diketahui bahwa setiap flyback TV memiliki beberapa seri flyback lain yang memiliki persamaan, termasuk FA061WJ-SA. Umumnya, persamaan flyback memiliki data pin out yang sama dengan flyback asli pada TV tersebut.

Dengan kata lain, persamaan FTB harus memiliki kesamaan data pin dengan FTB asli. Jika tidak, penggantian dengan flyback yang tidak kompatibel dengan spesifikasi TV dapat menyebabkan kerusakan atau kebocoran.

Namun, penggantian FTB asli dengan persamaannya hanya opsional jika FTB asli sulit ditemukan. Jika ada flyback asli dengan nomor seri yang sama, sebaiknya gunakan flyback tersebut karena lebih aman dan memiliki risiko kerusakan yang lebih rendah.

Terdapat beberapa jenis flyback yang dapat digunakan sebagai pengganti FA061WJ-SA. Kebanyakan persamaan flyback FA061WJ-SA mudah ditemukan, baik itu di toko elektronik offline terdekat maupun di toko online terpercaya.

Berikut ini beberapa seri flyback persamaan yang terbaik dan cocok digunakan sebagai pengganti untuk TV Sharp FA061WJ-SA:

  • FA061WJ-SA
  • FA122WJ-B
  • BSC26-2630 S
  • BSC26-2631 S

Itulah beberapa seri flyback persamaan dari FTB FA061WJ-SA. Seri-seri tersebut merupakan pilihan terbaik yang telah diuji dan tidak menimbulkan efek samping yang signifikan ketika digunakan pada televisi tabung merek Sharp 51V200.

Silakan mencari salah satu seri persamaan FTB di atas di toko elektronik terdekat atau toko online untuk mengganti FTB FA061WJ-SA. Namun, jika seri persamaan flyback di atas juga sulit ditemukan di tempat kalian, berikut ini adalah solusi lain yang dapat dicoba.

Data Pin Flyback FA061WJ-SA

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, flyback terbaik yang cocok sebagai pengganti FTB FA061WJ-SA adalah flyback yang memiliki persamaan data pin out. Oleh karena itu, untuk menemukan persamaan flyback tersebut, penting untuk mengetahui data pin dari FTB FA061WJ-SA.

kalian dapat mencari flyback dengan data pin yang sama seperti FA061WJ-SA atau mencari persamaan flyback pada beberapa jenis TV Sharp tabung lainnya, seperti BSC26-2631 S. Jika kalian menemukan flyback dengan data pin yang sama, maka itu kemungkinan adalah persamaan dari flyback FA061WJ-SA untuk TV Sharp.

Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan TV TCL Yang Wajib Diketahui

Berikut ini adalah data pin dari FTB FA061WJ-SA, yang dapat kalian lihat pada tabel di bawah ini.

Tabel data pin FTB FA061WJ-SA:

Data Pin Out Flyback FA061WJ-SA : COL_B+130V_GND_NC_24V_AFC_180V_GND_HT_ABL
Keterangan :
COLH. Out / Colector Transistor Horizontal
B+130VTegangan Regulator
GNDGround
NCNon Connector / Tegangan Out 12V
24VTegangan Out 24V Untuk Power Vertikal
AFCAutomatic Frequency Control (Pengunci osilator frekuensi horizontal)
180VVideo +180V/+200V
GNDGround
HTHeater
ABLAutomatic Bright Limiter (Pengatur pembatas kecerahan secara otomatis)

Itulah informasi mengenai data pin out FTB FA061WJ-SA. Jadi, jika kalian tidak dapat menemukan persamaan flyback seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kalian dapat mencari flyback dengan data pin yang terdapat pada tabel di atas untuk mendapatkan flyback yang paling cocok.

Harga Flyback FA061WJ-SA

Setelah mengetahui persamaan flyback FA061WJ-SA, langkah selanjutnya adalah mencari flyback tersebut di toko elektronik offline atau online. Namun, berapa harga flyback tersebut? Secara umum, harga flyback TV Sharp tergolong cukup terjangkau.

Baik di toko elektronik online maupun offline, harga flyback tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Namun, perlu diperhatikan bahwa harga flyback dapat bervariasi antara satu toko dengan toko elektronik lainnya, tergantung pada perbedaan daerah dan nilai jual di pasar.

Sementara untuk pembelian secara online, perlu diingat bahwa harga yang tertera belum termasuk biaya pengiriman, sehingga total biaya dapat lebih tinggi dari perkiraan kalian. Berikut ini adalah daftar kisaran harga persamaan flyback FA061WJ-SA untuk TV Sharp

Seri FlybackHarga
FA061WJ-SARp. 55.000
FA122WJ-BRp. 75.000
BSC26-2630 SRp. 65.000
BSC26-2631 SRp. 50.000
FA061WJ-SARp. 65.000

Perlu diingat bahwa daftar harga di atas hanya merupakan kisaran harga, sehingga harga sebenarnya bisa lebih murah atau lebih mahal. Harga flyback juga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan, tergantung pada kondisi pasar dan kebijakan toko.

Apakah Ada Efek Samping Bila Mengganti Flyback dengan Persamaannya?

Apabila kalian mengganti flyback FA061WJ-SA dengan flyback yang memiliki data pin yang sama, tidak akan ada efek samping yang signifikan. Namun, mungkin terdapat sedikit penurunan kualitas pada TV tabung Sharp. Meskipun begitu, penurunan tersebut tidak terlalu terasa dan secara fisik semuanya terlihat baik.

Baca Juga :   Perubahan Energi Yang Terjadi Pada Televisi & Penjelasanya

Tidak akan terjadi short circuit ataupun kebocoran pada flyback maupun masalah lain yang muncul akibat penggantian FTB FA061WJ-SA dengan persamaannya. Oleh karena itu, kalian tidak perlu khawatir ketika mengganti FTB FA061WJ-SA dengan tipe yang lain.

Baca juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah menjelajahi persamaan flyback FA061WJ-SA dan perannya yang penting dalam dunia teknologi. Flyback FA061WJ-SA adalah komponen kritis dalam sistem daya switch-mode, yang memberikan konversi dan isolasi daya yang efisien. Dengan memahami persamaan yang terlibat dalam flyback ini, kita dapat merancang dan memperbaiki sistem daya dengan lebih efektif.

Flyback FA061WJ-SA memiliki berbagai persamaan yang harus dipahami oleh insinyur dan desainer. Dalam melakukan analisis dan perhitungan, persamaan transformator, persamaan waktu pengisian, persamaan efisiensi, dan persamaan beban harus diperhatikan dengan cermat. Dengan memahami persamaan ini, kita dapat mengoptimalkan performa flyback FA061WJ-SA untuk memenuhi kebutuhan aplikasi tertentu.

Namun, penting untuk diingat bahwa persamaan saja tidak cukup untuk menguasai konsep flyback FA061WJ-SA sepenuhnya. Pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang teori dan prinsip dasar juga sangat penting. Selain itu, eksperimen dan pengujian nyata juga diperlukan untuk memvalidasi hasil analisis dan perhitungan.

Dengan menguasai persamaan flyback FA061WJ-SA, kita dapat menghadapi tantangan dalam desain sistem daya yang kompleks dengan lebih percaya diri. Persamaan ini membantu kita memahami dan mengontrol aspek-aspek penting seperti efisiensi, kinerja, dan kekalianlan. Dalam dunia yang terus berkembang ini, pemahaman yang solid tentang persamaan flyback FA061WJ-SA akan memberikan fondasi yang kuat bagi inovasi dan kemajuan di bidang teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *