Persamaan IC STV9302B

Persamaan IC STV9302B Paling Sesuai Sebagai Pengganti

Posted on

Finoo.id – Persamaan IC STV9302B Paling Sesuai Sebagai Pengganti. TV tabung atau CRT memiliki banyak bagian atau blok yang saling mendukung satu sama lain. Salah satu blok yang memiliki peran penting pada televisi tabung adalah blok vertikal (IC vertikal).

Setiap merek dan tipe televisi tabung dapat menggunakan IC vertikal yang berbeda-beda seri. Meskipun ada banyak tipe IC vertikal TV dengan seri yang berbeda-beda, fungsi dan cara kerja IC vertikal TV tetap sama.

Namun, IC vertikal TV sangat rentan mengalami kerusakan atau cacat yang biasanya ditkaliani dengan munculnya garis horizontal pada layar TV. Jika IC vertikal mengalami kerusakan atau cacat, solusinya adalah menggantinya dengan yang baru.

Namun, ketika mencari pengganti IC, masalah lain muncul di mana tidak dapat menemukan pengganti IC yang serupa. Solusinya adalah mencari persamaannya. Lalu, apa persamaan IC STV9302B? Berikut adalah informasinya.

Fungsi IC STV9302B

IC STV9302B mempunyai beberapa fungsi utama dalam sistem pemrosesan sinyal audio dan video. Fungsi-fungsi tersebut meliputi:

1. Pemrosesan Sinyal Video

IC STV9302B mampu memproses sinyal video dengan kualitas yang baik, sehingga sangat sesuai digunakan dalam perangkat televisi dan monitor yang memerlukan sinyal video berkualitas tinggi.

2. Pemrosesan Sinyal Audio

Selain memproses sinyal video, IC STV9302B juga dapat memproses sinyal audio dengan kualitas yang baik. Hal ini menjadikannya cocok digunakan pada perangkat seperti DVD player dan perangkat audio lainnya.

Baca Juga :   √ Apa itu Destilasi? Proses, Alat, Jenis, dan Contohnya

3. Integrasi Kecil

IC STV9302B memiliki ukuran yang kecil, sehingga mudah diintegrasikan pada perangkat elektronik yang berukuran kecil.

Datasheet IC STV9302B

Sebelum mengganti IC STV9302B dengan persamaan IC, sangat penting bagi kalian untuk mempelajari datasheet IC vertikal ini terlebih dahulu. Datasheet IC STV9302B berisi informasi terkait karakteristik, data pin, serta skema dari IC STV9302B.

Dengan mempelajari datasheet tersebut, kalian akan memperoleh panduan tentang cara pemasangan IC yang benar, persamaan atau pengganti yang paling sesuai, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pastikan untuk memperhatikan datasheet STV9302B seperti contoh di bawah ini.

A. Deskripsi & Fitur STV9302B

STV9302B adalah penguat defleksi vertikal yang dirancang khusus untuk aplikasi TV dengan frekuensi 50-60 Hz. Perangkat ini dilengkapi dengan tegangan hingga 35 V dan dapat memberikan arus keluaran aplikasi hingga 2 A untuk menggerakkan defleksi vertikal kuk. Selain itu, IC ini juga dilengkapi dengan generator flyback internal yang dapat menghasilkan tegangan flyback hingga 70 V. Beberapa fitur yang dimiliki oleh IC ini antara lain:

  1. Penguat daya
  2. Generator Flyback
  3. Arus keluaran hingga 2 Aplikasi
  4. Perlindungan termal

B. Data Pin IC STV9302B

Berikut ini adalah data pin out/kaki IC vertikal TV seri STV9302B.

C. Skema IC STV9302B

Berikut ini adalah skema IC STV9302B.

D. Absolute Maximum Ratings

SymbolParameterValueUnit
Voltage
VSSupply Voltage (pin 2)*1,240V
V5, V6Flyback Peak Voltage*270V
V3Voltage at Pin 3*2,3,6-0.4 to (VS + 3)V
V1, V7Amplifier Input Voltage*2,6,7– 0.4 to (VS + 2) or +40V
Current
l0 (1)Output Peak Current at f = 50 to 65 Hz, t ≤ 10 µs*4±5A
I0 (2)Output Peak Current non-repetitive*5±2A
l3 SinkSink Current, t *31.5A
I3 SourceSource Current, t 1.5A
I3Flyback pulse current at f = 50 to 65 Hz, t ≤10 µs*4±5A
ESD Susceptibility
ESD1Human body model (100 pF discharged through 1.5 kΩ)2kV
ESD2EIAJ Standard (200 pF discharged through 0 Ω300V
Temperature
TsStorage Temperature-40 to 150°C
TjJunction Temperature150°C
Baca Juga :   Persamaan IC TL071: Semua yang Perlu Anda Ketahui

CATATAN:

  • *1. Tegangan flyback biasanya sedikit lebih tinggi dari 2 × VS. Hal ini harus diperhatikan saat mengatur VS.
  • *2. Pin 4 adalah VS.
  • *3. V3 lebih tinggi dari VS selama setengah awal pulsa flyback.
  • *4. Arus puncak keluaran berulang ini biasanya diamati sebelum dan sesudah pulsa flyback.
  • *5. Arus puncak keluaran non-repetitif ini dapat diamati, misalnya, selama fase Switch-On/Switch-Off. Arus puncak ini dapat diterima asalkan SOA dihormati.
  • *6. Semua pin memiliki dioda terbalik terhadap pin 4, dan dioda ini tidak boleh dibias maju.
  • *7. Tegangan input tidak boleh melebihi nilai yang lebih rendah antara VS + 2 atau 40 volt.

E. Thermal Data STV9302B

Demikianlah ringkasan mengenai datasheet IC STV9302B yang perlu dipahami sebelum mengganti IC. Untuk mendapatkan datasheet yang lebih lengkap dan jelas, silakan unduh file PDF melalui tautan Google Drive di bawah ini.

SymbolParameterValueUnit
RthJCJunction-to-Case Thermal Resistance3°C/W
TTTemperature for Thermal Shutdown150°C
TJRecommended Max. Junction Temperature120°C

Persamaan IC STV9302B

Banyak orang mengalami kesulitan dalam mencari pengganti IC yang rusak, karena sulit menemukan IC dengan seri yang sama. Namun, hampir semua jenis IC vertikal TV memiliki persamaan masing-masing, termasuk STV9302B.

Selain persamaan IC vertikal LA78141, STV9302B juga memiliki persamaannya sendiri. Terdapat beberapa persamaan IC STV9302B yang cocok digunakan sebagai pengganti ketika IC asli televisi mengalami kerusakan.

Dengan adanya persamaan IC, kalian tidak perlu khawatir lagi jika tidak menemukan IC dengan seri yang sama. Cukup cari persamaan yang cocok dengan karakteristik dan data pin yang sama persis, maka masalah dapat teratasi.

Meskipun jenisnya berbeda, mengganti IC STV9302B dengan persamaannya adalah keputusan yang tepat karena fungsi dan cara kerjanya tetap sama. Berikut ini adalah beberapa persamaan IC STV9302B yang cocok digunakan sebagai pengganti:

Baca Juga :   Penyebab Meteran Listrik Token Tidak Berkurang & Solusinya

  1. STV9302A
  2. LA78040
  3. AN5522
  4. STV9378

Itulah beberapa persamaan IC STV9302B yang cocok digunakan sebagai pengganti terbaik, yang tidak menimbulkan efek samping atau kerusakan yang lebih parah.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah membahas tentang persamaan IC STV9302B. Kita telah mempelajari bahwa IC ini adalah sebuah chip kontrol vertikal yang digunakan dalam monitor CRT. Meskipun IC ini memiliki banyak keunggulan, namun terkadang dapat terjadi kerusakan pada IC ini.

Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat menggunakan persamaan IC STV9302B yang kompatibel. Persamaan tersebut dapat dengan mudah ditemukan di pasaran dan digunakan sebagai pengganti IC yang rusak. Namun, sebelum membeli IC pengganti, pastikan untuk memeriksa spesifikasi dan karakteristiknya agar sesuai dengan kebutuhan.

Dalam industri elektronik, kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan menemukan solusi yang tepat adalah keterampilan yang sangat penting. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian untuk memahami lebih lanjut tentang persamaan IC STV9302B dan bagaimana cara mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *