Apa itu Kabel NYYHY

√ Apa itu Kabel NYYHY? Fungsi, Komponen dan Jenisnya

Posted on

Finoo.id – √ Apa itu Kabel NYYHY? Fungsi, Komponen dan Jenisnya. Salah satu perangkat elektronik rumah tangga yang sering kita gunakan adalah kabel listrik. Kabel ini berfungsi sebagai pengantar arus listrik dari sumber tegangan ke perangkat elektronik.

Terdapat berbagai jenis kabel listrik dengan peran masing-masing. Salah satu jenis yang umum digunakan adalah kabel listrik NYYHY.

Namun, apa sebenarnya kabel NYYHY? Di bawah ini, kami akan menjelaskan secara rinci tentang kabel NYYHY beserta hal-hal penting yang perlu kalian ketahui tentangnya.

Apa itu Kabel NYYHY?

Menurut Peraturan Umum Instalasi Listrik 1997, kabel NYYHY terdiri dari beberapa inti kawat tembaga yang dilapisi dengan isolasi PVC dan memiliki lapisan pelindung luar berupa selubung PVC.

Singkatan “NYYHY” sendiri merujuk pada stkalianr IEC (International Electrotechnical Commission). Setiap huruf dalam singkatan tersebut memiliki makna tersendiri. Huruf pertama “N” menkaliankan bahwa kabel ini digunakan sebagai penghantar listrik tanah. Huruf kedua “Y” menunjukkan bahwa kabel dilapisi dengan isolasi PVC.

Huruf ketiga “Y” menkaliankan bahwa inti kawat tembaga dilapisi dengan PVC. Huruf keempat “H” menkaliankan bahwa kabel ini cocok untuk sistem penghantar tegangan rendah. Sedangkan huruf terakhir “Y” menunjukkan bahwa kabel memiliki pelindung luar berupa selubung PVC.

Kabel NYYHY cocok untuk instalasi listrik dalam bangunan dengan kebutuhan daya listrik yang tidak terlalu besar, seperti rumah tangga, perkantoran, dan gedung bertingkat rendah. Kabel ini mudah dipasang dan tersedia dalam berbagai ukuran dan panjang sesuai kebutuhan.

Namun, saat menggunakan kabel NYYHY, perlu diperhatikan tegangan maksimum yang diperbolehkan agar kabel tidak mengalami kerusakan.

Fungsi Kabel NYYHY

Kabel NYYHY memiliki beragam fungsi yang penting dalam instalasi listrik. Berikut beberapa contoh fungsi kabel NYYHY yang sering digunakan:

1. Penghantar Kelistrikan Bangunan

Kabel NYYHY memiliki peran utama sebagai penghantar listrik dalam bangunan atau gedung. Dalam konteks ini, kabel NYYHY digunakan untuk mengalirkan listrik dari sumber daya listrik ke berbagai perangkat dan rangkaian listrik di dalam bangunan. Misalnya, kabel ini menghubungkan sumber listrik ke lampu-lampu ruangan, peralatan pendingin udara, dan berbagai alat listrik lainnya yang ada dalam suatu bangunan. Dengan fungsi ini, kabel NYYHY menjadi tulang punggung dalam menyediakan sirkulasi listrik yang diperlukan untuk menjaga fungsi dan keamanan perangkat-perangkat elektronik di dalam bangunan.

2. Instalasi Jaringan Telekomunikasi

Selain sebagai penghantar listrik dalam bangunan, kabel NYYHY juga memiliki aplikasi yang penting dalam instalasi jaringan telekomunikasi. Kabel ini sering digunakan untuk menghubungkan pusat pengendalian jaringan dengan perangkat terminal, seperti router, modem, dan perangkat telepon. Dalam konteks instalasi jaringan internet, kabel NYYHY dapat digunakan untuk menyediakan koneksi antara server dan komputer pengguna, memastikan transfer data yang stabil dan cepat. Selain itu, kabel ini juga berguna dalam instalasi jaringan telepon, menghubungkan perangkat telepon ke saluran telepon utama.

Baca Juga :   √ Apa itu Panel Hubung? Fungsi, Komponen dan Jenisnya

3. Penghantar Kontrol

Kabel NYYHY tidak hanya berperan sebagai penghantar listrik atau dalam instalasi jaringan telekomunikasi, tetapi juga dapat difungsikan sebagai penghantar kontrol. Dalam aplikasi ini, kabel NYYHY berperan penting dalam menghubungkan berbagai sistem kontrol, seperti sistem pengendalian mesin atau sistem otomatisasi industri. Kabel ini membawa sinyal kontrol yang diperlukan untuk mengatur operasi perangkat dan sistem kontrol lainnya. Misalnya, kabel NYYHY dapat digunakan untuk mentransfer sinyal yang mengaktifkan atau mematikan mesin produksi, mengatur suhu dalam proses industri, atau mengendalikan aliran bahan dalam sistem otomatisasi.

4. Penghantar Perangkat Multimedia

Kabel NYYHY juga dapat berfungsi sebagai penghantar audio dan video dalam sistem audio atau video di rumah atau gedung. Kabel ini sering kali dipilih untuk digunakan dalam instalasi sistem home theater atau sistem audio dan video yang lebih canggih dan kompleks. Dengan kemampuan mentransfer sinyal audio dan video secara berkualitas, kabel NYYHY memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman multimedia yang lebih imersif dan berkualitas tinggi di dalam ruangan mereka.

5. Penghantar Data

Kabel NYYHY juga bisa difungsikan sebagai penghantar data dalam instalasi jaringan komputer atau jaringan LAN. Melalui kabel ini, sinyal data dapat ditransmisikan untuk menghubungkan berbagai perangkat dalam jaringan, seperti komputer, printer, dan server.

Pada saat digunakan, penting untuk memperhatikan spesifikasi dan jenis kabel NYYHY yang sesuai agar fungsi yang diinginkan dapat terpenuhi dengan optimal. Selain itu, kapasitas daya listrik maksimum yang diperbolehkan juga harus dipertimbangkan agar kabel tidak mengalami kerusakan yang dapat mengganggu kinerja jaringan.

Komponen Kabel NYYHY

Kabel NYYHY terbentuk dari beberapa komponen yang memiliki peran khusus dalam menjalankan fungsinya sebagai penghantar listrik. Berikut adalah beberapa komponen kabel NYYHY dan peran masing-masing:

1. Kawat Tembaga

Kawat tembaga merupakan inti dari kabel NYYHY yang bertugas sebagai penghantar utama arus listrik. Sifat konduktifitas yang unggul dari tembaga membuatnya menjadi pilihan ideal dalam mentransmisikan listrik. Kemampuan tembaga untuk mengalirkan arus listrik dengan efisien menjadikannya komponen yang sangat penting dalam fungsi keseluruhan kabel listrik.

2. Isolasi PVC

Setiap inti kawat tembaga dalam kabel NYYHY dilapisi dengan lapisan isolasi PVC. Isolasi ini bertujuan untuk melindungi inti kawat dari kontak langsung dengan bahan-bahan atau material lain yang mungkin ada di sekitarnya. Lapisan isolasi PVC ini berperan penting dalam menjaga kekalianlan dan keamanan kabel listrik dengan mencegah terjadinya korsleting atau hubungan arus pendek yang dapat membahayakan penggunaan kabel listrik tersebut.

3. Selubung Luar PVC

Selain memiliki isolasi PVC pada inti kawat tembaga, kabel NYYHY juga dilapisi dengan lapisan pelindung luar berupa selubung PVC. Lapisan ini berfungsi sebagai perlindungan utama kabel dari berbagai faktor lingkungan yang mungkin memengaruhi kinerjanya, seperti tekanan, getaran, kelembapan, dan suhu.

4. Lapisan Penghalang Api

Beberapa varian kabel NYYHY memiliki tambahan lapisan penghalang api yang bertugas menghambat atau memperlambat penyebaran api jika terjadi kebakaran. Lapisan ini umumnya terdiri dari bahan khusus yang dapat menahan suhu tinggi serta mengurangi laju penyebaran api pada kabel listrik.

5. Pengikat

Biasanya, kabel NYYHY dilengkapi dengan pengikat atau material pengikat yang bertugas untuk mengikat dan mempertahankan jarak antara inti kawat tembaga di dalamnya. Fungsi pengikat ini adalah untuk menjaga stabilitas dan kinerja kabel dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga :   √ Cara Memasang Saklar Ganda, Paling Mudah dan Aman

6. Pengisi

Pengisi digunakan untuk mengisi ruang antara inti kawat tembaga dan selubung luar kabel NYYHY untuk menjaga stabilitas bentuk dan ukuran kabel.

Pemilihan komponen kabel NYYHY yang tepat sangatlah krusial dalam memastikan kinerja kabel listrik yang optimal dan tahan lama.

Penting untuk selalu memeriksa kapasitas daya listrik maksimum yang diizinkan untuk menghindari kerusakan pada kabel tersebut.

Ukuran Kabel NYYHY

Dalam tabel di bawah ini, kalian dapat melihat berbagai ukuran kabel NYYHY beserta kekuatan hantar arus (Kha) maksimal dan spesifikasinya:

Ukuran KabelJumlah IntiDiameter Kabel (mm)Berat Kabel (kg/km)Kapasitas Arus Maksimum (A)Tegangan Maksimum (V)
1 x 1,518.27116450/750
1 x 2,519.310020450/750
1 x 4110.314225450/750
1 x 6111.519132450/750
1 x 10113.529842450/750
1 x 1611542656450/750
1 x 25118.266372450/750
1 x 35120.590291450/750
1 x 501231229115450/750
1 x 701261682144450/750
1 x 951292228178450/750
1 x 120131.52768205450/750
1 x 150134.53384235450/750
1 x 185137.54158275450/750
1 x 2401425405320450/750

Catatan: Tabel ini hanya menampilkan ukuran kabel dan spesifikasinya yang umum digunakan. Terdapat berbagai jenis kabel NYYHY lain dengan ukuran dan spesifikasi yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan aplikasi listrik yang berbeda.

Sebelum memilih kabel NYYHY yang sesuai, pastikan untuk memperhitungkan arus listrik, jarak kabel, dan tegangan listrik yang akan digunakan dalam aplikasi tertentu.

Arti Kode/ Label Kabel NYYHY

Kode “NYYHY” pada kabel merujuk pada stkalianr Eropa dan memiliki makna sebagai berikut:

  • N: Mengidentifikasi jenis kabel, dalam hal ini adalah kabel listrik dengan isolasi PVC.
  • YY: Menkaliankan bahwa kabel memiliki dua inti kawat tembaga yang terpisah.
  • H: Menunjukkan bahwa kabel dilapisi dengan lapisan pelindung PVC yang tahan terhadap kelembapan.
  • Y: Mengindikasikan bahwa kabel dilapisi dengan lapisan pelindung PVC yang tahan terhadap api.

Pada umumnya, label pada kabel NYYHY mencantumkan informasi tentang produsen, jenis kabel, panjang kabel, tegangan listrik, dan kapasitas daya.

Beberapa label kabel NYYHY juga bisa mencantumkan informasi tambahan seperti nomor seri, tanggal produksi, dan spesifikasi teknis lainnya.

Membaca label dengan teliti sebelum memasang atau menggunakan kabel NYYHY sangat penting untuk memastikan kesesuaian kabel dengan aplikasi dan kebutuhan kalian.

Jenis Jenis Kabel NYYHY

Di bawah ini merupakan beberapa varian kabel NYYHY yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari:

1. Kabel NYYHY 1,5 – 2,5 mm²

Kabel NYYHY dengan ukuran ini umumnya digunakan dalam instalasi listrik rumah tangga, perkantoran, atau gedung bertingkat yang membutuhkan daya listrik dalam skala kecil. Kabel ini mampu menampung arus hingga 20 ampere dan tegangan hingga 450/750 volt. Penggunaan yang sering meliputi pemasangan soket listrik, pencahayaan ruangan, atau perangkat elektronik dalam rumah tangga.

2. Kabel NYYHY 4 – 6 mm²

Kabel NYYHY dengan dimensi ini seringkali dipilih untuk instalasi listrik yang membutuhkan daya listrik sedang, seperti untuk mesin industri, sistem pencahayaan jalan, atau sistem tenaga surya. Dengan kemampuan menampung arus hingga 32 ampere dan tegangan hingga 450/750 volt, kabel ini cocok untuk mengalirkan listrik dalam kapasitas yang lebih besar. Contoh penggunaan meliputi pemasangan peralatan industri, sistem penerangan di area publik, atau sistem pembangkit listrik tenaga surya pada skala kecil hingga menengah.

Baca Juga :   Batas Maksimal Pemakaian Listrik 450 Watt Yang Perlu Diketahui

3. Kabel NYYHY 10 – 16 mm²

Kabel NYYHY dalam rentang ukuran ini sangat sesuai untuk instalasi listrik yang memerlukan daya listrik besar, seperti sistem distribusi listrik di pabrik, gedung bertingkat, atau kompleks perumahan yang luas. Kabel ini mampu menampung arus hingga 56 ampere dan tegangan hingga 450/750 volt. Penggunaan umum meliputi pengaliran listrik untuk peralatan industri berat, sistem pencahayaan utama di bangunan tinggi, atau infrastruktur listrik dalam kompleks hunian yang besar.

4. Kabel NYYHY 25 – 35 mm²

Kabel NYYHY dengan ukuran ini biasanya diterapkan dalam instalasi listrik yang membutuhkan daya listrik sangat besar, seperti pada pembangkit listrik atau stasiun transformator. Kabel ini memiliki kapasitas untuk menampung arus hingga 91 ampere dan tegangan hingga 450/750 volt. Digunakan untuk pengaliran listrik dalam skala besar, seperti penyediaan daya untuk mesin-mesin industri berat, infrastruktur listrik di kompleks pabrik, atau sistem distribusi listrik dalam lingkungan yang memerlukan daya listrik yang sangat tinggi.

5. Kabel NYYHY 50 – 95 mm²

Kabel NYYHY dalam ukuran ini sering digunakan dalam instalasi listrik pada proyek konstruksi yang membutuhkan daya listrik yang sangat besar, seperti pembangkit listrik tenaga air atau sistem transportasi umum seperti kereta api atau MRT. Kabel ini memiliki kapasitas untuk menampung arus hingga 178 ampere dan tegangan hingga 450/750 volt. Digunakan untuk mengalirkan listrik dalam skala besar, seperti menyediakan daya untuk mesin-mesin berat pada pembangkit listrik, atau untuk mendukung sistem distribusi listrik yang luas di infrastruktur transportasi umum.

6. Kabel NYYHY 120 – 240 mm²

Kabel NYYHY dalam ukuran ini seringkali digunakan dalam instalasi listrik yang memerlukan daya listrik yang sangat besar, seperti di industri besar atau di area padat penduduk yang membutuhkan pasokan listrik yang besar. Kabel ini memiliki kapasitas untuk menampung arus hingga 320 ampere dan tegangan hingga 450/750 volt.

Jenis-jenis kabel NYYHY yang disebutkan di atas hanya merupakan beberapa contoh, dan masih terdapat banyak jenis kabel NYYHY lainnya dengan ukuran dan spesifikasi yang bervariasi, tergantung pada kebutuhan aplikasi listrik yang diinginkan.

BACA JUGA :

Penutup

Dalam keseluruhan, Kabel NYYHY merupakan salah satu elemen vital dalam infrastruktur listrik, menyediakan sirkuit yang kalianl dan efisien dalam mentransmisikan daya listrik ke berbagai perangkat elektronik.

Dengan berbagai ukuran, spesifikasi, dan kemampuan, kabel ini memenuhi beragam kebutuhan aplikasi listrik, mulai dari rumah tangga hingga industri berat.

Apa itu Kabel NYYHY? Kabel ini adalah lebih dari sekadar penghantar listrik; ia adalah tulang punggung yang mendukung berbagai aspek kehidupan modern kita.

Dengan kemampuannya dalam mengatasi tantangan lingkungan dan memenuhi stkalianr kinerja yang ketat, Kabel NYYHY terus menjadi pilihan utama untuk menyediakan daya listrik yang stabil dan aman.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Apa itu Kabel NYYHY? Fungsi, Komponen dan Jenisnya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *