Cara Menyalakan TV Coocaa Tanpa Remot

Cara Menyalakan TV Coocaa Tanpa Remot Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Menyalakan TV Coocaa Tanpa Remot Paling Mudah. Coocaa adalah salah satu merek TV terpopuler dan terbesar di China. TV ini banyak beredar di Indonesia, terutama untuk jenis TV LED tipe layar SUHD. Meskipun harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan TV China lain, dari segi kualitas, Coocaa bisa dianggap bagus. Namun, sayangnya, remot TV-nya seringkali cepat rusak, sehingga banyak pengguna yang menggunakan cara alternatif untuk menyalakan TV Coocaa tanpa remot.

Kerusakan pada remot memang sering terjadi karena beberapa kondisi, seperti jatuh, terkena tumpahan minuman, terjepit, atau tertindih saat duduk atau tidur. Karena itu, banyak pengguna TV Coocaa yang mencari metode lain untuk menyalakan TV-nya. Nah, jika kalian mengalami kerusakan atau kehilangan remot, berikut adalah beberapa solusinya.

Fungsi Remote TV Coocaa

Pada dasarnya, fungsi remot TV adalah untuk mengontrol TV dari jarak jauh menggunakan sistem infra merah. Dengan cara ini, perintah dari remote dapat dikirimkan ke receiver TV melalui gelombang cahaya infra merah.

Remot kontrol merupakan sebuah alat kecil yang sangat penting untuk TV LED merek Coocaa. Alat ini memiliki berbagai fungsi yang sangat bermanfaat dan menjadi pelengkap bagi perangkat elektronik lainnya.

Berikut beberapa fungsi utama dari remot TV Coocaa:

1. Memudahkan Pengguna

TV tabung adalah generasi pertama TV yang hanya dapat dioperasikan secara manual melalui tombol-tombol pada unit. Hal ini berarti pengguna harus bergerak langsung ke arah TV jika ingin menjalankan fungsi tertentu.

Namun, TV berteknologi LED dilengkapi dengan remote kontrol sebagai pelengkap untuk memudahkan pengguna. Dengan remote kontrol ini, pengguna dapat mengontrol TV dari jarak jauh hanya dengan menekan tombol-tombol sesuai keinginan.

Baca Juga :   Jenis Kerusakan TV Polytron & Solusinya Untuk Semua Tipe

2. Mengoperasikan Televisi

Remote kontrol bekerja dengan menggunakan sensor inframerah dengan jarak maksimal sekitar 8 meter dari unit televisi. Bahkan, pada smart TV Coocaa tipe tertentu telah dilengkapi dengan teknologi bluetooth yang lebih canggih.

Selain itu, fungsi lain dari remote kontrol adalah untuk mengoperasikan seluruh fitur televisi dengan mudah, cepat, dan simpel. Namun, sebagai pengguna, kita harus memahami arti dari semua simbol yang tertera pada alat pengendali tersebut.

Cara Menyalakan TV Coocaa Tanpa Remote

Ada tiga metode dan cara yang dapat digunakan untuk menyalakan TV tanpa remote dan tombol. Berikut ini adalah ketiganya:

1. Manfaatkan Tombol Manual

Banyak pengguna TV Coocaa yang kebingungan mengenai letak tombol manual pada TV Coocaa 32 inch dan tombol power pada TV Coocaa 40 inch. Padahal, letak tombol ini tergantung pada tipe TV yang dimiliki, bisa terletak di bagian samping atau belakang TV.

Tombol manual pada TV Coocaa terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

  • Tombol power: digunakan untuk menghidupkan atau mematikan TV
  • Tombol volume: berguna untuk mengatur volume suara TV
  • Tombol channel: berfungsi untuk mengubah channel satu per satu secara manual
  • Tombol menu: digunakan untuk mengakses menu dan pengaturan TV secara keseluruhan.

2. Gunakan Set Top Box TV Digital

Ketika remote TV hilang, kita tidak dapat mengontrol program, menu, volume, atau siaran TV dengan mudah. Namun, jika TV kita sudah terpasang set top box TV digital, hal tersebut tidak menjadi masalah.

Dengan set top box TV digital terpasang, kita dapat mengontrol TV dari remote set top box tersebut, tanpa perlu menggunakan remote bawaan TV. Dengan begitu, kita tidak perlu bingung mencari remote pengganti.

3. Hidupkan via Aplikasi Remote berbasis Smartphone

Saat ini, terdapat banyak software atau aplikasi yang dapat digunakan untuk menggantikan remote TV secara menyeluruh. Salah satunya adalah Mi Remote, sebuah aplikasi buatan Xiaomi yang terkenal dengan daftar programnya yang lengkap.

Untuk menggunakan aplikasi ini, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan smartphone yang memiliki teknologi IR blaster
  • Unduh dan pasang aplikasi Mi Remote dari Play Store
  • Buka aplikasi dan klik tombol “+” di bagian kiri atas
  • Pilih TV > Pilih merek TV yang digunakan > Klik “OK”
  • Lakukan proses pairing sesuai dengan instruksi yang tersedia
  • Selesai!
Baca Juga :   Cara Menghidupkan TV Sharp Tanpa Remote Tebaru

Cara Reset TV Coocaa

Setiap televisi, termasuk TV Coocaa, memiliki menu pengaturan yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan TV dan menemukan pengaturan yang cocok untuk menonton TV dengan nyaman.

Namun, pada beberapa kondisi tertentu, mungkin terjadi kesalahan atau pengguna bosan dengan pengaturan yang telah dipilih dan ingin mengembalikan TV ke pengaturan awal pabrik. Dalam hal ini, solusinya adalah dengan melakukan reset TV Coocaa sehingga semua preferensi akan kembali ke pengaturan pabrik dan perangkat TV akan kembali normal seperti saat pertama kali dibeli. Bagaimana cara melakukan reset? Berikut ini adalah beberapa cara untuk mereset TV Coocaa:

1. Cara Reset TV Coocaa Melalui Factory Reset

Cara melakukan factory reset dapat digunakan untuk mengatasi kesalahan kecil yang dilakukan oleh pemilik/pengguna TV. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Colokan kabel power ke sumber listrik
  • Tekan tombol On pada remote untuk menyalakan TV
  • Setelah TV menyala, tekan tombol “Menu” sambil memperhatikan layar TV
  • Akan muncul jendela baru dengan berbagai opsi pengaturan
  • Pilih opsi “Sistem”
  • Pilih dan klik “Factory Reset” untuk mengembalikan pengaturan TV ke pengaturan awal pabrik
  • Tunggu hingga proses selesai dan TV kembali ke pengaturan awal.

2. Cara Reset TV Coocaa Melalui Service Mode

Service Mode adalah menu khusus yang digunakan untuk mengatur seluruh fungsi dasar TV Coocaa. Kesalahan dalam pengaturan Service Mode dapat berakibat fatal, sehingga membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus dalam mengaksesnya, sehingga menu ini dianggap sebagai menu khusus bagi teknisi. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengakses Service Mode dan melakukan reset TV Coocaa, yaitu:

1. Cara Pertama

Cara pertama untuk mengakses Service Mode dan melakukan reset TV Coocaa dapat digunakan untuk hampir semua tipe TV Coocaa dan menjadi cara yang paling sering digunakan oleh para teknisi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Nyalakan TV Coocaa
  • Tekan tombol “Source” pada remote control TV
  • Tekan kode 3195 secara berurutan menggunakan tombol nomor pada remote control, lalu tekan tombol “OK” untuk mengkonfirmasi
  • Akan muncul jendela baru dengan Mode Service
  • Pilih “System Setting” dan tekan “Factory Reset”, lalu tekan “OK” untuk mengkonfirmasi perintah
  • TV Coocaa akan melakukan reboot dan proses reset berhasil.
Baca Juga :   Cara Reset TV Sony Bravia Paling Mudah dan Praktis

2. Cara Kedua

Cara kedua untuk mengakses Service Mode biasanya digunakan sebagai alternatif ketika cara pertama tidak dapat digunakan pada televisi Coocaa yang akan di-reset. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Nyalakan TV Coocaa
  • Pada remote control, tekan tombol “Menu” > “Sound” > “Set Up” > “Volume”
  • Input kode nomor 9527 untuk mengakses Service Mode
  • Setelah berhasil masuk ke Service Mode, pilih “System Setting” dan tekan “Factory Reset”
  • Klik “OK” untuk mengkonfirmasi perintah, maka TV Coocaa akan melakukan reboot dan proses reset berhasil.

3. Cara Ketiga

Jika cara pertama dan kedua tidak berhasil, kalian dapat menggunakan cara ketiga untuk mengakses Service Mode dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Nyalakan TV Coocaa
  • Tekan tombol “Volume (-)” hingga menunjukkan nilai 0
  • Tekan tombol “Menu” > “Brightness” > masukkan kode 2648 untuk mengakses Service Mode
  • Setelah berhasil masuk ke Service Mode, pilih “System Setting” dan pilih opsi “Factory Reset”
  • Tekan “OK” untuk mengkonfirmasi, maka TV Coocaa akan melakukan reboot dan proses reset berhasil..

Remote TV Bawaan Rusak? Coba Pakai Remote Universal

Jangan khawatir jika remote TV bawaan rusak atau hilang, karena kalian masih bisa menggunakan remote universal sebagai penggantinya. Remote universal hampir dapat digunakan untuk semua merek TV dengan memasukkan kode remote yang sesuai.

Untuk mengoperasikan remote universal, kalian perlu memasukkan kode remote yang sesuai dengan merek TV kalian. Sebelumnya, kami telah membahas beberapa artikel mengenai remote TV universal yang bisa kalian baca di sini:

Penutup

Dengan beberapa langkah sederhana ini, kalian dapat menyalakan TV Coocaa tanpa remot dan menikmati acara favorit kalian tanpa hambatan.

Ingatlah untuk memperbaiki atau mengganti remot TV Coocaa kalian secepat mungkin agar pengalaman menonton kalian lebih nyaman dan mudah.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Menyalakan TV Coocaa Tanpa Remot Paling Mudah. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *