Cara Pasang Bracket TV

Cara Pasang Bracket TV Paling Tepat dan Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Pasang Bracket TV Paling Tepat dan Mudah. Memiliki ruangan minimalis yang tidak memakan banyak ruang adalah impian banyak orang yang tinggal di rumah dengan ukuran terbatas. Oleh karena itu, pengaturan furnitur sangat penting.

Ya, itu benar. Mengatur barang dengan rapi dan menghemat ruang adalah solusi yang tepat. Salah satu contohnya adalah memasang televisi di dinding atau tembok.

Selain mengurangi penggunaan meja dan mengoptimalkan ruang, ini juga akan memberikan tampilan yang lebih modern. Namun, seringkali pengguna televisi kebingungan tentang cara memasang televisi LED/LCD di dinding.

Cara pemasangannya sangatlah mudah, kalian hanya perlu membeli atau membuat bracket TV sendiri dan memasangkannya sendiri. Pemasangan tidak membutuhkan waktu lama, bahkan dengan 5 menit bracket sudah dapat terpasang.

Bagi kalian yang bingung tentang cara memasang bracket TV di dinding/tembok, berikut ini akan dijelaskan secara lengkap. Mari terus simak ulasan ini sampai akhir.

Pengertian Bracket TV

Bracket TV merupakan perangkat penyangga yang digunakan untuk TV dan umumnya terbuat dari pelat besi baja. Bracket ini dapat dipasang atau ditempelkan pada tembok, tiang, atau bahkan di atas lantai beton, sehingga mampu menahan beban berat hingga batas maksimum yang ditentukan sesuai dengan jenis bracket yang digunakan.

Manfaat Menggunakan Bracket TV

Ketika kalian memutuskan untuk mempelajari cara memasang bracket TV, sebenarnya ada banyak manfaat yang dapat kalian peroleh. Beberapa di antaranya meliputi:

Baca Juga :   Menu Servis TV Akari Paling Lengkap & Cara Masuknya

1. Hemat Ruang

Jenis bracket TV dapat dipasang baik pada ruangan yang sempit maupun luas, namun kalian perlu memastikan bahwa ruangan tersebut sesuai dengan ukuran TV sebelum memasangnya.

2. Membuat Kesan Ruangan Lebih Rapi

Dengan memasang bracket TV di dinding rumah kalian, sebenarnya akan menambah nilai estetika ruangan sehingga rumah terlihat lebih minimalis dan teratur secara rapi.

3. Lebih Fleskibel

Bracket TV adalah perangkat yang dapat dipasang dan dilepas sesuai keinginan kalian. Cara pemasangan bracket TV sendiri sangat mudah dan sederhana. kalian hanya perlu menggunakan bor, baut, dan obeng.

4. Aman Dari Jangkauan Anak

Tak dapat dipungkiri bahwa kegiatan anak-anak dapat membuat orang tua menjadi khawatir ketika mereka berada di sekitar benda-benda tajam, mudah pecah, atau mudah jatuh.

Oleh karena itu, meletakkan TV di atas meja dan berskalianr padanya sering kali membuat pikiran orang tua menjadi tidak tenang.

Cara Pasang Bracket TV Sendiri

Berikut adalah beberapa langkah dan cara untuk memasang bracket TV sendiri di rumah tanpa perlu menggunakan jasa tukang!

Alat-Alat Diperlukan

Sebelum memulai pemasangan bracket TV ke dinding, penting untuk menyiapkan alat-alat yang akan digunakan. Alat-alat ini mudah didapatkan. Berikut beberapa alat yang diperlukan:

  1. Meteran (alat ukur).
  2. Penggaris.
  3. Pensil.
  4. Bor listrik.
  5. Palu.
  6. Paku/baut/skrup.
  7. Obeng.
  8. Kunci inggris.
  9. Jangan lupa bracket TV yang akan dipasang.

1. Temukan Posisi TV yang Tepat

Setelah menyiapkan alat-alat yang diperlukan, langkah-langkah pemasangan bracket TV tidak akan lengkap tanpa menentukan posisi yang diinginkan untuk TV tersebut. kalian dapat mulai dengan menemukan dinding yang tepat dengan lokasi yang cukup sentral.

Pastikan juga bahwa dinding tempat kalian akan menempatkan televisi berdekatan dengan akses ke stopkontak yang dibutuhkan untuk kabel-kabel yang terhubung. Usahakan untuk meletakkan TV pada ketinggian yang tepat, dengan bagian layar berada sekitar setinggi mata.

Perhatikan juga posisi bracket TV. Beberapa TV membutuhkan pemasangan bracket di tengah sasis, sedangkan yang lain memerlukan pemasangan di bagian bawah. Oleh karena itu, rencanakan dengan cermat posisi pemasangan bracket TV agar sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga :   Cara Setting TV Polytron Paling Mudah dan Praktis

2. Tkaliani Posisi Sekrup di Dinding

Setelah itu, tkaliani secara spesifik di mana kalian akan memasang bracket dan mengebor ke dinding. kalian dapat menggunakan pensil untuk menkaliani lokasi tersebut.

Coba buat empat tkalian di dinding menggunakan pensil, sesuai dengan lubang pada bracket, sehingga nantinya tidak akan terjadi kesalahan saat melubangi.

Pastikan empat tkalian yang dibuat di dinding menggunakan pensil sesuai dengan lubang pada bracket, pastikan tkalian tersebut pas dengan posisi yang diinginkan.

3. Lubangi Dinding yang Sudah Ditkaliani

Selanjutnya, kalian dapat melubangi dinding yang telah ditkaliani menggunakan bor listrik. Pastikan untuk melakukan pemasangan bracket ini dengan hati-hati.

Saat melubangi, sesuaikan ukuran lubang dengan ukuran baut pada bracket TV dan pastikan tidak terlalu besar. Hal ini bertujuan agar baut dapat menempel dengan baik pada dinding.

4. Masukkan Fischer Sebelum Pasang Bracket TV

Setelah dinding dilubangi dengan bor, masukkan fischer (sekrup) sebelum memasang pelat bracket TV. Dengan cara ini, baut akan terpasang dengan kuat.

Jangan lupa untuk memasang piringan bracket dan kencangkan baut dengan kunci inggris untuk mencegah jatuhnya TV secara tiba-tiba.

5. Pasang Tiang Bracket

Setelah piringan bracket terpasang, kalian dapat meletakkan tiang di belakang TV dan pastikan agar terpasang dengan kuat. Perhatikan apakah tiang tersebut sejajar dengan lubang pada TV dan kencangkan dengan obeng.

Cara pemasangan bracket TV ini bertujuan agar perangkat elektronik tersebut dapat didukung dengan kuat oleh pelat bracket.

6. Tempel TV ke Dinding

Setelah kalian memastikan bahwa tiang bracket terpasang dengan baik, pasang TV pada piringan bracket yang telah menempel di dinding. Periksa kembali apakah posisi TV LED miring atau tidak.

Jika sudah sesuai, kunci baut bracket pada bagian bawah untuk mencegah jatuhnya TV.

7. Rapikan Kabel

Setelah TV terpasang dengan sempurna, pasanglah kabel yang kalian butuhkan, seperti kabel Wi-Fi atau satelit. Usahakan untuk merapikan kabel-kabel tersebut agar tidak berantakan dengan menggunakan kabel ties kecil.

Baca Juga :   Daftar Alamat Service Center TV Toshiba Terdekat

Pastikan juga bahwa kabel TV terpasang dengan benar agar gambar dapat ditampilkan dengan baik, ya.

8. Nyalakan Kembali TV

Terakhir, kalian dapat menyambungkan kembali daya ke TV dan perangkat lain yang mungkin perlu disambungkan.

Setelah selesai, kalian dapat bersantai dan menikmati TV yang telah dipasang di dinding.

Itulah beberapa cara yang mudah untuk memasang bracket TV di rumah tanpa memerlukan bantuan orang lain. Sekarang kalian dapat menikmati tayangan dengan posisi yang diinginkan.

Harga Bracket TV

kalian dapat memperoleh bracket TV tersebut dari toko elektronik atau melalui toko online. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 170.000.

Harga tersebut akan bergantung pada ukuran TV yang akan dipasang. Selain itu, kualitas bracket juga akan mempengaruhi harganya, seperti bahan yang baik dan ketebalan bracket yang akan berdampak.

Baca Juga :

Penutup

Sekian artikel finoo.id yang membahas mengenai cara pasang bracket TV. Diharapkan dengan adanya informasi ini, kalian dapat lebih mandiri dalam melakukan pemasangan bracket TV di rumah tanpa perlu bantuan profesional.

Meski demikian, kehati-hatian tetap menjadi prioritas utama dalam proses pemasangan, demi keamanan dan kenyamanan kalian dalam menonton TV. Jangan lupa untuk selalu merujuk kepada buku petunjuk jika kalian merasa ragu.

Dengan cara yang tepat dan aman, kalian bisa menikmati tontonan favorit dengan lebih nyaman dan hemat biaya. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *