Cara Reset Printer Canon G3010

Cara Reset Printer Canon G3010 Mudah & Praktis

Posted on

Finoo.id – Cara Reset Printer Canon G3010 Mudah & Praktis. Performa mesin cetak dokumen cenderung menurun seiring berjalannya operasi rutin. Ketika komponen mencapai batas usianya, produk akan memasuki mode pemeliharaan.

Printer Canon seri G3010 juga memiliki batasan penggunaan sebagai peralatan elektronik. Meskipun awet, perangkat ini dapat menolak mencetak dokumen.

Ini adalah kondisi umum di mana pengguna dapat melakukan reset fitur pada printer Canon tersebut untuk mengembalikan fungsi produk yang mengalami waste ink pad agar beroperasi normal.

Kami telah merangkum panduan cara reset printer Canon G3010 yang paling mudah. Ini adalah solusi awal bagi pemilik printer untuk mengatasi beberapa kendala ringan tanpa memerlukan bantuan teknisi.

Review keunggulan Printer canon G3010

Dilengkapi dengan teknologi pencetakan tinta hybrid terbaru, printer tipe Ink Tank dari Canon dapat mencetak lebih hemat di setiap lembar kertas. Meskipun hemat dan efisien, printer ini tetap menghasilkan cetakan yang memuaskan dan tajam dengan resolusi pencetakan maksimal hingga 4800 x 1200 dpi, sehingga hasil cetakan kalian tetap tajam pada berbagai media kertas.

Keunggulan lain dari tipe printer Ink Tank pada semua seri printer Canon seri-G adalah dapat memberikan jumlah pencetakan yang banyak. Setiap satu slot tangki tinta dapat menampung 1 botol tinta Canon asli dengan harga sekitar seratus ribu rupiah. Satu botol tinta Canon asli dapat digunakan untuk mencetak hingga 7000 halaman warna dan 6000 halaman hitam-putih.

Selain itu, desain printer ini sangat dinamis dan hemat tempat. Inovasi peletakan tangki yang terintegrasi pada sisi tubuh printer membuatnya lebih compact dan mudah ditempatkan di mana saja tanpa perlu repot memegang tangki. Printer Canon G3010 hanya tersedia dalam warna hitam glossy dengan desain lekukan dan bentuk yang elegan.

Baca Juga :   Cara Instal Printer Canon G2010 Paling Mudah & SImpel

Meskipun harganya hanya sekitar 2 jutaan, printer Canon G3010 dilengkapi dengan panel kontrol dan pengaturan, serta display mini berukuran 1,2 inci yang memudahkan pengaturan saat mencetak, fotokopi, dan memindai. Printer ini juga mendukung koneksi wireless direct untuk mudah terhubung dengan komputer dan laptop di suatu area, serta dilengkapi dengan aplikasi mobile Canon Print Inkjet/SELPHY yang dapat diakses melalui Android dan iOS untuk mendukung pencetakan dari smartphone.

Printer Canon G3010 memiliki kecepatan cetak yang tinggi dengan stkalianr cetak ISO mencapai 8,8 ipm hitam-putih dan 5,0 ipm warna. Selain mencetak dokumen, printer ini juga mendukung pencetakan di berbagai media kertas seperti glossy, matte, dan stiker. Cetak foto ukuran 4R dapat selesai dalam waktu sekitar 60 detik. Untuk informasi lebih lengkap, silakan lihat tabel spesifikasi di bawah ini.

Cara Reset WiFi Canon G3010

Sebagai printer canggih, Canon G3010 dapat beroperasi dengan baik melalui jaringan wireless. Namun, dalam beberapa kondisi, fitur ini mungkin mengalami sedikit kendala dan tidak terhubung dengan baik.

Akibatnya, operasional printer terhambat karena WiFi tidak dapat terkoneksi dengan baik. Solusi awal yang paling mudah adalah melakukan restart pada Canon G3010.

Namun, jika kesalahan jaringan wireless masih terjadi setelah pengguna melakukan berbagai metode, maka teknik reset konfigurasi WiFi dapat membantu memecahkan masalah tersebut.

Berikut adalah cara reset WiFi pada printer Canon G3010:

  • Pastikan printer Canon G3010 dalam keadaan menyala.
  • Tekan tombol “Setup” yang berbentuk icon “tang” pada bodi perangkat.
  • Tekan tombol plus (+) sampai angka “13” atau “c” muncul di panel.
  • Tekan tombol hitam atau warna satu kali saja.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses reset WiFi printer selesai.
Baca Juga :   Cara Cleaning Epson L360 Mudah & Dijamin Berhasil

Metode ini akan mengembalikan semua parameter jaringan WiFi pada printer menjadi setelan awal pabrik. Artinya, semua konfigurasi yang telah diatur sebelumnya akan terhapus dan berguna dalam mengatasi kendala jaringan wireless.

Setelah berhasil melakukan proses reset, pastikan untuk melakukan pengaturan ulang pada jaringan WiFi printer Canon. Hal ini agar produk tersebut dapat terhubung kembali dengan berbagai perangkat dan beroperasi normal seperti biasanya.

Cara Reset Printer Canon G3010

Pada printer Canon terdapat komponen penting yaitu bantalan tinta untuk menampung residu tinta. Suatu saat komponen ini akan menjadi penuh seiring berjalannya operasi rutin dan mencapai batas usia pemakaian.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pembersihan manual dan menjalankan proses reset agar Canon G3010 dapat kembali beroperasi untuk melakukan cetak, salin, maupun pindai.

Berikut adalah cara reset printer Canon G3010 yang paling mudah:

1. Reset Canon G3010 Manual

Kode kesalahan 5b00 adalah masalah umum yang sering terjadi pada printer merek Canon. Kode ini menunjukkan bahwa kapasitas bantalan tinta telah mencapai batas dan penuh melampaui batas kewajaran.

Berikut adalah cara reset printer Canon G3010 secara manual:

  • Buka kompartemen cartridge tinta pada printer.
  • Tunggu sejenak hingga cartridge bergerak sepenuhnya.
  • Lepaskan kabel daya printer dari stop kontak listrik.
  • Perhatikan di belakang cartridge, terdapat rol putih.
  • Lepaskan bagian penyerap limbah tinta secara perlahan.
  • Bersihkan dengan menggunakan tisu untuk menyerap limbah tinta.
  • Pasang semua bagian kembali seperti semula.
  • Sambungkan kabel daya printer dan tekan tombol on.
  • Ketika printer menyala, langsung lepaskan tombol on.
  • Tunggu selama 5 detik dan tekan kembali tombol on tersebut.
  • Memori internal akan diatur ulang mengabaikan kode 5b00.
  • Proses reset printer Canon G3010 selesai.
Baca Juga :   Cara Fotocopy di Printer Epson L3110 Paling Mudah

2. Reset Canon G3010 Via Tombol

Memang benar bahwa proses reset printer menggunakan metode manual sangat merepotkan bagi pemula. Pasalnya, mereka harus membongkar perangkat dan risikonya cukup tinggi.

Oleh karena itu, banyak pemilik Canon G3010 yang memilih menggunakan metode reset melalui tombol. Metode ini dapat dicoba saat lampu printer terus berkedip dan printer menolak untuk mencetak dokumen.

Berikut adalah cara reset printer Canon G3010 melalui tombol:

  • Tekan tombol power untuk menghidupkan printer.
  • Biarkan sejenak hingga printer menyala sempurna.
  • Jika lampu printer berkedip terus-menerus, itu menkaliankan Canon G3010 mengalami masalah.
  • Tekan dan tahan tombol power pada printer.
  • Pada saat yang sama, tekan tombol stop 5 kali.
  • Lepaskan tombol power dan biarkan printer.
  • Indikator lampu yang berkedip akan menghilang.
  • Tekan tombol stop 5 kali, lalu tekan tombol power 1 kali.
  • Printer akan melakukan cetak selembar dokumen.
  • Setelah itu, silahkan melakukan restart printer.
  • Reset berhasil dan Canon G3010 kembali normal.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang cara reset printer Canon G3010 yang bisa kalian coba. Jangan lupa untuk selalu membaca petunjuk dengan teliti sebelum melakukan reset agar tidak terjadi kesalahan yang bisa merusak printer kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu mengatasi masalah pada printer Canon G3010 kalian. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *