Harga Jasa Pemasangan Ducting

Harga Jasa Pemasangan Ducting Semua Jenis Terbaru Paling Lengkap

Posted on

Finoo.id – Harga Jasa Pemasangan Ducting Semua Jenis Terbaru Paling Lengkap. Jika kalian bekerja di industri manufaktur atau properti, istilah “ducting” mungkin sudah akrab di telinga kalian. Secara umum, ducting adalah sistem yang digunakan untuk mengatur distribusi saluran udara di dalam ruangan menuju suatu lokasi tertentu.

Dalam penggunaan ducting, berbagai jenis bahan digunakan sesuai dengan jenis udara yang dialirkan. Biasanya, dalam bangunan seperti hotel, ducting terbuat dari pipa atau kotak panjang dengan lubang pembersih yang ditempatkan di beberapa titik.

Ketika berbicara tentang ducting, saat ini proses pembuatan dan pemasangan konstruksinya bisa dilakukan oleh kontraktor atau pemborong. Biasanya, kontraktor atau pemborong ini menentukan biaya pemasangan ducting per meter persegi.

Jika kalian berencana untuk memasang ducting dalam proyek konstruksi rumah kalian, penting untuk mengetahui biaya pemasangan yang diperlukan. Untuk membantu kalian, dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara rinci tentang harga jasa pemasangan ducting per meter untuk berbagai jenisnya.

Pengertian Ducting

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan mengenai harga jasa pemasangan ducting, alangkah baiknya jika kita memahami definisinya terlebih dahulu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, di dalam dunia manufaktur dan pergudangan, ducting berperan sebagai sarana untuk mengatur aliran udara atau bahkan material-material halus ke suatu arah tertentu.

Secara umum, ducting adalah sistem yang digunakan untuk mengatur distribusi saluran udara. Di dalam bangunan seperti hotel, ducting berfungsi sebagai komponen pendukung sistem HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning) yang bertugas untuk mengalirkan dan mengatur aliran udara.

Sementara itu, dalam industri manufaktur, ducting berfungsi sebagai struktur untuk mengatur distribusi bahan baku yang halus. Biasanya, komponen ini terbuat dari pipa atau kotak panjang yang dilengkapi dengan lubang pembersih di beberapa titiknya.

Fungsi Ducting

Dari penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa ducting memiliki manfaat utama dalam menciptakan area kerja atau lingkungan yang aman dan nyaman. Untuk lebih memahami pentingnya ducting, mari kita tinjau beberapa fungsi utamanya di dalam dunia manufaktur dan pergudangan:

Baca Juga :   √ Pengertian Advisor: Tugas dan Tanggung Jawabnya Dalam Perusahaan

  1. Pengelolaan Asap dari Proses Pembakaran: Ducting berperan sebagai saluran untuk mengarahkan asap dari proses pembakaran dan mengeluarkannya ke area bebas. Ini sangat penting dalam lingkungan manufaktur di mana proses pembakaran sering terjadi, seperti dalam mesin industri atau oven. Dengan ducting yang efisien, asap berbahaya dapat disalurkan jauh dari area kerja, menjaga lingkungan kerja tetap aman dan sehat.
  2. Pengelolaan Debu dan Kotoran dari Proses Mesin Operator: Ducting juga digunakan untuk menyalurkan debu dan kotoran yang dihasilkan oleh mesin operator. Dengan demikian, area tersebut tetap bersih dan bebas dari polusi udara. Ini mendukung kualitas udara di dalam lingkungan kerja dan kesejahteraan para pekerja.
  3. Pengelolaan Asap dari Proses Memasak: Dalam lingkungan perhotelan atau dapur industri, ducting digunakan untuk mengarahkan asap yang dihasilkan dari proses memasak. Ini penting untuk menjaga kualitas udara di sekitarnya, mencegah gangguan dan masalah kesehatan yang dapat timbul akibat paparan asap dapur.
  4. Pengelolaan Hawa Panas dari Mesin: Ducting juga berperan dalam mengalirkan hawa panas yang dihasilkan dari mesin atau peralatan industri ke area yang lebih aman atau di luar bangunan. Ini membantu menjaga suhu yang nyaman di dalam area kerja dan mencegah overheating peralatan.

Dengan demikian, fungsi ducting tidak hanya meningkatkan kualitas lingkungan kerja tetapi juga menciptakan kondisi yang lebih aman dan nyaman bagi pekerja serta menjaga kepatuhan dengan regulasi lingkungan.

Harga Jasa Pemasangan Ducting Per Meter

Setelah memahami secara umum pengertian dan fungsi ducting, langkah selanjutnya yang perlu kalian ketahui adalah besaran harga jasa pemasangannya. Harus diingat bahwa harga jasa pemasangan ducting di Indonesia saat ini bervariasi tergantung pada jenis dan ukurannya.

Di Indonesia, kontraktor dan pemborong menyediakan layanan pemasangan ducting untuk dua jenis utama, yaitu ducting BJLS dan ducting PU (polyurethane). Namun, sebagaimana halnya dalam harga jasa borongan pada umumnya, biaya pemasangan ducting dapat berbeda-beda di berbagai wilayah.

Variasi ini tidak terjadi tanpa alasan, sebabnya adalah bahwa harga jasa pemasangan ducting dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk kondisi lapangan, tingkat kompleksitas proyek, dan risiko yang terkait dengan proses pemasangan. Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, di bawah ini kami akan menjelaskan secara rinci daftar harga jasa pemasangan ducting per meter persegi untuk semua jenis dan ukuran yang tersedia.

Baca Juga :   Apa Itu Atap Alderon? Ketahui Jenis, Kelebihan & Kekuranganya !

Ducting BJLS

Insulasi Ducting AC Supply & Return

KeteranganHarga Per M2
Ducting Seng BJLS 0.5 mmRp337,000
Ducting Seng BJLS 0.6 mmRp397,000
Ducting Seng BJLS 0.7 mmRp417,000
Ducting Seng BJLS 0.8 mmRp467,000
Ducting Seng BJLS 1.0 mmRp497,000

Keterangan:

  • Harga pemasangan sudah termasuk insulasi glaswol dan aluminium foil, dukungan (siku), serta gantungan (behel).
  • Biaya tambahan akan dikenakan sebesar Rp 45.000 per flendes.

Ducting Exhaust & Fresh Air

KeteranganHarga Per M2
Ducting Seng BJLS 0.5 mmRp320,000
Ducting Seng BJLS 0.6 mmRp347,000
Ducting Seng BJLS 0.7 mmRp397,000
Ducting Seng BJLS 0.8 mmRp442,000
Ducting Seng BJLS 1.0 mmRp467,000

Keterangan:

  • Harga pemasangan sudah termasuk dukungan (siku) dan gantungan (behel).
  • Biaya tambahan akan dikenakan sebesar Rp 30.000 per flendes.

Catatan: Harga tenaga kerja untuk pemasangan ducting (tanpa material) berada dalam kisaran Rp 60.000 per meter persegi.

Ducting PU

Untuk pemasangan ducting dengan bahan material polyurethane (PU), harganya sebenarnya cukup stkalianr, berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 400.000 per meter persegi. Dalam harga jasa tersebut, sudah termasuk dukungan (siku) dan gantungan (hebel).

Namun, jika kalian hanya memerlukan jasa tenaga kerja pemasangan tanpa menyertakan materialnya, maka biayanya sedikit lebih terjangkau, yakni sekitar Rp 50.000 per meter persegi. Selain itu, terdapat juga biaya tambahan sebesar Rp 25.000 per item untuk flendes.

Cara Menghitung Borongan Pemasangan Ducting

Di atas, kami telah memberikan penjelasan lengkap mengenai harga jasa pemasangan ducting per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya. Di bawah ini, kami akan menjelaskan dengan detail cara menghitung biaya borongan untuk jasa pemasangan ducting.

Sebagai contoh, jika kalian ingin memasang ducting dengan material BJLS berketebalan 0.5 mm dengan ukuran 100 cm x 50 cm sepanjang 150 cm, berikut adalah langkah-langkah perhitungannya:

Baca Juga :   √ Apa Itu Pile Cap? Fungsi, Jenis dan Contoh Bentuknya

Menghitung Luas Ducting:

  • Luas ducting dapat dihitung dengan rumus: Luas ducting = 2 x Ukuran ducting x Panjang ducting.
  • Contoh perhitungan: Luas ducting = 2 x (1 m x 0.5 m) x 1.5 m = 1.5 meter persegi.

Menghitung Harga Pemasangan:

  • Harga pemasangan dapat dihitung dengan rumus: Harga pemasangan = Luas ducting x Harga pemasangan per meter persegi.
  • Contoh perhitungan: Harga pemasangan = 1.5 meter persegi x Rp 337.000 = Rp 505.500.

Dari perhitungan yang telah disampaikan, untuk membuat ducting dengan material BJLS setebal 0.5 mm berukuran 100 cm x 50 cm sepanjang 1.5 meter, dengan menggunakan jasa pekerja borongan beserta material, biayanya sekitar Rp 505.500. Kami ingin mengingatkan kembali bahwa harga jasa pemasangan ducting ini dapat bervariasi di berbagai wilayah karena dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, harga jasa pemasangan ducting adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam proyek perusahaan atau rumah kalian.

Memahami faktor-faktor yang memengaruhi biaya, seperti jenis material, ukuran ducting, dan kompleksitas instalasi, akan membantu kalian membuat keputusan yang tepat.

Pastikan untuk mendapatkan penawaran dari beberapa penyedia jasa yang berbeda, sehingga kalian dapat membandingkan harga dan layanan yang mereka tawarkan.

Ingatlah bahwa kualitas pekerjaan juga merupakan faktor kunci dalam jangka panjang, karena ducting yang dipasang dengan baik akan memberikan manfaat jangka panjang dalam hal efisiensi dan kenyamanan udara dalam ruangan.

Sebelum kalian memutuskan untuk menggunakan jasa pemasangan ducting, pastikan untuk berbicara dengan profesional terkait kebutuhan spesifik kalian.

Dengan begitu, kalian dapat memastikan bahwa kalian mendapatkan solusi yang sesuai dengan anggaran kalian dan memenuhi kebutuhan ventilasi dan pengaturan udara kalian.

Semoga artikel finoo.id ini bermanfaat dan membantu kalian dalam membuat keputusan yang bijak terkait harga jasa pemasangan ducting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *