Kode Remot Giatex

Kode Remot Giatex dan Cara Settingnya Dengan Mudah

Posted on

Finoo.id – Kode Remot Giatex dan Cara Settingnya Dengan Mudah. Di Indonesia, terdapat banyak merek dan jenis TV, baik CRT maupun LED, yang dianggap memiliki kualitas yang cukup baik. Salah satunya adalah Giatex, sebuah merek TV China yang memiliki kualitas bagus dan beberapa orang masih menggunakannya karena harganya terjangkau.

Selain harganya yang terjangkau dan kualitasnya yang baik, TV Giatex juga lebih mudah diperbaiki ketika rusak karena ketersediaan suku cadang yang mencukupi. Namun tantangan datang dari faktor eksternal, di mana aksesoris TV seperti remote control sering rusak atau hilang.

Ini adalah salah satu hal yang menjengkelkan ketika memiliki TV China, di mana sulit untuk menemukan remote control asli ketika hilang atau rusak. Sebagai hasilnya, banyak pengguna TV China sering menggunakan remote control universal sebagai solusi terbaik untuk mengganti remote control asli mereka.

Seperti merek TV lainnya, agar dapat menggunakan remote control universal pada TV Giatex, pengguna perlu mengatur dengan kode sehingga remote control dapat terhubung dan digunakan untuk mengoperasikan TV. Jadi, apa kode remote control Giatex? Bagi yang penasaran, silakan baca ulasan lengkap di bawah ini terlebih dahulu.

Remot TV Giatex Terbaik

Walau pun remote control universal dapat digunakan untuk berbagai merek televisi, termasuk Giatex, namun tidak semua merek remote control universal memiliki kualitas yang tahan lama dalam segi ketahanan penggunaan.

Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk memilih remote control universal yang berkualitas, tahan lama, dan harganya tetap terjangkau. Berikut adalah merek remote control universal terbaik dan paling cocok digunakan untuk televisi Giatex dengan harga terjangkau yang kami rekomendasikan:

  • Remote Joker: Harga Rp. 50.000
  • Remote Chunghop: Harga Rp. 30.000

Jadi, itulah dua merek remote control universal yang paling cocok digunakan untuk TV Giatex. Harga yang disebutkan hanyalah kisaran, sehingga harga sebenarnya bisa lebih murah atau lebih mahal tergantung pada kebijakan masing-masing toko elektronik.

Baca Juga :   Cara Mengatasi TV LG Tidak Ada Audio Out Paling Mudah

Kelebihan Menggunakan Remot TV Universal

Banyak yang mungkin bertanya-tanya mengapa harus menggunakan remote control TV universal? Sebenarnya tidak harus, jika kalian bisa membeli remote control asli, sebaiknya pilihlah remote control asli karena tidak perlu melakukan pengaturan untuk menggunakannya.

Namun, seringkali terjadi kasus di mana pengguna sulit menemukan remote control asli, sehingga solusi terbaiknya adalah menggunakan remote control TV universal. Selain itu, memilih remote control TV universal juga merupakan pilihan terbaik karena ada beberapa kelebihan jika kalian menggunakannya sebagai pengganti remote control asli Giatex.

Berikut adalah beberapa kelebihan remote control TV universal.

1. Bisa Digunakan di Berbagai Merk TV

Seperti namanya, remote control TV universal dapat digunakan pada berbagai merek televisi, meskipun produsen dan modelnya berbeda-beda. Tentu saja, hal ini sangat membantu terutama ketika remote control TV asli rusak atau hilang.

2. Mudah Untuk di Setting

Remote control TV umumnya tidak dapat langsung digunakan, karena pengguna harus melakukan pengaturan terlebih dahulu. Cara pengaturan remote control TV universal sangat mudah, di mana kalian hanya perlu memasukkan tiga digit kode remote sesuai dengan merek TV.

3. Tombol Lebih Sedikit, Sehingga Mudah Dioperasikan

Remote control TV universal memiliki sedikit tombol, sehingga pengoperasiannya lebih sederhana dan jauh lebih mudah. Selain itu, tombol-tombol pada remote control juga memiliki fungsi dan kegunaan yang sama dengan remote control televisi asli.

Kode Remot Giatex

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk menggunakan remote control TV Joker atau Chunghop pada TV Giatex, kalian perlu mengatur terlebih dahulu agar dapat digunakan untuk mengontrol TV tersebut. Untuk melakukan pengaturan remote control TV Giatex agar berfungsi seperti yang diharapkan, kalian hanya perlu memasukkan kode remote tertentu.

Sebenarnya, kode remote control Giatex tidak jauh berbeda dengan kode remote control TV Multimax, baik untuk remote control Joker maupun Chunghop. Oleh karena itu, ini seharusnya tidak sulit dan berikut adalah kode-kode untuk pengaturan remote control TV China Giatex:

  • Remote control TV Joker: 073, 102, 104, 053, 024, 103
  • Remote control TV Chunghop: 057, 096, 101, 102, 187, 332, 333, 335, 368, 104, 369, 249, 073, 053, 024

Itulah kode-kode untuk pengaturan remote control agar dapat digunakan untuk mengoperasikan televisi Giatex. Pada dasarnya, kode untuk setiap merek remote control universal itu sama, namun setiap merek televisi memiliki kode yang berbeda-beda.

Setelah mengetahui kode remote control Giatex, kalian dapat langsung mengatur remote control agar terhubung dengan televisi Giatex sehingga dapat digunakan untuk mengoperasikannya. Berikut adalah cara menggunakan kode remote control Giatex.

Baca Juga :   Kode Remot TV Philips Semua Tipe & Cara Settingnya

Cara Setting Remot TV Giatex

Untuk mengatur remote control TV Giatex, sebenarnya sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Nyalakan televisi Giatex kalian dan pastikan remote control sudah diisi baterai.
  2. Arahkan remote control ke layar televisi sambil menekan dan menahan tombol SET selama beberapa detik hingga lampu indikator remote control menyala.
  3. Setelah lampu indikator menyala, lepaskan kedua tombol.
  4. Kemudian, masukkan kode remote control Giatex sesuai dengan merek remote control yang kalian gunakan.
  5. Setelah itu, secara otomatis lampu indikator akan mati dan seharusnya remote control sudah dapat berfungsi.
  6. Jika belum, lakukan hal yang sama dan masukkan kode lainnya.

Apa Penyebab Tombol Remote TV Tidak Berfungsi?

Tombol remote control TV yang tidak berfungsi dengan baik tidak terjadi begitu saja, melainkan disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut adalah beberapa faktor penyebabnya:

  • Baterai remote control habis
  • Besi penghantar pada baterai yang berkarat
  • Sensor yang tidak merespons dengan baik
  • Sensor remote control yang terhalang oleh tumpukan debu
  • Tombol remote control yang kotor sehingga tidak berfungsi dengan optimal
  • Atau memang remote control TV rusak secara keseluruhan

Cara Memperbaiki Tombol Remote TV Tidak Berfungsi

Ketika ingin memperbaiki remote control TV, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab yang mendasar dari masalah tersebut.

Tak jarang, ketika tombol remote control TV tidak berfungsi, hal pertama yang dilakukan adalah memukul remote control tersebut. Ya, cara tersebut kadang-kadang memang berhasil, namun ini tidak disarankan karena jika terlalu sering dilakukan, ini justru dapat merusak komponen yang terdapat di dalam remote control.

Alih-alih memukul remote control, ada cara lain yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki tombol remote control TV yang tidak berfungsi. Cara ini dikatakan lebih aman. Apa saja? Simak di bawah ini!

1. Pastikan baterai yang digunakan berfungsi dengan baik

Jika tombol remote control TV tidak berfungsi, sebaiknya jangan buru-buru membeli perangkat baru. Sebab, bisa saja masalah yang ditimbulkan berasal dari baterai.

Ya, baterai remote control yang habis merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Meski terdengar sepele, namun seringkali kita tidak menyadarinya, bukan? Oleh karena itu, cara memperbaiki tombol remote control yang tidak berfungsi pada kasus ini adalah dengan mengganti baterai yang sudah habis dengan baterai baru.

2. Membersihkan besi penghubung pada remote

Besi penghubung yang berkarat juga seringkali menjadi penyebab masalah pada remote control TV yang sudah tua. Besi penghubung merupakan pelat dan per yang biasanya terdapat di ujung tempat menyimpan baterai pada remote control.

Baca Juga :   Setting Warna TV LED Samsung Kalibrasi Yang Tepat

Pada dasarnya, material besi penghubung terbuat dari besi. Oleh karena itu, bagian remote control ini rentan berkarat dibandingkan dengan bagian lainnya.

3. Pastikan kamu sudah memasukkan kode remote yang tepat

Ada beberapa alasan mengapa sebagian orang menggunakan remote control TV universal, salah satunya adalah karena remote control bawaan hilang atau sudah tidak bisa diperbaiki lagi.

Terlepas dari alasan apa pun, ketika kalian ingin menggunakan remote control TV universal, kalian perlu memastikan kode yang digunakan sudah sesuai. Sebab pada dasarnya, remote control universal dapat digunakan pada TV dengan merek yang berbeda.

4. Pastikan tombol remote yang digunakan bersih

Membersihkan tombol remote control TV sangat penting dilakukan. Pasalnya, jika kalian jarang membersihkannya, ini bisa menjadi sarang debu. Banyaknya debu yang terkumpul pada tombol remote control tidak jarang bisa membuatnya masuk ke dalam mesin. Pada akhirnya, ini dapat memengaruhi kinerja remote control itu sendiri.

Untuk membersihkan tombol remote control TV yang tidak berfungsi, kalian bisa menggunakan cotton bud atau tisu kering dan basah. Jika memilih menggunakan tisu basah, sebaiknya pastikan tisu tidak terlalu basah.

5. Mengatur ulang pengaturan pada remote

Sistem remote control TV yang terkunci juga bisa menjadi penyebab remote control TV tidak berfungsi dengan baik.

Nah, tombol remote control TV yang tidak berfungsi dalam kasus ini bisa diatasi dengan cara me-reset pengaturan pada remote control. Pada dasarnya, masing-masing merek remote control memiliki cara yang berbeda untuk mengatur ulang pengaturannya.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang informasi mengenai kode remot Giatex dan cara settingnya.

Dengan mengetahui kode remot dan cara settingnya, kalian dapat dengan mudah mengontrol perangkat elektronik Giatex kalian secara efektif dan efisien.

Pastikan kalian mengikuti petunjuk yang telah dijelaskan dengan cermat dan hati-hati saat melakukan setting pada remot Giatex kalian. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *