Mengenal Kayu Gaharu

√ Mengenal Kayu Gaharu: Karakteristik serta Manfaatnya Lengkap

Posted on

Finoo.id – √ Mengenal Kayu Gaharu: Karakteristik serta Manfaatnya Lengkap. Terdapat beragam jenis kayu di Indonesia, mulai dari yang kuat, awet, cantik, hingga yang paling mahal. Sebagian dari kita mungkin hanya mengenal beberapa jenis saja.

Kayu jati dan kayu merbau merupakan jenis yang paling populer dan terkenal di beberapa kalangan, termasuk kalangan kontraktor, pengrajin, dan produsen furnitur.

Namun, setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata harga kedua jenis kayu tersebut tidak sebanding dengan jenis kayu yang satu ini. Pernah mendengar tentang kayu gaharu? Itu merupakan jenis kayu termahal di dunia.

Lalu, apa yang membuat kayu gaharu begitu mahal? Untuk itu, jika kamu tertarik dengan pembahasan tentang jenis kayu ini, mari kita simak dari asal-usulnya, manfaatnya, hingga harganya.

Apa itu Kayu Gaharu?

Kayu gaharu adalah jenis kayu yang berasal dari beberapa spesies pohon dari genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Kayu ini biasanya memiliki warna kehitaman pekat yang khas dan mengandung resin di bagian gubalnya.

Resin yang terdapat pada bagian gubal kayu gaharu ini terkenal sebagai bahan tambahan untuk wangi-wangian karena memiliki aroma yang sangat khas. Aroma ini juga diyakini memiliki efek aromaterapi yang dapat mengurangi stres dengan efektif.

Sejak berabad-abad yang lalu, kayu ini telah menjadi komoditas perdagangan dari berbagai kerajaan di Nusantara ke berbagai negara seperti India, Persia, negara-negara Arab, dan negara-negara di Afrika Timur.

Keterbatasan jumlah kayu gaharu di alam, bersama dengan tingginya permintaan dan minat terhadap jenis kayu ini, menjadikan harga kayu gaharu disebut sebagai salah satu komoditas kayu termahal di dunia.

Karakteristik Pohon Gaharu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gaharu yang dihasilkan dari Aquilaria malaccensis dianggap sebagai yang terbaik. Oleh karena itu, untuk membedakannya dengan gaharu dari famili Thymelaeaceae lainnya, berikut adalah ciri morfologi dari jenis ini.

Baca Juga :   √ Apa Itu Kain Katun Rami? Karakteristik dan Cara Merawatnya

Pohonnya dapat mencapai tinggi hingga 40 meter dengan diameter batang antara 40-60 cm. Permukaan batangnya bergaris, licin, berwarna cokelat keputihan, dan kayunya keras.

Daunnya berbentuk lonjong dengan ujung meruncing, memiliki panjang sekitar 7 cm dan lebar 4 cm. Permukaan daunnya berkilap dengan warna abu-abu kehijauan, dan terdapat 12-14 pasang tulang daun sekunder.

Bunganya tumbuh di ketiak daun dan ujung ranting, berbentuk lancip dengan ukuran lebih dari 5 mm, berwarna hijau kekuningan, dan memiliki aroma harum. Buahnya menyerupai bulat telur atau lonjong dengan panjang sekitar 4 cm dan lebar 2,5 cm, serta biji yang tertutup oleh rambut berwarna merah (Taswaya, 2019).

Apa Manfaat dari Pohon Gaharu?

Seperti halnya jenis kayu lainnya, kayu gaharu juga memiliki beragam manfaat bagi kehidupan manusia. Selain itu, sebagai jenis kayu berkualitas tinggi, kayu gaharu dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Berikut adalah beberapa manfaat kayu gaharu yang perlu kamu ketahui!

1. Menjadi bahan utama perabotan berkualitas terbaik

Meskipun kayu jati lebih umum digunakan untuk membuat perabotan, namun selain jati, kayu gaharu juga memiliki kualitas yang cocok untuk dijadikan furniture. Kayu gaharu merupakan jenis kayu yang kuat, kokoh, dan tahan terhadap serangan rayap.

Dari segi kualitas, kayu gaharu jauh lebih unggul dibandingkan dengan kayu jati. Selain itu, kayu gaharu juga memiliki daya tahan yang baik terhadap serangan rayap, sehingga perabotan yang terbuat dari kayu ini dapat bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Namun, seperti halnya dalam dunia barang, harga akan sebanding dengan kualitasnya. Harga perabotan dari kayu gaharu tentu saja jauh lebih mahal dibandingkan dengan kayu jati. Hal ini disebabkan tidak hanya oleh kualitasnya yang sangat baik, tetapi juga karena kayu gaharu pada dasarnya merupakan jenis kayu yang langka dan memiliki harga yang sangat tinggi. Bahkan, ketika masih dalam bentuk kayu mentah, kayu gaharu asli dapat dihargai hingga jutaan rupiah.

2. Menjadi bahan utama pembuatan parfum

Bagi yang gemar menggunakan parfum, pasti sudah familiar dengan aroma kayu yang terdapat dalam beberapa jenis parfum. Aroma kayu ini biasanya dihasilkan dari minyak kayu gaharu.

Baca Juga :   √ Perbedaan Logam Ferro dan Non Ferro Yang Perlu Diketahui

Dapat dikatakan, ini adalah salah satu manfaat utama dari kayu gaharu. Meskipun kayu gaharu dapat digunakan untuk membuat perabotan berkualitas, namun mayoritasnya digunakan untuk pembuatan parfum. Namun, tidak semua jenis kayu gaharu cocok untuk dijadikan bahan parfum.

Hal ini karena hanya kayu gaharu yang memiliki warna gelap yang dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan parfum. Warna gelap tersebut menkaliankan adanya kandungan resin yang menghasilkan aroma harum. Sementara kayu gaharu yang berwarna pucat tidak memiliki aroma, sehingga lebih cocok digunakan untuk pembuatan perabotan.

3. Bermanfaat bagi kesehatan

Walaupun kayu gaharu menjadi bagian pohon yang paling sering dimanfaatkan, sebenarnya hampir semua bagian dari pohon gaharu memiliki manfaat. Daun dari pohon gaharu dapat diolah menjadi kopi dan teh.

Teh yang dibuat dari daun gaharu diyakini memiliki manfaat untuk penderita asma, kanker prostat, dan bahkan diabetes. Sementara kopi dari daun gaharu dapat membantu mengatasi gangguan tidur. Terakhir, minyak yang diekstrak dari pohon gaharu sering digunakan untuk meningkatkan peredaran darah.

4. Digunakan sebagai dupa

Selain menjadi bahan utama pembuatan parfum, kayu gaharu juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan dupa. Umumnya, kayu gaharu yang digunakan untuk dupa bukanlah kayu gaharu berukuran besar, tetapi lebih sering berupa serpihan kayu.

Seperti yang telah diketahui, proses panen kayu gaharu melibatkan pemisahan antara bagian yang gelap dan yang pucat, yang biasanya dilakukan secara manual. Kadang-kadang, proses ini menghasilkan serpihan kayu. Serpihan tersebut kemudian digunakan untuk membuat dupa.

Meskipun hanya serpihan, namun kayu gaharu ini tetap memiliki aroma yang khas. Aroma tersebut akan tetap terasa bahkan setelah serpihan kayu diolah menjadi dupa. Sebagai hasilnya, saat dupa dibakar, serpihan ini akan menghasilkan aroma yang harum. Dupa sering digunakan dalam berbagai tradisi dan ritual keagamaan.

5. Bahan Bangunan dan Perabot Interior serta Dekorasi Rumah

Selain digunakan untuk pembuatan parfum dan dupa, kayu gaharu juga memiliki peran penting dalam bidang arsitektur dan interior rumah. Karakteristiknya yang unik, terutama warna hitamnya, membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya sebagai bahan bangunan dan dekorasi rumah.

Baca Juga :   √ Apa Itu Kawat Bangunan? Beserta Fungsi dan Jenisnya Lengkap

Warna hitam yang khas membuat kayu gaharu sering dijadikan sebagai pelengkap dalam bahan bangunan, seperti untuk kusen pintu atau jendela. Selain itu, kayu gaharu juga sering dimanfaatkan dalam pembuatan berbagai perabot dan furnitur interior, seperti kursi, meja, rak buku, dan lainnya. Bahkan, beberapa orang memilih untuk menggunakan kayu gaharu sebagai elemen dekorasi tambahan untuk menyempurnakan tampilan ruang dalam rumah. Dengan keindahan dan keunikan warnanya, kayu gaharu memberikan sentuhan elegan dan eksklusif dalam desain interior.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan semakin dalamnya pemahaman kita tentang kayu gaharu, kita dibawa pada sebuah perjalanan yang memperlihatkan betapa beragamnya manfaat dan kegunaan dari bahan alam yang luar biasa ini.

Dari aroma harum dalam pembuatan parfum hingga kekokohan dalam pembuatan perabotan dan dekorasi rumah, kayu gaharu menunjukkan keberagaman potensinya.

Dalam memahami dan menghargai keberadaannya, kita juga turut melangkah pada upaya pelestarian yang menjaga agar keindahan dan khasiatnya tetap berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Mengenal kayu gaharu tidak hanya mengajarkan kita tentang nilai-nilai keberlanjutan, tetapi juga menghubungkan kita dengan kekayaan alam yang tiada taranya.

Oleh karena itu, mari terus mempelajari, menghargai, dan melindungi kayu gaharu serta keanekaragaman alam lainnya, sehingga warisan berharga ini dapat dinikmati oleh seluruh umat manusia untuk waktu yang akan datang.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Mengenal Kayu Gaharu: Karakteristik serta Manfaatnya Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca aritkel imi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *