Pengertian Kabel UTP

Pengertian Kabel UTP: Jenis, Fungsi dan Urutan Warnanya

Posted on

Finoo.id – Pengertian Kabel UTP: Jenis, Fungsi dan Urutan Warnanya. Bagi kalian yang sering berurusan dengan telekomunikasi atau komputer, sudah pasti familiar dengan kabel UTP.

Kabel UTP merupakan salah satu jenis kabel yang digunakan dalam jaringan. Secara khusus, kabel ini digunakan untuk konektivitas dalam jaringan komputer dan telekomunikasi.

Peran utama kabel UTP adalah sebagai media transmisi antar jaringan. Fungsinya adalah menghubungkan dan memfasilitasi transfer data dan suara digital.

Namun, sayangnya kabel UTP hanya digunakan dalam jaringan lokal dan biasanya dalam skala kecil, seperti jaringan LAN (Local Area Network).

Untuk mempelajari lebih detail tentang kabel UTP, kalian perlu menyimak penjelasan lengkapnya. Artikel ini akan membahas definisi, gambar, fungsi, urutan, warna, dan kategori-kategori kabel UTP.

Pengertian Kabel UTP

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah jenis kabel yang berfungsi sebagai penghubung dalam komunikasi data dan suara digital. Kabel ini biasanya digunakan dalam industri telekomunikasi dan jaringan komputer.

Kabel UTP juga dikenal sebagai kabel berpilin atau twisted pair. Nama ini memiliki dasar yang kuat karena kabel berpilin terdiri dari 8 kabel dengan berbagai kombinasi warna. Kabel-kabel tersebut dililitkan dan saling berpilin membentuk 4 pasang yang berbeda.

Kabel UTP dibuat menggunakan material tembaga dengan kandungan insulin politilen yang umum. Material ini digunakan untuk menjaga kualitas transmisi sinyal.

Penggunaan kabel UTP sangat beragam, tergantung pada kebutuhan spesifiknya. Kabel ini digunakan dalam pembangunan jaringan komputer lokal, telekomunikasi, jaringan ethernet, dan berbagai keperluan lainnya.

Karakteristik Kabel UTP

Tentu saja, kabel UTP memiliki karakteristik dan ciri khas yang membedakannya dari jenis kabel lainnya.

Berikut adalah karakteristik kabel UTP:

  1. Terdiri dari 8 kabel kecil yang di dalamnya memiliki beragam kombinasi warna.
  2. Kabel UTP dililitkan atau dipilin secara erat agar membentuk 4 pasang kabel yang terikat.
  3. Mampu mentransmisikan data dengan impedansi hingga 100 Mbps.
  4. Menggunakan konektor RJ-45.
  5. Kabel UTP dirancang dengan lapisan isolator atau pelindung yang ditempatkan di bagian luar kabel.
  6. Mampu melakukan transmisi data dengan kecepatan mulai dari 1000 Mbps (1 Gbps) hingga 10 Gbps.
Baca Juga :   Pengertian Optocoupler : Fungsi dan Cara Kerjanya Lengkap

Fungsi Kabel UTP

Kabel UTP memiliki fungsi utama sebagai media penghubung antara perangkat-perangkat sehingga membentuk sebuah jaringan. Namun, terdapat beberapa fungsi kabel UTP yang perlu kalian ketahui.

Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai fungsi-fungsi kabel UTP:

1. Penghubung Antar Perangkat Komputer

Umumnya, kabel UTP digunakan dalam sistem jaringan dengan skala yang relatif kecil. Salah satu fungsi utama kabel UTP adalah sebagai media penghubung antara perangkat elektronik.

Fungsi yang paling umum dari kabel UTP adalah sebagai media untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer melalui jaringan.

Untuk menghubungkan komputer dengan komputer, diperlukan penggunaan kabel UTP dengan susunan cross over. kalian dapat melihat gambar urutan kabel cross over di bawah ini.

2. Penghubung Router Dengan Switch

Fungsi kabel UTP tidak terbatas hanya untuk menghubungkan dua perangkat yang sama. Kabel UTP juga dapat digunakan sebagai media penghubung antara switch dan router.

Pemasangan kabel straight pada kabel UTP digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda seperti switch dan router.

Dalam proses penataan kabel UTP straight ini, pastikan kombinasi warna kabelnya dilakukan secara berurutan atau seragam. Misalnya, mulai dari kabel pertama hingga kabel terakhir, urutan warnanya harus sama.

3. Digunakan Sebagai USB Extender

Selain itu, kabel UTP juga memiliki fungsi sebagai extender USB. USB extender merupakan jenis perangkat yang biasanya memiliki harga yang cukup mahal. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan kabel UTP sebagai alternatifnya.

Sebagai pengganti USB extender, kabel UTP dapat digunakan untuk memperpanjang jangkauan kabel USB, sehingga memungkinkan perangkat lunak untuk saling terhubung satu sama lain.

4. Media Penghubung Antara Switch Dengan Piranti Elektronik

Kabel UTP memiliki fungsi sebagai media yang menghubungkan switch dengan berbagai perangkat elektronik. Dengan demikian, komponen switch atau hub dapat terhubung secara optimal dengan perangkat-perangkat tertentu.

Contoh penggunaan kabel UTP adalah sebagai penghubung antara komputer, scanner, router, printer, mesin fotokopi, dan sebagainya.

Jenis Susunan Kabel UTP

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah jenis kabel yang sering digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan seperti komputer, router, dan switch. Kabel UTP memiliki beberapa jenis susunan atau urutan yang berbeda, dan berikut ini adalah tiga jenis utama:

Baca Juga :   Pengertian Sensor, Jenis & Klasifikasinya Yang Tepat

1. Kabel UTP Straight-Through

Kabel UTP straight-through adalah jenis kabel yang paling umum digunakan dalam jaringan komputer. Pada susunan ini, urutan pin pada ujung-ujung kabel UTP terjaga dengan baik, yang berarti pin yang sama pada satu ujung akan terhubung dengan pin yang sama pada ujung yang lain. Dalam susunan straight-through, urutan pin dari kiri ke kanan pada kedua ujung kabel UTP adalah: putih-oranye, oranye, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih-cokelat, dan cokelat.

2. Kabel UTP Roll Over

Kabel UTP roll over, juga dikenal sebagai kabel UTP console, digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan dengan perangkat konsol atau pengontrol jarak jauh, seperti komputer dengan router atau switch. Susunan pin pada kabel roll over memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan straight-through. Pada kabel UTP roll over, urutan pin pada ujung-ujung kabel akan terbalik, sehingga pin yang berada di ujung satu akan terhubung dengan pin yang berbeda di ujung yang lain. Susunan pin pada kabel roll over dapat bervariasi tergantung pada produsen atau perangkat tertentu.

3. Kabel UTP Cross Over

Kabel UTP cross over digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan yang serupa, seperti komputer ke komputer, switch ke switch, atau router ke router. Pada susunan kabel UTP cross over, urutan pin pada ujung-ujung kabel juga mengalami perubahan, mirip dengan roll over. Namun, perbedaan utama antara cross over dan roll over terletak pada posisi pin tertentu. Pada kabel UTP cross over, urutan pin dari kiri ke kanan pada salah satu ujung kabel adalah: putih-oranye, oranye, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih-cokelat, dan cokelat. Sedangkan pada ujung yang lain, urutan pinnya adalah: putih-hijau, hijau, putih-oranye, biru, putih-biru, oranye, putih-cokelat, dan cokelat.

Urutan Warna Kabel UTP

Kabel UTP, yang juga dikenal sebagai kabel bundel twisted pair, terdiri dari delapan urutan warna kabel yang membentuk empat pasang kabel yang saling berlilitan.

Berikut adalah beberapa fungsi warna kabel UTP yang umum digunakan:

1. Putih-Cokelat

Kabel UTP dapat dikombinasikan berdasarkan lilitannya. Sebagai contoh, warna kabel UTP putih dan coklat dapat digunakan. Fungsi kombinasi warna kabel UTP putih-coklat adalah sebagai media penghantar arus searah (DC). Kabel dengan kombinasi warna ini biasanya digunakan untuk mengalirkan arus listrik dalam satu arah tanpa mengalami perubahan arah aliran. Hal ini memungkinkan penggunaan kabel UTP putih-coklat dalam berbagai aplikasi yang memerlukan transmisi arus searah yang stabil.

Baca Juga :   Pengertian Sensor Suhu, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

2. Coklat

Kabel UTP dapat dikombinasikan dalam hal lilitannya. Sebagai contoh, kombinasi warna kabel UTP putih dan coklat. Fungsi dari kombinasi warna kabel UTP putih-coklat adalah sebagai media penghantar arus DC (arus searah).

3. Putih-Jingga

Fungsi dari kombinasi warna kabel UTP putih-jingga sangat penting dalam proses pengiriman paket data.

4. Jingga

Kabel UTP dengan warna jingga umumnya digunakan sebagai salah satu komponen yang berfungsi sebagai media penghantar data.

5. Putih-Biru

Fungsi dari kombinasi warna kabel UTP putih-biru adalah sebagai penghantar data yang lebih khusus, terutama data berupa suara.

6. Biru

Fungsi dari warna kabel UTP biru hampir sama dengan warna kabel UTP putih-biru. Keduanya berfungsi sebagai penghantar data suara.

7. Putih-Hijau

Warna kabel UTP dengan kombinasi putih-hijau berfungsi sebagai media penghantar paket data seperti pada umumnya.

8. Hijau

Fungsi dari warna kabel UTP hijau adalah sebagai media penghantar informasi data, yang hampir sama dengan fungsi sebelumnya.

Baca Juga :

Penutup

Dengan demikian, kita telah menelusuri seluk beluk dan pengertian Kabel UTP dalam artikel ini. Melalui pembahasan ini, kita mengenal lebih dekat tentang fungsi, struktur, dan peranan penting Kabel UTP dalam dunia jaringan komputer. Jelas bahwa Kabel UTP menjadi elemen vital dalam sistem komunikasi, pengiriman data, dan konektivitas internet yang efisien dan efektif.

Kabel UTP membuktikan dirinya sebagai solusi yang kalianl dan ekonomis dalam dunia telekomunikasi dan teknologi informasi. Kita mengharapkan agar pembaca mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, baik itu dalam pekerjaan, studi, ataupun penelitian.

Selalu ingat, pemahaman terhadap komponen teknologi seperti Kabel UTP tidak hanya akan memperluas wawasan kalian tentang teknologi jaringan, tetapi juga membuka peluang baru dalam menjelajahi dan memanfaatkan teknologi. Kesadaran dan pengetahuan ini adalah langkah awal menuju era digital yang semakin canggih. Terima kasih telah menyimak artikel finoo.id ini, semoga membawa manfaat dan inspirasi bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *