Penyebab Sekring Listrik Berbunyi

Penyebab Sekring Listrik Berbunyi & Cara Mengatasinya

Posted on

Finoo.id – Penyebab Sekring Listrik Berbunyi & Cara Mengatasinya. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan mengapa sekring listrik mengeluarkan suara berbunyi dan bagaimana cara mengatasinya. Sepakatlah kita bahwa sekring memiliki peran penting dalam instalasi listrik, yaitu melindungi dan menjaga instalasi dari lonjakan arus yang tiba-tiba.

Namun, dalam penggunaannya, sekring kadang-kadang mengalami masalah, salah satunya adalah mengeluarkan suara kretek-kretek yang terdengar jelas. Tentu saja, masalah ini harus segera ditangani karena sekring tidak akan berfungsi secara optimal dan dapat berisiko menyebabkan kebakaran.

Oleh karena itu, mari kita simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui langkah-langkah dalam menangani masalah ini. Baiklah, kita mulai dengan penjelasannya…

Pengertian Sekring

Sekring atau sekring merupakan suatu komponen penting yang digunakan sebagai pengaman dalam rangkaian listrik. Fungsinya adalah untuk melindungi instalasi listrik dari kelebihan muatan listrik atau hubungan arus pendek yang dapat menyebabkan kerusakan serius atau bahkan kebakaran.

Sekring bekerja dengan prinsip memutuskan aliran listrik jika terjadi kelebihan arus atau hubungan arus pendek. Ketika arus listrik melebihi batas yang ditentukan oleh sekring, komponen dalam sekring akan mengalami perubahan fisik, seperti pemanasan atau pelelehan, yang menyebabkan sekring putus secara otomatis. Hal ini menghentikan aliran listrik dan melindungi peralatan atau instalasi listrik dari kerusakan lebih lanjut.

Cara Kerja Sekring

Saat terjadi kelebihan muatan listrik atau hubungan pendek dalam rangkaian listrik, sekring akan bekerja secara otomatis untuk melindungi komponen lainnya. Cara kerjanya adalah sebagai berikut:

  1. Kelebihan Muatan Listrik: Jika terjadi lonjakan arus listrik yang melebihi batas yang ditentukan oleh sekring, komponen dalam sekring akan merespons dengan cepat. Suhu dalam sekring akan meningkat karena adanya arus yang berlebihan tersebut. Ketika suhu mencapai batas toleransi, komponen dalam sekring akan meleleh atau terputus, sehingga memutuskan aliran listrik dan menghentikan pasokan energi ke komponen lainnya. Hal ini mencegah terjadinya kerusakan pada komponen-komponen yang terhubung dalam rangkaian.
  2. Hubungan Pendek: Jika terjadi hubungan pendek, yaitu saat kabel positif dan negatif dalam rangkaian listrik secara langsung terhubung, arus listrik akan meningkat secara drastis. Sekring akan mendeteksi lonjakan arus yang tidak normal tersebut. Komponen dalam sekring akan bereaksi dengan cepat dan memutuskan aliran listrik untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen lainnya. Dengan memutuskan aliran listrik pada saat terjadi hubungan pendek, sekring melindungi sistem listrik dan mencegah terjadinya kerusakan serius atau bahkan kebakaran.
Baca Juga :   Batas Maksimal Pemakaian Listrik 450 Watt Yang Perlu Diketahui

Penyebab Sekring Listrik Berbunyi

Salah satu penyebab umum sekring listrik mengeluarkan bunyi adalah dudukan sekring yang kotor atau berkarat, sehingga sekring tidak terpasang dengan rapat pada dudukannya. Kondisi ini dapat mengakibatkan masalah serius pada sistem listrik di rumah.

Ketika dudukan sekring kotor atau berkarat, kontak antara sekring dan dudukannya menjadi tidak sempurna. Hal ini mengganggu aliran listrik yang stabil dan dapat menyebabkan resistansi yang tinggi. Akibatnya, panas berlebih dapat terbentuk di sekitar dudukan sekring. Peningkatan suhu ini dapat menyebabkan bunga api atau busur listrik, yang ditkaliani dengan bunyi kretek-kretek yang terdengar. Jika kondisi ini dibiarkan berlanjut, sekring dapat meleleh atau bahkan terbakar.

Masalah ini juga berdampak pada stabilitas pasokan listrik di rumah. Ketika sekring tidak terpasang dengan rapat pada dudukannya, kontak listrik menjadi tidak stabil. Hal ini dapat menyebabkan gangguan dalam aliran listrik dan mengakibatkan mati atau padamnya listrik secara tiba-tiba di rumah. Kondisi ini sangat mengganggu dan dapat mempengaruhi berbagai peralatan dan aktivitas sehari-hari.

Cara Mengatasi Sekring Listrik Berbunyi

Tentu saja, masalah tersebut harus segera ditangani dengan langkah-langkah penanganan yang tepat untuk menjaga keamanan dan kinerja sistem listrik. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan kotoran atau karat pada dudukan sekring:

  1. Siapkan sikat gigi bekas dan cairan pembersih karat (thinner).
  2. Matikan listrik pada MCB (Miniature Circuit Breaker) atau kwh meter untuk memastikan keselamatan selama proses pembersihan.
  3. Cabut sekring dan buka box sekring dengan menggunakan obeng atau alat yang sesuai.
  4. Basahi sikat gigi bekas dengan cairan pembersih karat, seperti thinner. Pastikan sikat gigi bekas yang digunakan tidak lagi digunakan untuk tujuan lain.
  5. Gosokkan sikat gigi yang telah dibasahi dengan cairan pembersih karat pada dudukan sekring. Gunakan gerakan sikat gigi secara melingkar atau horizontal untuk menghilangkan kotoran atau karat yang menempel pada dudukan sekring. Ulangi langkah ini beberapa kali sampai dudukan terlihat bersih dan bebas dari kotoran atau karat.
  6. Setelah dudukan sekring terlihat bersih, bersihkan sisa cairan pembersih karat dengan menggunakan lap bersih atau tisu kering.
  7. Tutup kembali box sekring dengan hati-hati dan pastikan semua bagian terpasang dengan baik.
  8. Pasang sekring kembali ke dudukannya dengan posisi yang benar dan pastikan terpasang dengan rapat.
  9. Nyalakan kembali listrik pada MCB atau kwh meter dan periksa apakah bunyi berisik telah teratasi.
Baca Juga :   √ Cara Pasang MCB Pengganti Sekring dengan Aman dan Mudah

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, umumnya sekring akan kembali berfungsi secara normal dan bunyi kretek-kretek akan hilang. Namun, jika ternyata kotoran atau karat pada dudukan sekring sulit untuk dibersihkan, disarankan untuk mengganti box sekring dengan yang baru.

Jika kalian merasa kesulitan atau tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam melakukan penggantian box sekring sendiri, sangat disarankan untuk menggunakan jasa instalasi kelistrikan profesional. Mereka memiliki keahlian dan pengalaman yang diperlukan untuk melakukan instalasi dan penggantian komponen listrik dengan aman dan tepat.

Instalasi Sekring Automatic/Otomatis New Pallas

Pada dasarnya, instalasinya sama seperti sekring biasa yang umum digunakan, hanya saja sekring ini dilengkapi dengan tombol yang perlu ditekan sebelum dipasang pada posisinya.

  1. Pastikan kilometer dalam keadaan mati.
  2. Tekan tombol yang besar yang terdapat pada sekring.
  3. Kemudian pasang sekring pada tempatnya sesuai dengan gambar di bawah ini.
  4. Untuk memasangnya, cukup masukkan sekring ke dalam tempatnya, lalu putar seperti saat memasang baud.
  5. Terakhir, nyalakan listrik/kilometer.

Saat memasang sekring ini, penting untuk memperhatikan agar ujung sekring dapat menempel dengan baik pada tempat sekring/saklar (benda hitam). Saat memasangnya ke area saklar, hindari menekannya terlalu kuat. Cukup tekan dengan sedang-sedang saja. Berdasarkan pengalaman, jika sekring dipasang dengan terlalu menekan atau kuat, listrik justru tidak akan menyala. Sebaiknya, lakukan pemasangan seperti saat memasang bola lampu.

Jika terlalu merepotkan, lebih baik membeli sekring baru. Namun, sebelum membeli sekring baru, disarankan untuk melakukan diagnosa kecil terlebih dahulu untuk memastikan bahwa sumber kerusakan memang ada pada sekring listrik.

Baca Juga :

Baca Juga :   Pengertian Gaya Listrik: Sifat, Jenis dan Contohnya

Penutup

Sebagai penutup, pengetahuan kita tentang sekring listrik harus meluas, tidak hanya mengetahui fungsi utamanya sebagai penjaga keamanan sistem listrik. Penting untuk memahami bahwa sekring listrik berbunyi bisa menjadi indikator masalah yang lebih besar.

Beberapa penyebab utama, seperti beban listrik berlebih, kualitas peralatan elektronik yang rendah, atau instalasi listrik yang tidak tepat, semua membutuhkan perhatian dan tindakan segera.

Ingatlah bahwa mengabaikan tkalian-tkalian ini dapat menimbulkan bahaya seperti kebakaran atau kerusakan pada perangkat listrik. Jadi, jika sekring listrik kalian berbunyi, jangan anggap enteng. Segera hubungi profesional listrik terpercaya untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalahnya.

Dengan begitu, kita dapat menjaga rumah dan lingkungan kerja kita aman dari potensi bahaya yang ditimbulkan oleh masalah listrik. Keselamatan harus selalu menjadi prioritas utama kita.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Penyebab Sekring Listrik Berbunyi & Cara Mengatasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *