Alat Untuk Membersihkan AC

√ Alat Untuk Membersihkan AC, Apa Saja Yang Dibutuhkan?

Posted on

Finoo.id – √ Alat Untuk Membersihkan AC, Apa Saja Yang Dibutuhkan?. Seperti yang sering ditekankan oleh banyak teknisi AC, perawatan rutin sangatlah penting bagi AC. Salah satu bagian dari perawatan ini adalah mencuci AC secara berkala. Biasanya, untuk mencuci AC, pemilik akan menghubungi teknisi atau jasa cuci AC profesional.

Namun, jika kalian ingin melakukan cuci AC sendiri secara rutin di rumah, kalian perlu memiliki peralatan yang tepat. Atau mungkin kalian tertarik untuk menjadi penyedia jasa cuci AC profesional, maka ada beberapa alat yang harus kalian miliki untuk mempermudah pekerjaan kalian.

Apa saja alat yang diperlukan untuk membersihkan AC? Berikut adalah ulasan tentang alat-alat yang diperlukan beserta fungsinya.

Kenapa AC perlu dibersihkan secara rutin?

Ketika suhu udara sangat panas, mungkin kalian lebih memilih menggunakan AC daripada kipas angin. Namun, tidak hanya menggunakan AC, menjaga kebersihan AC di rumah juga sangat penting.

Ini karena AC yang bersih tidak hanya membantu menjaga fungsi dan kinerjanya, tetapi juga memengaruhi kesehatan kalian secara langsung. Jika tidak dirawat secara teratur dan teliti, AC dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman dan debu yang tentunya akan mempengaruhi kebersihan rumah.

Kuman dan debu tersebut kemudian dapat tersebar ke seluruh ruangan dan masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan. Jika pada saat itu sistem kekebalan tubuh sedang lemah, kalian akan lebih rentan terhadap berbagai penyakit.

Beberapa penyakit yang mungkin timbul akibat itu antara lain batuk kronis, hidung tersumbat, mengi, dan iritasi mata. Selain itu, debu yang terus menumpuk di filter AC juga dapat meningkatkan beban kerjanya.

Akibatnya, AC tidak dapat beroperasi dengan optimal dan mengkonsumsi lebih banyak daya listrik. Jika hal ini terjadi, kalian harus siap mengeluarkan uang lebih banyak untuk membayar tagihan listrik.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyarankan setiap pemilik AC untuk membersihkannya secara rutin. Salah satu hal terpenting adalah membersihkan saringan AC, yang sebaiknya dilakukan setidaknya sekali sebulan.

Ini juga termasuk dalam praktik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Namun, jika filter terlihat sudah penuh dengan debu dalam waktu kurang dari sebulan, sebaiknya membersihkannya lebih sering.

Baca Juga :   √ Penyebab Air AC Tidak Keluar dari Selang Yang Tepat

Kenali Tanda-tanda AC Kotor

Tahukah kalian bahwa mencuci AC secara rutin bisa dianggap sebagai bagian dari perilaku hidup bersih dan sehat? Jika kalian telah melakukannya, itu menkaliankan pemahaman kalian akan pentingnya menjaga AC tetap bersih. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mengenali tkalian-tkalian AC yang sudah kotor. Jika kalian menemukan salah satu atau beberapa kondisi berikut pada AC kalian, mungkin sudah waktunya untuk membersihkannya:

  1. Ruangan tidak terasa sejuk meskipun AC sudah dinyalakan: Ini menkaliankan bahwa AC mungkin tidak dapat mendinginkan ruangan dengan efektif karena ada masalah pada sistem pendinginnya, seperti kotoran yang menghalangi aliran udara.
  2. AC mengeluarkan udara hangat daripada udara dingin: Ini menunjukkan bahwa sistem pendinginan AC tidak berfungsi dengan baik, mungkin karena kompresor atau sirkuit pendingin yang kotor atau rusak.
  3. Bau tidak sedap keluar dari AC: Bau yang tidak sedap dapat menkaliankan adanya kuman, jamur, atau kotoran yang terperangkap di dalam unit AC dan perlu dibersihkan dengan cermat.
  4. AC menghasilkan suara bising yang sebelumnya tidak ada: Suara bising yang tidak biasa bisa menjadi tkalian adanya kerusakan pada bagian internal AC, seperti kipas atau kompresor yang terganggu oleh kotoran.
  5. Fitur otomatis mati pada AC tidak berfungsi dengan baik: Jika fitur otomatis pada AC tidak berfungsi dengan baik, bisa jadi karena sensor atau bagian lain yang terganggu oleh kotoran atau kelembaban yang berlebihan.
  6. AC bocor: Kelembaban yang berlebihan atau saluran pembuangan yang tersumbat bisa menyebabkan AC bocor, yang dapat mengakibatkan kerusakan pada perabotan dan lantai di sekitarnya.
  7. Terdapat titik-titik hitam di dalam bukaan AC: Titik-titik hitam ini bisa menjadi tkalian pertumbuhan jamur atau kuman di dalam unit AC, yang perlu segera dibersihkan untuk menjaga kualitas udara di dalam ruangan.

Mengenali tanda-tanda ini dan melakukan pembersihan rutin pada AC dapat membantu menjaga kinerjanya dan kualitas udara di dalam ruangan.

Alat Untuk Membersihkan AC

1. Jet Pump (mesin steam) atau pompa air

Salah satu opsi pertama yang dapat dipertimbangkan untuk mencuci AC di rumah adalah menggunakan jet pump atau mesin uap. Mesin uap dengan tekanan tinggi memungkinkan kalian untuk melakukan pembersihan yang mendalam pada beberapa bagian AC, baik yang berada di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Beberapa komponen yang dapat dibersihkan secara menyeluruh dengan jet pump termasuk evaporator, kipas, filter, kondensor, dan lainnya.

Jika memiliki mesin uap terlalu “berlebihan” bagi kebutuhan kalian, atau mungkin kalian hanya ingin membersihkan AC pribadi di rumah dan bukan untuk keperluan bisnis, maka alternatifnya adalah menggunakan mesin pompa air. Mesin pompa air juga dapat melakukan pembersihan secara efektif, meskipun tekanannya tidak sekuat mesin jet pump.

Baca Juga :   Harga AC Termahal & Keunggulan Kekurangan Terlengkap

Yang terpenting, kalian membutuhkan pasokan air yang cukup untuk digunakan dalam jumlah yang besar selama proses pembersihan.

2. Plastik Cuci AC

Plastik penampung cuci AC, atau penutup cuci AC, berperan penting dalam menampung air saat kalian membersihkan unit AC indoor (di dalam ruangan). Dilengkapi dengan selang berpanjang sekitar 3 meter, alat ini membuat kalian dapat membersihkan AC indoor dengan lebih mudah tanpa harus khawatir air tumpah ke dalam ruangan. Penggunaan alat ini juga mempermudah kalian dalam membersihkan AC indoor tanpa harus melepasnya dari rak atau tempatnya.

Tentunya, jika kalian ingin membersihkan AC tanpa membuat ruangan tergenang air, plastik penampung cuci AC ini sangatlah penting. Bahkan, meskipun kalian tidak menjalankan jasa cuci AC profesional, memiliki alat cuci AC seperti ini akan sangat membantu.

3. Pompa Vakum

Pompa vakum merupakan alat yang sangat berguna dalam proses pemeliharaan AC karena dapat digunakan untuk mengosongkan refrigeran dari sistem pendingin. Dengan demikian, gas-gas yang tidak terkondensasi dengan baik dapat dikeluarkan dari sistem. Gas-gas tersebut dapat berupa udara yang belum mengalami proses kondensasi dengan sempurna, atau bahkan uap air. Dengan menggunakan pompa vakum, setelah proses pembersihan selesai, mesin refrigeran akan dapat beroperasi dengan lebih baik lagi. Pompa vakum memastikan bahwa sistem AC bersih dari udara dan kelembaban berlebih yang dapat mengganggu kinerja sistem pendingin.

4. Clamp Mater

Clamp meter, atau sering disebut juga tang ampere, merupakan alat yang cukup penting untuk dimiliki karena setelah proses pencucian selesai dan kalian memasang kembali AC, kalian perlu mengukur arus dan tegangan yang dihasilkan oleh AC tersebut. Dengan menggunakan clamp meter, kalian dapat melakukan pengukuran dengan mudah dan akurat. Alat ini tidak hanya berguna untuk membersihkan AC, tetapi juga dapat digunakan untuk melakukan pengukuran pada freezer dan kulkas. Dengan demikian, keberadaan clamp meter dalam koleksi alat pembersihan kalian akan sangat membantu dalam menjaga kinerja perangkat pendingin udara dan pendingin lainnya di rumah atau bisnis kalian.

5. Gauge Manifold

Alat ini penting bagi kalian untuk mengukur tekanan freon di dalam AC. Hal ini perlu dilakukan setelah proses pembersihan atau pencucian AC, sebelum kalian kembali menggunakannya. Alat ini berguna saat kalian mengisi ulang freon atau saat hendak menghidupkan AC.

Dengan alat ini, kalian dapat memantau tekanan hisap dan dorongan (suction dan discharge) dari kompresor, serta tekanan di kondensor. Penggunaannya cukup mudah dipahami bahkan bagi pemula yang baru pertama kali menggunakannya.

Baca Juga :   Penyebab Kipas AC Tidak Berputar Dan Cara Mengatasinya

6. Pembengkok dan pemotong pipa

kalian akan membutuhkan pembengkok dan pemotong pipa ketika perlu melakukan pembengkokan atau pemotongan pipa. Pemotongan pipa diperlukan misalnya saat kalian mengganti pipa yang sudah terkikis, terlalu kotor, dan sebagainya. Namun, saat melakukan pemotongan, pastikan kalian mengukur pipa dengan detail.

Pemotong pipa akan memotong pipa tembaga dengan presisi, sementara pembengkok pipa akan membantu kalian untuk membengkokkan pipa tanpa merusaknya atau membuatnya bocor.

Selain pembengkok dan pemotong pipa, sebaiknya kalian juga dilengkapi dengan pinch off piller. Alat terakhir ini berfungsi untuk menghentikan aliran pipa dengan menekannya hingga pipa tertutup rapat tanpa risiko patah atau kebocoran. Alat ini berguna jika kalian perlu menutup jalur pipa tanpa mengalami kerusakan atau kebocoran.

7. Freon

Sebelum kalian memulai proses pencucian AC, pastikan untuk mempersiapkan freon terlebih dahulu. Kadang-kadang, selama proses pencucian, kalian mungkin menemukan bahwa tingkat freon dalam AC sudah menurun. Hal ini bisa kalian tangani dengan mengisi ulang freon. Namun, perlu diingat bahwa freon terdiri dari berbagai jenis, jadi kalian harus memastikan untuk menggunakan jenis freon yang sesuai dengan yang sebelumnya digunakan oleh AC kalian. Dengan menggunakan freon yang tepat, kalian dapat memastikan kinerja AC tetap optimal setelah proses pembersihan selesai.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan beragam alat yang tersedia untuk membersihkan AC, kalian dapat dengan mudah menjaga kesejukan dan kualitas udara di rumah atau kantor kalian.

Dari jet pump hingga pompa vakum, setiap alat memiliki peran penting dalam menjaga kinerja optimal AC kalian. Dengan menggunakan alat yang sesuai dan melakukan perawatan secara teratur, kalian dapat memastikan AC tetap bersih dan efisien dalam menyediakan udara yang sejuk dan segar.

Jangan lupakan pentingnya pemahaman tentang berbagai tkalian AC kotor dan kebutuhan akan freon yang cukup sebelum melakukan pembersihan.

Demikianlah artikel finoo.id yanag membahas tentang √ Alat Untuk Membersihkan AC, Apa Saja Yang Dibutuhkan?. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *