Apa Itu Pergola

√ Apa Itu Pergola? Fungsi, Jenis dan Cara Merawatnya

Posted on

Finoo.id – √ Apa Itu Pergola? Fungsi, Jenis dan Cara Merawatnya. Saat keluarga berkumpul—baik untuk merayakan hari istimewa atau dalam pertemuan rutin bulanan—sering kali kita berkumpul di dalam ruangan atau di tempat makan. Hal ini tentu menyenangkan karena kita bisa bertemu dengan anggota keluarga yang mungkin sudah lama tidak bersua. Namun, apakah tidak terasa monoton jika selalu berkumpul di dalam ruangan atau di tempat makan?

Untuk menghindari kebosanan saat berkumpul, kita bisa mempertimbangkan untuk membangun sebuah pergola di halaman depan atau belakang rumah—apabila masih ada ruang yang tersedia. Dengan begitu, momen berkumpul keluarga akan terasa lebih menyenangkan karena dilakukan di luar ruangan. Tapi, apa sebenarnya pergola itu? Temukan penjelasan lebih lengkapnya dalam artikel berikut:

Apa Itu Pergola?

Asal-usul kata “pergola” berasal dari bahasa Latin, yaitu “pergula” yang mengacu pada atap yang menonjol. Dalam dunia arsitektur, pergola adalah struktur luar ruangan yang terdiri dari kolom-kolom yang menopang kisi-kisi atap dari balok dan kasau.

Fungsinya utama adalah sebagai peneduh atau pelindung dari panas dan terik sinar matahari. Meskipun banyak yang menganggap pergola mirip dengan gazebo atau kanopi, sebenarnya ketiganya memiliki perbedaan yang mencolok.

Pergola tidak memiliki lantai seperti gazebo yang didesain untuk bersantai. Dan berbeda dengan kanopi yang biasanya terbuat dari bahan plastik polimer (polycarbonate).

Konstruksi pergola cenderung sederhana, terbuat dari kayu, fiberglass, atau pipa logam, dengan bagian atapnya biasanya dililit atau ditutupi oleh tanaman rambat. Penghuni dapat memilih berbagai jenis tanaman rambat untuk menutupi pergola sesuai keinginan.

Tanaman rambat tumbuh di sekitar pergola, memberikan lebih banyak naungan dan penutup pada struktur, selain dari fungsi utamanya sebagai pelindung dari sinar matahari. Sehingga, pergola tidak hanya memberikan kesegaran dan kehijauan, namun juga memberikan kesan yang lebih sejuk.

Meskipun demikian, pergola tidak dapat memberikan perlindungan dari hujan karena atapnya terdiri dari tumbuhan hidup.

Fungsi Pergola

Di bawah ini, kita akan membahas beragam fungsi pergola yang sedang populer saat ini:

1. Pencahayaan Alami yang Teduh

Salah satu fungsi utama pergola adalah menyediakan pencahayaan alami yang teduh. Dengan atap terbuka yang didukung oleh balok-balok melintang, pergola memberikan bayangan yang nyaman dan melindungi dari sinar matahari langsung. Hal ini menjadikan pergola sebagai tempat yang ideal untuk bersantai, membaca, atau menikmati waktu di luar ruangan tanpa perlu khawatir tentang terpapar sinar matahari secara berlebihan.

2. Tempat Berteduh

Selain sebagai peneduh dari sinar matahari, pergola juga berfungsi sebagai tempat berteduh dari cuaca panas dan hujan ringan. Dengan penambahan kain atau atap yang tahan air, pergola dapat memberikan perlindungan dari hujan, menjadikannya tetap nyaman digunakan meskipun cuaca buruk.

Baca Juga :   √ Apa itu Secondary Skin? Serta Fungsinya Untuk Bangunan

3. Mendukung Tanaman Rambat

Pergola sering dimanfaatkan untuk mendukung pertumbuhan tanaman merambat seperti anggur, bunga wisteria, atau tanaman merambat lainnya. Tanaman-tanaman ini tumbuh dan menjalar di atas balok-balok pergola, menciptakan dinding hijau yang indah sekaligus memberikan tambahan bayangan alami.

4. Menyediakan Ruang untuk Bersantai

Pergola juga dapat dijadikan tempat untuk berbagai kegiatan khusus, seperti ruang bermain anak-anak, area latihan fisik, atau tempat yoga. Fleksibilitas dalam desain dan penggunaan pergola memungkinkannya disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pemilik properti.

Kemampuan pergola untuk menyediakan area teduh dan perlindungan dari cuaca menjadikannya pilihan ideal untuk meningkatkan kualitas hidup dan menciptakan lingkungan luar ruangan yang menarik dan nyaman.

Jenis-jenis Pergola

Pergola dapat dibuat dari berbagai bahan, seperti kayu cedar, jati, aluminium, atau bahkan vinil. Gaya pergola dapat bervariasi tergantung pada ketersediaan ruang, anggaran, dan gaya desain pemilik rumah. Bagi yang memperhatikan anggaran dan praktis, tersedia pilihan perlengkapan pergola yang dapat dipasang sendiri (DIY) yang mudah dan bermanfaat. Namun sebelum itu, kalian perlu memutuskan jenis pergola mana yang cocok untuk rumah kalian.

1. Pergola Kayu

Pergola kayu menawarkan fleksibilitas yang besar untuk disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Kayu adalah bahan yang relatif terjangkau dan mudah diolah, serta dapat dengan mudah diwarnai sesuai selera kalian. Meskipun warnanya mungkin berubah seiring berjalannya waktu karena paparan elemen-elemen alam, pergola kayu dapat dengan mudah diperbarui dengan pemakaian ulang cat atau pengolesan ulang untuk menjaga penampilannya yang indah.

2. Pergola Vinyl

Pergola vinyl mungkin lebih mahal daripada pergola kayu, tetapi memiliki keunggulan tertentu. Mereka tidak rentan terhadap serangan serangga, jamur, atau pembusukan kayu, membuatnya menjadi pilihan yang tahan lama dalam menghadapi elemen luar ruangan yang keras. Namun, salah satu kelemahan utama pergola vinyl adalah bahwa mereka tidak bisa diwarnai seperti pergola kayu. Artinya, jika kalian ingin mengubah skema warna pergola, kalian akan terbatas pada warna aslinya dan tidak dapat melakukan pengecatan ulang. Meskipun demikian, ketahanannya terhadap kerusakan alam membuatnya menjadi investasi yang baik dalam jangka panjang.

3. Pergola Aluminium

Pergola aluminium menawarkan kombinasi kekuatan dan kesan estetika yang ramping. Struktur logam ini biasanya digunakan dalam desain carport minimalis dan modern, memberikan tampilan yang elegan dan bersih. Meskipun terbuat dari bahan logam, pergola aluminium seringkali memiliki harga yang terjangkau, sehingga menjadi pilihan yang populer untuk meningkatkan tampilan luar ruangan tanpa harus menghabiskan banyak biaya.

Keunggulan lainnya dari pergola aluminium adalah kemampuannya untuk memberikan kesan kelas atas yang menarik. Pergola ini memberikan sentuhan modern dan stylish pada ruang luar kalian, membuatnya terlihat lebih eksklusif dan mewah.

Pergola aluminium juga sering dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti penutup atap yang dapat dibuka. Fitur ini sangat ideal untuk digunakan di atas kolam renang atau di area furnitur luar ruangan, memungkinkan kalian untuk mengatur cahaya matahari dan ventilasi sesuai keinginan kalian.

Baca Juga :   Pengertian Maket: Fungsi, Bahan dan Cara Membuatnya Lengkap

Perbedaan Pergola dengan Gazebo

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa pergola dan gazebo adalah istilah yang sama, terutama karena keduanya berfungsi sebagai area outdoor yang dapat mempercantik rumah.

Namun, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang signifikan, baik dari segi fungsi maupun konstruksi. Perbedaan yang paling mencolok terletak pada fungsinya; gazebo umumnya dilengkapi dengan lantai sehingga cocok untuk digunakan sebagai tempat bersantai, sedangkan pergola tidak memiliki lantai.

Dari segi struktur, pergola juga cenderung lebih sederhana daripada gazebo. Gazebo biasanya memiliki bentuk heksagonal, bulat, atau kotak, dengan lantai dan atap permanen, menjadikannya lebih cocok sebagai tempat bersantai. Sementara itu, pergola memiliki bentuk kotak dengan sudut-sudut yang tegas, tanpa atap permanen dan lantai.

Perbedaan lainnya terletak pada material yang digunakan. Meskipun keduanya dapat terbuat dari kayu atau bambu, atap pergola biasanya menggunakan material yang lebih sederhana seperti tiang besi. Selain itu, gazebo biasanya berdiri sendiri tanpa terhubung dengan bangunan atau struktur lainnya, sementara pergola seringkali melekat pada fasad, dinding, atau pagar.

Akibat perbedaan-perbedaan ini, biaya pembangunan gazebo cenderung lebih tinggi daripada pergola karena struktur dan fiturnya yang lebih kompleks.

Tips Menghadirkan Pergola di Rumah

Sebelum kalian memutuskan untuk memiliki pergola di rumah, ada beberapa tips yang perlu kalian ketahui:

1. Desain Atap

Pemilihan desain atap merupakan hal yang penting karena akan memengaruhi penempatan tanaman merambat yang akan digunakan. kalian dapat memilih dari berbagai macam desain atap untuk pergola yang bisa disesuaikan sesuai dengan keinginan kalian.

Hindari menempatkan tanaman merambat secara langsung di atas atap jenis UV roof karena dapat menyerap panas dan mengakibatkan tanaman merambat menjadi mati. Sebagai alternatif, kalian dapat membuat dudukan kayu, reng, atau kasau di atas atap UV roof sebagai tempat untuk merambatkan tanaman. Dengan cara ini, tanaman dapat tumbuh dengan baik dan tetap sehat.

2. Ukuran

Aspek berikutnya yang harus kalian pertimbangkan saat ingin menghadirkan fitur pergola adalah luasnya area yang tersedia. Jika ruang terbatas, kalian dapat mempertimbangkan untuk menempatkan pergola secara bersambung dengan bangunan rumah, misalnya di dekat gerbang. Dengan cara ini, area tersebut dapat dimanfaatkan sebagai teras atau carport. Namun, jika kalian memiliki lahan yang luas, kalian dapat menempatkan pergola secara terpisah di tengah halaman atau bahkan membuat area tersendiri yang khusus untuk pergola.

3. Fitur Tambahan pada Pergola

Pergola sering kali dipasangkan dengan meja makan di luar ruangan untuk menjadi penentu area makan. Hal ini memungkinkan kalian untuk menciptakan ruang makan yang terhubung langsung dengan halaman. Dengan kemampuannya dalam menciptakan keteduhan dan melindungi dari angin, pergola menciptakan lingkungan yang nyaman untuk menikmati makan di luar ruangan. Dengan demikian, area ini dapat meningkatkan keseluruhan pengalaman makan di luar ruangan menjadi lebih menyenangkan. Jika kalian ingin menambahkan sentuhan lebih, kalian juga dapat memasukkan fitur api atau fitur air ke dalam area tersebut, sehingga akan meningkatkan penggunaan dan pengalaman secara keseluruhan.

4. Pemilihan Material

Biasanya, pergola dibuat dari kayu atau bambu, terutama untuk menciptakan nuansa alami yang sesuai dengan area taman hijau. Penting untuk memilih jenis kayu yang berkualitas tinggi dengan karakter keras dan tahan terhadap cuaca, seperti merbau, ulin, atau mahoni, agar pergola dapat bertahan lama dan kokoh. Selain menggunakan kayu, alternatif lain adalah menggunakan besi baja dengan penutup celah berbahan fiber atau kaca.

Baca Juga :   √ Apa Itu Arsitektur Dekonstruksi? Berikut Penjelasanya

Cara Merawat dan Memelihara Pergola

Untuk merawat dan memelihara pergola, perawatan rutin sangatlah penting. Langkah-langkah perawatan ini meliputi membersihkan debu dan kotoran secara teratur menggunakan sapu atau kuas lembut, serta mencuci permukaan pergola dengan air sabun hangat untuk menghilangkan noda dan kotoran yang menempel.

Selain itu, membersihkan tanaman merambat secara teratur juga penting untuk menjaga keindahan dan kesehatan pergola. Periksa juga sambungan dan baut secara berkala guna memastikan kekokohan struktur.

Perlindungan dari cuaca juga merupakan aspek yang sangat penting dalam perawatan pergola. Jika pergola terbuat dari kayu, pengecatan atau pelapisan ulang dengan cat atau pelindung kayu dapat melindungi kayu dari kerusakan akibat sinar UV dan kelembaban.

Sementara itu, untuk pergola yang terbuat dari logam atau baja, perlindungan dari karat dengan menggunakan lapisan pelindung atau cat anti karat akan memperpanjang umur pergola. Memantau kondisi pergola secara rutin juga penting, terutama setelah cuaca ekstrem, untuk memastikan tidak ada kerusakan yang memerlukan perbaikan segera.

Dengan melakukan perawatan rutin dan memberikan perlindungan yang tepat, pergola dapat tetap kokoh dan tetap mempertahankan keindahannya dalam jangka panjang.

BACA JUGA :

Penutup

Dalam dunia arsitektur dan desain lansekap, istilah “pergola” telah menjadi sebuah konsep yang dikenal luas. Namun, apa sebenarnya pergola itu?

Pergola merupakan struktur luar ruangan yang terdiri dari rangka yang didukung oleh kolom-kolom, biasanya terbuat dari kayu, logam, atau bambu.

Atapnya terbuka, terdiri dari balok-balok atau kasau yang saling terhubung, membentuk kisi-kisi. Fungsi utamanya adalah sebagai peneduh atau pelindung dari sinar matahari, namun juga memberikan sentuhan estetika yang elegan pada ruang luar.

Selain itu, pergola juga sering dijadikan sebagai tempat untuk merambatkan tanaman, seperti anggur, bunga wisteria, atau tanaman rambat lainnya.

Hal ini tidak hanya menambah keindahan visual, tetapi juga memberikan kesan alami dan menyegarkan pada lingkungan sekitar.

Dengan kesederhanaannya yang indah dan fleksibilitasnya dalam desain, pergola telah menjadi pilihan yang populer untuk meningkatkan nilai estetika dan kenyamanan dalam ruang luar.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Apa Itu Pergola? Fungsi, Jenis dan Cara Merawatnya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *