Cara Menghidupkan TV Polytron

Cara Menghidupkan TV Polytron Dengan Maupun Tanpa Tombol

Posted on

Finoo.id – Cara Menghidupkan TV Polytron Dengan Maupun Tanpa Tombol. Televisi LED menjadi pilihan yang semakin populer untuk unit seri LED, terutama karena siaran digital yang menawarkan gambar yang lebih jernih dan bebas noise. Beberapa produsen TV LED bahkan sudah menyediakan tuner digital bawaan, sehingga pengguna bisa menikmati siaran yang jernih tanpa perlu membeli set top box DVB-T2 terpisah.

Merek Polytron adalah pilihan yang populer bagi konsumen dengan anggaran terbatas. Polytron menawarkan produk dengan desain ramping dan spesifikasi lengkap.

Kami juga telah merangkum panduan tentang cara menghidupkan TV Polytron tanpa remote dalam situasi darurat, sehingga pemula dapat menyelesaikan beberapa masalah ringan sendiri tanpa perlu bantuan teknisi.

Fungsi Remote TV Polytron

Remote kontrol merupakan suatu perangkat ajaib yang memiliki peran penting sebagai pelengkap pada perangkat elektronik lainnya. Bentuknya persegi panjang dengan desain kecil dan biasanya disertakan secara gratis saat pembelian TV Polytron.

Berikut adalah beberapa fungsi utama dari remote kontrol TV Polytron:

1. Mengoperasikan Televisi

Harap diingat bahwa remote kontrol TV LED terdiri dari tiga bagian utama, yaitu tombol, papan sirkuit, dan transmitter. Ketiganya membentuk sistem yang bekerja sama untuk mengontrol perangkat elektronik lainnya.

Fungsi utama remote kontrol adalah mengoperasikan semua fitur pada unit televisi Polytron melalui tombol yang tersedia. Sebagai pengguna, penting untuk memahami arti dari setiap simbol yang tertera pada perangkat tersebut.

2. Memudahkan Pengguna

Di masa lalu, TV tabung hanya dapat dioperasikan secara manual dengan beberapa tombol yang terletak di dekat layar. Pengguna harus berdiri dari tempat duduk untuk menggunakan beberapa fitur, seperti mengatur channel.

Namun, keterbatasan operasional tersebut telah dihilangkan sejak hadirnya remote kontrol yang memberikan kemudahan. Dengan remote kontrol, pengguna dapat mengoperasikan TV Polytron dengan mudah hanya dengan menekan tombol, sehingga pengalaman menonton menjadi lebih sederhana dan nyaman di genggaman tangan.

Cara Menghidupkan TV Polytron

Bagi pemilik TV Polytron yang selalu mengoperasikan fitur-fitur produknya melalui remote kontrol, tidak dapat dihindari bahwa remote tersebut akan mengalami kerusakan, terutama jika sudah digunakan secara rutin dalam jangka waktu yang lama.

Kerusakan pada remote kontrol tersebut dapat mengakibatkan pengoperasian TV menjadi tidak lancar dan mengganggu kenyamanan selama menonton siaran. Namun, dalam situasi seperti ini, pengguna masih bisa mengakses fitur TV secara manual, seperti menyalakan TV Polytron.

Ada dua cara atau metode untuk menyalakan TV Polytron, yaitu menggunakan remote kontrol dan tombol yang terdapat pada unit TV.

1. Hidupkan TV Polytron Tanpa Remot

Cara pertama yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan tombol yang terdapat pada unit TV. Hal ini sering dilakukan oleh para pengguna TV Polytron yang mengalami kerusakan pada remote kontrol bawaan namun belum membeli atau mengganti dengan remote yang baru. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pastikan kabel daya telah terhubung ke stop kontak atau sumber listrik yang tersedia.
  • Perhatikan seluruh permukaan bodi TV Polytron untuk mencari tombol operasional manual.
  • Tekan tombol power untuk menghidupkan TV Polytron.
  • Tunggu sejenak hingga layar menampilkan channel.
  • Setelah itu, TV berhasil dihidupkan dan tinggal menonton acara TV.

Catatan: Harap diingat bahwa tombol manual dapat berbeda pada setiap seri atau tipe TV Polytron. Oleh karena itu, untuk penggunaan TV yang baru, disarankan untuk merujuk pada buku petunjuk yang lebih detail yang terdapat pada buku manual resmi.

2. Hidupkan TV Polytron Dengan Remot

Jika remote kontrol asli mengalami kerusakan dan tombolnya tidak berfungsi dengan baik karena penggunaan yang lama, maka dapat diganti dengan remote kontrol baru untuk menghidupkan TV Polytron. Ada dua pilihan dalam penggantian remote kontrol, yaitu dengan remote kontrol asli atau remote kontrol multi yang perlu memasukkan kode remote kontrol TV Polytron terlebih dahulu.

Namun, cara ini hanya dapat digunakan jika TV Polytron sudah dalam keadaan standby atau belum terhubung ke sumber listrik. Bagaimana cara menghidupkannya? Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan remote kontrol TV Polytron yang baru.
  • Tekan tombol “Power”.
  • TV Polytron akan menyala secara otomatis.

Catatan: Tombol power pada umumnya terletak di bagian atas pada unit remote kontrol dan biasanya berwarna merah.

3. Hidupkan Unit TV Lewat Ponsel

Jika kalian belum dapat membeli remote kontrol baru untuk TV Polytron karena beberapa alasan, kalian dapat memanfaatkan ponsel atau smartphone kalian untuk menghidupkan atau mematikan unit TV Polytron. Bagaimana cara melakukannya? Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan smartphone kalian.
  • Buka Google Play Store (untuk Android) dan instal aplikasi Mi Remote.
  • Setelah terinstal, buka aplikasinya.
  • Aplikasi akan menampilkan tampilan untuk proses pairing dengan TV Polytron.
  • Lakukan sinkronisasi antara kedua perangkat elektronik tersebut.
  • Setelah penghubungan selesai, aplikasi akan menampilkan remote kontrol digital.
  • Tekan tombol “On” untuk menghidupkan TV Polytron.
  • Selain menghidupkan TV, kalian juga dapat mengakses fitur lainnya melalui aplikasi ini.

Cara Menghidupkan Wifi di TV Polytron

Jika ingin mengaktifkan Wi-Fi pada TV Polytron, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan tombol HOME pada remote kontrol TV.
  2. Pilih opsi “Pengaturan” atau “Settings”.
  3. Pilih “Jaringan”.
  4. Pilih “Wi-Fi Direct”.
  5. Pilih opsi “On”.
  6. Pilih nama TV yang muncul dengan perangkat Wi-Fi Direct.
  7. TV Polytron akan terhubung secara otomatis dan Wi-Fi akan segera aktif.

Cara Menghidupkan Suara TV LED Polytron

Jika ingin menghidupkan suara pada TV LED Polytron, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ambil remote kontrol TV LED Polytron yang kalian miliki.
  2. Tekan tombol “Menu” pada remote kontrol TV.
  3. Akan muncul beberapa pilihan mode suara, seperti 120Hz, 500Hz, 1.5KHz, 10KHz, serta -keseimbangan dan AVL.
  4. Pilih mode suara sesuai dengan yang kalian inginkan.
  5. Suara akan menyala secara otomatis setelah memilih mode yang diinginkan.

Penyebab TV Polytron Tidak Bisa Nyala

Alasan mengapa TV Polytron LED tidak dapat dinyalakan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Kerusakan Bord

Jika terjadi kerusakan pada board TV, kalian dapat mencoba untuk menekan tombol “On” beberapa kali untuk mengatasi masalah tersebut. Jika berhasil, TV akan dapat menyala kembali dengan normal. Ciri-ciri kerusakan pada board TV adalah munculnya kedipan pada layar televisi.

2. Kerusakan pada Eeprom

Penyebab lainnya adalah kerusakan pada EEPROM atau data yang korup. Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan flashing atau penggantian firmware yang sesuai dengan tipe televisi yang digunakan.

3. Kerusakan pada Elco Power Supply

Penyebab terakhir adalah kerusakan pada elko power supply. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan penggantian elko power supply yang rusak.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa cara menghidupkan TV Polytron yang bisa kalian terapkan dengan mudah di rumah.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, kalian bisa menikmati program televisi favorit kalian tanpa masalah.

Jangan lupa untuk memperhatikan petunjuk penggunaan yang terdapat pada buku manual TV Polytron kalian untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *