Cara Menonton YouTube Di TV LG

Cara Menonton YouTube Di TV LG Semua Tipe Dengan Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Menonton YouTube Di TV LG Semua Tipe Dengan Mudah. Aktivitas menonton YouTube memang paling nyaman jika dilakukan dengan menggunakan televisi yang memiliki layar yang cukup besar. Hal ini berbeda dengan ponsel atau laptop yang memiliki keterbatasan dalam dimensi layarnya.

YouTube adalah platform berbagi video terpopuler di dunia dengan ribuan jam tayangan setiap harinya. LG Electronics menghadirkan unit smart TV untuk memenuhi kebutuhan menonton online Anda.

Bahkan, TV LG biasa dengan teknologi LED juga dapat terhubung ke YouTube melalui beberapa metode yang sangat sederhana. Dengan ini, Anda dapat mengoptimalkan fungsi televisi untuk menikmati konten multimedia.

Namun, pada kenyataannya, banyak orang yang masih kesulitan untuk mengetahui cara menonton YouTube di TV LG. Terutama bagi pemula yang baru pertama kali membeli produk, mereka memerlukan sedikit penyesuaian.

Perbedaan TV Digital dan Smart TV

Tidak benar anggapan bahwa TV digital sama dengan smart TV. Kenyataannya, TV digital merupakan produk baru yang diperkenalkan belakangan ini, sementara smart TV telah ada sebelumnya. Meskipun keduanya memiliki tampilan yang serupa, namun sebenarnya terdapat perbedaan di antara keduanya yang tidak diketahui oleh semua orang. Berikut adalah ulasan mengenai perbedaan TV digital dan smart TV.

1. Sinyal yang Digunakan

Perbedaan pertama antara TV digital dan smart TV dapat dilihat dari sinyal yang digunakan. TV digital menggunakan sinyal digital yang memungkinkan sinyal sampai ke titik terjauh. Sedangkan smart TV menggunakan sinyal analog atau koneksi internet. Namun, perlu diketahui bahwa ada juga smart TV yang termasuk dalam kategori TV analog.

Oleh karena itu, penggunaan smart TV tidak selalu sama dengan TV digital. Dalam beberapa kasus, perangkat set top box perlu digunakan jika pengguna ingin menikmati tayangan TV digital pada TV analog yang tidak perlu diganti.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Warna TV LG Agar Menjadi Normal Paling Tepat

2. Koneksi Internet

Ternyata, salah satu perbedaan antara TV digital dan smart TV adalah penggunaan koneksi internet. Biasanya, TV digital tidak memerlukan koneksi internet untuk menemukan saluran tertentu.

Namun, smart TV membutuhkan koneksi internet untuk menemukan berbagai stasiun TV. Karena menggunakan koneksi internet, jangkauan saluran TV pada smart TV lebih luas, tidak hanya terbatas pada saluran TV lokal. Ada juga stasiun TV internasional atau luar negeri yang dapat ditemukan pada smart TV.

3. Pemakaian Antena

Perlu diketahui bahwa antena yang digunakan pada TV digital biasanya berjenis dalam, sedangkan antena smart TV menggunakan parabola, baik itu yang dipasang di dalam atau di luar rumah. Hal ini memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk memilih antena yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. Jenis TV

Sebagian besar TV digital pada umumnya juga merupakan smart TV, karena teknologi yang digunakan juga sama-sama terbaru. Bahkan, beberapa TV digital sudah termasuk dalam kategori smart TV yang memiliki teknologi yang sangat canggih. Namun, tidak semua smart TV merupakan TV digital karena ada beberapa jenis yang sudah lama keluar. Oleh karena itu, sebagian smart TV termasuk dalam kategori TV digital.

5. Fitur Pendukung

Pada TV digital, terdapat fitur pendukung yang khas yaitu DTV atau pencarian siaran digital. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari channel TV digital tanpa perlu menggunakan set top box sebagai alat bantu untuk mengkonversi suara dan gambar ke TV digital. Namun, tidak semua smart TV merupakan TV digital, sehingga tidak semua smart TV dilengkapi dengan fitur pencarian siaran digital.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika beberapa orang yang menggunakan smart TV tanpa mengandalkan koneksi internet membutuhkan set top box untuk menangkap sinyal digital dan menyiarkannya pada TV.

Cara Menonton YouTube di TV LG Biasa

Jangan menganggap sepele bahwa TV LG biasa tidak bisa terhubung ke internet untuk menikmati berbagai konten multimedia. Faktanya, dengan sedikit usaha, Anda bisa mengakses platform seperti YouTube dengan mudah.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki TV LG Tidak Ada Suara Paling Simpel

Berikut adalah beberapa metode untuk menghubungkan TV LG ke YouTube:

1. Menggunakan Anycast

Anycast adalah perangkat penerima sinyal WiFi berbentuk Dongle HDMI yang memungkinkan kamu menonton YouTube di TV LG biasa. Berikut ini adalah panduan lengkapnya:

  • Siapkan satu unit Anycast atau merek sejenis.
  • Nyalakan TV LG dengan menggunakan tombol power di remot.
  • Tancapkan Anycast ke port HDMI di belakang TV LG.
  • Sambungkan kabel data sebagai power dari port USB TV ke port microusb Anycast.
  • Biarkan beberapa saat hingga TV LG mendeteksi masukan eksternal.
  • Install aplikasi Anycast pada smartphone melalui Google Play Store.
  • Koneksikan TV LG dengan smartphone melalui Anycast.
  • Setelah terhubung, tampilan ponsel akan muncul di layar TV LG.
  • Silahkan membuka dan menonton YouTube.

2. Menggunakan kabel MHL

Ada metode sederhana dan ekonomis untuk menghubungkan HP ke TV LG tanpa menggunakan WiFi yaitu dengan memanfaatkan kabel MHL. Dengan cara ini, kamu tetap bisa menonton YouTube meskipun televisi tidak memiliki koneksi WiFi.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan kabel MHL dan pastikan ponsel mendukung koneksi MHL.
  • Sediakan kabel HDMI yang cukup panjang jika memungkinkan.
  • Nyalakan TV LG dengan menggunakan tombol power pada remote.
  • Tancapkan ujung kabel HDMI ke port kabel MHL.
  • Hubungkan ponsel ke port MHL converter.
  • Tunggu hingga TV LG mendeteksi masukan eksternal.
  • Saat terkoneksi, tampilan HP akan muncul di televisi.
  • Buka aplikasi YouTube dari ponsel dan tonton video yang diinginkan.

3. Menggunakan kabel HDMI

TV LG berjenis LED biasa dapat dihubungkan dengan laptop melalui kabel HDMI, sangat membantu untuk berbagai keperluan termasuk menonton YouTube.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan laptop merek apapun dan satu kabel HDMI.
  • Nyalakan perangkat melalui tombol remote TV LG.
  • Sambungkan laptop dengan TV LG menggunakan kabel HDMI.
  • Hidupkan laptop dan tunggu sampai televisi mendeteksi masukan eksternal.
  • Aktifkan screen mirror dengan menekan salah satu tombol keyboard di laptop.
  • Tampilan laptop akan secara otomatis berpindah ke TV LG.
  • Buka browser favorit kamu dan buka situs YouTube untuk menonton.
  • Pastikan kabel HDMI terhubung ke port yang tersedia di belakang TV.
Baca Juga :   Gejala Kerusakan TV Polytron Slim Serta Penyebab & Solusinya

Cara Menonton YouTube di Smart TV LG

Smart TV adalah produk canggih yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi tertentu dan WiFi receiver, memudahkan pengguna untuk terkoneksi dengan jaringan internet tanpa peralatan tambahan.

Berikut adalah cara menonton YouTube di Smart TV LG yang cukup mudah:

  • Aktifkan hotspot dari smartphone kamu dengan sandi berupa angka saja.
  • Nyalakan Smart TV LG melalui remote kontrol dan tekan tombol Home untuk masuk ke pengaturan.
  • Masuk ke menu koneksi lalu pilih nama WiFi yang tertera pada ponsel.
  • Setelah terhubung, masuk ke dashboard Smart TV LG.
  • Buka aplikasi YouTube dan silahkan menonton video sesuai selera.
  • Kecepatan streaming video YouTube tergantung pada provider selular dan kondisi jaringan di tempat kamu. Jika koneksi gagal, matikan Smart TV LG dan ulangi langkah untuk menyambungkan ke WiFi.

Produk-produk modern saat ini umumnya dilengkapi dengan tipe Smart TV yang menawarkan keunggulan tersendiri. Banyak orang mulai tertarik dan beralih dari TV berjenis LED biasa ke model terbaru agar dapat terhubung dengan internet.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang mengulas beberapa tentang langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menonton Youtube di TV LG Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menikmati konten Youtube dengan tampilan layar yang lebih besar dan nyaman. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *