Cara Reset Remote AC Panasonic

Cara Reset Remote AC Panasonic Mudah & Praktis

Posted on

Finoo.id – Cara Reset Remote AC Panasonic Mudah & Praktis. Masyarakat di kota-kota besar harus bisa menyesuaikan diri dengan cuaca yang panas saat mereka beraktivitas. Untuk mengatasi kepanasan dan rasa gerah, banyak dari mereka yang memasang AC di rumah atau tempat kerja.

Melihat peluang ini, Panasonic Indonesia telah merilis beberapa varian AC Split berkualitas dengan harga yang terjangkau. Tidak mengherankan bahwa banyak orang tertarik untuk membeli salah satu jenis AC Panasonic setelah membandingkannya dengan merek lain.

Meskipun AC Panasonic terkenal awet, namun tetap harus rutin dirawat agar kinerjanya tetap terjaga. Terkadang, setelah penggunaan dalam jangka waktu yang lama, mungkin terjadi beberapa error pada unit yang membutuhkan reset.

Oleh karena itu, kami telah merangkum panduan yang berisi cara reset remote AC Panasonic yang paling mudah untuk semua tipe. Panduan ini akan sangat membantu para pemilik unit dalam mengatasi kendala ringan tanpa harus mengkalianlkan bantuan teknisi.

Apa Itu Remote AC?

Remote AC merupakan perangkat yang telah tersedia pada unit pendingin ruangan dan berfungsi sebagai penghubung antara pemilik dan unit pendingin ruangan tersebut. Dengan menggunakan remote AC, kita dapat mengatur suhu dan mode pada AC. Singkatnya, remote AC berguna untuk memberikan perintah yang sesuai dengan keinginan kita, yang kemudian akan disampaikan ke unit AC melalui gelombang sensor.

Pada umumnya, remote AC sudah termasuk dalam paket pembelian saat kita membeli unit pendingin ruangan. Oleh karena itu, kita tidak perlu membeli remote AC secara terpisah. Untuk menggunakannya, remote AC membutuhkan daya dari baterai yang dipasang di bagian belakang remote. Meskipun jenis-jenis AC yang berbeda-beda memiliki remote AC yang berbeda, namun pada umumnya, mereka memiliki fitur-fitur yang sama seperti pengaturan suhu, mode pendinginan, swing, dan kecepatan kipas AC yang diinginkan.

Baca Juga :   Arti Simbol Remote AC Mitsubishi Paling Lengkap

Namun, jika terjadi gangguan atau kerusakan pada remote AC, maka kita tidak dapat menggunakan AC secara optimal. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memeriksa dan merawat remote AC secara teratur agar AC dapat berfungsi dengan baik dan benar.

Penyebab Remote AC Tidak Befungsi

Ternyata, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan remote AC tidak berfungsi dengan baik. Apakah kamu sudah mengetahuinya?

1. Baterai pada remote AC habis

Meskipun sepele, namun sering terlupakan oleh banyak orang bahwa remote AC menggunakan baterai sebagai sumber dayanya. Salah satu tkalian-tkalian bahwa baterai remote AC habis adalah ketika layar pada remote AC menjadi redup, berkedip-kedip tidak konsisten, atau bahkan mati total. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengingat dan memeriksa kapan terakhir kali kita mengganti baterai remote AC kita.

2. Inframerah Pada Remote Rusak

Jika kamu sudah mengganti baterai remote AC namun tetap tidak berfungsi, maka kemungkinan besar terdapat kerusakan pada remote AC tersebut. Salah satu tkalian kerusakan adalah ketika lampu LED pada remote AC tidak menyala setelah baterai diganti. Kerusakan pada fungsi inframerah yang tidak dapat menerima atau mengirim data juga dapat menjadi penyebab remote AC tidak dapat digunakan. Jika masalahnya seperti ini, maka solusinya adalah dengan membeli remote AC yang baru agar pendingin ruangan bisa digunakan kembali.

3. Sensor AC bermasalah

Sebelum menyalahkan remote AC yang kamu curigai rusak, penting untuk memeriksa kondisi AC kamu terlebih dahulu. Kemungkinan ada gangguan yang terjadi pada AC. Salah satu masalah yang dapat terjadi pada AC adalah kerusakan pada sensornya. Penyebab kerusakan tersebut bisa beragam, seperti sensornya terkena air selama pendinginan, socket sensor yang kendor, debu yang menempel pada socket, atau usia pemakaian yang sudah cukup lama. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa bagian AC terutama sensornya sebelum menyimpulkan bahwa remote AC kamu rusak.

Baca Juga :   Penyebab AC Tidak Bisa Dimatikan Dengan Remote Paling Mudah

Cara Reset Remote AC Panasonic

Masalah terkait remote AC memang tampaknya tak ada habisnya, karena alat ini selalu digunakan saat mengoperasikan unit indoor. Hal ini menjadi alasan utama mengapa remote AC rentan mengalami kerusakan ringan maupun berat.

Mungkin, kamu sering mengubah pengaturan remote atau tidak sengaja menekan tombol sembarangan. Akibatnya, akses terkunci, tidak sinkron, bahkan terjadi error, sehingga perlu dilakukan proses reset agar remote AC kembali normal.

Berikut ini adalah cara reset remote AC Panasonic yang paling mudah:

1. Hentikan Operasional AC

Proses reset remote kontrol ternyata cukup mudah, namun kamu harus memastikan untuk menghentikan operasional AC terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya risiko yang tidak diinginkan. Caranya adalah dengan menekan tombol power pada remote untuk mematikan unit indoor.

2. Akses Tombol Setel Ulang

Umumnya, pabrikan menyediakan fitur khusus untuk setel ulang remote kontrol melalui sebuah tombol yang tersedia pada remote. Untuk melakukan reset, pastikan untuk memeriksa seluruh bagian remote karena setiap tipe AC memiliki desain remote yang berbeda.

Untuk mengakses tombol reset, tekan dan tahan selama 3 detik hingga lampu layar remote mulai berkedip terus-menerus. Setelah LED Backlight pada layar remote padam, lepaskan tombol yang ditekan tersebut. Dengan begitu, proses penyetelan ulang berhasil dilakukan dengan baik.

3. Hidupkan AC Panasonic

Setelah melakukan proses reset, arahkan remote kontrol ke panel unit indoor dan tekan tombol power untuk menghidupkan AC Panasonic. Selanjutnya, cobalah beberapa fitur dan atur suhu udara untuk memastikan bahwa semua telah kembali berfungsi normal. Dengan begitu, remote AC kamu dapat digunakan kembali seperti sedia kala.

Cara Reset AC Panasonic

Meskipun menggunakan AC terbaik, suatu saat pasti akan mengalami penurunan performa dan komponen yang rusak. Hal ini disebabkan karena setiap alat elektronik memiliki batas usia tertentu sebelum memasuki fase malfungsi.

Namun, AC Panasonic dilengkapi dengan fitur self diagnosis yang akan memindai error dan kerusakan komponen secara otomatis. Sebagian masalah ringan dapat kamu perbaiki sendiri melalui reset sistem agar kembali ke setelan pabrik.

Baca Juga :   √ Rekomendasi Merk Air Cooler Terbaik Yang Dapat Dipilih

Berikut ini adalah cara reset AC Panasonic agar berhasil:

1. Hentikan Opersional AC

Sebagai prosedur awal untuk mengatur ulang sistem, kamu perlu menghentikan operasional AC Panasonic terlebih dahulu. Caranya, cukup tekan tombol power pada remote kontrol asli pabrik jika ingin mematikan unit indoor.

2. Lepas Baterai Remote

Selanjutnya, lepaskan baterai remote kontrol dengan cara membuka casing penutup daya. Namun, perlu diingat bahwa beberapa tipe memiliki desain penutup yang berbeda, sehingga kamu harus menyesuaikan metode pembukaan tutup baterai. Setelah baterai terlepas, biarkan selama 5 menit.

3. Putuskan Sirkuit

Untuk melanjutkan proses reset AC Panasonic, sediakan sebuah alat bantu seperti tangga atau kursi agar kamu dapat mengakses panel unit indoor. Pastikan AC Panasonic dalam keadaan tidak beroperasi, dan cabut kabel power untuk memutus daya sirkuit.

4. Sambungkan Kembali

Biarkan unit indoor dan remote kontrol terputus dari sumber listrik selama sekitar 5 menit. Setelah itu, sambungkan kembali kabel power ke stop kontak dan masukkan dua buah baterai pada terminal remote AC.

Selanjutnya, nyalakan AC Panasonic melalui remote kontrol dengan menekan tombol power dan tunggu beberapa saat. Cobalah melakukan beberapa pengaturan untuk memastikan bahwa semua fitur telah berfungsi normal. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, AC Panasonic kamu telah berhasil di-reset dan siap digunakan kembali.

Baca Juga :

Penutup

Itulah tadi artikel finoo.id yang membahas cara reset remote AC Panasonic yang dapat kalian lakukan sendiri di rumah. Jangan ragu untuk mencobanya jika remote AC kalian mengalami masalah. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *