Cara Setting Remote AC TCL

Cara Setting Remote AC TCL Agar Ultra Dingin

Posted on

Finoo.id – Cara Setting Remote AC TCL Agar Ultra Dingin. Mengenal cara setting remote AC TCL sebenarnya tidak sulit, asalkan kalian bersedia meluangkan sedikit waktu untuk mempelajari panduan yang akan kami berikan. Sayangnya, masih banyak orang yang menggunakan produk sembarangan tanpa memperhatikan pengaturan yang sesuai dengan prosedur.

Peran AC sangat penting terutama bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan dengan pemukiman padat penduduk. Apalagi, Indonesia merupakan negara tropis yang suhunya sangat panas saat musim kemarau tiba, sehingga aktivitas sehari-hari dapat terganggu.

Di antara semua pengguna AC, banyak yang memilih AC TCL untuk memperoleh kesejukan udara di rumah mereka. Produk dari TCL ini terkenal murah dan awet, sehingga telah menjadi favorit masyarakat.

Namun, bagi pemula yang baru membeli AC untuk pertama kalinya, mungkin masih belum paham tentang cara mengoperasikan produk dengan benar. Oleh karena itu, kami telah merangkum tutorial mengenai cara setting remote AC TCL agar membantu kalian memahami pengoperasian unit sesuai dengan prosedur yang benar.

Arti Simbol Remote AC

Sebagai konsumen, mungkin sulit untuk memahami cara menggunakan produk AC jika belum mengetahui arti dari simbol-simbol yang terdapat pada remote control. Oleh karena itu, pihak pabrikan dan pemilik merk mengeluarkan buku panduan bagi semua pembeli.

Dengan buku panduan ini, para pemula dapat membaca dan mempelajari berbagai ketentuan dan prosedur yang terdapat di dalamnya. Sebagian besar operasional AC TCL terletak pada remote control yang berisi sejumlah tombol dengan simbol-simbol tertentu.

Berikut adalah arti dari simbol-simbol yang terdapat pada remote control AC TCL:

ombolArti Simbol
PowerTombol untuk menyalakan dan mematikan unit AC TCL
TempBerguna untuk mengatur tinggi dan rendahnya besaran suhu udara
FanBerfungsi mengatur kecepatan perputaran kipas
SwingMengelola dan mengatur arah aliran udara yang keluar dari AC
TimerTombol untuk mengatur operasional AC menyala dan mati secara otomatis
ModeFitur khusus untuk mengakses mode operasional AC seperi cool, dry dan fan
SleepFitur khusus yang secara otomatis menyesuaikan suhu dan kecepatan kipas agar nyaman untuk tidur
EcoTombol yang berguna untuk mengaktifkan fungsi hemat energi
Baca Juga :   Kode Ukuran AC Split Tipe Standard Yang Tepat (Berbagai Merk)

Tata letak tombol pada remote control setiap tipe AC TCL dapat berbeda-beda, bahkan beberapa fungsi seringkali dihilangkan pada produk dengan spesifikasi paling rendah. Oleh karena itu, untuk memudahkan penggunaan, lihatlah remote control yang ada di rumah dan cocokkanlah tombolnya dengan tabel di atas.

Selain itu, pada unit Indoor AC TCL terdapat juga tombol manual untuk menyalakan dan mematikan operasional, tetapi tidak dapat mengatur besaran suhu. Hal ini berguna sebagai cara darurat untuk menjalankan mesin ketika remote control asli mengalami kerusakan.

Cara Setting Remote AC TCL

Mengetahui fungsi tombol-tombol pada remote control AC TCL sangat berguna untuk memahami cara mengatur agar AC dapat mencapai suhu dingin yang maksimal. Ada beberapa langkah yang menjadi prosedur umum untuk mengoperasikan Air Conditioner dari berbagai merk.

Berikut adalah panduan cara setting remote control AC TCL dengan benar:

  • Tutup semua pintu dan jendela untuk memperhatikan ventilasi udara.
  • Siapkan remote control asli dan arahkan ke unit indoor.
  • Tekan tombol power pada remote control untuk menyalakan AC dengan benar.
  • Tunggu beberapa saat sampai indikator suhu muncul pada display remote control.
  • Atur suhu kamar pada 22 sampai 24 derajat Celsius ketika AC pertama kali menyala.
  • Pilih mode cool untuk melakukan proses pendinginan dan turunkan suhu secara bertahap hingga udara terasa sejuk.
  • Setelah udara terasa sejuk, hentikan pengurangan suhu.
  • Tekan tombol fan untuk mengatur kecepatan kipas.
  • Proses penggunaan remote control AC TCL telah selesai.

Perlu kamu ketahui bahwa menurunkan suhu AC tidak boleh dilakukan secara tiba-tiba ke nilai terendah karena hal tersebut dapat memaksa kompresor untuk bekerja secara paksa. Hal ini dapat mengurangi umur operasional produk jika terus-menerus dilakukan dalam jangka waktu lama.

Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan AC Changhong Paling Lengkap

Selain itu, proses pendinginan juga tidak akan berjalan secara efektif apabila kamu langsung menurunkan suhu ke angka terendah. Sebaliknya, konsumsi daya listrik semakin boros karena kompresor harus beroperasi dengan kecepatan penuh. Oleh karena itu, disarankan untuk menurunkan suhu secara bertahap dan menghindari perubahan suhu yang tiba-tiba pada AC.

Terdapat beberapa mode operasional yang dapat kamu pilih pada AC TCL sesuai dengan kebutuhan:

  • Mode cool berguna untuk proses pendinginan yang efektif, di mana kinerja mesin berfokus untuk menurunkan suhu ruangan.
  • Mode dry berguna untuk menghilangkan kelembapan udara di ruangan dan mencegah pertumbuhan jamur.
  • Mode fan memungkinkan AC beroperasi seperti kipas angin biasa, di mana kamu tidak dapat mengatur suhu ruangan.

Tips Agar AC Awet & Tahan Lama

Selain membahas cara setting AC agar dingin, penting juga untuk memperhatikan beberapa hal agar AC tetap awet dan tahan lama. Karena seperti yang diketahui, jika AC sering dipaksakan untuk bekerja pada suhu yang sangat dingin, maka AC akan cepat rusak.

Berikut beberapa tips atau hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga AC TCL kalian agar tetap awet:

  • Lakukan perubahan suhu secara bertahap dalam jangka waktu tertentu.
  • Jangan memaksa AC TCL kalian untuk bekerja langsung pada suhu yang paling dingin.
  • Perhatikan suhu di luar ruangan, jika terlalu panas disarankan untuk tidak memaksakan AC TCL untuk terus bekerja.

Aplikasi Remote AC TCL

Selain menggunakan remote control, kamu juga dapat melakukan cara setting AC TCL melalui aplikasi android, terutama jika remote control hilang atau rusak. Hal ini dapat menjadi alternatif pengganti yang memungkinkan pengguna tetap merasakan kesejukan udara.

Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel kamu telah dilengkapi dengan hardware sensor IR Blaster atau inframerah. Beberapa tipe ponsel memang dirancang khusus untuk mendukung fungsi remote control secara mobile, dan hal ini berlaku untuk semua merek.

Dengan menggunakan aplikasi android, kamu dapat mengontrol AC TCL dari jarak jauh melalui ponsel kamu. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa AC TCL kamu sudah terhubung dengan jaringan wifi untuk dapat terkoneksi dengan aplikasi remote control di ponsel kamu.

Baca Juga :   √ Mengenal Komponen AC Beserta Fungsinya Dalam Artikel Ini!

Berikut ini adalah cara menggunakan aplikasi remote control AC TCL:

  • Pastikan bahwa ponsel kamu telah dilengkapi dengan sensor IR Blaster dan memiliki sistem operasi Android.
  • Buka Google Play Store dan pasang aplikasi bernama “Mi Remote”. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  • Setelah terpasang, buka aplikasi Mi Remote dan ikuti petunjuk untuk melakukan pairing dengan AC TCL.
  • Apabila sinkronisasi berhasil, ponsel kamu akan berfungsi sebagai remote control AC TCL.
  • Lakukan operasional AC TCL melalui aplikasi Mi Remote.

Aplikasi Mi Remote mendukung semua merek ponsel yang memiliki sensor IR Blaster, sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang pabrikan asal dari perangkat kamu. Lokasi sensor biasanya terletak di bagian atas HP, dan kamu dapat mengecek spesifikasinya langsung pada ponsel kamu.

Baca Juga :

Penutup

Itulah ulasan finoo.id tentang cara setting remote AC TCL agar ultra dingin yang dapat kalian terapkan di rumah atau tempat kerja kalian. Dengan melakukan pengaturan yang tepat, kalian dapat menikmati kesejukan yang menyegarkan selama musim panas.

Pastikan untuk memilih mode pendinginan ultra dingin pada remote AC TCL kalian dan sesuaikan suhu sesuai dengan preferensi kalian. Selain itu, pastikan juga membersihkan filter AC secara teratur agar AC dapat berfungsi dengan maksimal dan memberikan udara yang bersih dan sehat.

Jangan lupa untuk mematikan AC ketika tidak digunakan untuk menghemat energi dan memperpanjang umur AC kalian. Dengan menerapkan tips ini, kalian dapat menikmati kesejukan yang nyaman dan hemat energi dengan AC TCL kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *