Kode Remot TV Akari

Kode Remot TV Akari Jenis Tabung & LED Terbaru

Posted on

Finoo.id – Kode Remot TV Akari Jenis Tabung & LED Terbaru. Pada prinsipnya, untuk mengatur remot universal yang baru, diperlukan kode remot tv Akari. Akan tetapi, mencari remot tv Akari asli di pasaran memang cukup sulit.

Oleh karena itu, alternatifnya adalah membeli remot universal yang tersedia di toko peralatan elektronik atau toko online.

Namun, masalahnya tidak hanya sampai di situ saja. Remot universal umumnya tidak dapat langsung digunakan, sehingga harus diatur terlebih dahulu dengan memasukkan kode yang sesuai.

Sebelum membahas kode remot tv Akari, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu seluk-beluk tv Akari agar lebih mudah dipahami nanti.

Mengenal TV Akari

Banyak yang salah kaprah mengira Akari sebagai produsen tv asal Jepang. Padahal, kenyataannya Akari merupakan produsen tv asli Indonesia dengan markas di Sidoarjo, Jawa Timur. Sebagai vendor lokal, Akari senantiasa menghasilkan inovasi pada setiap produk tv yang dibuatnya.

Contohnya pada tahun 1992, Akari menghadirkan fitur keamanan pada tv dengan memungkinkan penginputan nama dan alamat pemiliknya. Kemudian pada tahun 1995, Akari meluncurkan jenis wide TV dengan perbandingan rasio 16:9 yang pertama kali di pasaran, sedangkan kebanyakan produsen saat itu masih meluncurkan tv wide dengan perbandingan rasio 3:4.

Di tahun 2000, Akari mengeluarkan tv dengan fitur pengunci untuk tayangan anak, karena adanya konten film dan sinetron dewasa yang tidak pantas ditonton anak-anak. Dengan fitur ini, para orangtua tidak perlu khawatir lagi dengan tayangan-tayangan tersebut.

Pada tahun 2016, Akari menghadirkan Smartbox untuk mengubah tv biasa menjadi smart tv dan berhasil mendapatkan sertifikasi Google, menjadikan Akari sebagai satu-satunya vendor lokal yang mampu meraih sertifikasi tersebut.

Inovasi yang terus dihasilkan oleh Akari sebagai vendor lokal semakin menunjukkan keunggulannya di pasar tv di Indonesia.

Bagaimana Dengan Akari yang Sekarang?

Setelah menghilang dari peredaran, Akari kembali menegaskan eksistensinya di industri elektronik, khususnya di industri tv. Bahkan, perusahaan ini semakin semangat dalam menciptakan inovasi di bidang tv, seperti meluncurkan SmartConnect TV yang memudahkan pengguna untuk menghubungkan smartphone ke tv.

Namun, CEO PT Akari Indonesia, Kenny Kwe, mengakui bahwa di pasar tv Indonesia masih didominasi oleh merk asing. Hanya Akari dan Polytron yang mampu bersaing dengan merk-merk tersebut. Kenny menegaskan bahwa produk Akari tergolong di pasar kelas A hingga C.

Contohnya, SmartConnect TV tersedia dalam tiga varian ukuran, yaitu 32 inch, 40 inch, dan 43 inch, yang ditujukan untuk konsumen dari kelas C hingga A. Bagi konsumen kelas A yang memiliki koneksi internet minim, produk tv Akari bisa menjadi pilihan untuk menghubungkan ponsel pintar ke televisi dengan fitur SmartConnect.

Baca Juga :   Cara Mengatasi TV Akari Standby Tidak Mau Start Yang Tepat

Dengan produk terbarunya, Akari semakin percaya diri untuk bersaing di tengah-tengah merk asing. Teknologi seperti yang ditawarkan oleh Akari masih belum ditawarkan oleh vendor tv lainnya. Akari juga memiliki saluran distribusi yang kuat dan didukung oleh tim riset dan pengembangan yang mampu menciptakan inovasi untuk setiap produk tv terbarunya.

Dengan lini produk yang lengkap dan beragam ukuran, Akari bisa dijangkau oleh semua kalangan konsumen.

Solusi Remot TV Akari Rusak

Apakah Anda menggunakan televisi Akari dengan jenis Tabung, LCD, LED atau smart TV? Bagaimana kondisi remot asli Akari yang digunakan, apakah masih baik, sedikit rusak, atau tidak dapat digunakan sama sekali?

Penggunaan remote kontrol bawaan Akari memang sangat membantu bagi para pemilik televisi Akari. Cukup dengan menekan salah satu tombol pada remote, pengguna dapat memberikan beberapa instruksi dengan mudah dan cepat.

Beberapa instruksi yang dapat dilakukan melalui remote kontrol Akari antara lain mengatur volume televisi dengan mudah, memindahkan, mengganti nama, atau mencari channel yang diinginkan, serta melakukan pengaturan pada TV Akari seperti tingkat kecerahan dan mode suara. Bahkan, pengguna juga dapat memprogram segala sesuatu yang berkaitan dengan TV Akari hanya dalam satu genggaman pada remote kontrol.

Kerusakan pada remote kontrol original Akari bisa terjadi karena pemakaian dalam jangka waktu yang lama. Penyebabnya bermacam-macam, seperti sering terjatuh, salah satu tombol sudah aus, atau bahkan papan PCB retak.

Jika remote kontrol Akari mengalami kerusakan, pengguna bisa memilih untuk membeli yang baru, baik itu remote kontrol original atau universal. Namun, kebanyakan pengguna cenderung memilih untuk membeli remote kontrol baru daripada memperbaikinya ke teknisi elektronik terdekat.

Beberapa pengguna TV Akari mungkin kesulitan mencari remote kontrol original, terutama di daerah terpencil yang akses jalan dan internetnya belum merata. Hal ini membuat proses pembelian remote kontrol menjadi lebih sulit dan memerlukan usaha yang lebih.

Oleh karena itu, solusi terbaik untuk saat ini adalah menggunakan remote kontrol universal dari merk Joker atau Multisonic. Dengan menggunakan remote kontrol universal, pengguna tidak perlu khawatir lagi mengenai kesulitan dalam mencari remote kontrol original Akari. Selain itu, remote kontrol universal juga dapat digunakan untuk mengoperasikan berbagai jenis televisi selain Akari, sehingga lebih praktis dan efisien.

Kode Remot TV Akari

Untuk diketahui, remote kontrol universal dari berbagai merk hanya bisa berfungsi setelah dilakukan pemrograman terlebih dahulu. Mengapa demikian?

Baca Juga :   Kode Remot TV Mito Semua Tipe Beserta Cara Settingnya

Hal ini disebabkan karena remote kontrol universal bersifat multifungsi, sehingga dapat digunakan untuk mendukung hampir semua merk televisi. Namun, setiap perusahaan TV memiliki pola frekuensi inframerah yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pemrograman pada remote kontrol universal perlu dilakukan untuk menyesuaikan pola frekuensi inframerah tersebut agar sesuai dengan bawaan pabrik.

1. Setting Kode TV Akari di Remot Joker

Setelah mengetahui kode remote kontrol TV Akari, selanjutnya mari kita bahas cara melakukan pengaturan pada remote kontrol universal merk Joker. Namun sebelum itu, pastikan untuk membeli perangkat ini terlebih dahulu di toko favorit Anda.

Berikut kode remote kontrol TV Akari:

PerangkatRemot Joker
TipeUniversal
SupportTV Akari
JenisTabung, LCD, LED, Smart TV
Kode104, 181, 224, 073, 103, 013, 213, 140, 015, 102

Untuk memasukkan kode remote kontrol TV Akari pada perangkat remote kontrol universal merk Joker, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pastikan Anda sudah memiliki remote kontrol universal merk Joker.
  • Masukkan baterai ke dalam remote kontrol, lalu nyalakan televisi Akari.
  • Pegang remote kontrol Joker, arahkan ke layar TV, kemudian tekan tombol Set+Power hingga lampu indikator menyala.
  • Lepaskan kedua tombol tersebut, lalu pastikan bahwa lampu indikator pada remote kontrol masih tetap menyala.
  • Masukkan tiga nomor unik yang tertera pada tabel kode remote kontrol TV Akari.
  • Jika kode yang Anda masukkan sudah benar, lampu pada remote kontrol akan padam.
  • Selesai, remote kontrol Joker sudah dikenali oleh TV Akari dan siap digunakan sehari-hari.

Jika kode remote kontrol yang Anda masukkan tidak berfungsi, coba angka lainnya satu persatu hingga berhasil. Selain itu, terdapat juga teknik lain untuk memprogram remote kontrol Joker secara otomatis.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menyinkronkan remote kontrol Joker dengan televisi Akari tanpa kode:

  • Hidupkan televisi Akari, dan pastikan bahwa remote kontrol Joker sudah terisi baterai dan dalam kondisi baik.
  • Tekan tombol Set pada remote kontrol Joker selama sekitar 5 detik sampai lampu indikator menyala.
  • Lepaskan tombol Set tersebut, maka lampu indikator pada remote kontrol akan berkedip secara terus-menerus, menandakan bahwa proses pencarian otomatis sedang berjalan. Perhatikan saja layar televisi.
  • Ketika televisi Akari merespons sesuatu, segera tekan kembali tombol Set pada remote kontrol untuk mengunci dan menghentikan scanning.
  • Selesai, remote kontrol Joker siap digunakan untuk mengoperasikan televisi Akari.

Menghentikan proses scanning pada waktu yang tepat tidak selalu mudah, terkadang pengguna melewatkannya beberapa detik. Jika hal ini terjadi, Anda hanya perlu mengulangi proses scanning mundur satu kali dengan menekan tombol Volume – sekali pada remote kontrol. Ulangi langkah ini hingga televisi merespons.

Baca Juga :   Penyebab TV Mati Total dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

2. Setting Kode TV Akari di Remot Multisonic

Seperti halnya dengan alat pengendali jarak jauh universal lainnya, remote kontrol multisonic juga perlu diatur terlebih dahulu dengan memasukkan kode tertentu. Hal ini bertujuan untuk menyelaraskan pola frekuensi inframerah pada televisi Akari.

Berikut adalah kode remote kontrol TV Akari:

PerangkatRemot Multisonic
TipeUniversal
SupportTV Akari
JenisTabung, LCD, LED, Smart TV
Kode013, 213, 140, 448, 015, 102, 104, 181, 224, 073, 103

Untuk memasukkan kode remote kontrol TV Akari pada perangkat remote kontrol universal Multisonic, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan remote kontrol universal Multisonic dan masukkan baterai ke dalamnya.
  • Hidupkan televisi Akari dan arahkan remote kontrol ke layar televisi.
  • Tekan dan tahan tombol Set+Power pada remote kontrol hingga lampu indikator menyala.
  • Lepaskan kedua tombol tersebut, lalu masukkan salah satu kode remote kontrol TV Akari yang ada pada tabel di atas.
  • Selesai, remote kontrol Multisonic siap digunakan untuk mengoperasikan televisi Akari sehari-hari.
  • ika kode remote kontrol TV Akari yang Anda masukkan tidak berhasil, silakan mencoba kode remote kontrol yang lain hingga menemukan nomor yang cocok.

Untuk melakukan scan otomatis pada remote kontrol universal Multisonic di televisi Akari, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Nyalakan televisi Akari, ambil dan arahkan remote kontrol Multisonic ke layar televisi.
  • Tekan dan tahan tombol Set pada remote kontrol (jangan dilepas).
  • Tunggu selama maksimal 20 menit sampai muncul respon pada layar televisi, lalu segera lepaskan tombol Set pada remote kontrol.
  • Selesai, remote kontrol Multisonic siap digunakan setiap hari untuk mengoperasikan televisi Akari.

Baca Juga :

Penutup

Itulah tadi sedikit ulasan finoo.id mengenai kode remot TV Akari yang dapat Anda coba gunakan untuk mengontrol TV Anda. Dengan mengetahui kode tersebut, Anda dapat mengoperasikan TV Akari Anda dengan mudah dan tanpa kendala.

Namun, perlu diingat bahwa kode remot TV Akari dapat berbeda-beda tergantung pada jenis dan model TV yang Anda miliki. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih kode yang sesuai dengan TV Akari Anda agar dapat mengontrol TV dengan optimal.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *