Tips Memilih Cat Luar Rumah

√ Tips Memilih Cat Luar Rumah Agar Tampak Modern

Posted on

Finoo.id – √ Tips Memilih Cat Luar Rumah Agar Tampak Modern. Menghias dinding eksterior rumah memiliki perbedaan dalam hal pewarnaan jika dibandingkan dengan bagian dalam rumah. Diperlukan pertimbangan lebih mendalam, seperti ketahanan terhadap sinar matahari dan kelembaban yang timbul akibat hujan yang sering turun setiap harinya di sekitar lingkungan rumah kalian.

Di area luar, rumah kalian akan mencerminkan sebagian besar karakter dan citra rumah kepada banyak orang. Oleh karena itu, memilih warna cat bukanlah satu-satunya pertimbangan, melainkan juga perlu memperhatikan ketahanan terhadap berbagai kondisi cuaca di luar ruangan.

Tips Cat Tembok Luar Rumah

Penting untuk tidak asal memilih cat tembok untuk area eksterior rumah jika ingin mencapai hasil yang optimal. kalian perlu mengikuti beberapa tips yang kami sampaikan di bawah ini agar hasilnya tidak hanya indah, tetapi juga memiliki daya tahan yang baik:

1. Jangan Pilih Cat yang Diobral

Perhatikan dengan baik tips pertama, hindari tergoda oleh cat yang dijual dengan harga obralan atau lebih murah dari harga normalnya. Seringkali, barang-barang tersebut dijual dengan harga rendah karena telah mendekati batas pemakaian atau merupakan stok lama yang kurang diminati.

2. Pilih Warna dari Alam

Mengaplikasikan warna yang terinspirasi dari alam akan memberikan sentuhan modern pada rumah kalian dan membuatnya lebih harmonis dengan lingkungan sekitar. Selain itu, warna alam memberikan kenyamanan visual yang berlangsung lama karena menciptakan kontras yang menyenangkan bagi mata.

Contohnya, kalian dapat memilih hijau muda untuk bagian dasar rumah sebagai warna cat eksterior. Sedangkan, untuk aksen seperti pintu, jendela, dan ventilasi, warna coklat tua dapat digunakan untuk memberikan kesan tegas dan elegan.

3. Pertimbangkan Warna Cat Rumah Tetangga

Penting untuk mengamati sekitar, termasuk rumah tetangga, agar mencapai tujuan mendapatkan kesan modern. Perhatikan warna cat yang digunakan oleh tetangga kalian, dan usahakan untuk memilih warna yang berbeda.

Baca Juga :   √ Apa Itu Pernis? Manfaat, Jenis dan Cara Menggunakanya

Langkah ini akan memberikan kesan kehidupan pada lingkungan dan membuat rumah kalian menjadi lebih menonjol dengan penggunaan warna yang berbeda. Jika warnanya cenderung serupa, lingkungan dapat terasa monoton dan kurang memiliki variasi yang menarik.

4. Serasikan dengan Warna Atap

Tips berikutnya agar rumah terlihat lebih modern adalah dengan mempertimbangkan warna atap. Pemilihan warna yang tepat sangat penting agar keseluruhan rumah dapat dinikmati dengan baik. Kombinasi warna yang tidak cocok dapat menciptakan ketidaknyamanan bagi yang melihatnya.

Jika rumah kalian memiliki atap berbahan genteng tanah liat dan tidak dicat, pilihan warna utama yang sesuai adalah hijau muda atau kuning cerah. Warna-warna tersebut akan harmonis dengan nuansa orange kecoklatan dari genteng, menciptakan tampilan yang serasi.

5. Temukan Inspirasi di Ruang Tamu

kalian dapat menentukan warna cat eksterior rumah dengan merujuk pada warna ruang tamu. Temukan perabot atau furnitur yang memiliki warna yang menarik bagi kalian dan jadikan warna tersebut sebagai warna dasar. Selanjutnya, kombinasikan dengan warna lain sesuai keinginan.

Contohnya, jika lantai rumah kalian terbuat dari keramik berwarna biru telur bebek, gunakan warna tersebut sebagai warna utama cat luar rumah. Pada elemen akses tertentu, tambahkan gradasi warna dari warna dasar untuk menciptakan kontras yang lebih menonjol.

6. Pertimbangkan Warna Bahan yang Tidak Dicat

Langkah selanjutnya untuk menciptakan tampilan rumah yang modern adalah dengan memperhatikan dan mempertimbangkan warna pada bahan yang tidak dicat. Beberapa contoh bagian yang biasanya dibiarkan alami meliputi pagar, tiang, tangga, atau jendela.

Jika kalian ingin mempertahankan warna asli dari bahan tersebut, pilihlah warna yang dapat menyatukan bagian tersebut dengan warna dinding rumah. Gunakan warna dengan tingkat kecerahan sedang hingga tinggi untuk menciptakan kontras yang seimbang.

7. Perhatikan Detail

Yang dimaksud dengan “detail” di sini merujuk pada bagian-bagian lain yang ada di sekitar rumah kalian. Aspek ini memiliki signifikansi penting dalam menentukan warna, sehingga rumah dapat memberikan kesan modern secara optimal.

Jika area di sekitar rumah kalian didominasi oleh hamparan rerumputan hijau segar, disarankan untuk menggunakan warna yang lembut dan tidak terlalu mencolok. Hal ini bertujuan untuk menghindari konflik visual antara warna rumah dan kondisi sekitar kalian.

Baca Juga :   √ Kombinasi Warna Cat Rumah Bagian Luar dan Dalam Terbaik

8. Manfaatkan Keluarga Warna

Tips terakhir dalam menentukan warna cat untuk eksterior rumah adalah dengan memanfaatkan keluarga warna. Setiap warna primer memiliki warna sekunder dan tersier yang bersangkutan. kalian dapat menggunakan variasi warna tersebut sebagai dasar dan aksen dalam penentuan warna cat.

Rumah modern cenderung didominasi oleh warna yang tidak terlalu mencolok dan tajam. Jika kalian memiliki preferensi terhadap karakter warna yang kuat, kalian dapat mengaplikasikannya sebagai aksen dan variasi. Namun, pada bagian utama, disarankan untuk menggunakan turunan warna yang lebih lembut dan menyenangkan bagi mata.

Tips Menjaga Warna Cat Dinding Luar Rumah Tahan Lama

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga agar warna cat di bagian eksterior rumah tetap tahan lama.

1. Perbaiki kerusakan

Sebelum merencanakan pengecatan rumah, periksa apakah ada kerusakan seperti retakan pada dinding atau tembok luar rumah.

Retakan kecil dapat menyebabkan air masuk ke dalam struktur bangunan dan mengakibatkan bercak lembap yang berwarna kehitaman. kalian dapat menggunakan campuran semen putih dan pasir halus untuk mengisi celah atau retakan pada tembok. Salah satu penyebab kerusakan cat rumah saat hujan adalah dinding yang lembab akibat rembesan air.

Oleh karena itu, periksalah dengan teliti dari mana sumber rembesan air berasal. Biasanya, rembesan air dapat muncul dari talang yang konstruksinya kurang baik.

Pastikan dinding tidak terpapar rembesan air terlalu lama karena hal tersebut dapat menyebabkan bercak seperti ompol pada cat rumah, bahkan bisa membuat cat mengelupas.

2. Bersihkan permukaan tembok

Agar pengecatan dilakukan secara optimal, penting untuk membersihkan permukaan tembok dari lumut, jamur, dan debu. Gunakan sikat kawat dan larutan pemutih untuk membersihkannya.

Jika dinding sebelumnya telah dicat dengan cat minyak, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengampelasnya untuk membersihkan partikel yang terlepas, sehingga cat baru dapat meresap dengan baik. Pastikan untuk meratakan bagian yang kasar sebelum melanjutkan proses pengecatan.

3. Gunakan cat khusus

Pada dasarnya, terdapat dua jenis cat rumah, yaitu cat khusus untuk interior dan eksterior. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih cat yang memang dikhususkan untuk digunakan pada eksterior rumah.

Cat jenis ini memiliki daya tahan yang cukup baik, bahkan beberapa produsen cat memberikan jaminan bahwa cat tersebut tidak akan mengalami kerusakan selama delapan tahun.

Baca Juga :   Merk Cat Genteng Terbaik Beserta Harganya Lengkap

4. Hindari mengecat saat mendung

Ketika melakukan pengecatan, sebaiknya hindari melakukannya saat cuaca mendung atau setelah hujan untuk mencegah penangkapan air di dalam tembok. Sebelum mulai mengecat, penting untuk membersihkan segala kotoran yang menempel pada tembok agar cat dapat melekat dengan baik.

Jika terpaksa harus mengecat saat hujan, pastikan untuk memberi waktu pada permukaan untuk mengering dengan sinar matahari selama minimal dua hingga tiga hari agar benar-benar kering sebelum dilakukan pengecatan.

5. Gunakan teknik yang tepat

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, perhatikan pula teknik pengecatan. Caranya adalah dengan memberikan lapisan tipis sebagai dasar pada tembok, dan setelah mendekati kering, aplikasikan lapisan tambahan untuk mencapai hasil yang sempurna. Alternatifnya, kalian juga dapat mengikuti dengan cermat semua petunjuk yang tertera pada kemasan cat.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan mengikuti tips memilih cat luar rumah yang telah dijelaskan di atas, kalian dapat memastikan bahwa proses pengecatan rumah berjalan dengan lancar dan menghasilkan hasil yang memuaskan.

Memilih cat yang sesuai dengan kondisi eksterior rumah, perhatian terhadap warna yang cocok dengan lingkungan sekitar, dan menerapkan teknik pengecatan yang benar adalah langkah-langkah kunci untuk mencapai penampilan rumah yang modern dan tahan lama.

Sebelum kalian memulai proyek pengecatan, luangkan waktu untuk merencanakan dengan baik, memeriksa kondisi dinding, dan memilih cat yang tepat.

Dengan demikian, kalian akan dapat menikmati hasil pengecatan yang tahan lama, menarik, dan sesuai dengan gaya modern yang diinginkan.

Semoga tips memilih cat luar rumah ini membantu kalian mencapai impian rumah yang indah dan terawat dengan baik. Selamat mengecat!

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Tips Memilih Cat Luar Rumah Agar Tampak Modern. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *