Tips Merawat Bantal Dacron

√ Tips Merawat Bantal Dacron dan Cara Mencucinya Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – √ Tips Merawat Bantal Dacron dan Cara Mencucinya Paling Tepat. Merawat bantal tidak hanya sebatas menjemurnya. Menggebuk-gebuk bantal mungkin hanya akan menghilangkan sebagian debunya, sementara kotoran lain masih menempel. Oleh karena itu, mencuci bantal menjadi langkah penting untuk menghilangkan kotoran yang menempel di permukaan dan di dalamnya.

Keuntungannya, bantal berbahan Dacron® dan bantal serat silikon dapat dicuci menggunakan mesin cuci. Rincian cara mencuci bantal dakron (Dacron®) dan bantal silikon akan dijelaskan lebih lanjut dalam artikel ini. Namun, sebelum masuk ke pembahasan tersebut…

Apa Itu Bantal Dacron?

Sebelum merinci lebih lanjut, mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan bantal dacron. Mungkin ada di antara kalian yang belum familiar dengan istilah ini, meskipun sebenarnya kalian sudah menggunakan bantal dacron.

Sejatinya, dacron, yang sering juga disebut dakron, merupakan salah satu merek dagang asal Inggris yang mengacu pada bahan tekstil serat poliester sintetis. Bahan ini semakin populer digunakan sebagai isian untuk bantal, guling, bahkan boneka.

Jadi, bantal dacron adalah bantal yang diisi dengan bahan dacron. Dengan demikian, bentuknya mirip dengan bantal biasa, hanya berbeda pada isi di dalamnya.

Kelebihan Dacron

Selain itu, kelebihan lain dari bahan dacron adalah kemampuannya untuk pulih ke bentuk semula setelah ditekan atau divakum. Hal ini menjadikan bahan dacron sangat direkomendasikan dalam berbagai produk bantal, boneka, dan media lainnya yang sebelumnya menggunakan bahan dasar kapuk.

  1. Aman untuk Kulit yang Sensitif:
    Bahan ini telah terbukti aman digunakan selama bertahun-tahun oleh berbagai kalangan. Khususnya, ketika dipadukan dengan kain Rayon Baby sebagai penutup bantal, bantal menjadi terasa nyaman dan memberikan sensasi dingin saat digunakan.
  2. Aman untuk Kesehatan Anggota Tubuh:
    Bantal yang baik adalah yang memberikan dukungan yang tepat pada berbagai bagian tubuh, dan bahan dacron yang tidak mudah kempes dapat memberikan dukungan yang konsisten. Baik saat digunakan untuk kepala maupun di bagian tubuh lainnya.
  3. Bahan yang Tahan Lama:
    Dacron merupakan bahan sintetis yang dirancang untuk memiliki ketahanan yang lebih lama dibandingkan dengan bahan lainnya. Sifat ini menjadikannya pilihan yang lebih baik dan tahan lama dibandingkan dengan alternatif lainnya.
  4. Bahan yang Lentur dan Kuat:
    Berbeda dengan bahan kapas atau bahan lainnya, dacron memiliki fleksibilitas yang tinggi. Proses pengemasan dengan vakum sebelum pengiriman memungkinkan ukurannya lebih kecil dan memudahkan proses pengiriman. Fleksibilitas bahan dacron memungkinkan untuk kembali mengembang setelah dikeluarkan dari vakum dan dijemur beberapa saat.
  5. Mempunyai Daya Serap Rendah:
    Daya serap rendah berarti bahwa bahan dacron tidak mudah menyerap air, sehingga air hanya akan melewati bahan tersebut dan tidak diserap. Hal ini membuat dacron lebih cepat kering saat dijemur dan mengurangi kemungkinan pertumbuhan jamur pada bantal. Keunggulan ini menjadikan bantal dengan bahan dacron lebih higienis dan mudah perawatannya.
Baca Juga :   √ Cara Mengatasi Air Kloset Lambat Turun Yang Paling Tepat

Tahukah kalian?

Berat bantal dapat meningkat seiring berjalannya waktu karena menyerap keringat dan minyak dari kulit kepala, serta akumulasi debu, bakteri, jamur, dan sel-sel kulit mati. Proses pencucian bantal yang benar dapat membantu menghilangkan kotoran-kotoran ini dan mengembalikan bantal ke kondisi semula, baik dari segi bentuk maupun tekstur.

Untuk mengetahui apakah bantal kalian masih layak digunakan, kalian dapat melakukan tes sederhana sebagai berikut:

  • Ratakan bantal agar pengisinya tersebar merata ke seluruh bagian.
  • Lipat bantal menjadi dua tepat di tengah sisi panjangnya, lalu lepaskan lipatan tersebut.
  • Jika lipatan memental sehingga bantal kembali ke bentuk semula, itu menkaliankan bahwa bantal kalian masih dalam kondisi baik.
  • Sebaliknya, jika bantal tetap dalam posisi terlipat, ini menunjukkan bahwa bantal perlu diganti atau diremajakan.

Persiapannya:

  1. Pastikan bahwa bantal yang akan kalian cuci memang berisi bahan Dacron® atau serat silikon, yang seharusnya tertera pada label bantal.
  2. Pastikan tidak ada lubang pada bantal agar isinya tidak tumpah saat dicuci. Jika ada jahitan yang terlepas, segera jahit kembali hingga rapat. Jika kain penutupnya rusak, lakukan penambalan.
  3. Selalu periksa petunjuk perawatan yang tertera pada label bantal kalian agar dapat menyesuaikan langkah-langkah mencuci bantal Dacron® yang akan dijelaskan berikut ini.

Cara Mencuci Bantal Dacron

Setelah mengetahui apa itu bantal dacron, penting juga untuk mengetahui cara membersihkannya dengan benar. Tidak hanya dengan menjemurnya atau menepuk-nepuk, namun bantal dacron juga dapat dicuci, loh!

kalian tidak perlu khawatir mengenai bentuk bantal yang mungkin tidak kembali seperti semula. Faktanya, jika proses pencucian bantal dacron dilakukan dengan tepat, bantal dapat kembali ke bentuk awalnya dan bahkan dapat terlihat seperti baru.

Baca Juga :   √ Cara Mencuci Kain Microfiber Paling Tepat Agar Awet

Berikut adalah cara mencuci bantal dacron yang benar:

Mencuci Bantal Pakai Tangan

Cara mencuci bantal dacron yang pertama adalah dengan metode manual, alias tanpa bantuan mesin. Ini dapat menjadi solusi bagi kalian yang ingin mencuci bantal dengan cara yang ekonomis dan mudah. Berikut adalah langkah-langkah cara mencuci bantal dacron secara manual:

  1. Sediakan wadah cuci berukuran besar.
  2. Rendam bantal selama 15 menit dalam air yang sudah dicampur dengan detergen.
  3. Kucek secara perlahan atau gunakan sikat lembut untuk membersihkan permukaan bantal dengan lembut.
  4. Rendam bantal dalam air bersih dan peras perlahan hingga sisa detergen hilang.
  5. Jemur bantal dacron di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.

Mencuci Bantal Pakai Mesin Cuci

Tidak hanya menggunakan tangan, kalian juga dapat mencuci bantal dacron menggunakan mesin cuci. Tentu saja, cara ini tidak kalah mudah dan praktis. Berikut adalah tata cara mencuci bantal dacron menggunakan mesin cuci:

  1. Kosongkan isi mesin cuci dari cucian lain untuk memastikan bantal mendapatkan perawatan yang optimal.
  2. Masukkan bantal dacron ke dalam mesin cuci dengan hati-hati.
  3. Tambahkan detergen cair secukupnya sesuai petunjuk penggunaan pada kemasan detergen.
  4. Nyalakan mesin cuci dengan mengatur waktu pencucian sesingkat mungkin dan pilih kecepatan putaran rendah.
  5. Setelah proses pencucian selesai, lakukan bilasan tambahan untuk memastikan tidak ada sisa detergen yang tertinggal pada bantal.

Apakah sudah selesai? Tentu saja belum. Setelah bantal dacron selesai dicuci menggunakan mesin cuci, langkah berikutnya adalah proses pengeringannya. Dalam hal ini, kalian dapat memilih antara mengeringkan bantal secara manual atau menggunakan pengering mesin cuci.

Berikut adalah cara mengeringkan bantal secara manual setelah dicuci:

  1. Keringkan dengan cara memerasnya, yaitu ditekan:
    Setelah bantal dicuci, pertama-tama peras bantal dengan hati-hati untuk menghilangkan kelebihan air. Pastikan untuk tidak melakukan pemerasan yang terlalu kuat agar tidak merusak struktur bantal.
  2. Guncang bantal dacron agar isinya kembali ke bentuk semula:
    Guncangkan bantal dengan lembut untuk membantu pengembalian isinya ke bentuk semula. Proses ini membantu agar bantal tetap empuk dan nyaman saat digunakan.
  3. Jemur di bawah terik matahari:
    Tempatkan bantal di tempat yang terkena sinar matahari langsung untuk membantu proses pengeringan. Sinar matahari juga memiliki efek antibakteri alami yang membantu menjaga kebersihan bantal.
  4. Guncang bantal setiap satu jam hingga bantal benar-benar kering:
    Selama proses pengeringan, secara berkala guncangkan bantal untuk memastikan distribusi udara yang baik dan agar kering secara merata. Lakukan ini setiap satu jam hingga bantal benar-benar kering.
Baca Juga :   √ Cara Membersihkan Cat di Kayu Dengan Mudah dan Praktis

Berikut adalah cara mengeringkan bantal menggunakan pengering mesin cuci:

  1. Masukkan bantal dan dua bola tenis ke dalam mesin pengering:
    Letakkan bantal dacron yang sudah dicuci bersama dua bola tenis ke dalam mesin pengering. Bola tenis membantu memisahkan serat-serat bantal selama proses pengeringan, mencegah penggumpalan, dan memastikan hasil yang lebih lembut.
  2. Nyalakan mesin pengering dengan kecepatan rendah:
    Atur mesin pengering pada kecepatan putaran yang rendah untuk mencegah kerusakan pada serat bantal. Pengaturan ini membantu menjaga integritas bantal dan memastikan pengeringan yang merata.
  3. Keluarkan bantal setiap 15 menit sekali untuk diguncang-guncang:
    Selama proses pengeringan, keluarkan bantal setiap 15 menit sekali untuk diguncang-guncang. Hal ini membantu menghindari penggumpalan serat dan memastikan pengeringan yang merata di seluruh bantal.
  4. Ulangi dan pastikan bantal dacron sudah benar-benar kering:
    Ulangi proses pengeringan dan pengguncangan jika diperlukan hingga bantal benar-benar kering. Pastikan tidak ada bagian yang masih lembab untuk mencegah pertumbuhan jamur atau bau tidak sedap.

Baca Juga :

Penutup

Dengan mengikuti tips merawat bantal Dacron, kalian dapat memastikan kenyamanan dan kebersihan bantal kalian untuk jangka waktu yang lebih lama.

Merawat bantal Dacron bukan hanya tentang membersihkannya secara rutin, tetapi juga memahami sifat-sifat unik dari bahan tersebut.

Dengan menjaga bantal Dacron dengan baik, kalian tidak hanya mempertahankan kualitas tidur yang optimal tetapi juga memperpanjang masa pakai bantal kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Tips Merawat Bantal Dacron dan Cara Mencucinya Paling Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *