Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi

√ Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kuning Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – √ Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kuning Paling Mudah. Seiring berjalannya waktu, warna lantai atau keramik kamar mandi seringkali mengalami perubahan. Bukan karena pudar, melainkan karena lumut dan jamur menempel dan tidak dibersihkan dengan baik. Akhirnya, tanpa disadari, kotoran tersebut menumpuk dan membentuk kerak yang sulit dibersihkan. Jika kalian menghadapi masalah serupa di kamar mandi rumah, mengapa tidak mencoba cara membersihkan lantai kamar mandi yang menguning sesuai dengan tips berikut ini!

Mengapa Lantai Kamar Mandi Saya Berubah Kuning?

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang sangat penting di dalam rumah, sehingga menjaga kebersihannya menjadi kunci utama untuk mencegah potensi sumber penyakit. Sayangnya, seringkali kebersihan kamar mandi diabaikan, dan mungkin hanya diperhatikan ketika keramik lantai kamar mandi sudah sangat kotor atau bahkan mengalami perubahan warna. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang tips dan trik membersihkan keramik kamar mandi yang sudah menguning, mari kita bahas lebih rinci apa penyebab perubahan warna pada keramik ini. Simak informasinya.

1. Faktor Kelembaban

Kelembaban yang terus-menerus di dalam kamar mandi dapat menjadi pemicu utama perubahan warna pada keramik lantai, membuatnya tampak kuning. Kelembaban ini dapat berasal dari berbagai sumber, seperti kotoran, minyak, buih, dan genangan air sabun. Akumulasi kelembaban tersebut kemudian dapat meresap ke dalam keramik, menyebabkan perubahan warna yang tidak diinginkan.

2. Terkena Tumpahan Cairan Terus Menerus

Penyebab lain dari perubahan warna menjadi kuning pada keramik kamar mandi adalah paparan berulang terhadap cairan. Cairan-carian seperti sabun cair, sampo, dan produk perawatan kulit lainnya yang sering tumpah dapat meninggalkan noda yang terlihat jelas. Tidak hanya itu, beberapa cairan mungkin mengandung pewarna tambahan yang dapat memicu perubahan warna pada lantai keramik, memberikan kesan kuning yang tidak diinginkan.

3. Cara Membersihkan Kamar Mandi yang Kurang Tepat

Ketidaksesuaian antara cara membersihkan kamar mandi dan jenis cairan pembersih yang digunakan juga dapat menjadi faktor yang menyebabkan keramik lantai menguning. Jika kamu jarang membersihkan atau menggunakan cairan pembersih yang tidak sesuai dengan jenis keramik, maka seiring waktu, keramik tersebut dapat mengalami perubahan warna. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan cairan pembersih dan peralatan yang sesuai dengan jenis keramik lantai kamar mandi yang kamu miliki agar tetap terjaga kebersihannya.

Baca Juga :   √ Daftar Merk Sanitary Ware Terbaik dan Berkualitas Tinggi

4. Penggunaan Produk Pembersih yang Mengandung Lilin

Penting untuk memperhatikan jenis produk pembersih yang digunakan pada lantai kamar mandi. Beberapa produk pembersih lantai mengandung lilin, yang pada awalnya mungkin memberikan kilau dan kelembutan pada permukaan keramik. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan produk pembersih yang mengandung lilin dapat menyebabkan penumpukan residu di atas keramik. Seiring waktu, residu ini dapat menjadi faktor utama dalam perubahan warna lantai kamar mandi, membuatnya tampak kuning. Oleh karena itu, bijaklah dalam memilih produk pembersih yang tidak hanya membersihkan tetapi juga tidak meninggalkan residu yang merugikan.

5. Buruknya Kualitas Air

Kualitas air yang kurang baik atau kotor juga dapat memberikan kontribusi terhadap perubahan warna pada keramik lantai kamar mandi, membuatnya kuning. Jika area tempat tinggalmu mengalami kesulitan dalam mengakses air bersih atau airnya memiliki kualitas yang buruk, hal ini dapat menjadi faktor utama dalam mengubah warna lantai kamar mandi. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan filter air. Dengan menggunakan filter air, kualitas air yang masuk ke kamar mandi dapat ditingkatkan, mengurangi kemungkinan keramik lantai menguning karena kualitas air yang tidak memadai.

Tips Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Menguning

Tidak perlu merombak seluruhnya untuk mengganti keramik baru, cukup terapkan tips-tips di bawah ini agar lantai kamar mandimu tidak menguning lagi.

1. Bersihkan dengan Bahan Alami

Tidak selalu perlu mengkalianlkan bahan kimia; kamu dapat mengatasi masalah keramik kamar mandi yang menguning dengan menggunakan air perasan lemon. Cara penggunaannya sangat sederhana, cukup siapkan air perasan lemon secukupnya dan satu spons. Basahi spons dan tuangkan air perasan lemon pada spons tersebut, lalu bersihkan noda kuning yang sulit dihilangkan pada keramik ubin kamar mandi. Setelah itu, bilas dengan menggunakan spons bersih atau kain yang dicelupkan ke dalam air hangat sebagai desinfektan alami.

Untuk hasil yang lebih maksimal, tambahkan taburan soda kue ke permukaan keramik lantai kamar mandi sebelum membersihkannya dengan air perasan lemon tadi. Kombinasi kedua bahan ini diyakini dapat menghilangkan noda yang membandel pada keramik dengan lebih efektif.

2. Segera Bersihkan Kamar Mandi yang Mulai Kotor

Banyak dari kita seringkali mengabaikan noda pada keramik karena dianggap tidak mengganggu. Namun, pemikiran ini sebenarnya keliru karena jika dibiarkan terlalu lama, noda tersebut akan menjadi semakin sulit untuk dibersihkan, bahkan bisa mengubah warna keramik menjadi tampak lebih kuning. Oleh karena itu, disarankan untuk segera membersihkannya begitu kamu melihat adanya noda pada ubin, menggunakan pembersih khusus lantai kamar mandi.

Baca Juga :   √ Tips Membersihkan Kaca Jendela Rumah Agar Mengkilap

3. Bersihkan Sisa Cairan Seperti Sabun dan Sampo

Residu cairan, seperti sisa sabun dan sampo, merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan perubahan warna atau bahkan kuning pada keramik kamar mandi, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya. Sebagai langkah pencegahan, penting untuk membersihkan sisa-sisa sabun dan sampo yang mungkin masih tersisa, terutama dalam bentuk buih.

Pembersihan residu dapat dilakukan dengan menyiramnya menggunakan air mengalir. Tindakan ini tidak hanya bertujuan untuk mencegah perubahan warna pada lantai kamar mandi, tetapi juga untuk menjaga agar keramik tersebut tetap tidak licin atau anti slip, yang bisa membahayakan pengguna, terutama mereka yang lebih tua (lansia). Dengan demikian, langkah pembersihan ini tidak hanya berfungsi sebagai upaya pencegahan perubahan warna, tetapi juga sebagai tindakan keselamatan yang penting.

4. Gunakan Filter Air

Kebersihan air juga merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan munculnya noda pada keramik. Semakin buruk atau keruh kualitas air yang digunakan, semakin tinggi risiko keramik lantai kamar mandi menguning atau terbentuk noda. Sebagai langkah antisipasi, disarankan untuk memasang filter air guna menyaring segala jenis kotoran yang dapat terbawa oleh air tersebut.

Dengan melakukan langkah kecil seperti ini, kamu dapat menjaga agar lantai kamar mandi tetap bersih dan terawat, sesuai dengan warna aslinya. Tindakan sederhana ini dapat memberikan dampak positif dalam mempertahankan keindahan dan kebersihan keramik, serta memberikan perlindungan terhadap kemungkinan perubahan warna akibat kualitas air yang kurang baik.

5. Menggunakan Larutan Hidrogen Peroksida

Mungkin seringkali kita menemui ubin atau keramik lantai kamar mandi yang memiliki noda yang sangat sulit dihilangkan. Salah satu solusi yang bisa dicoba adalah menggunakan larutan hidrogen peroksida yang memiliki sifat yang lebih keras dan kuat. Larutan ini terbukti lebih efektif dalam mengatasi noda membandel pada keramik lantai kamar mandi yang telah menguning. Meskipun umumnya digunakan untuk sanitasi, senyawa ini juga berfungsi sebagai larutan anti jamur dan pemutih yang sangat ampuh.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan hidrogen peroksida dengan tepung putih, seperti tepung terigu. Aduk hingga membentuk tekstur kental, lalu oleskan campuran ini pada keramik kamar mandi yang menguning. Tutup seluruh permukaan keramik lantai kamar mandi dan biarkan selama satu malam. Pada keesokan paginya, gosoklah permukaannya dan bilas dengan air mengalir hingga bersih, tanpa meninggalkan residu pasta hidrogen peroksida. Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan keramik kamar mandi dapat kembali bersih dan warnanya kembali seperti semula.

6. Alternatif Pembersih Lain

Pada pembahasan sebelumnya, telah dijelaskan berbagai bahan pembersih, mulai dari bahan alami hingga senyawa kimia. Terlepas dari pilihan-pilihan tersebut, salah satu pembersih lain yang bisa kamu manfaatkan adalah klorin. Klorin adalah zat aktif yang umumnya terkandung dalam kaporit, dianggap efektif sebagai pemutih ampuh yang mampu menghilangkan noda membandel.

Baca Juga :   Harga Borongan Pasang Paving Per Meter Terbaru Paling Lengkap

Selain memiliki kemampuan sebagai pemutih, klorin juga bekerja secara efektif dalam membunuh mikroorganisme dalam air, termasuk jamur, lumut, dan bahkan bakteri. Cara penggunaannya mirip dengan hidrogen peroksida, yaitu dioleskan pada area yang ingin dibersihkan, dibiarkan beberapa menit, dan kemudian dibilas hingga bersih. Tidak perlu menunggu semalaman, waktu beberapa menit sudah cukup, dan jika noda masih ada, kamu bisa mengulangi langkah-langkah pembersihan tersebut.

Alternatif lain yang dapat kamu manfaatkan adalah cuka putih yang umumnya tersedia di dapur. Sifat asam yang terkandung dalam cuka putih atau distilled white vinegar diyakini dapat memperlambat dan mencegah pertumbuhan jamur, lumut, serta bakteri. Selain itu, cuka putih juga dianggap efektif untuk mengatasi kelebihan mineral yang berasal dari buih-buih cairan seperti sabun, sampo, atau air bilasan lainnya.

Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan yang sama. Campuran ini dapat disemprotkan pada keramik lantai kamar mandi yang menguning dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, gosok area tersebut menggunakan spons hingga noda kuning pada keramik lantai kamar mandi bersih. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air mengalir setelahnya. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan keramik kamar mandi dapat kembali bersih dan terjaga keasliannya.

Baca Juga :

Penutup

Dengan mengetahui beragam cara membersihkan keramik kamar mandi, kita dapat menjaga kebersihan dan keindahan ruangan ini dengan lebih efektif.

Penggunaan bahan-bahan alami seperti air perasan lemon, hidrogen peroksida, atau cuka putih, bersama dengan produk pembersih khusus, memberikan opsi pembersihan yang ramah lingkungan dan efisien.

Ingatlah untuk tidak mengabaikan noda atau kotoran pada keramik, karena dengan tindakan pencegahan dan perawatan rutin, kita dapat mencegah perubahan warna yang tidak diinginkan.

Kebersihan keramik kamar mandi bukan hanya masalah estetika, tetapi juga berkaitan dengan kesehatan dan kenyamanan penghuni rumah.

Jadi, terapkanlah tips-tips tersebut dalam membersihkan keramik kamar mandi secara rutin untuk memastikan ruangan ini tetap bersih, sehat, dan menyegarkan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kuning Paling Mudah. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *