Apa Itu Kabel STP

√ Apa Itu Kabel STP? Fungsi, Karakteristik dan Kelebihanya

Posted on

Finoo.id – √ Apa Itu Kabel STP? Fungsi, Karakteristik dan Kelebihanya. Hai teman-teman finoo! Setelah kita bahas detail tentang Kabel UTP dalam artikel sebelumnya, sekarang saya akan mengupas tuntas tentang Kabel STP dalam panduan ini.

Kabel STP merupakan salah satu jenis kabel twisted pair yang dilengkapi dengan perlindungan tambahan untuk mengurangi interferensi elektromagnetik. Di panduan ini, kita akan mempelajari segala sesuatu tentang kabel STP, termasuk definisinya, karakteristik, fungsi, cara kerja, harga, dan berbagai jenisnya.

Dengan panduan ini, diharapkan kalian akan lebih memahami kabel STP dan manfaatnya dalam memastikan koneksi yang lebih stabil dan aman. Bacalah dengan cermat dan jangan lewatkan informasi pentingnya!

Apa Itu Kabel STP?

Menurut ilmu elektronika, kabel STP (Shield Twisted Pair) adalah jenis kabel twisted pair yang terdiri dari pasangan kawat tembaga yang diisolasi dan dilengkapi dengan lapisan pelindung berupa tembaga atau aluminium foil.

STP merupakan singkatan dari Shielded Twisted Pair yang artinya kabel dengan kawat yang dililit dan dilindungi oleh pelindung. Hal ini membedakan kabel STP dari kabel UTP yang tidak memiliki perlindungan tambahan.

Kabel STP digunakan untuk menghubungkan perangkat elektronik dan dirancang dengan lapisan logam sebagai pelindung ekstra untuk mengurangi gangguan elektromagnetik yang dapat mempengaruhi transmisi data.

Twisted pair adalah kabel tembaga biasa yang menghubungkan jaringan komputer dengan perusahaan telepon. Untuk mengurangi gangguan elektromagnetik, kedua kawat tembaga yang terisolasi dililitkan satu sama lain, dimana setiap sinyal membutuhkan kedua kawat tersebut.

Berbeda dengan UTP, kabel STP juga melibatkan penutup pada kawat-kawat ini dan dihubungkan dengan tanah untuk mengurangi gangguan elektromagnetik dan frekuensi radio. Kabel STP lebih mahal dan sulit dipasang dibandingkan dengan UTP.

Kabel STP terdiri dari dua atau lebih pasang kawat logam yang diisolasi dan sering kali dibungkus bersama. Sistem pengelokan kawat yang membelit satu sama lain dirancang untuk mengurangi interferensi elektromagnetik.

Dengan demikian, kabel STP memungkinkan transmisi data dengan kecepatan tinggi dan lebih aman.

Fungsi Kabel STP

Di bawah ini adalah beberapa fungsi kabel STP yang penting untuk diketahui, antara lain:

1. Melindungi dari interferensi elektromagnetik

Lapisan pelindung pada kabel STP berperan dalam melindungi sinyal data dari gangguan elektromagnetik yang dapat timbul dari perangkat elektronik lain, seperti arus listrik dengan tegangan tinggi, mesin, atau sumber interferensi lainnya. Dengan demikian, kabel STP membantu mempertahankan kekalianlan dan integritas transmisi data.

Baca Juga :   √ Cara Membuat Alat Penghemat Listrik PLN Sederhana Lengkap

2. Mengurangi crosstalk

Crosstalk adalah gangguan yang terjadi antara pasangan kawat di dalam kabel. Kabel STP yang dilindungi membantu mengurangi crosstalk dengan menjaga isolasi antara pasangan kawat, sehingga meningkatkan kualitas transmisi dan mengurangi risiko gangguan data.

3. Cocok digunakan untuk lingkungan beresiko tinggi

Kabel STP sangat sesuai untuk digunakan di lingkungan yang memiliki banyak sumber gangguan elektromagnetik, seperti ruang server yang padat atau area industri. Perlindungan tambahan pada kabel STP membantu menjaga stabilitas sinyal data, bahkan di sekitar peralatan yang menghasilkan interferensi tinggi.

4. Mendukung kecepatan tinggi

Secara umum, kabel STP sering digunakan dalam jaringan Ethernet gigabit dan mampu mendukung kecepatan data yang lebih tinggi. Kabel STP mampu menjaga kualitas sinyal dalam lingkungan yang membutuhkan transmisi data yang cepat dan kalianl berkat adanya lapisan pelindungnya.

5. Menjaga keamanan data

Kabel STP dapat membantu menjaga keamanan data dalam jaringan. Perlindungan tambahan yang dimiliki oleh kabel STP membantu mengurangi risiko penggunaan data yang tidak sah. Ini membuatnya sangat cocok untuk digunakan dalam jaringan yang memerlukan tingkat keamanan yang lebih tinggi, seperti jaringan kantor atau sistem keuangan.

Karakteristik Kabel STP

Dalam bagian ini, saya akan mengulas secara menyeluruh karakteristik kabel STP. Istilah STP merupakan singkatan dari Shielded Twisted Pair, yang mengacu pada salah satu jenis kabel jaringan Twisted Pair.

Penyebutan ini menkaliankan bahwa STP dapat menjadi pilihan alternatif untuk struktur jaringan komputer, terutama saat kabel Twisted Pair lainnya seperti UTP (Unshielded Twisted Pair) atau FTP (Foiled Twisted Pair) dianggap tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan.

Kabel STP atau Shielded Twisted Pair adalah salah satu jenis kabel yang dilengkapi dengan lapisan pelindung tambahan. Lapisan ini berfungsi untuk mengurangi atau menghilangkan interferensi elektromagnetik dan menjamin kualitas transmisi data yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa karakteristik penting dari kabel STP:

  1. Konstruksi fisik: Seperti kabel twisted pair (UTP), kabel STP terdiri dari pasangan kawat tembaga yang dilindungi oleh bungkus plastik. Namun, yang membedakan kabel STP adalah adanya lapisan pelindung tambahan berupa foil atau braid untuk menutupi keseluruhan pasangan kawat. Ini memberikan perlindungan tambahan terhadap gangguan elektromagnetik.
  2. Desain kabel: Kabel STP dirancang dengan twist rate yang lebih tinggi dibanding jenis kabel lainnya. Hal ini membantu mengurangi cross-talk atau interferensi antar-kabel di dalam satu kelompok. Selain itu, kabel STP juga memiliki impedansi yang terkontrol dan terukur, sehingga dapat meminimalisir distorsi sinyal, meningkatkan kekalianlan transmisi data.
  3. Perlindungan tambahan: Lapisan foil atau braid pada kabel STP berfungsi untuk melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik yang berasal dari sumber eksternal seperti peralatan listrik atau kabel lainnya. Perlindungan tambahan ini membuat kabel STP lebih tahan terhadap gangguan dan kerusakan yang disebabkan oleh medan elektromagnetik, menjaga kualitas transmisi data.
  4. Harga: Dari segi harga, kabel STP relatif lebih mahal dibanding jenis kabel lainnya, seperti UTP atau FTP. Namun, jika kalian membutuhkan koneksi yang lebih stabil dan bebas dari interferensi elektromagnetik, kabel STP menjadi pilihan yang tepat, mengingat keunggulannya dalam menjaga integritas sinyal dan stabilitas koneksi.
Baca Juga :   √ Biaya Abodemen Listrik Pascabayar 450 Sampai 3500 VA

Prinsip Kerja Kabel STP

Pada bagian ini, saya akan menjelaskan secara rinci prinsip kerja kabel STP. Kabel STP merupakan jenis kabel Twisted Pair yang dilengkapi dengan lapisan pelindung tambahan untuk mengurangi interferensi elektromagnetik. Ketika sinyal listrik mengalir melalui kabel, ia menciptakan medan elektromagnetik yang dapat mengganggu sinyal lain yang melintasinya.

Oleh karena itu, lapisan pelindung tambahan pada kabel STP membantu mengurangi gangguan elektromagnetik dan mempertahankan kualitas transmisi data yang lebih baik. Lapisan pelindung tambahan ini umumnya terbuat dari bahan foil atau entwined copper.

Prinsip kerja kabel STP adalah ketika sinyal listrik mengalir melalui kabel, lapisan pelindung tersebut membungkusnya untuk meminimalkan gangguan elektromagnetik. Lapisan pelindung kabel bertindak sebagai ground yang dapat menangkap karat dan interferensi elektromagnetik di sekitarnya.

Akibatnya, transmisi data tetap stabil dan sinyal tidak terganggu oleh interferensi elektromagnetik, terutama dalam jaringan yang padat.

Harga Kabel STP Terbaru

Harga kabel STP dapat bervariasi tergantung pada jenis dan kategori. Umumnya, semakin tinggi kategori kabel, semakin tinggi pula harganya. Namun, dengan harga yang lebih tinggi, kalian juga akan mendapatkan kecepatan transfer yang lebih cepat dan performa yang lebih baik.

Berikut adalah daftar harga kabel STP terbaru tahun 2024:

KabelPanjangHarga
STP Cat 5e Belden 50105F1MRp10,625
Belden Kabel Lan STP Cat6 Cable 50106F1MRp15,000
Kabel Belden Cat 7 STP Eceran LSNH1MRp27,500
Belden STP Cable Outdoor CAT 650MRp475,000
Belden STP Cable Outdoor CAT 6200MRp1,850,000
Kabel LAN STP Cat 6 Belden 50106F100MRp1,411,666
Cable STP cat 6 Belden 50106F 23awg305MRp4,070,000
Kabel STP Cat 7 Belden 1885ENH 23AWG500MRp11,100,000

Catatan: Harga dapat berubah tergantung pada kebijakan penjual atau toko. Pastikan kalian mempertimbangkan kebutuhan kalian sebelum membeli kabel STP. Pilihlah jenis yang sesuai untuk memastikan koneksi yang lebih cepat dan stabil.

Keunggulan dan Kelemahan Kabel STP

Berikut adalah keunggulan dan kelemahan Kabel STP yang perlu diketahui:

Keunggulan Kabel STP:

  1. Perlindungan Foil Aluminium: Kabel STP dilengkapi dengan pelindung foil aluminium yang memberikan kekuatan dan ketahanan baik terhadap gangguan frekuensi gelombang elektromagnetik. Pelindung aluminium ini hadir pada setiap pasangan kabel, menjaga integritas sinyal.
  2. Perlindungan Kuat: Kabel STP menawarkan perlindungan yang kuat terhadap gangguan fisik. Ini termasuk kemampuan untuk mengantisipasi tekukan yang berpotensi merusak bagian dalam kabel, sehingga memperpanjang umur pakainya.
  3. Transfer Data Cepat: Meskipun masih kalah dengan kabel serat optik yang didukung oleh teknologi canggih pada proses pembuatannya, termasuk penggunaan bahan serat kaca, kabel STP tetap memiliki kemampuan transfer data yang cepat. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk aplikasi yang membutuhkan koneksi yang stabil dan cepat, meskipun tidak secepat kabel serat optik.
Baca Juga :   Biaya Pasang Listrik Baru 900 Watt Yang Tepat

Kelemahan Kabel STP:

  1. Harga Lebih Tinggi: Salah satu kelemahan utama kabel STP adalah harganya yang lebih tinggi dibandingkan dengan kabel UTP yang lebih terjangkau. Hal ini menjadi pertimbangan bagi sebagian orang dalam pemilihan kabel, terutama untuk proyek atau instalasi yang membutuhkan anggaran yang lebih terbatas.
  2. Proses Instalasi yang Rumit: Proses instalasi kabel STP cenderung lebih rumit dibandingkan dengan kabel UTP. Terutama saat crimping untuk memasang konektor RJ-11, kabel ini membutuhkan penanganan khusus karena kekakuan dan ketebalannya akibat adanya pelindung di dalamnya.
  3. Jarak Jangkau Terbatas: Kabel STP memiliki jarak jangkau terbatas, sekitar 100 meter. Hal ini kalah jauh dibandingkan dengan kabel jaringan Coaxial yang dapat mencapai 500 meter tanpa kehilangan kualitas sinyal. Untuk menambah jarak kabel STP, diperlukan penggunaan repeater atau penguat sinyal.
  4. Kekakuan dan Kurang Fleksibel: Bahan kabel STP cenderung tebal, membuatnya sedikit kaku dan kurang fleksibel dibandingkan dengan kabel UTP. Meskipun memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap gangguan fisik, kekakuan kabel ini dapat menyulitkan proses instalasi di area yang membutuhkan penyesuaian fleksibilitas.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Kabel STP, atau Shielded Twisted Pair, adalah salah satu jenis kabel jaringan yang dilengkapi dengan perlindungan tambahan untuk mengurangi gangguan elektromagnetik dan memastikan kualitas transmisi data yang lebih baik.

Meskipun memiliki keunggulan dalam melindungi sinyal dan mengurangi interferensi, kabel STP juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan dan instalasinya.

Namun, dengan pemahaman yang baik tentang karakteristik, kelebihan, dan kelemahan kabel STP, serta kebutuhan spesifik dari suatu jaringan, kita dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih jenis kabel yang sesuai.

Apa Itu Kabel STP? Jawabannya telah terurai di dalam artikel ini, memperkaya pengetahuan kita tentang teknologi kabel jaringan yang penting dalam infrastruktur komunikasi modern.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Apa Itu Kabel STP? Fungsi, Karakteristik dan Kelebihanya. Semoga artikel kami dapat bermafaat dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *