Apa Itu Kusen Aluminium

√ Apa Itu Kusen Aluminium: Ukuran, Merk, Kelebihan & Kekurangan

Posted on

Finoo.id – √ Apa Itu Kusen Aluminium: Ukuran, Merk, Kelebihan & Kekurangan. Di Indonesia, penggunaan bahan aluminium untuk berbagai konstruksi bangunan telah menjadi tren selama lebih dari 10 tahun. Bukan hanya di sektor konstruksi, tetapi juga semakin umum diaplikasikan pada rumah tinggal, ruko, dan gedung perkantoran.

Tidak hanya sebagai bahan konstruksi, aluminium juga sering digunakan untuk membuat gerobak motor untuk keperluan berjualan. Kini, aluminium juga sering digunakan sebagai bahan untuk kusen pintu dan jendela, yang dikenal sebagai kusen aluminium. Inovasi ini memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat di tanah air.

Kusen aluminium tidak hanya menawarkan keawetan yang luar biasa, tetapi juga mudah dipasang. Rumah yang menggunakan kusen ini memiliki tampilan yang lebih minimalis dan menarik. Meskipun sebagian besar masyarakat mungkin sudah akrab dengan bahan ini, masih ada yang belum mengetahui secara detail tentang kusen aluminium, termasuk ukurannya.

Penting untuk dicatat bahwa kusen pintu dan jendela biasanya dikaitkan dengan kayu, seperti kayu jati atau kayu lainnya, yang masih menjadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat karena kesan klasiknya. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kusen berbahan aluminium mulai menggantikan kusen kayu. Selain harganya yang terjangkau, kusen aluminium juga menawarkan kekuatan dan daya tahan yang luar biasa.

Setelah kita mengetahui tentang kekuatan dan kualitas kusen aluminium, penting untuk memahami ukurannya. Pembahasan ini akan menjadi fokus utama pada kesempatan ini, mengungkapkan berbagai ukuran kusen aluminium beserta gambar, kelebihan, dan kekurangannya. Ini akan memberikan pemahaman lebih mendalam bagi masyarakat yang mungkin belum akrab dengan topik ini.

Apa Itu Kusen Aluminium

Membahas definisinya, kusen aluminium merupakan salah satu opsi pengganti kayu yang kini tengah diminati oleh banyak kalangan. Hal ini dapat diamati dari meningkatnya penggunaan kusen aluminium dalam pembangunan perumahan, kantor, dan ruko.

Baca Juga :   √ Biaya Bangun Kamar 4x4 Per meter Terbaru: Bahan & Tenaga

Beberapa faktor pendukung menjadikan kusen aluminium begitu populer, seperti kualitasnya yang tinggi, bobot yang ringan, ketahanan terhadap cuaca, kekebalan terhadap karat, ketahanan terhadap serangan rayap, dan sifat anti air. Selain itu, variasi desain dan pilihan warna kusen aluminium juga sangat beragam, mencakup warna putih, hitam, cokelat, silver, dan lainnya.

Ukuran Kusen Jenis Aluminium

Dalam hal ukuran, terdapat dua dimensi, yaitu 3 inci dan 4 inci, untuk kusen aluminium merek Alexindo. Lebar profil kusen aluminium 3 inci dari merek Alexindo adalah 3,8 cm x 7,5 cm, dengan panjang stkalianr pabrik sebesar 6 m. Dimensi ini berlaku untuk semua merek kecuali Ykk. Kusen Ykk dengan ukuran 3 inci sedikit lebih kecil, yakni 3,5 cm x 7 cm.

Sementara itu, ukuran kusen Ykk 4 inci adalah 4 cm x 9 cm. Dimensi ini lebih kecil sekitar 0,5 cm sampai 1 cm dibandingkan dengan kusen lainnya. Mengetahui ukuran ini sangat penting agar kalian dapat melakukan perhitungan sebelum membelinya.

Merk dan Warna

Ada beberapa merek kusen berbahan aluminium yang menjadi pilihan utama di Indonesia. Berikut ini adalah informasi mengenai daftar merek kusen berbahan aluminium terbaik di Indonesia.

1. Ykk
Banyak diaplikasikan pada rumah minimalis modern.

2. Superex
Biasanya dipasang pada bangunan perkantoran.

3. Alexindo
Merupakan merek yang sangat familiar karena harganya yang terjangkau, namun kualitasnya sudah cukup baik.

4. Alcomexindo
Diproduksi oleh anak perusahaan PT Alexindo.

5. HP Metal
Solusi bagi mereka yang mencari harga yang lebih terjangkau.

6. Dacon
Kualitasnya sebanding dengan harganya yang terjangkau.
Selain merek-merek tersebut, terdapat juga berbagai pilihan warna untuk kusen berbahan aluminium.

Warna Kusen Jenis Aluminium:

1. Ca/Silver
Merupakan warna dasar dari aluminium.

2. Coklat
Tersedia dalam dua variasi, yaitu powder coating dan anodize.

3. Hitam
Sama seperti warna coklat.

4. Putih
Merupakan warna powder coating yang paling populer, terutama digunakan pada kusen rumah minimalis.

5. Motif Serat Kayu
Warna dengan kesan alami, tersedia dalam berbagai pilihan motif seperti urat kayu jati, ebony, dan akasia.
Dengan ragam pilihan merek dan warna, konsumen dapat memilih kusen aluminium yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya desain bangunan mereka.

Harga Kusen Aluminium

1. Kusen Ykk

NoJenis Kusen YkkUkuranHarga/Meter
1Ykk kusen4 Inch HitamRp150,000
2Ykk kusen4 Inch CokelatRp150,000
3Ykk kusen4 Inch SilverRp120,000
4Ykk kusen3 Inch HitamRp120,000
5Ykk kusen3 Inch CokelatRp120,000
6Ykk kusen3 Inch SilverRp120,000
Baca Juga :   √ Harga Pasang Kusen Aluminium Per Meter Terabaru Paling Tepat

2. Kusen Alexindo

NoJenisUkuranHarga
1Alexindo Kusen4 Inch SilverRp75,000
2Alexindo Kusen4 Inch CokelatRp85,000
3Alexindo Kusen4 Inch HitamRp85,000
4Alexindo Kusen3 Inch SilverRp55,000
5Alexindo Kusen3 Inch CokelatRp75,000
6Alexindo Kusen3 Inch HitamRp75,000

3. Kusen Superex

NoJenisUkuranHarga
1Superex Kusen4 Inch HitamRp100,000
2Superex Kusen4 Inch CokelatRp100,000
3Superex Kusen4 Inch SilverRp110,000
4Superex Kusen3 Inch HitamRp100,000
5Superex Kusen3 Inch CokelatRp100,000
6Superex Kusen3 Inch SilverRp90,000

Kelebihan dan Kekurangan Kusen Alumium

Kelebihan Kusen Aluminium

  1. Tahan Terhadap Cuaca:
    Kusen aluminium terkenal karena ketangguhannya yang membuatnya tahan terhadap segala kondisi cuaca. Ini menjadi faktor utama yang membuatnya menjadi pilihan populer di berbagai lingkungan.
  2. Kualitas Awet:
    Keawetan kusen aluminium sudah pasti, karena tidak rentan terhadap masalah seperti kayu yang mudah lapuk atau dimakan usia. Aluminium dikenal sebagai bahan yang kuat dan tahan lama.
  3. Bobot yang Ringan:
    Berbeda dengan kayu yang cenderung berat, aluminium memiliki bobot yang lebih ringan. Hal ini membuat proses pemasangan menjadi lebih mudah diatur, dan jika perlu dipindahkan, tidak perlu khawatir merusak tembok.
  4. Banyak Pilihan Warna:
    Kusen aluminium hadir dalam beragam pilihan warna, memungkinkan kalian untuk memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Variasi warna yang cukup banyak memberikan sentuhan estetika yang menarik untuk rumah kalian.
  5. Perawatan Mudah:
    Perawatannya sangat sederhana, hanya dengan membersihkannya menggunakan lap basah saat terlihat kotor. Selain itu, tidak memerlukan proses pengecatan seperti kusen kayu.
  6. Harga Terjangkau:
    Harga kusen aluminium lebih terjangkau dibandingkan dengan kusen kayu. Ini memungkinkan kalian untuk menghemat biaya saat membangun atau merenovasi rumah.
  7. Mudah dalam Pemasangan:
    Bobot ringan membuat kusen aluminium mudah dipasang oleh para tukang, menyederhanakan proses konstruksi atau pemasangan kusen pada bangunan.

Kekurangan

  1. Desain Terbatas:
    Salah satu kekurangan utama kusen aluminium adalah keterbatasan dalam variasi desain. Desain yang tergolong stkalianr dapat membuat pilihan terlihat terbatas, terutama bagi mereka yang mencari sesuatu yang lebih kreatif atau unik.
  2. Pemasangan Kurang Akurat:
    Proses pemasangan kusen aluminium kadang-kadang kurang akurat, terutama karena beberapa kasus di mana kusen tersebut tidak presisi dalam ukuran. Hal ini dapat mengakibatkan ketidaksempurnaan dalam hasil akhir dan memerlukan lebih banyak upaya penyesuaian.
  3. Ukuran Harus Akurat:
    Ukuran kusen aluminium harus akurat saat dipasang. Ketidakakuratan dalam ukuran dapat menyulitkan proses pemasangan dan dapat mengakibatkan ketidaksempurnaan visual serta fungsional.
  4. Rentan Bocor:
    Kusen aluminium memiliki risiko kebocoran terutama pada sambungan siku kusen yang tidak tertutup merata. Pada hujan deras, kondisi ini dapat menyebabkan masalah kebocoran. Solusinya dapat diatasi dengan pemasangan sealant khusus pada bagian kusen dan kaca.
  5. Hanya Khusus untuk Pintu Tertentu:
    Kusen aluminium cenderung lebih cocok untuk beberapa jenis pintu tertentu, dan desainnya mungkin tidak sesuai dengan rumah mewah atau rumah besar. Keterbatasan ini bisa menjadi kendala dalam merancang bangunan dengan tampilan yang lebih eksklusif.
Baca Juga :   √ Biaya Bangun Rumah Ukuran 7x9: Material & Ongkos Tukang

BACA JUGA : 

Penutup

Dalam merancang atau merenovasi bangunan, pemilihan bahan konstruksi menjadi faktor penting yang memengaruhi kekuatan, keindahan, dan fungsionalitas. Salah satu opsi yang semakin populer di Indonesia adalah kusen aluminium.

Dengan demikian, menjawab pertanyaan, “Apa itu kusen aluminium?” bukan hanya sebatas mengenal jenis bahan konstruksi, tetapi juga menggali lebih dalam tentang karakteristik, manfaat, dan tantangan yang mungkin dihadapinya.

Dengan pemahaman yang lebih baik, kita dapat mengoptimalkan potensi kusen aluminium untuk menciptakan bangunan yang kuat, estetis, dan berdaya tahan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Apa Itu Kusen Aluminium: Ukuran, Merk, Kelebihan & Kekurangan. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *