Harga Rumah Panggung Terbaru

√ Harga Rumah Panggung Terbaru : Sederhana, Minimalis & Modern

Posted on

Finoo.id – √ Harga Rumah Panggung Terbaru : Sederhana, Minimalis & Modern. Memiliki rumah mewah dan megah adalah impian banyak orang, termasuk kita. Namun, keindahan tersebut tidak cukup jika rumah yang kita huni tidak nyaman atau bahkan terasa membosankan.

Oleh karena itu, banyak orang saat ini merancang dan mengkonsep rumah mereka dengan desain yang unik dan menarik. Salah satu tren yang sedang populer di kalangan pengembang properti adalah rumah panggung.

Seperti yang kita ketahui, rumah panggung dengan desain unik memiliki daya tarik sendiri. Ini karena hunian yang unik memberikan tampilan yang berbeda dari rumah biasa.

Jika kalian sedang merencanakan untuk membangun tempat tinggal, rumah panggung adalah pilihan yang layak untuk dipertimbangkan. Di bawah ini, kami akan memberikan daftar harga rumah panggung dengan berbagai desain dan model.

Harga Rumah Panggung dari Sederhana, Minimalis & Modern

Seiring berjalannya waktu, rumah panggung ini telah diintegrasikan ke dalam desain minimalis modern dan tren terkini. Tentu saja, variasi harga yang ditawarkan pun cukup beragam. Agar tidak penasaran, mari langsung simak penjelasan mengenai harga rumah panggung berikut.

Definisi Rumah Panggung

Rumah panggung dapat didefinisikan sebagai struktur bangunan yang berdiri di atas kaki-kaki dengan dasar yang ditinggikan sehingga tidak bersentuhan langsung dengan tanah. Ketinggian lantai bangunan dari permukaan tanah bervariasi, mulai dari 1 hingga 2 meter. Keberadaan rumah panggung dengan konsep tradisional ini mewakili sebuah warisan budaya dan arsitektur yang sangat berharga dari nenek moyang kita.

Karakteristik Rumah Panggung

Sebelum menjelajahi lebih lanjut mengenai harga rumah panggung, penting bagi kalian untuk memahami karakteristik bangunan ini terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa ciri khas rumah panggung yang perlu diketahui.

1. Berjarak dari Tanah

Rumah panggung tidak hanya bermanfaat sebagai tempat perlindungan saat banjir melkalian, tetapi juga memberikan perlindungan ekstra terhadap penghuninya dari potensi serangan hewan liar. Posisi yang ditinggikan dari tanah menciptakan lapisan pertahanan tambahan, membuatnya menjadi pilihan ideal terutama untuk daerah yang rentan terhadap genangan air. Konsep ini tidak hanya menjadikan rumah aman dari risiko banjir, tetapi juga menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi penghuninya.

2. Konstruksi Tiang

Rumah panggung umumnya dibangun dengan konstruksi tiang yang ditempatkan di atas batu kali tanpa penggunaan semen atau penanaman. Meskipun terlihat sederhana, konstruksi ini memiliki kekuatan yang mencukupi untuk mendukung berat bangunan dan beban penghuni. Keunggulan dari penggunaan tiang adalah memungkinkan sirkulasi udara yang baik di bawah bangunan, menghindari retensi air yang dapat menyebabkan kerusakan pada struktur. Meskipun hanya ditaruh di atas batu, rumah panggung tetap kokoh dan stabil, bahkan saat dihuni oleh puluhan orang.

Baca Juga :   √ Biaya Buat Rumah Ukuran 5x7 Terbaru : Material & Tenaga

3. Menggunakan Bahan yang Ringan

Rumah panggung umumnya dirancang dengan memanfaatkan bahan-bahan bangunan yang memiliki sifat ringan. Komponen-komponen seperti papan kayu, tiang kayu, dan atap jerami seringkali menjadi pilihan utama. Penggunaan bahan yang ringan bukan hanya memudahkan proses konstruksi, tetapi juga mengurangi beban total pada struktur rumah. Hal ini tidak hanya membuat rumah lebih efisien secara konstruktif, tetapi juga memberikan keleluasaan dalam pemilihan material yang ramah lingkungan.

4. Keunikan Perakitan dan Sambungan

Rumah panggung memperlihatkan keunikan dalam metode perakitan dan sambungan, terutama dengan penggunaan tanpa paku besi. Sebaliknya, seringkali terdapat penyambungan kayu yang dilakukan menggunakan pasak kayu dan tali. Pendekatan ini tidak hanya menambah nilai estetika rumah, tetapi juga mempermudah proses perakitan dan pembongkaran. Kemudahan ini sangat berguna, terutama ketika ada kebutuhan untuk memindahkan atau mengubah struktur rumah panggung sesuai kebutuhan penghuninya.

5. Pemanfaatan Kolong Rumah Panggung

Kolong rumah panggung memiliki berbagai kegunaan yang dapat dioptimalkan. Salah satu pemanfaatan yang umum adalah sebagai tempat untuk memelihara hewan ternak. Keberadaan kolong memberikan ruang yang nyaman dan terlindungi, menciptakan lingkungan ideal untuk hewan ternak. Tidak hanya itu, beberapa orang juga memanfaatkan kolong rumah panggung sebagai tempat kerja atau sebagai area untuk berinteraksi dengan tetangga. Fungsi ini memberikan fleksibilitas dalam penggunaan ruang di bawah rumah, sesuai dengan kebutuhan dan preferensi penghuninya.

6. Ramah Lingkungan

Meskipun rumah panggung umumnya memiliki harga yang terjangkau, namun hunian ini mampu menyajikan suasana yang nyaman dan ramah lingkungan. Penggunaan bahan-bahan ringan seperti papan kayu dan atap jerami memberikan keuntungan ekologis dengan jejak karbon yang lebih rendah. Selain itu, struktur rumah yang memanfaatkan sirkulasi udara di bawah kolong membuatnya lebih sejuk alami, mengurangi ketergantungan pada pendingin ruangan. Oleh karena itu, tidak heran jika rumah panggung menjadi pilihan populer, terutama di penginapan, karena mampu menciptakan lingkungan yang alami dan menyegarkan.

7. Memiliki Nilai Artistik

Ciri khas terakhir dari rumah panggung adalah desainnya yang bersifat artistik dan hiasan yang dipilih memiliki makna simbolis atau filosofis. Dengan demikian, rumah konsep panggung yang dimiliki oleh kalian akan memberikan nilai artistik pada keseluruhan struktur bangunan tersebut.

Harga Rumah Panggung Terbaru

Setelah memahami definisi dan ciri khas rumah panggung, langkah selanjutnya adalah memahami kisaran harga terkini. Dengan itu, kami telah merangkum beberapa desain dan harga rumah panggung untuk memberikan inspirasi kepada kalian saat merencanakan pembangunan rumah dengan konsep panggung.

1. Rumah Panggung Mini

Rumah panggung mini ini menampilkan kesederhanaan dengan struktur dinding yang terbuat dari kayu. Untuk memberikan sentuhan estetis, kalian dapat memilih model pintu kupu tarung dan menambahkan sofa klasik di bagian teras. Dengan kebutuhan dana sekitar Rp 70.000.000, kalian dapat menciptakan rumah ini sebagai pilihan yang terjangkau dan cocok untuk mereka yang mencari rumah dengan ukuran yang lebih kompak namun tetap mempertahankan keunikan desain.

Baca Juga :   √ Ukuran Genteng Tanah Liat Beserta Jenis dan Harganya Lengkap

2. Rumah Panggung dengan 2 Tangga

Rumah panggung ini, mirip dengan desain sebelumnya, dominan terbuat dari bahan kayu. Keunikan desainnya terletak pada adanya dua tangga utama yang mengarah ke teras dan terhubung dengan pintu utama. Kisaran biaya untuk membangun rumah ini berkisar antara Rp 100.000.000 hingga Rp 250.000.000, tergantung pada ukuran, bahan, dan elemen tambahan yang ingin kalian tambahkan. Dengan konsep yang lebih luas dan tangga yang menambahkan dimensi visual, rumah ini memberikan pilihan menarik bagi mereka yang menginginkan rumah panggung dengan nuansa yang lebih besar dan nyaman.

3. Rumah Panggung 1 Lantai dengan Tangga di Tengah

Rumah panggung tipe 36 ini memiliki dinding yang terbuat dari batangan kayu yang disusun secara horizontal, menciptakan tampilan yang unik dan estetis. Keistimewaan rumah ini terletak pada tangga di tengah bangunan, memberikan sentuhan desain yang lebih dinamis. Dengan anggaran sekitar Rp 90.000.000, kalian dapat membangun rumah ini sebagai alternatif yang ramah anggaran namun tetap menawarkan nuansa keindahan dan keunikannya sendiri.

4. Rumah Panggung Seribu Pintu

Rumah panggung “Seribu Pintu” ini mendapatkan namanya karena memiliki sejumlah pintu kaca yang cukup banyak. Desain ini menonjolkan keunikannya dengan penggunaan pintu kaca yang melibatkan sinar matahari dan menciptakan tampilan yang terang benderang di dalam rumah. Harga untuk membangun rumah panggung model ini berkisar antara Rp 100.000.000 hingga Rp 150.000.000, tergantung pada spesifikasi dan bahan yang digunakan. Desain yang tidak konvensional ini dapat menjadi pilihan menarik bagi mereka yang menginginkan rumah panggung dengan nuansa modern dan inovatif.

5. Rumah Panggung Kaca

Rumah panggung minimalis ini mengusung desain yang sebagian besar terdiri dari kayu dan kaca, memberikan kesan modern dan terbuka. Penggunaan material kaca memberikan cahaya alami yang melimpah ke dalam ruangan, menciptakan atmosfer yang terang dan nyaman. Untuk membangun rumah ini, disarankan untuk mempersiapkan anggaran dana berkisar antara Rp 100.000.000 hingga Rp 150.000.000. Desain inovatif ini cocok untuk mereka yang menginginkan rumah panggung dengan sentuhan kontemporer yang unik dan terbuka.

6. Rumah Panggung dengan Tangga X

Rumah panggung dengan tangga X menampilkan desain yang tinggi dengan tiang-tiang kayu mungil yang membentuk tangga X yang unik. Meskipun terlihat mungil, struktur tiang pada rumah ini sangat kokoh, memberikan kestabilan yang diperlukan. Membangun rumah ini membutuhkan anggaran dana mulai dari Rp 200.000.000 hingga Rp 250.000.000, tergantung pada ukuran dan bahan yang digunakan. Desain dengan tangga X tidak hanya memberikan nuansa visual yang menarik, tetapi juga menciptakan ruang yang lebih luas dan terbuka di bawah rumah panggung.

7. Rumah Panggung Pondasi Beton

Rumah panggung ini mengusung desain dinding dari potongan kayu tipis yang disusun secara horizontal, memberikan kesan estetis dan alami pada eksterior bangunan. Kelebihan utama dari rumah ini terletak pada penggunaan pondasi beton, menambah kekuatan dan keamanan pada struktur keseluruhan. Meskipun terlihat tradisional dengan unsur kayu, pondasi beton memberikan kestabilan ekstra pada rumah panggung ini. Untuk membangun rumah ini, perkiraan anggaran yang disarankan adalah sekitar Rp 100.000.000, membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang menginginkan rumah panggung dengan kombinasi kekuatan beton dan kehangatan kayu.

Baca Juga :   Pengertian Rumah Subsidi: Syarat, Kelebihan dan Kekuranganya

8. Rumah Panggung Berteras Lebar

Jika budget yang dimiliki sekitar Rp 90.000.000, rumah panggung dengan teras lebar mungkin menjadi pilihan yang sesuai. Kelebihan dari desain ini terletak pada teras yang sangat luas, menciptakan ruang yang nyaman dan ideal untuk tempat berkumpul keluarga. Teras yang lebar tidak hanya menambah nilai estetika, tetapi juga memberikan fleksibilitas untuk kegiatan sosial atau rekreasi keluarga. Dengan desain yang mengutamakan kehangatan dan keramahan, rumah panggung ini dapat menjadi pilihan yang memuaskan bagi mereka yang mencari ruang terbuka yang fungsional dan bersahaja.

9. Rumah Panggung dengan Dinding Anyaman Bambu

Rumah panggung ini memiliki karakteristik unik dengan sebagian besar dinding yang terbuat dari anyaman bambu. Desainnya mencerminkan bentuk klasik yang mengingatkan pada rumah adat, memberikan sentuhan tradisional yang kental. Penggunaan anyaman bambu bukan hanya memberikan daya tarik visual, tetapi juga menciptakan sirkulasi udara yang baik di dalam rumah. Harga rumah panggung model ini berada dalam kisaran rata-rata, sekitar Rp 100.000.000, membuatnya menjadi opsi yang menarik bagi mereka yang menghargai keindahan alam dan keaslian material alami.

10. Rumah Panggung Modern

Rumah panggung satu lantai ini menghadirkan desain modern dengan teras yang cukup luas, menciptakan ruang terbuka yang nyaman untuk meletakkan kursi santai atau berkegiatan outdoor. Konsep desain rumah minimalis modern yang diusung memberikan tampilan yang bersih dan simpel, cocok untuk mereka yang menginginkan kombinasi antara gaya kontemporer dan kepraktisan. Dengan kisaran harga sekitar Rp 120.000.000, rumah panggung ini menawarkan gaya hidup yang modern dan nyaman untuk para penghuninya.

Baca Juga :

Penutup

Dalam mengejar impian memiliki hunian yang unik dan nyaman, memilih rumah panggung bisa menjadi pilihan yang menarik.

Dengan berbagai desain dan karakteristik yang beragam, harga rumah panggung terbaru menawarkan kesempatan bagi setiap calon pemilik rumah untuk memiliki tempat tinggal yang sesuai dengan gaya hidup dan anggaran mereka.

Dari rumah panggung minimalis hingga yang menggunakan anyaman bambu, opsi-opsi ini memberikan fleksibilitas dan keunikan tersendiri.

Jadi, apakah kalian mencari rumah panggung dengan dinding anyaman bambu yang klasik atau yang lebih modern dengan teras luas, pilihan ada di tangan kalian.

Harga rumah panggung terbaru memberikan berbagai opsi untuk mewujudkan impian memiliki tempat tinggal yang unik dan berbeda. Temukan rumah panggung impian kalian dan nikmati keindahan serta kenyamanan yang ditawarkannya.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Rumah Panggung Terbaru : Sederhana, Minimalis & Modern. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *