Apa Itu Mortar

√ Apa Itu Mortar? Fungsi, Karakteristik dan Jenisnya

Posted on

Finoo.id – √ Apa Itu Mortar? Fungsi, Karakteristik dan Jenisnya. Mortar instan atau mortar siap pakai tentu sudah menjadi hal yang umum di kalangan warga perkotaan saat ini. Mortar ini seringkali menjadi alternatif bagi pemilik rumah dan pengembang sebagai pengganti semen konvensional. Di sisi lain, popularitas penggunaan bata ringan juga turut meningkatkan minat terhadap penggunaan mortar.

Pembahasan mengenai keunggulan mortar tidak perlu diperpanjang, karena sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya. Oleh karena itu, kita akan lebih fokus membahas berbagai jenis dan manfaat mortar yang dapat digunakan dalam berbagai proyek konstruksi, terutama untuk bangunan apartemen atau rumah.

Apa itu Mortar?

Mortar adalah istilah yang merujuk pada campuran semen, pasir, dan air. Terkadang, orang awam mungkin menganggap mortar sebagai sinonim dari semen. Namun, sebenarnya semen dan mortar merupakan dua hal yang berbeda. Semen adalah campuran dari pasir silika, batu kapur, pasir besi, dan tanah liat.

Semen biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan adukan. Sementara itu, mortar merupakan istilah lain untuk adukan atau yang juga dikenal sebagai spesi, yang terdiri dari bahan pengikat, air, dan bahan pengisi.

Dengan kemajuan teknologi, saat ini mortar telah tersedia dalam bentuk Mortar Instan, yang bertujuan untuk mempersingkat dan mempermudah proses konstruksi.

Fungsi Mortar

Manfaat dan peran yang dapat diperoleh ketika menggunakan mortar instan dalam pelaksanaan konstruksi. Berikut adalah fungsi-fungsi mortar:

1. Sebagai Bahan Pengikat

Mortar akan menyatukan setiap bata sehingga membentuk struktur tembok sesuai keinginan. Selain digunakan untuk mengikat bata merah atau bata ringan, Mortar kini juga dapat digunakan untuk memasang panel batu alam atau rooster.

Baca Juga :   √ Apa Itu Pengeras Beton? Fungsi, Kelebihan dan Kekuranganya

Daya rekat Mortar instan memberikan keunggulan yang signifikan, salah satunya adalah efisiensi penggunaan bahan yang lebih hemat dibandingkan dengan penggunaan semen konvensional.

2. Menutup Permukaan yang Tidak rata

Menutup permukaan yang tidak rata juga termasuk salah satu manfaat mortar. Permukaan bata yang tidak merata dapat diperbaiki dan diselaraskan dengan menggunakan mortar. Hal ini akan meningkatkan tampilan keseluruhan konstruksi dan memberikan hasil yang lebih rapi.

Dengan kata lain, fungsi ini serupa dengan fungsi plaster pada dinding sebelum dilakukan proses acian selanjutnya.

3. Sebagai Bahan Plasteran

Saat membangun tembok, biasanya permukaannya tidak langsung rata dan sempurna. Oleh karena itu, penggunaan mortar diperlukan untuk melakukan proses plesteran pada tembok, sehingga permukaannya menjadi rata.

Selain itu, mortar juga dapat digunakan sebagai bahan plesteran saat memasang keramik, baik itu di lantai maupun di tembok.

4. Untuk Mengaci Tembok

Setelah tembok di-plester, langkah selanjutnya adalah proses pengacian untuk memberikan kehalusan tambahan. Mortar dapat digunakan untuk melakukan pengacian pada tembok setelah plesteran, sehingga tembok menjadi lebih halus dan memudahkan proses pengecatan.

Dalam beberapa situasi, pengacian ini juga dapat dibuat exposed dengan menerapkan konsep Industrial.

Jenis Mortar

Berikut adalah berbagai jenis mortar yang dapat dibagi menjadi lima kategori:

1. Perekat Bata Ringan atau Thin Bed Mortar

Perekat bata ringan, juga dikenal sebagai Thin Bed Mortar, digunakan khusus untuk merekatkan bata ringan, sering disebut sebagai lem hebel. Keunggulan mortar ini terletak pada efisiensinya dalam proses pengerjaan dibandingkan dengan penggunaan semen konvensional, karena pengaplikasiannya hanya perlu ditipiskan. Meskipun efektif untuk bata ringan, jenis mortar ini hanya sesuai untuk aplikasi pada material tersebut.

2. Mortar Plester Dinding

Mortar plester dinding digunakan untuk proses memplester dinding. Berbeda dengan thin bed mortar, mortar jenis ini dapat digunakan dalam pemasangan bata ringan, batako, maupun bata merah.

3. Mortar Acian Instan

Mortar acian instan secara khusus diformulasikan untuk menghaluskan permukaan dinding. Penggunaan mortar acian instan menghemat waktu dan biaya, karena tidak memerlukan lapisan plamir tambahan untuk mencapai kehalusan, memungkinkan dinding untuk langsung dicat. Selain itu, penggunaan jenis mortar ini juga meningkatkan kepadatan tembok dan mencegah retak-retak, sehingga warna cat tampak lebih jelas dan tahan lama.

Baca Juga :   √ Mengenal Kayu Nangka, Dari Karakteristik Hingga Manfaatnya

4. Mortar Pemasangan Keramik

Mortar khusus untuk pemasangan keramik, mampu merekatkan keramik dengan kuat sehingga memberikan hasil pemasangan yang kokoh dan tahan lama.

5. Mortar Pemasangan Homogeneous Tile

Jenis mortar ini digunakan untuk pemasangan granite (homogeneous tile) di berbagai permukaan seperti beton, plesteran, dan screed baik di area outdoor maupun indoor. Cocok untuk pemasangan granite (homogeneous tile) dengan daya serap air rendah atau body berpori kecil (water absorption < 0.5%). Selain itu, mortar ini dapat digunakan untuk pemasangan mosaik, marmer, dan berbagai jenis batu alam lainnya.

Apa Saja Ciri-Ciri atau Karakteristik Mortar yang Berkualitas?

Sika Partner perlu memperhatikan karakteristik mortar sebelum kalian memutuskan untuk memulai proyek bangunan, dan untuk mendapatkan hasil terbaik, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan:

1. Daya Rekat yang Tinggi

Kualitas utama yang seharusnya dimiliki oleh mortar adalah kemampuannya untuk merekatkan bahan bangunan dengan daya rekat yang tinggi. Mortar berkualitas unggul dalam kemampuannya menyatukan berbagai jenis material, termasuk batu bata, kerikil, dan beragam material konstruksi lainnya. Keunggulan ini memberikan keamanan ekstra pada struktur bangunan dan memastikan kekokohan konstruksi.

2. Tahan Air

Mortar yang berkualitas tinggi harus memiliki sifat tahan air yang baik. Kemampuan ini sangat penting untuk mencegah masuknya air ke dalam struktur bangunan, sehingga mencegah kerusakan dan mempertahankan integritas material. Penting untuk dicatat bahwa meskipun mortar mungkin memiliki sifat tahan air, penggunaan produk waterproofing tetap dianjurkan untuk meningkatkan lapisan anti-bocor dan memaksimalkan ketahanan mortar terhadap air.

3. Mudah Digunakan

Fleksibilitas dalam penggunaan mortar adalah faktor penting lainnya. Mortar harus dirancang untuk mudah diaplikasikan ke seluruh bagian permukaan bangunan. Proses pengadukan mortar berkualitas seharusnya tidak rumit, memungkinkan penerapannya dilakukan dengan cepat tanpa memakan waktu yang lama. Kemudahan penggunaan ini tidak hanya meningkatkan efisiensi pekerjaan, tetapi juga meminimalkan potensi kesalahan dalam proses aplikasi.

4. Memiliki Daya Tahan Tinggi

Mortar yang berkualitas tinggi dicirikan oleh daya tahannya yang tinggi. Mortar yang baik mampu menjaga kekuatan dan integritasnya dalam berbagai kondisi cuaca. Karakteristik ini memberikan perlindungan yang optimal terhadap bangunan, sehingga mampu melawan potensi kerusakan akibat faktor eksternal seperti hujan, panas, atau cuaca buruk lainnya. Penting untuk memperhatikan hal ini dengan cermat dan memilih merk produk mortar yang telah terbukti memiliki daya tahan yang hkalianl.

Baca Juga :   √ Harga Borongan Pasang Atap Spandek Semua Jenis & Ukuran Terbaru

5. Tidak Timbul Retakan

Salah satu ciri mortar berkualitas adalah ketidakmunculan retakan pada hasil akhir saat proses pengeringan. Mortar yang baik dapat menetap tanpa retakan, menunjukkan kekompakan dan kekuatan material yang optimal. Kualitas ini penting untuk memastikan bahwa integritas struktur bangunan tetap terjaga seiring waktu, tanpa adanya kerentanan terhadap masalah retakan yang dapat merusak tampilan dan kekokohan konstruksi.

6. Memiliki Waktu Kering yang Cepat

Mortar yang berkualitas juga seharusnya memiliki kemampuan untuk mengering dengan cepat setelah proses pemasangan. Kecepatan pengeringan ini memungkinkan proyek konstruksi berlanjut lebih efisien karena waktu penantian menjadi minimal. Mortar yang baik dapat dipasang dengan cepat dan dapat digunakan dalam waktu yang relatif singkat setelah aplikasi. Kemampuan ini sangat berharga dalam mempercepat progres pengerjaan dan menjamin kehkalianlan hasil akhir.

BACA JUGA :

Penutup

Dalam merangkai fondasi kokoh bangunan atau mempercantik tampilan dinding, mortar memegang peranan krusial yang sering kali diabaikan.

Dengan menggabungkan kekuatan daya rekat, ketahanan terhadap air, serta kemampuan waktu pengeringan yang cepat, mortar muncul sebagai elemen tak terpisahkan dalam dunia konstruksi.

Penting untuk memahami peran mortar dalam setiap proyek konstruksi, dan memilih jenis mortar yang sesuai dengan kebutuhan spesifik.

Dengan mengetahui lebih dalam mengenai apa itu mortar, kita dapat melangkah maju dengan keyakinan dalam membangun masa depan yang kokoh dan estetis.

Sebuah pertanyaan sederhana, “Apa itu mortar?” menggambarkan betapa pentingnya bahan ini dalam membentuk pondasi yang tak tergoyahkan untuk setiap struktur yang kita ciptakan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Apa Itu Mortar? Fungsi, Karakteristik dan Jenisnya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *