Cara Membersihkan Bekas Stiker

√ Cara Membersihkan Bekas Stiker, Mudah dan Efektif

Posted on

Finoo.id – √ Cara Membersihkan Bekas Stiker, Mudah dan Efektif. Membersihkan bekas stiker sebenarnya mudah dilakukan. kalian hanya perlu menyiapkan beberapa bahan yang dapat membantu dalam proses pembersihan. Bahan-bahan ini dapat ditemukan di toko-toko terdekat atau bahkan mungkin sudah ada di rumah kalian.

Untuk menghindari kerusakan pada permukaan benda yang terkena bekas stiker, penting untuk berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam proses pembersihan. Penggunaan benda tajam seperti cutter atau pisau sebaiknya dihindari, karena dapat menyebabkan goresan dalam yang merusak.

Cara membersihkan bekas stiker yang benar sebenarnya sangat mudah dan tidak memerlukan usaha berlebih. Bahan-bahan yang digunakan memiliki kemampuan untuk menghilangkan kekuatan rekat pada lem stiker, yang merupakan penyebab munculnya bekas pada permukaan barang.

Jika kalian belum familiar dengan cara membersihkan bekas stiker yang benar dan aman, finoo.id telah merangkum informasi tersebut dari berbagai sumber agar kalian dapat memperhatikannya dengan baik.

Cara Menghilangkan Bekas Stiker

Bagi kalian yang ingin menghapus stiker di berbagai tempat tanpa merusak permukaannya, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Soda Kue

Cara pertama untuk menghilangkan noda atau bekas lem stiker yang sulit dihapus adalah dengan menggunakan soda kue. Meskipun biasanya digunakan dalam pembuatan kue dan roti, soda kue ternyata juga efektif untuk mengatasi bekas lem stiker yang membandel.

Bagi ibu rumah tangga, mungkin sudah tidak asing bahwa soda kue memiliki fungsi sebagai penghilang noda. Caranya cukup mudah, campurkan soda kue dengan setengah cangkir minyak goreng. Penting untuk menggunakan soda kue dalam jumlah yang sedikit.

Oleskan campuran kedua bahan tersebut ke area yang terdapat lem stiker atau bekasnya, lalu biarkan beberapa menit. Cobalah untuk melepaskan bagian stiker atau mengusap bekas lem stiker dari tepi, sehingga kalian dapat membersihkannya tanpa meninggalkan noda membandel.

Perlu diingat bahwa soda kue dan minyak goreng bukan bahan beracun. Meskipun demikian, disarankan untuk tidak mencoba metode ini pada kaca mobil, karena dapat merusak warnanya.

Baca Juga :   Harga Borongan Pasang Paving Per Meter Terbaru Paling Lengkap

2. Zat Berbasis Minyak

Selanjutnya, untuk menghilangkan bekas lem stiker yang sulit dan stiker tanpa meninggalkan noda, kalian dapat menggunakan bahan atau zat lain yang berbasis minyak. Beberapa contohnya adalah minyak mineral, minyak pohon teh, petroleum jelly, minyak zaitun, lotion, dan sebagainya.

Caranya cukup sederhana, oleskan zat berbasis minyak tersebut ke stiker yang ingin dilepaskan atau bekas lem stiker, dan biarkan selama beberapa menit. Jika kalian menghapus bekas lem pada perangkat elektronik seperti laptop atau gadget, pastikan perangkat tersebut dalam kondisi mati.

Setelah permukaan bekas lem stiker menjadi lembab, kalian dapat dengan mudah melonggarkan perekatnya dan melepaskannya tanpa meninggalkan bekas apapun. Selanjutnya, bersihkan sisa zat berbasis minyak dengan menggunakan kain lembab.

3. Alkohol Gosok atau Tisu Basah Beralkohol

Langkah berikutnya untuk menghilangkan bekas lem stiker adalah dengan menggunakan alkohol gosok atau isopropil alkohol. Alkohol gosok, yang juga dikenal sebagai antiseptik dan cairan pembersih, sering digunakan untuk mengatasi bekas lem stiker atau noda yang sulit dihilangkan dari permukaan barang.

Selain mampu menghilangkan kotoran, alkohol gosok juga memiliki kemampuan untuk mendisinfeksi permukaan barang. Cara menghilangkan bekas lem stiker dengan alkohol gosok cukup mudah. kalian dapat menyiapkan tisu atau lap dan menuangkan alkohol pada permukaan kain, lalu usapkan ke bekas lem stiker atau stiker yang ingin dilepas.

kalian dapat mengulanginya beberapa kali sambil menggosok perlahan permukaan bekas lem stiker tersebut hingga bersih. Jika tidak memiliki alkohol gosok, kalian dapat menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol. Dengan langkah ini, kalian dapat membersihkan permukaan bekas stiker tanpa meninggalkan goresan kecil.

Setelah memastikan bekas lem stiker hilang dan permukaan bersih, kalian dapat mengelapnya kembali dengan tisu baru atau kain lap. Lakukan beberapa kali hingga tidak ada sisa alkohol yang tertinggal pada permukaan.

4. Cuka Putih

Selain menggunakan bahan alkohol, kalian juga dapat memanfaatkan bahan dapur seperti cuka untuk menghilangkan bekas lem stiker. Menariknya, National Science Foundation menyebutkan bahwa cuka memiliki kandungan asam yang mampu memecah struktur noda atau kotoran yang menempel.

Cara ini lebih menarik karena cuka dapat diencerkan dengan air dan efektif untuk menghilangkan residu atau bekas lem stiker pada permukaan barang. Untuk menggunakan cuka, kalian perlu menyiapkan cuka, air, dan kain lap. Campurkan cuka dengan air dan larutkan. Basahi kain lap dengan larutan cuka tersebut.

Baca Juga :   √ Cara Membersihkan Cat di Kayu Dengan Mudah dan Praktis

Tempatkan kain lap di atas bekas lem stiker atau bungkus bagian bekas stiker dengan kain lap, lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, lepaskan kain lap dan periksa hasilnya, di mana permukaan barang tersebut akan bersih dari bekas lem stiker.

Ternyata, metode ini juga sering digunakan untuk menghilangkan bekas lem stiker pada motor. Yang menarik, cuka juga efektif untuk mengatasi noda lem stiker pada permukaan laptop atau PC.

5. Air Sabun

Cara terakhir adalah menggunakan air sabun untuk menghilangkan bekas lem stiker yang sulit dan sudah lama menempel pada berbagai permukaan, baik itu pada laptop, mobil, atau bodi motor. Sebelum mengusap air sabun ke bagian permukaan yang memiliki bekas lem stiker, langkah awalnya adalah menggunakan air hangat dan mencampurnya dengan sabun.

Gunakan sabun cuci piring, campurkan dengan air hangat, dan aduk hingga tercampur. Selanjutnya, celupkan kain lap yang bersih ke dalam campuran tersebut untuk menghilangkan bekas lem stiker. Usaplah bagian permukaan tersebut dengan lembut, biarkan hingga lembab, sehingga bekas lem stiker menjadi lebih mudah dikupas.

Ulangi langkah tersebut dan lakukan sampai bekas lem stiker benar-benar hilang. Metode ini juga dapat digunakan untuk melepas stiker yang sudah menempel lama. Setelah bekasnya bersih, kalian dapat membilas atau mengelapnya kembali menggunakan kain lap yang kering.

Cara Cepat Bersihkan Bekas Stiker Di Furnitur Kayu

Salah satu masalah yang sering muncul pada furnitur kayu adalah adanya stiker atau bekas tempelan di permukaannya. Siapa pun bisa dengan iseng menempelkan stiker pada meja, lemari, kursi, pintu, dan furnitur kayu lainnya, yang tanpa disadari dapat mempengaruhi nilai estetikanya.

Anak-anak usia kanak-kanak seringkali senang menempelkan stiker, bahkan pada pintu atau meja berbahan kayu. Menghilangkan stiker atau bekas tempelan tersebut memang tidak mudah. Jika kalian menghadapi masalah serupa, ada baiknya untuk mengetahui trik yang dikutip dari wikihow.com berikut ini:

1. Gunakan pemanas atau hair dryer

Hair dryer atau alat pemanas untuk rambut dapat digunakan untuk membantu meregangkan rekatan stiker.

Baca Juga :   √ Cara Mencegah Lemari Berjamur Paling Tepat dan Mudah

Caranya, arahkan pemanas ke permukaan dan sudut stiker selama beberapa detik. Lakukan hal yang sama untuk semua sudut.

Namun, penting untuk menjaga jarak antara pemanas dan permukaan kayu. Jarak yang aman adalah sekitar 5 cm.

Pastikan terpaan panas tidak terlalu lama, maksimal 10-15 detik. Jika terlalu panas, dapat merusak material kayu pada furnitur kalian.

2. Angkat stiker dengan lembut dan merata

Alat bantu untuk mengangkat stiker pada furnitur kayu dapat mencakup garpu, pisau, cutter, atau bahkan ujung kartu kredit atau ATM.

Saat mengangkat, disarankan untuk memulai dari bagian ujung dengan menggunakan jari, kemudian secara perlahan ditambah dengan bantuan alat-alat yang telah disebutkan sebelumnya.

Jika alat bantu terlalu tebal untuk mencapai ujung stiker, kalian dapat menggunakan tutup botol plastik untuk meregangkan rekatan stiker. Metode ini sedikit lebih aman daripada menggunakan pisau atau alat tajam lain yang dapat merusak permukaan kayu.

3. Gunakan pinset

Jika masih sulit diangkat, alternatif lainnya adalah menggunakan pinset sebagai alat bantu untuk mengangkat ujung stiker.

Selanjutnya, arahkan pemanas ke bagian belakang stiker untuk melonggarkan rekatan.

Kesabaran merupakan kunci utama dalam metode ini. Pastikan untuk tidak merobek stiker agar tidak meninggalkan bekas rekatan.

Baca Juga :

Penutup

Dengan demikian, membuktikan bahwa membersihkan bekas stiker tidaklah sulit jika kita mengetahui metode yang tepat.

Dari penggunaan bahan alami hingga pemanfaatan peralatan sederhana di sekitar kita, setiap cara memiliki keunggulannya masing-masing.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati, terutama ketika menggunakan benda tajam atau pemanas, agar tidak merusak permukaan barang.

Dengan pengetahuan mengenai cara membersihkan bekas stiker yang benar, kita dapat dengan mudah mengembalikan keindahan dan kebersihan pada furnitur atau barang lainnya.

Semoga informasi artikel finoo.id ini bermanfaat dan dapat menjadi solusi praktis untuk mengatasi masalah bekas stiker yang membandel pada berbagai permukaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *