Cara Setting Timer AC Panasonic

Cara Setting Timer AC Panasonic Paling Tepat

Posted on

Finoo.id –Cara Setting Timer AC Panasoni Paling Tepat. Berkegiatan di dalam ruangan memang terasa nyaman apabila udara sejuk. Oleh karena itu, banyak orang membutuhkan Air Conditioner dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Seiring dengan waktu, produsen berlomba-lomba untuk memperbaiki fitur dan teknologi Air Conditioner. Kini, tersedia berbagai produk AC modern yang dapat beroperasi maksimal dengan konsumsi daya yang rendah.

Mungkin kalian adalah salah satu konsumen AC merek Panasonic yang baru menggunakan produk tersebut. Dalam hal ini, kalian membutuhkan sedikit waktu untuk mempelajari cara mengoperasikan produk, terutama berkaitan dengan pengaturan timer.

Kami telah merangkum panduan tentang cara pengaturan timer AC Panasonic yang paling sederhana. Hal ini sangat berguna bagi pemula yang belum terlalu memahami tahapan pengaktifan fitur tersebut.

Fungsi Timer AC Panasonic

Timer AC adalah fitur dasar yang biasanya disertakan pada mesin pendingin udara. Fitur ini menyempurnakan fungsi lain untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan dalam penggunaan produk bagi konsumen.

Dengan fitur timer, unit AC Panasonic dapat beroperasi secara otomatis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Ini berarti, konsumen dapat mengatur kapan perangkat harus menyala dan berhenti sesuai dengan keinginan mereka.

Fungsi timer pada AC Panasonic terdiri dari dua pilihan, yaitu:

  • Timer ON memungkinkan Air Conditioner untuk menyala secara otomatis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  • Timer OFF mengatur operasional AC agar berhenti beroperasi pada jam yang telah diatur sesuai dengan setelan yang diinginkan.

Sebagai pemilik, kalian diharuskan memahami perbedaan fungsi timer pada AC Panasonic tersebut. Informasi ini sangat berguna untuk menentukan waktu yang tepat dalam mengaktifkan fitur tersebut.

Fitur timer pada AC sering digunakan dalam aktivitas perkantoran formal yang memudahkan para karyawan. Sebagai contoh, unit akan beroperasi setiap jam 8 pagi dan otomatis berhenti pada waktu istirahat.

Baca Juga :   Cara Mematikan Timer AC Haier Dengan Atau Tanpa Remote

Cara Setting Timer AC Panasonic

Pengaturan timer pada AC Panasonic sudah terdapat pada tombol remote kontrol dengan simbol yang tertera. Dengan demikian, kalian hanya perlu menekan salah satu lambang yang ada pada alat pengendali tersebut.

Namun, sebelum itu, kalian harus memahami arti dari simbol remote AC Panasonic dengan benar. Hal ini menjadi dasar yang penting dalam mengoperasikan berbagai fungsi pada produk tersebut tanpa masalah.

Berikut adalah cara pengaturan timer AC Panasonic yang paling mudah:

1. Setting Timer ON

Fungsi timer ON pada AC Panasonic dapat membuat perangkat beroperasi secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan. Fitur ini akan terus berulang setiap hari hingga kalian mematikannya.

Berikut adalah cara pengaturan timer AC ON:

  • Tekan tombol power untuk menghidupkan AC Panasonic.
  • Tunggu beberapa saat sampai sensor mendeteksi suhu ruangan.
  • Tekan tombol timer on pada remote kontrol asli.
  • Tekan tombol panah atas atau bawah untuk mengatur waktu operasional.
  • Tekan tombol set untuk mengkonfirmasi perintah yang kalian masukkan.
  • Layar pada remote kontrol akan menampilkan ikon timer yang aktif.

2. Setting Timer OFF

Fitur timer OFF sering digunakan oleh pengguna AC saat mereka ingin tidur di malam hari secara teratur. Biasanya, fungsi ini diaktifkan pada pukul 2 dini hari ketika suhu lingkungan sudah cukup sejuk.

Berikut adalah cara pengaturan timer AC OFF:

  • Tekan tombol power untuk menyalakan unit AC Panasonic.
  • Biarkan beberapa saat sampai sensor mendeteksi suhu ruangan.
  • Tekan tombol timer off pada remote kontrol asli.
  • Tekan tombol set untuk mengkonfirmasi perintah yang telah kalian masukkan.
  • Layar pada remote kontrol akan menampilkan ikon timer yang aktif.
  • Pengaturan timer off pada AC Panasonic sudah selesai.
  • Tekan tombol panah atas atau bawah untuk mengatur waktu operasional.

3. Cara Mematikan Timer AC Panasonic tanpa Remote

Selain menggunakan remote bawaan atau remote universal, kalian juga dapat mematikan timer pada AC Panasonic tanpa remote. Caranya adalah dengan memutus aliran listrik yang mengalir ke perangkat tersebut. Ketika AC dimatikan, semua pengaturan akan kembali ke kondisi semula atau direset. Oleh karena itu, kalian dapat mematikan timer AC Panasonic dengan cara mencabut stop kontak AC yang terhubung ke sumber listrik atau mematikan sumber listrik secara keseluruhan.

Baca Juga :   Cara Mengatasinya Remote AC Samsung Tidak Berfungsi

4. Cara Mematikan Timer AC Panasonic dengan Remote Universal

Jika remote AC Panasonic kalian hilang atau rusak, kalian masih dapat menggunakan remote universal! Remote AC universal juga dapat digunakan pada perangkat AC Panasonic kalian. Meskipun remote tersebut bukan berasal dari merek yang sama, namun remote tersebut masih dapat berfungsi. Cara mematikan timer pada AC Panasonic dengan remote ini juga sama. kalian hanya perlu menekan tombol yang bertuliskan “cancel” di bawahnya untuk mematikan timer pada AC kalian.

Rekomendasi AC Panasonic Terbaik

1. Panasonic Low Watt-NanoeX AC Split [1/2 PK | CS/CU-XN5WKJ]

Salah satu rekomendasi AC Panasonic terbaik yang tersedia di Blibli adalah Panasonic Low Watt-NanoeX AC Split [1/2 PK | CS/CU-XN5WKJ]. Produk ini dijual seharga Rp. 4.899.000 per unitnya. Jenis AC ini adalah AC Split dengan kapasitas paling kecil, yaitu 1/2 PK. Kapasitas listrik yang digunakan juga terbatas dan cukup kecil, mulai dari 330 watt saja. Cocok untuk digunakan di ruangan yang tidak terlalu besar.

AC Panasonic ini memiliki teknologi pendinginan yang 18% lebih cepat. Hal ini karena adanya fitur powerful yang dilengkapi dengan pemurni udara berbasis teknologi Nanoe G dan Nanoe™ X. Dengan kombinasi fitur dan teknologi ini, udara yang ditiupkan menjadi lebih sehat dan segar. Selain itu, AC ini tetap hemat listrik karena pemurnian udara hanya membutuhkan daya 25 watt/jam.

2. Panasonic Nanoe-X AC Split Stkalianrd [3/4 PK | CS/CU-PN7WKJ]

Rekomendasi kedua adalah Panasonic Nanoe-X AC Split Stkalianrd [3/4 PK | CS/CU-PN7WKJ] yang dijual dengan harga Rp. 3.799.000. Seri AC Panasonic ini memiliki ukuran PK yang sedikit lebih besar dari seri sebelumnya, yaitu 3/4 PK. Namun, tetap cocok digunakan di ruangan kecil seperti kamar tidur atau kamar kerja. Di samping itu, AC ini memiliki fitur canggih dan modern yang sangat berguna bagi kalian.

Fitur canggih dan modern tersebut adalah AC 2 in 1 (AC plus Air Purifier berteknologi Nanoe-X). Fitur ini sudah diuji oleh Texcell, Prancis dan terbukti efektif dalam melawan virus Corona dengan tingkat keberhasilan mencapai 99.99%. Udara yang dikeluarkan oleh AC ini sudah disaring dan dimurnikan secara optimal untuk tetap memberikan udara segar dan sehat. Cocok untuk digunakan di rumah, kantor, dan tempat umum lainnya.

Baca Juga :   Arti Simbol Remote AC Panasonic Lengkap Semua Tipe

3. PANASONIC AC Split Non Inverter [1 PK | CS/CU YN9WKJ]

Rekomendasi ketiga adalah PANASONIC AC Split Non Inverter [1 PK | CS/CU YN9WKJ] yang dijual dengan harga Rp. 3.199.000. Seri AC Panasonic ini memiliki PK yang cukup besar, yaitu 1 PK sehingga cocok untuk digunakan di ruangan berukuran kecil hingga sedang. Jenis AC ini adalah stkalianr non inverter. Salah satu fitur yang diusung oleh seri ini adalah pendinginan yang 18% lebih cepat dari seri AC pada umumnya yang ada di pasaran.

AC ini juga memiliki kapasitas yang cukup besar, yaitu 9000 BTU/H. Daya listrik yang dibutuhkan juga cukup besar mengingat besarnya PK yang dimiliki oleh AC ini, yaitu 800 watt. Ukuran AC ini memiliki tinggi 290 cm x panjang 799 cm x lebar 197 cm. Sedangkan untuk ukuran kipasnya sendiri adalah tinggi 490 cm x panjang 650 cm x lebar 230 cm. Bobot AC ini sendiri mencapai 8 kilogram.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel yang finoo.id buat ini, kita telah membahas tentang cara setting timer AC Panasonic. Dengan menggunakan fitur timer ini, kalian dapat mengatur waktu penggunaan AC sehingga dapat menghemat energi dan mengurangi biaya listrik.

Penting untuk diingat bahwa saat melakukan pengaturan timer, pastikan AC dalam keadaan mati dan jangan lupa untuk membaca petunjuk penggunaan yang tertera pada manual yang disertakan. Hal ini akan memastikan bahwa kalian mengatur timer dengan benar dan dapat memperpanjang umur AC kalian.

Selain itu, perlu diingat bahwa pengaturan timer harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti, karena kesalahan dalam pengaturan dapat menyebabkan AC tidak menyala atau menyala pada waktu yang tidak diinginkan.

Dengan mengikuti panduan yang telah dibahas di artikel ini, kita berharap kalian dapat mengatur timer AC Panasonic kalian dengan mudah dan tanpa kesulitan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dan terima kasih telah membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *