Cara Mematikan Timer AC Polytron

Cara Mematikan Timer AC Polytron Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Mematikan Timer AC Polytron Paling Mudah. Indonesia memiliki iklim tropis yang membuat udara menjadi sangat panas saat musim kemarau, baik siang maupun malam hari. Untuk membuat ruangan tetap sejuk dan nyaman, penggunaan Air Conditioner sangatlah penting.

Tersedia banyak pilihan produk AC di pasaran, mulai dari merek ternama hingga merek lokal yang bersaing untuk menarik minat calon pembeli. Masing-masing merek memiliki kelebihan dan kekurangan, namun keputusan akhir dalam pembelian tetap bergantung pada preferensi konsumen.

Polytron Electronic, sebagai produsen asli Indonesia yang telah berdiri sejak lama, memiliki banyak pelanggan setia. Meskipun bersaing dengan merek lain, produk AC Polytron selalu mengutamakan harga terjangkau.

Namun, masih banyak yang belum mengetahui cara mematikan timer AC Polytron sesuai dengan buku petunjuk yang diberikan oleh pihak pabrik. Hal ini wajar terjadi, terutama bagi pemula yang baru pertama kali membeli unit AC.

Sekilas Tentang Polytron

Polytron merupakan perusahaan elektronik asal Indonesia yang didirikan pada tanggal 18 September 1975 di Kudus, Jawa Tengah dengan nama PT Indonesian Electronic & Engineering. Pada tanggal 18 September 1976, perusahaan ini berubah nama menjadi PT Hartono Istana Electronic. Kemudian pada tahun 2000, perusahaan ini merger dan menjadi PT Hartono Istana Teknologi.

Polytron memproduksi berbagai macam perlengkapan elektronik, seperti speaker, televisi, lemari es (sejak akhir 2000), mesin cuci (sejak 2010), AC (sejak awal 2000), ponsel cerdas (sejak 2011), dan masih banyak lagi.

Perusahaan ini memiliki dua pabrik, masing-masing di Kudus seluas 70.000 m2 dan di Sayung, Demak seluas 130.000 m2, yang merupakan pabrik lemari es terbesar di Jawa Tengah. Polytron memiliki lebih dari 10.000 karyawan, 11 kantor perwakilan, 5 dealer resmi, dan 50 pusat layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga :   Kode Remote AC Gree Untuk Semua Tipe Lengkap

Polytron juga memiliki divisi Research and Development (R&D) yang diperkuat dengan total 500 ahli dalam berbagai bidang teknologi. Hal ini dilakukan untuk selalu siap merespons perkembangan teknologi di pasar Indonesia.

Fitur Timer AC Polytron

Saat ini, produk Polytron terdiri dari dua tipe, yaitu Neuva Ice dan Deluxe, dengan fungsi dasar yang lengkap serta beberapa fitur unggulan. Jika kamu masih pemula, disarankan untuk memahami cara setting AC Polytron beserta arti dari setiap tombol di remotnya.

Beberapa fungsi dasar dari AC Polytron adalah sebagai berikut:

  • Mode Operasional telah diatur secara khusus oleh pabrik untuk menjalankan unit secara otomatis dengan mode yang tersedia, yaitu cool, dry, dan fan.
  • Super berfungsi untuk mempercepat proses pendinginan ruangan hanya dalam beberapa menit.
  • Fan Speed digunakan untuk mengatur kecepatan perputaran kipas AC Polytron.
  • Swing dapat mengatur arah aliran udara secara vertikal atau horizontal sesuai keinginan pengguna.
  • Timer memungkinkan pengguna untuk mengatur waktu AC menyala dan berhenti beroperasi sesuai dengan yang telah ditentukan sebelumnya.

Sebenarnya masih banyak fitur lain dari AC Polytron yang dapat kamu pelajari lebih detail melalui buku petunjuk resmi yang diberikan saat transaksi pembelian. Namun, dari semua fitur yang tersedia, Timer menjadi salah satu fungsi yang paling sering digunakan oleh pengguna AC Polytron.

Fitur TimerFungsi
Timer OnAC dapat menyala secara otomatis pada jam tertentu sesuai pengaturan pengguna
Timer OffProduk akan berhenti beroperasi secara otomatis pada jam tertentu yang telah diatur oleh pengguna

Cara Mematikan Timer AC Polytron

Karena fungsi timer AC Polytron terdiri dari dua tombol, yaitu on dan off, maka pembatalannya juga berbeda tergantung pada letak tombol remote yang terpisah. Untuk memudahkan pemahaman, kamu dapat melihatnya langsung pada remote kontrol.

Baca Juga :   Cara Setting AC Polytron Biar Dingin Secara Merata

Berikut adalah ketentuan akses tombol timer on/off:

  • Tekan tombol timer on/off yang pertama untuk mengaktifkan fitur timer.
  • Tekan tombol timer untuk yang kedua untuk melakukan penyetelan waktu sesuai dengan keinginan.
  • Tekan tombol timer yang ketiga untuk membatalkan fungsi timer dan mengembalikan ke kondisi semula.

Dengan memperhatikan ketentuan operasional fitur “timer” yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu pasti akan memahami cara mematikan fitur timer pada AC Polytron dengan benar. Berikut adalah panduan lengkapnya:

  • Ambil remote kontrol untuk memulai proses mematikan fitur timer yang sedang berjalan.
  • Pastikan posisimu berada dalam jarak maksimal 8 meter dari unit indoor agar sinyal remote dapat diterima dengan baik.
  • Perhatikan layar remote AC. Jika indikator icon timer menyala, itu menkaliankan fitur timer sedang aktif.
  • Tekan tombol timer on atau timer off untuk membatalkan fungsi timer. Setelah itu, icon timer akan hilang dari display remote.
  • Proses berhasil ketika icon timer sudah hilang.

Perlu kamu ketahui bahwa fungsi timer on/off pada AC Polytron dapat dilakukan secara bersamaan, kecuali untuk tipe tertentu yang tidak mendukung fitur ini. Panduan lengkap mengenai fitur ini sudah tercantum dalam buku panduan resmi, baik yang kamu dapatkan saat pembelian unit atau melalui unduhan versi digital.

Mematikan Timer AC Polytron Tanpa Remote

Selain menggunakan remote kontrol, kita juga dapat mematikan fitur timer pada AC Polytron tanpa menggunakan perangkat pengendali jarak jauh. Metode ini berguna pada situasi darurat, seperti ketika remote rusak atau hilang. Dengan cara ini, pengguna tidak perlu khawatir jika mengalami kondisi tersebut.

1. Mematikan Timer Melalui Ponsel

Saat ini, smartphone Android dapat berfungsi sebagai remote kontrol universal yang dapat mengendalikan berbagai peralatan elektronik, termasuk Air Conditioner. Hal ini dapat terjadi pada beberapa perangkat seluler yang memiliki sensor IR Blaster.

Berikut adalah cara mematikan Timer AC menggunakan ponsel:

Baca Juga :   Ukuran Kapasitor AC Berdasarkan PK Yang Tepat

  • Pastikan HP kamu memiliki sensor IR Blaster/inframerah dengan memeriksa spesifikasi lengkapnya.
  • Buka Google Play Store dan pasang aplikasi bernama “Mi Remote”. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  • Buka aplikasi Mi Remote dan lakukan pairing dengan AC Polytron hingga berhasil.
  • Setelah sinkronisasi selesai, layar ponsel akan menampilkan remote digital.
  • Matikan timer dari ponsel.
  • Aplikasi Mi Remote mendukung semua merek ponsel tanpa kecuali, selama perangkat seluler kamu sudah memiliki hardware IR Blaster.

2. Mematikan Timer Secara Manual

Cara terakhir untuk mematikan fitur timer pada AC Polytron adalah dengan metode manual. Ini hanya sebaiknya dilakukan pada kondisi darurat saja, dan usahakan selalu menggunakan remote kontrol saat mengoperasikan unit AC.

Berikut adalah cara mematikan AC secara manual:

  • Matikan AC Polytron dengan menekan tombol power pada panel unit indoor apabila remote rusak.
  • Cabut stop kontak dari sumber listrik dan biarkan selama 5 menit agar tidak ada sisa daya pada AC.
  • Hubungkan kembali kabel power ke stop kontak secara hati-hati.
  • Nyalakan unit AC, maka status fungsi timer akan menjadi nonaktif.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah arikel finoo.id tentang beberapa langkah mudah untuk mematikan timer pada AC Polytron.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, diharapkan kalian dapat mengatasi masalah yang sedang dihadapi dan menikmati kesejukan tanpa harus khawatir timer AC akan aktif kembali.

Ingatlah untuk selalu membaca manual penggunaan dan mengetahui fungsionalitas dari setiap tombol pada AC agar dapat menggunakannya dengan baik dan benar. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *