Apa Itu Ac Split Duct

√ Apa Itu Ac Split Duct? Komponen, Kelebihan dan Kekuranganya

Posted on

Finoo.id – √ Apa Itu Ac Split Duct? Komponen, Kelebihan dan Kekuranganya. Perkembangan zaman telah menghadirkan beragam model AC yang tersedia saat ini, yang dirancang sesuai dengan kebutuhan kita sebagai konsumen akhir atau pengguna. Untuk perumahan, kita biasanya menggunakan AC split, split ducted, AC kaset, atau instalasi AC sentral untuk gedung, serta banyak model lainnya.

Secara umum, penggunaan AC di rumah tinggal atau perkantoran biasanya mengkalianlkan model AC Split wall dan juga AC Window. Namun, saat ini AC Window tampaknya kurang diminati oleh konsumen. Hal ini disebabkan karena desainnya yang menggabungkan mesin evaporator dan komponen lainnya dalam satu unit, sehingga menghasilkan suara yang cukup mengganggu. Meskipun begitu, AC Window masih sering digunakan di kantor sementara, seperti bedeng proyek bangunan.

Apa Itu AC Split Duct?

Jika dahulu pendingin ruangan hanya digunakan untuk satu ruangan saja, kini penyejuk ruangan jenis ini bisa dimanfaatkan untuk seluruh ruangan. Mekanisme ini jelas memberikan keuntungan bagi pemasangnya.

Secara umum, AC Split Duct ini dipahami sebagai salah satu jenis penyejuk ruangan yang menggunakan sistem AC sentral. AC pusat ini berfungsi sebagai pengendali utama untuk menghasilkan suhu yang diinginkan. Kemudian, suhu tersebut disalurkan melalui beberapa saluran instalasi yang terpasang di setiap ruangan.

Cara kerjanya yang demikian membuat pendingin ini juga dikenal sebagai sistem air handling. Ini adalah sebuah sistem pengaturan udara yang dikendalikan dari satu pusat pengendali.

Sistem ini menunjukkan bahwa salah satu komponen paling penting adalah pusat pengendali. Jika pusat ini mengalami masalah, maka seluruh ruangan akan terkena dampaknya.

Meskipun demikian, sistem ini memberikan keuntungan bagi pemasangnya. Pemasang tidak perlu membeli banyak unit untuk mendinginkan ruangan, baik itu untuk rumah pribadi maupun gedung seperti mal atau pusat perbelanjaan.

Komponen AC Split Duct

Seperti yang dijelaskan di atas, komponen ini terdiri dari tiga bagian. Berikut penjelasan detailnya:

1. Fan Coil Unit(FCU)

Fan Coil Unit (FCU) adalah komponen utama dalam sistem pendingin udara yang berfungsi sebagai mesin penukar kalor. Proses kerjanya melibatkan beberapa tahap. Pertama, udara panas dari ruangan dihisap oleh kipas yang ada di dalam FCU. Kemudian, udara panas tersebut dialirkan melewati coil pendingin yang berada di dalam unit. Coil pendingin ini berisi refrigeran yang telah didinginkan oleh kompresor dalam sistem AC sentral. Ketika udara panas melewati coil ini, kalor dari udara tersebut diserap oleh refrigeran, sehingga suhu udara turun. Udara yang sudah didinginkan ini kemudian dihembuskan kembali ke ruangan melalui saluran distribusi udara, menyebarkan udara sejuk ke seluruh ruangan. Selain menurunkan suhu ruangan, FCU juga membantu dalam menjaga sirkulasi udara yang baik, sehingga meningkatkan kenyamanan dan kualitas udara di dalam ruangan.

Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan AC Samsung dan Rekomendasi

2. Ducting (Saluran udara)

Terdapat berbagai macam ducting yang digunakan dalam sistem pendingin udara, dengan beberapa fungsi utama sebagai berikut:

  • Supply Udara Dingin ke Ruangan (Supply Air)
    Ducting ini berfungsi untuk mengalirkan udara dingin ke ruangan yang dikondisikan. Secara fisik, ducting supply air ini dilengkapi dengan insulasi untuk menjaga suhu udara dingin yang didistribusikan, sehingga tidak terbuang percuma.
  • Supply Udara Luar (Fresh Air)
    Ducting ini berfungsi untuk mengalirkan udara segar dari luar ke dalam ruangan.
  • Pembuangan Udara dari Dalam ke Luar (Exhaust Air)
    Ducting ini berfungsi untuk membuang udara dari dalam ruangan ke luar.

Untuk ducting fresh air dan exhaust air, tidak digunakan insulasi. Lapisan insulasi yang digunakan pada ducting supply air biasanya terdiri dari beberapa bahan, antara lain: glasswool, aluminium foil, dan spindle pin atau pengikat.

3. Kompresor

Ketika AC menyala, kompresor berperan sebagai jantung dari sistem pendingin. Fungsinya adalah mengubah refrigeran dari bentuk gas bertekanan rendah menjadi gas bertekanan tinggi. Proses ini dimulai ketika refrigeran dalam keadaan gas bertekanan rendah masuk ke kompresor. Di dalam kompresor, gas tersebut ditekan dengan kuat, meningkatkan tekanan dan suhunya. Gas bertekanan tinggi ini kemudian diteruskan menuju kondensor. Peran kompresor sangat krusial karena tanpa perubahan tekanan ini, refrigeran tidak dapat melalui siklus pendinginan yang diperlukan untuk menurunkan suhu udara di dalam ruangan.

4. Kondensor

Kondensor adalah komponen dalam sistem pendingin yang digunakan untuk mengubah refrigeran dari gas bertekanan tinggi menjadi cairan bertekanan tinggi. Setelah gas refrigeran bertekanan tinggi meninggalkan kompresor, ia mengalir ke kondensor. Di sini, gas tersebut melepaskan panasnya ke lingkungan sekitar, biasanya melalui kisi-kisi kondensor yang didinginkan oleh kipas atau aliran udara alami. Proses pelepasan panas ini menyebabkan gas refrigeran mengembun menjadi cairan. Cairan bertekanan tinggi ini kemudian dialirkan ke orifice tube atau perangkat ekspansi lainnya, di mana tekanan cairan akan berkurang secara signifikan sebelum memasuki evaporator untuk proses pendinginan lebih lanjut. Kondensor memastikan bahwa refrigeran berada dalam kondisi optimal untuk menyerap panas saat melewati evaporator, menjaga efisiensi dan efektivitas sistem pendingin udara.

5. Orifie tube dan Katup Ekspansi

Orifice tube adalah komponen di mana cairan bertekanan tinggi diturunkan tekanannya dan suhunya, menjadi cairan dingin bertekanan rendah. Sebaliknya, katup ekspansi adalah komponen penting dalam sistem air conditioner yang berfungsi mengontrol aliran cairan pendingin. Ketika cairan pendingin melewati katup ekspansi, tekanannya diturunkan, dan saat meninggalkan katup, cairan tersebut berubah menjadi uap. Uap ini kemudian memasuki evaporator untuk proses pendinginan.

Kelebihan dan Kekurangan AC Split Duct

Perkembangan teknologi telah memberikan banyak keuntungan, termasuk inovasi yang hadir sebagai solusi atas berbagai keluhan konsumen. Kehadiran AC Split Duct telah menarik perhatian yang signifikan, terbukti dari banyaknya konsumen yang tertarik menggunakannya.

Sebelum kalian memutuskan untuk memasangnya, kami akan membagikan beberapa kelebihan dan kekurangannya. Informasi ini diharapkan dapat membantu kalian dalam membuat keputusan yang lebih mudah dan tepat.

Baca Juga :   Cara Mematikan Timer AC LG Paling Mudah

1. Kelebihan Pendingin Split Duct

Produk ini menawarkan banyak kelebihan. Salah satu yang utama adalah distribusi suhu yang merata ke seluruh ruangan. Suhu yang dihasilkan dari sistem pendingin diatur dengan optimal, lalu disalurkan melalui pipa yang terpasang di seluruh ruangan.

Pendistribusian hawa dingin seperti ini memberikan keuntungan ekonomis. Penggunaan listrik menjadi lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan banyak unit pendingin terpisah.

Selain itu, penempatan AC Split Duct tidak mengganggu desain interior ruangan. Pemasangannya serasi dengan ruangan dan tidak menonjol, berbeda dengan banyak jenis pendingin lainnya.

Yang paling menarik, AC ini tidak menimbulkan kebisingan. Meskipun sedang bermasalah, suara yang dihasilkan tetap tidak terlalu keras, sehingga orang yang berada di bawahnya tetap merasa nyaman dan bisa fokus menjalankan pekerjaannya.

2. Kekurangan Pendingin Split Duct

Seperti kebanyakan perangkat elektronik, AC ini juga memiliki beberapa kekurangan. Hal ini wajar karena pendingin ini adalah produk buatan manusia.

Salah satu kekurangannya adalah harganya yang lebih mahal dibandingkan jenis AC lainnya. Namun, jika dihitung secara keseluruhan, biaya operasionalnya mungkin lebih ringan.

Kekurangan lainnya adalah kebutuhan perlengkapan yang lebih banyak, seperti pipa yang mungkin lebih panjang karena dibutuhkan untuk menyalurkan hawa dingin ke seluruh ruangan.

Selain itu, pemasangannya cukup rumit. Namun, kalian tidak perlu khawatir tentang hal ini karena kalian dapat menggunakan jasa pemasangan AC Split Duct.

Layanan ini akan membuat rancangan yang tepat untuk pemasangan. Rancangan awal yang baik ini sangat berguna untuk mempermudah proses pemeliharaan dan perbaikan jika terjadi masalah di kemudian hari.

Tipe-tipe AC Split Duct dan Fungsinya

Berikut beberapa jenis AC Split Duct yang perlu dipertimbangkan sebelum kalian membuat pilihan:

1. Ducting Fresh Air

Dinginnya udara dapat diperoleh melalui pencampuran udara atau penerapan udara segar dan bersih secara penuh. Saat kalian memilih untuk membeli dan menginstalasi ducting fresh air, udara yang kalian dapatkan adalah 100% udara segar. AC jenis ini beroperasi tanpa melakukan sirkulasi udara. Udara yang disalurkan dari mesin ke luar ruangan adalah udara yang bersih dan steril, bebas dari kontaminasi organisme dan debu. Bagi mereka yang berbisnis di sektor makanan atau obat-obatan, memilih AC jenis ini sebagai opsi utama sangat dianjurkan. Untuk menjaga mutu dan kebersihan produk, ducting fresh air merupakan pilihan mesin pendingin ruangan terbaik dan berkualitas.

2. Ducting Exhaust

Tipe AC ducting ini umumnya banyak digunakan di dapur, area parkir, kamar mandi, dan sebagainya. AC ini memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengeluarkan udara panas secara khusus dari bangunan atau ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang buruk. Pemasangan ducting exhaust akan membuat ruangan yang pengap menjadi lebih segar, terutama saat udara sedang panas. Di pabrik atau perusahaan, instalasi ducting exhaust biasanya dilakukan di ruang kantor utama, sehingga karyawan dapat tetap merasa nyaman saat bekerja.

3. Split Duct

Baru-baru ini, banyak jasa pemasangan AC yang menawarkan instalasi split duct. Pengguna mulai beralih ke jenis pendingin udara ini karena berbagai kelebihan yang ditawarkannya. Split duct memungkinkan pengguna untuk menikmati kenyamanan saat menggunakan AC tanpa gangguan dari suara bising atau instalasi yang tidak rapi. Selain itu, perawatan split duct juga minim dan mudah dilakukan.

Baca Juga :   Daftar Kelebihan Dan Kekurangan AC Midea 1 2 PK

4. Ducting AC Central

Jika pemasangan ducting split umumnya banyak ditemui di rumah atau area perkantoran, maka ducting AC central lebih sering digunakan di bangunan komersial seperti pusat perbelanjaan, pabrik, dan industri. Sistem yang terintegrasi pada ducting AC central memungkinkan ruangan untuk mendapatkan udara yang sejuk melalui satu unit pendingin udara.

Perawatan AC Ducting

Setelah proses pemasangan selesai, tanggung jawab kalian belum berakhir begitu saja. Perawatan rutin sangat penting untuk memastikan kekalianlan pendingin udara kalian. Dengan melakukan perawatan yang tepat, kalian dapat menghindari perbaikan yang mahal dan terlalu sering.

Perawatan tersebut biasanya melibatkan pembersihan beberapa komponen, terutama tempat di mana udara dingin dikeluarkan. Komponen ini menjadi area yang paling rentan terhadap debu dan kotoran.

Rajin membersihkan ruangan juga dapat membantu meminimalkan kebutuhan pembersihan komponen. Jaga kebersihan ruangan dan hindari masuknya debu yang berlebihan untuk mengurangi pekerjaan pembersihan.

Selain pembersihan, pemeriksaan rutin juga sangat penting. Hal ini membantu mendeteksi kerusakan atau kebocoran pada saluran secara dini, sehingga dapat segera diperbaiki sebelum menjadi masalah yang lebih serius.

Untuk pemeriksaan yang lebih mendalam, kalian dapat menggunakan jasa profesional setiap 6 bulan sekali untuk memastikan kesehatan AC Split Duct kalian.

Perawatan terakhir adalah memastikan pendingin beroperasi pada suhu yang stabil. Hindari mengatur suhu terlalu sering, dan lebih baik menetapkan suhu yang diinginkan sejak awal. Dengan demikian, mesin akan bekerja secara konsisten tanpa tekanan yang berlebihan.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan menggunakan kombinasi ducting dan unit indoor yang terpisah dari unit outdoor, AC Split Duct mampu memberikan udara dingin dengan efisiensi yang tinggi.

Penggunaannya pun umumnya diterapkan di berbagai ruangan seperti dapur, kamar mandi, bahkan di gedung-gedung komersial seperti pusat perbelanjaan dan pabrik.

Meskipun memiliki banyak keunggulan, perawatan rutin tetaplah kunci untuk menjaga kinerja AC Split Duct agar tetap optimal. Dengan memahami apa itu AC Split Duct dan bagaimana cara merawatnya, kita dapat memastikan kenyamanan dan efisiensi pendinginan udara di lingkungan kita.

Dengan teknologi yang terus berkembang, AC Split Duct menjadi pilihan yang semakin menarik untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan sejuk di berbagai tempat.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Apa Itu Ac Split Duct? Komponen, Kelebihan dan Kekuranganya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *