Macam-Macam Perangkat Jaringan

Macam-Macam Perangkat Jaringan Komputer Beserta Penjelasanya

Posted on

Finoo.idMacam-Macam Perangkat Jaringan Komputer Beserta Penjelasanya. Dalam artikel ini, kami akan mengulas secara rinci dan lengkap tentang berbagai jenis perangkat yang digunakan dalam jaringan komputer.

Terdapat beragam jenis perangkat jaringan komputer yang memiliki fungsi dan peran yang berbeda-beda, namun saling mendukung satu sama lain.

Sebelum kita memasuki pembahasan utama, kami ingin merekomendasikan sebuah alat yang sangat berguna untuk jaringan internet, yaitu Netmonk Prime. Netmonk Prime adalah sebuah aplikasi monitoring jaringan yang dikembangkan oleh anak bangsa. Aplikasi ini menyediakan tiga layanan dalam satu dashboard, yaitu Network Monitoring, Web/API Monitoring, dan Server Monitoring. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Netmonk, silakan kunjungi tautan yang telah disediakan.

Berikut ini adalah beberapa jenis perangkat jaringan komputer yang akan kami bahas:

1. Server

Dalam kata sederhana, server adalah perangkat pengendali dalam sebuah jaringan, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya tentang pengertian jaringan komputer. Server pada dasarnya memberikan layanan kepada klien.

Selain itu, server juga dapat berperan sebagai tempat penyimpanan informasi dan mengelola jaringan komputer.

2. Wireless Card

Kartu nirkabel ini memungkinkan komputer untuk terhubung dengan komputer lain melalui jaringan Wi-Fi tanpa menggunakan kabel.

Saat ini, banyak laptop sudah dilengkapi dengan kartu nirkabel yang terintegrasi, sehingga pengguna tidak perlu lagi membeli kartu nirkabel secara terpisah. Namun, hal ini berbeda untuk pengguna komputer biasa.

Pengguna komputer harus membeli kartu nirkabel tambahan agar dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi.

3. Router

Router adalah perangkat yang berperan dalam menghubungkan jaringan lokal (LAN) dengan jaringan luas (WAN) serta mengatur aliran data di dalamnya.

Router memiliki kemampuan untuk menentukan jalur terbaik bagi komunikasi data. Perangkat router ini dilengkapi dengan tabel routing yang mencatat semua alamat yang ada di jaringan dan menentukan jalur yang dapat dilalui serta estimasi waktu yang diperlukan.

Dengan demikian, router berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data antar jaringan dan memastikan pengiriman data dilakukan dengan efisien.

4. LAN Card

Kartu LAN ini memungkinkan koneksi antara satu komputer dengan komputer lainnya. Perbedaannya adalah kartu LAN membutuhkan kabel untuk menghubungkan komputer-komputer tersebut.

Kartu LAN ini akan mengubah aliran data dari bentuk paralel menjadi bentuk serial, sehingga data dapat dikirim melalui kabel UTP.

5. Hub

Hub berfungsi untuk mengubah sinyal transmisi dalam jaringan, sehingga memungkinkan koneksi antara dua komputer atau lebih.

Namun, hub tidak dapat mengatur alur data yang melewatinya. Setiap paket data yang melewati hub akan dibroadcast ke semua port, tanpa pengecualian, sampai paket data tersebut mencapai tujuannya.

Hal ini menyebabkan terjadinya collision atau tabrakan data, di mana paket data yang dikirim bisa saling bersaing dan mengalami gangguan. Saat ini, penggunaan hub semakin jarang karena kebanyakan orang lebih memilih menggunakan switch yang memiliki fitur yang lebih kompleks dibandingkan hub.

Baca Juga :   Cara Menggunakan PS2 To HDMI Paling Mudah & Simpel

6. Switch

Switch adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi serupa dengan hub, namun switch lebih cerdas daripada hub. Perangkat ini mampu mengatasi masalah collision data.

Selain itu, switch juga memiliki beberapa keunggulan, seperti kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan kemampuan menghubungkan jaringan yang lebih luas dibandingkan hub.

Selain itu, switch juga dapat melakukan filter terhadap paket data sebelum meneruskannya ke jaringan tujuan. Perangkat ini sering digunakan di laboratorium komputer atau ruang kantor di mana setiap komputer klien terhubung terlebih dahulu melalui kabel LAN sebelum terhubung dengan router.

7. Kabel Jaringan

Kabel jaringan merupakan media transmisi berbentuk kabel yang digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih agar dapat saling bertukar data.

Meskipun saat ini terdapat banyak media transmisi nirkabel (wireless), penggunaan kabel jaringan (wired) masih populer dan permintaannya masih tinggi.

Beberapa jenis kabel yang umum digunakan antara lain kabel STP, Coaxial, UTP, dan serat optik. Pemilihan jenis kabel tergantung pada jenis jaringan dan perangkat yang digunakan.

Misalnya, untuk menghubungkan komputer dengan switch, router, atau hub, kabel UTP adalah jenis kabel yang sering digunakan.

8. Modem

Modem adalah singkatan dari modulator demodulator. Modem adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan ISP (Internet Service Provider) yang menyediakan layanan internet.

Tugas utama modem adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog yang dapat ditransmisikan melalui jalur telepon atau kabel koaksial, kemudian mengubah kembali sinyal analog menjadi sinyal digital agar dapat diterima oleh perangkat komputer lain di jaringan. Dengan bantuan modem, perangkat komputer dapat terhubung ke internet dan mengakses berbagai layanan online.

9. Bridge

Bridge memiliki kemampuan untuk memperluas jangkauan jaringan sehingga dapat diakses oleh perangkat lain dalam area yang lebih luas. Perangkat ini berfungsi untuk meneruskan data dan membagi jaringan menjadi beberapa segmen, yang pada gilirannya memperluas jangkauan jaringan.

Bridge memiliki tabel internal yang digunakan untuk menentukan segmen mana yang harus diteruskan atau disaring. Dengan menggunakan bridge, perangkat-perangkat dalam segmen yang berbeda dapat saling terhubung dan berkomunikasi di dalam jaringan yang lebih luas.

10. CCTV

Closed Circuit Television (CCTV) adalah perangkat kamera video digital yang digunakan untuk merekam dan mengirimkan sinyal video dari suatu ruangan ke layar monitor.

Rekaman video dari CCTV biasanya disimpan dalam harddisk atau NVR (Network Video Recorder) dan dapat diakses melalui komputer atau bahkan smartphone.

CCTV merupakan jaringan yang sangat penting, terutama dalam hal pemantauan dan pengawasan ruangan agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan, seperti tindakan pencurian dan sejenisnya.

11. Access Point

Access Point memiliki fungsi yang mirip dengan router, tetapi lebih sederhana, yaitu untuk memancarkan sinyal nirkabel yang berasal dari router guna membuat jaringan WLAN (Wireless Local Area Network).

Salah satu kelebihan Access Point adalah kemampuannya untuk terhubung langsung dengan broadband atau router.

12. Konektor

Konektor adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan kabel dengan adaptor jaringan. Kehadiran konektor ini sangat penting bagi perangkat komputer, karena tanpa adanya konektor, komputer tidak dapat beroperasi dengan baik.

Baca Juga :   Persamaan Transistor BC547 SMD Yang Lebih Tepat

Berikut adalah beberapa jenis konektor yang umum digunakan pada perangkat komputer:

  • Konektor ST digunakan untuk kabel serat optik.
  • Konektor RJ-45 digunakan untuk kabel UTP.
  • Konektor BNC/T digunakan untuk kabel koaksial.

13. Repeater

Repeater adalah perangkat yang berfungsi untuk memperkuat sinyal yang masuk. Perangkat ini bertujuan untuk menjaga integritas sinyal jaringan dan mencegah degradasi ketika paket data mencapai tujuan.

Namun, repeater memiliki kekurangan yaitu tidak dapat melakukan filter lalu lintas (traffic) dalam jaringan. Ini berarti semua data yang masuk akan diteruskan ke segmen-segmen LAN tanpa adanya mekanisme untuk menentukan apakah data tersebut diperlukan atau tidak.

14. USB WiFi Adapter

USB wifi adapter telah tersedia di pasaran dengan beragam pilihan. Perangkat ini dapat menjadi solusi bagi mereka yang mengalami masalah dengan kartu wifi bawaan pada laptop atau komputer, sehingga tidak dapat terhubung dengan jaringan wifi atau hotspot.

Fungsi dari adapter ini sama persis dengan kartu wifi konvensional. Namun, perbedaannya adalah USB wifi adapter memiliki tingkat mobilitas yang tinggi. Cukup dengan mencolokkannya ke port USB, perangkat ini dapat langsung digunakan setelah menginstal driver yang diperlukan.

Harga USB wifi adapter berkisar antara Rp. 300.000 – Rp. 600.000 tergantung pada merek dan spesifikasinya.

15. NAS (Network Attached Storage)

Network Attached Storage (NAS) adalah perangkat penyimpanan yang terhubung ke jaringan utama, sehingga sangat berguna ketika komputer klien membutuhkan ruang penyimpanan tambahan.

Cara kerja NAS mirip dengan layanan cloud storage, namun dengan keunggulan bahwa data disimpan secara lokal atau pribadi, sehingga hanya komputer klien yang terhubung ke jaringan perusahaan atau kantor yang dapat mengaksesnya.

Harga perangkat NAS bervariasi, mulai dari sekitar 2 jutaan hingga 60 jutaan atau lebih, tergantung pada merek dan spesifikasinya.

16. Network Video Recorder

Network Video Recorder (NVR) adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menyimpan rekaman yang dihasilkan oleh kamera CCTV. Biasanya, transfer data gambar atau video dari CCTV ke NVR dilakukan melalui jaringan LAN.

Setiap perangkat NVR dilengkapi dengan antarmuka web yang memungkinkan administrator jaringan untuk mengatur pengaturan, seperti menambahkan pengguna baru, memeriksa kapasitas sisa harddisk, menghubungkan atau memutuskan koneksi pada satu atau beberapa CCTV yang terhubung, dan lain sebagainya.

17. Firewall

Firewall adalah sistem keamanan jaringan komputer yang digunakan untuk melindungi komputer dari serangan luar. Perangkat ini dapat diinstal dalam bentuk perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), atau kombinasi keduanya.

Proteksi komputer dengan firewall sangat penting untuk menjaga keamanan komputer, terutama saat terhubung ke internet.

18. User/Client

Client atau pengguna adalah komputer umum yang digunakan untuk mengakses data dari server. Komputer pengguna terhubung ke jaringan dan berfungsi untuk menerima informasi atau data dari komputer server.

Sistem jaringan antara komputer-komputer seperti ini sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya di laboratorium atau warnet.

19. Protocol Converter

Perangkat ini adalah perangkat keras atau hardware yang berfungsi untuk mengkonversi antara dua jenis transmisi yang berbeda agar dapat saling berinteraksi.

20. Proxy Server

Proxy server adalah sebuah layanan dalam jaringan komputer yang memungkinkan klien untuk membuat koneksi jaringan tidak langsung ke layanan jaringan lainnya.

Baca Juga :   Ciri Merk Timah Solder yang Bagus dan Cara Memilihnya

Dalam istilah lain, proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang bertindak sebagai perantara untuk melakukan permintaan terhadap konten dari internet atau intranet.

21. Multilayer Switch

Multilayer switch adalah perangkat yang digunakan untuk mengatur jaringan dalam beberapa tingkatan, terutama ketika terdapat banyak pengguna akhir (end user) yang terhubung dalam jaringan. Dalam hal ini, dilakukan trunking antar switch jaringan secara hierarkis.

22. Gateway

Gateway adalah sebuah perangkat atau alat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan jaringan komputer lainnya, atau menghubungkan beberapa jaringan komputer yang menggunakan protokol sistem yang berbeda.

Dengan adanya gateway, setiap jaringan komputer dapat saling mengakses informasi yang dimiliki oleh jaringan komputer lainnya yang menggunakan protokol yang berbeda.

23. Network Access Translator

Network Address Translation (NAT) adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai penerjemah alamat jaringan. Perangkat ini memberikan alamat IP publik kepada perangkat jaringan lokal, sehingga banyak alamat IP pribadi dapat mengakses alamat IP publik.

NAT menerjemahkan alamat IP pribadi agar dapat mengakses alamat tujuan di internet dengan menggunakan alamat IP publik pada jaringan tersebut.

24. Multiplexer

Perangkat ini adalah sebuah peralatan yang digunakan untuk mengoptimalkan penggunaan saluran komunikasi dengan cara berbagi antara pengguna, atau bisa juga diartikan sebagai sebuah switch yang menggabungkan beberapa input saluran menjadi satu saluran.

Jika kalian membutuhkan informasi lebih lanjut tentang perangkat jaringan komputer, kalian dapat membaca artikel berikut: Jenis Perangkat Jaringan

Baca Juga :

Penutup

Kesimpulannya, memahami berbagai macam perangkat jaringan sangat penting dalam dunia digital saat ini. Mulai dari router, switch, bridge, repeater, hub, modem, dan masih banyak lagi; semua memiliki fungsi dan peran penting dalam membangun dan memelihara jaringan yang kuat dan efisien.

Perangkat-perangkat tersebut memiliki keunikan masing-masing dalam mengelola dan mendistribusikan data, memastikan informasi dapat diterima dengan baik oleh penerima.

Melalui pemahaman tentang macam-macam perangkat jaringan, kita dapat memanfaatkan teknologi ini secara maksimal dan menciptakan solusi-solusi baru yang inovatif untuk berbagai tantangan dalam dunia jaringan.

Ke depannya, kita dapat berharap bahwa akan ada perkembangan dan peningkatan dalam perangkat jaringan, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Namun demikian, tidak cukup hanya memahami perangkat jaringan, kita juga harus belajar bagaimana cara kerja, pengaturan, dan pemeliharaan masing-masing perangkat tersebut.

Dengan pengetahuan yang mendalam dan pemahaman tentang berbagai perangkat jaringan, kita dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi era digital yang semakin maju. Ingatlah selalu, dalam dunia yang semakin terhubung ini, pemahaman tentang jaringan adalah kunci.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Macam-Macam Perangkat Jaringan Komputer Beserta Penjelasanya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *