Mengenal Atap Zincalume

√ Mengenal Atap Zincalume dari Kekurangan Hingga Kelebihanya

Posted on

Finoo.id – √ Mengenal Atap Zincalume dari Kekurangan Hingga Kelebihanya. Di era konstruksi modern, pentingnya memilih jenis atap yang tahan lama dan estetis semakin meningkat. Saat ini, atap zincalume menjadi salah satu pilihan utama karena dianggap mampu memberikan perlindungan maksimal dari korosi dan kebocoran.

Jika Homers sedang mempertimbangkan untuk menggunakan jenis atap ini, sebaiknya membaca artikel ini. Di sini, akan diuraikan beberapa keunggulan dan kelemahan atap zincalume beserta perkiraan harga yang biasa ditemui.

Mengenal Atap Zincalume

Zincalume merupakan sebuah jenis material bangunan yang dapat dipilih oleh sahabat dari Perumahan Fajar Group untuk digunakan sebagai bahan pembuatan atap rumah. Material ini memiliki bentuk berupa rangka yang terbuat dari baja, dengan lapisan yang terdiri dari campuran aluminium sebanyak 55%, seng atau zinc sebanyak 43,5%, dan silikon sebanyak 1,5%.

Belakangan ini, keberadaannya semakin populer di kalangan masyarakat. Namun, sebelum memilihnya, penting untuk mengenalnya dengan lebih baik terlebih dahulu. Hal ini terutama berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan dari material tersebut. Tujuannya adalah agar dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan bijaksana sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Zincalume

Dalam menggunakan baja ini sebagai bahan atap, ada beberapa keunggulan dan kelemahan yang perlu diperhatikan oleh Homers. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut:

Kelebihan Zincalume

Keberadaan atap zincalume yang masih tetap populer di pasaran hingga saat ini tidaklah tanpa alasan, melainkan karena jenis atap ini memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya diminati untuk digunakan. Berikut adalah beberapa keunggulan dari atap zincalume:

Baca Juga :   √ Merk Besi Beton Terbaik Standar SNI Baik Polos Maupun Ulir

1. Penggunaan yang Beragam

Atap zincalume terbuat dari campuran bahan seperti alumunium, baja, dan seng, memberikan fleksibilitas dalam penggunaannya. Selain sering digunakan untuk pembuatan atap, material ini juga cocok digunakan untuk berbagai keperluan pembangunan elemen rumah lainnya, seperti kanopi, garasi, sekat ruangan, bahkan sebagai bahan pembuatan interior rumah.

2. Kemudahan Instalasi Atap Zincalume

Salah satu kelebihan utama dari atap zincalume adalah bobotnya yang lebih ringan dibandingkan dengan material atap lainnya. Hal ini membuat pemasangan atap zincalume, bahkan dalam ukuran besar, menjadi lebih mudah dan cepat dilakukan. Dengan demikian, waktu yang diperlukan untuk instalasi dapat dihemat, dan biaya untuk membayar tukang pun dapat diminimalisir.

3. Atap Zincalume Mudah Dibentuk

Selain memiliki bobot yang ringan, atap zincalume juga sangat mudah untuk dibentuk dan dipotong sesuai kebutuhan. Hal ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan bentuk atap yang sesuai dengan preferensi atau konsep bangunan yang ingin diwujudkan. Namun, pastikan tetap berhati-hati saat melakukan proses pemasangan agar atap dapat bertahan terhadap tekanan angin yang mungkin terjadi.

4. Atap Zincalume Anti Karat dan Korosi

Salah satu keunggulan yang paling terkenal dari atap zincalume adalah ketahanannya terhadap karat dan korosi. Kualitas ini dihasilkan dari kombinasi bahan seperti seng, alumunium, dan resin yang digunakan dalam pembuatannya. Dengan demikian, penggunaan atap zincalume dapat menjamin keawetan dan ketahanannya dari kerusakan yang disebabkan oleh korosi, sehingga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

5. Atap Zincalume Optimal Pantulkan Cahaya

Salah satu keunggulan lain dari atap zincalume adalah adanya lapisan pasivasi yang dimilikinya. Lapisan ini sangat efektif dalam menciptakan permukaan dengan tampilan mengilap, sehingga mampu memantulkan cahaya dan panas secara optimal. Hal ini membuat ruangan di bawah atap zincalume menjadi lebih terang dan nyaman, serta membantu mengurangi penggunaan listrik untuk penerangan.

6. Atap Zincalume Tahan Berbagai Kondisi Cuaca

Selain itu, atap zincalume juga dikenal memiliki ketahanan terhadap berbagai kondisi suhu dan cuaca. Proses produksi atap zincalume dilakukan pada suhu tinggi, sehingga membuatnya mampu bertahan di berbagai kondisi suhu bangunan. Hal ini menjadikan atap zincalume cocok untuk digunakan di rumah-rumah yang berada di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia. Dengan kekuatan ini, atap zincalume dapat memberikan perlindungan yang baik terhadap rumah dari efek buruk cuaca ekstrem seperti hujan deras, panas terik, atau angin kencang.

Baca Juga :   √ Apa Itu Resin Bening? Fungsi, Serta Cara Penggunaannya

Kekurangan Atap Zincalume

Walaupun memiliki banyak kelebihan, namun atap zincalume juga memiliki beberapa kelemahan yang sebaiknya juga kamu pertimbangkan. Adapun, kekurangan dari jenis atap ini adalah:

1. Atap Zincalume Mudah Tergores

Meskipun memiliki banyak keunggulan, namun atap zincalume rentan terhadap goresan, oleh karena itu, penting untuk tetap berhati-hati saat melakukan pemasangan atau penyimpanan. Hal ini dimaksudkan agar atap zincalume tidak terbentur yang dapat menyebabkan goresan yang berpotensi menimbulkan karat.

2. Atap Zincalume Bising Saat Hujan

Selain itu, atap zincalume memiliki kecenderungan untuk menghasilkan suara berisik ketika terkena hujan. Karena materialnya yang relatif tipis dan ringan, atap zincalume menghasilkan tingkat kebisingan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis atap lainnya. Oleh karena itu, jika kamu sensitif terhadap suara berisik saat hujan, sebaiknya pertimbangkan kembali penggunaan atap zincalume. Namun, jika kamu tetap ingin menggunakan atap zincalume, kamu bisa memasang peredam suara di dalam rumah untuk mengurangi tingkat kebisingannya.

Daftar Harga Atap Zincalume

Harga atap zincalume ini umumnya terjangkau, meskipun dapat bervariasi tergantung pada ukuran, ketebalan, dan merek produsen. Berikut adalah daftar harga atap zincalume untuk wilayah Jabodetabek yang telah disusun oleh Minpro dari situs Properti:

  1. Atap tipe KR (KR 5, KR 9, Tiger, Trimlock) Zinc Aluminium, dengan ketebalan 0,30 mm, mulai dari Rp 43.700 per meter persegi.
  2. Atap tipe KR (KR 5, KR 9, Tiger, Trimlock) Zinc Aluminium, dengan ketebalan 0,35 mm, mulai dari Rp 52.900 per meter persegi.
  3. Atap tipe KR (KR 5, KR 9, Tiger, Trimlock) Color/Kirana, dengan ketebalan 0,30 mm, mulai dari Rp 71.700 per meter persegi.
  4. Atap tipe KR (KR 5, KR 9, Tiger, Trimlock) Color/Kirana, dengan ketebalan 0,35 mm, mulai dari Rp 78.900 per meter persegi.
  5. Atap zincalume tipe KR (KR 10, KR, Ecotrim, Ecospand) Color/Kirana, dengan ketebalan 0,30 mm, mulai dari Rp 95.900 per meter persegi.
  6. Spandek Hi-Ten dengan ketebalan 0,40 TCT (0,35 BMT), sekitar Rp 128.400 per meter persegi.
  7. Trimdek Hi-Ten dengan ketebalan 0,45 TCT (0,40 BMT), sekitar Rp 131.900 per meter persegi.
  8. Spandek Hi-Ten dengan ketebalan 0,45 TCT (0,40 BMT), sekitar Rp 145.900 per meter persegi.
  9. Klip-Lok Optima Hi-Ten dengan ketebalan 0,45 TCT (0,40 BMT), sekitar Rp 148.100 per meter persegi.
  10. Klip-Lok Optima Hi-Ten dengan ketebalan 0,50 TCT (0,45 BMT), sekitar Rp 164.800 per meter persegi.
Baca Juga :   √ Apa Itu Wire Rope? Jenis Beserta Fungsinya Lengkap

BACA JUGA :

Penutup

Dengan demikian, kita telah menyingkap beragam aspek penting dalam mengenal atap zincalume. Mulai dari keunggulan dan kelemahannya, hingga rentang harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran.

Atap zincalume memang menjadi salah satu pilihan yang menarik dalam dunia konstruksi modern, dengan kombinasi antara kekuatan, ketahanan, dan estetika yang menawan.

Dalam mengambil keputusan untuk menggunakan atap ini, penting bagi kita untuk mempertimbangkan semua faktor yang telah dibahas dengan cermat.

Dengan begitu, kita dapat memastikan bahwa rumah kita terlindungi dengan baik sambil tetap menjaga tampilannya yang indah.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang tengah mempertimbangkan penggunaan atap zincalume dalam proyek pembangunan kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Mengenal Atap Zincalume Mulai dari Kekurangan Hingga Kelebihanya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *